Program CSR PT Freeport Indonesia Perbaiki Masalah Stunting Masyarakat Papua

 Freeport Indonesia
(Bagian pemandangan salah satu daerah di Papua, in frame my father. Dokpri)

Kita sama-sama mengetahui bahwa proses pembangunan infrastruktur yang perlahan dan kini sudah terwujud nyata pada daerah Papua khususnya menjadi concern tersendiri, utamanya bagi bapak Presiden Joko Widodo.

Aku sebagai anak dari seorang ayah yang berprofesi sebagai forester di daerah Manokwari, Nabire cukup mengetahui beberapa hal dasar yang menjadi penyebab mengapa Papua itu begitu kaya akan sumber daya alamnya dan harus bersamaan dengan penyebaran angka kesehatan dan juga pendidikan yang memadai.

PT Freeport untuk kesejateraan masyarakat Papua di Bidang Kesehatan

 Freeport Indonesia
(source: suarapapua.com)

Melihat dari begitu kayanya sumber daya alam yang dimiliki salah satu bagian dari negeri kita tercinta, yaitu Papua, aku bangga sekaligus ingin memberikan kontribusi dengan salah satu cara menuliskan apa-apa yang sudah dilakukan oleh PT Freeport Indonesia ini untuk kesejahteraan masyarakat Papua, sumbangsih bagi negeri tercinta.

PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang dan mineral afiliasi dari Freeport-McMoran (FCX) dan juga Mining Industry (MID ID) yang karena tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua-Indonesia yang salah satu deposit tambang emas terbesar di dunia. Wow banget ya, kita begitu kaya dengan keanekaragaman yang bisa kita hasilkan dan area tambang di kawasan mineral ini menjadi sebuah dampak yang harus positif kepada masyarakat sekitar melalui PT Freeport Indonesia.

Stunting di Papua 

PT freeport indonesia untuk kemajuan masyarakat papua
(source: suara.com)

Mengenai isu stunting yang kita ketahui menjadi salah satu ujian dari negara ini karena, seperti yang sudah aku sampaikan di awal tadi, ketika daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang luar biasa, harus linear dengan apa yang bisa dilakukan sumber daya manusianya, yang mana investasi sosial dalam bidang kesehatan yang baik.

CSR yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia dalam mengurangi dan mengentaskan angka-angka stunting bagi masyrakat papua yang sudah berada pada angka 32,9% yang termasuk dalam kategori tinggi, program yang diupayakan adalah pemberian makanan tambahan sehingga keadaan bayi atau balita yang terkena stunting ini bisa pulih kembali.

Kegiatan dari program yang dilakukan oleh bidan, tenaga promosi kesehatan yang berada di bawah pengawasan langsung Departemen Kesehatan Masyarakat PT Freeport Indonesia yang ingin mengentaskan angka stunting demi terciptanya 1000 hari pertama kehamilan yang mana ini harus dijadikan triggered juga mengedukasi bagi semua warga, agar kelak calon-calon ibu yang nantinya akan menikah lalu hamil, bisa memperhatikan hal ini sehingga penurunan angka stunting itu terlaksana.

Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua

Apa yang telah diceritakan mengenai angka stunting yang dialami oleh masyarakat Papua khususnya yang berada pada wilayah Mimika, hal ini menjadi kesepakatan yang bentuknya komitmen bersama pemerintah untuk meningkatkan pembangunan manusia yang mandiri dan berkelanjutan atau yang kita kenal dengan SDG salah satunya dengan bentuk kesejahteraan dalam bidang kesehatan.

Ketika aku berbincang-bincang dengan papahku, mengenai apa peran dan kontribusi dari PT Frepport Indonesia untuk masyarakat Papua ini, papahku memberikan sedikit adu argumen denganku bahwa keadaan dari masyarakat Papua itu sendiri yang membutuhkan pendekatan dari pemerintah dan juga stakeholder, sehingga apa-apa yang difasilitasi dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Lalu aku melihat bahwa keadaan dari PT Freeport ini seperti sudah di eksploitasi, namun kami berhenti berdebat mengingat kita saja tidak bisa berkontribusi langsung, bahkan papahku yang berkerja di Manokwari saja berargumen seperti itu tidak berada di lokasi yang sebenarnya. Semoga benar apa yang sudah menjadi komitemen bersama dengan PT Freeport dapat terlaksana dengan baik sehingga angka stunting menurun bahkan sehat semua menjadi SDM yang unggul.

13 komentar

  1. aamiin kak grandys, semoga angka stunting tidak bertambah lagi dan anak2 disana mendapatkan asupan gizi yang baik yah kak ;)

    BalasHapus
  2. Aamiin kak, Mama saya juga pernah dinas di Papua dan semoga CSR seperti ini semakin banyak untuk kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat Papua yang kaya akan sumber daya alam �� salam kenal kak

    BalasHapus
  3. Kita hanya bisa berharap program CSR PT. Freeport terkait pengentasan stunting bisa berjalan dengan baik ya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju. sebab ini jd masalah nasional. dan perlu peran banyak pihak untuk menuntaskannya

      Hapus
  4. Isu Stunting di Papua ini memang jadi salah satu isu yang harus diatasi. Sayang kayaknya media belum terlalu menyoroti isu ini ya.
    Semoga dengan adanya program2 CSR PT Freeport bisa bisa mengatasi berbagai isu disana dan menambah kesejahteraan masyarakat Papua.


    Oh iya mba, sekalian mau bagi info, saya sedang adain give away kecil2an yang hadiahnya 6 buah buku di blog saya. Siapa tau ingin nambah koleksi buku baru, boleh banget ikutan. hehe Makasih mba

    BalasHapus
  5. Semoga kerjasama PT Freeport semakin membaik yah kak. SUmberdaya Alam Indonesia dan kerjsamanya pun semoga semkain menguntungkan kedua belah pihak, termasuk Indonesia sebagai negera pemilik sumberdayanya :)

    BalasHapus
  6. Stunting ini akan jadi masalah besar kalau gak ditangani sejak dini
    Bersyukur CSR Freeport cukup concern juga tentang issue ini ya
    Semoga ke depannya lebih baik

    BalasHapus
  7. Bagus ya CSR yg amat spesifik khusus stunting. Yg amat diperlukan disana

    BalasHapus
  8. Stunting ini sedang jadi isu nasional. Karena memang salah satu peer besar bangsa Indonesia. Syukurlah kalau ada yang peduli tentang ini, termasuk Freeport

    BalasHapus
  9. Bagus banget program CSR yang diterapkan Freeport jadi ga hanya orientasi pada bisnis tapi juga berkaitan dengan hal sosial terlebih di bidang kesehatan harus lebih dimaksimalkan ya

    BalasHapus
  10. Doa yang sama. Semoga benar apa yang telah dilakukan oleh PY Freeport mengenai pencegahan stunting di Papua ini.

    BalasHapus
  11. Semoga dengan adanya CSR ini, bisa mencegah stunting di Papua. Dan semua selalu sehat ya.

    BalasHapus
  12. Keren ya programnya, semoga dengan cara tersebut masyarakat Papua lebih sejahtera lagi perekonomiannya

    BalasHapus