Definisi Cantik dengan Inovasi dari BEAUTY MECAPAN, Jakarta

by - Maret 04, 2019

Hai sobat beauty semuaa, gimana kabar kulit temen-temen semua nih? Kebetulan banget aku berkesempatan hadir di acara launching #1 Co-Beauty Space in Jakarta and Free Skill Certification Programs. Aku juga baru tau lho ada start up kecantikan sekeren ini. Keren nya emang dimana? Yuk simak review saat acara launching di Menara Duta, tanggal 1 Maret 2019 lalu.

(Breaking Barriers for Beauty, taken from my Oppo)

Jadi, pada tanggal 21 April 2018 Mecapan ini bermula dari marketplace jasa kecantikan dengan visi nya yaitu breaking barriers for beauty yang komit mempertemukan penyedia jasa kecantikan sesuai dengan kebutuhan, lokasi dan juga jadwal dari masing-masing, yaitu antara penyedia jasa kecantikan dengan user. Itu baru keren pertama guys, masih ada hal keren-keren lainnya nih.

General: About Mecapan
Selanjutnya sebelum launching berlangsung, kita diminta untuk pampering free dimulai dari nail art, massage, sampai make up atau retouch make up kita nih. Aku kebetulan karena sampai nya juga mepet dan harus persiapan buat sholat, makanya ga kebagian pampering nya nih, padahal ingin banget di massage hehe. Next time deh ya.

(Doc: From My Oppo)
 Ketika acara dimulai, kak Nola Kamila dan ka Asyifa, selaku founder dan co-founder dari Mecapan ini menjelaskan tentang bisnis kecantikan yang bisa sukses ini berawal dari pendekatan pengalaman pribadi lho. Menurut cerita dari kak Nola sendiri saat masih sekolah dulu kecantikan memang bukan segalanya, namun bisa menjadi penilaian dari lingkungan sosial seperti merasa ga percaya diri dan dengan jasa penyedia smoothing rambut, merubah tampilan yang secara langsung menambah rasa confident diri sendiri dan impact nya langsung kerasa. 

Hanya dengan bermodalkan satu genggaman saja, kita sudah mendapatkan jasa kecantikan sesuai dengan apa yang kita mau dari aplikasi yang bisa di unduh dengan Appstore dan juga Applestore. Begitu juga dengan penjelasan 3 pilar utama dari bisnis Mecapan ini adalah:

- Mampu meberikan tools yang terbaik untuk bisnis provider 
- Untuk selalu improve agar selalu menjadi yang lebih baik lagi
- Mengadakan penyediaan dana bagi para beauty provider untuk mengembangkan bisnisnya

Co-Beauty Space of Mecapan

Temen-temen udah familir banget sama co-working space kan yah? Di jaman yang semua pekerjaan yang didominasi pengerjaannya secara digital, bisa memudahkan sekaligus membuka berbagai macam peluang seperti salah satunya co-workign space yang merupakan penyedia tempat bagi kita-kita yang freelance dan mmebutuhkan ruang kerja ataupun sebuah institusi yang membutuhkan beberapa jam kedepan untuk meeting ataupun workshop

Nah, dengan mengambil konsep yang sama seperti co-working space inilah, Mecapan melakukan inovasi dalam penyedia jasa kecantikan lewat Co-Beauty Space of Mecapan. Definisinya sendiri adalah penyedia jasa kecantikan agar lebih mudah bertemu dengan konsumennya karena didukung oleh lokasi yang strategis dan ruangan yang telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang jasa kecantikan yang memadai. 

Kemudahan dari Co-Beauty Space Mecapan


(Doc: From Mecapan Team

Berkolaborasi dengan Inovest Co-Working Space di Menara duta ini sebagai partner co-beauty space pertama di Jakarta.Co-beauty space ini dapat dinikmati oleh freelancer maupun beauty parlor karena ruangan telah disediakan beserta fasilitas jasa kecantikan yang sangat memadai seperti make up station, massage chair, hingga area treatment seperti pedicure and menicure dan juga fasilitas treatment lainnya lagi. 

Hal ini lah yang menjadi latar belakang kenapa Mecapan mengadakan sebuah improvement yang membuka jalan peluang usaha bagi beauty provider untuk bertemu dengan orang-orang yang sangat membutuhkan jasa kecantikan ini dengan mudah. Dan menurut kak Ashifa, dengan adanya improvement dari Mecapan ini, tidak hanya menunjang dari skill beauty nya saja. Namun membantu bagi para beauty provider untuk up skill dari segi financial planning, management, digital marketing juga.Wah keren banget ya.

Berkolaborasi juga dengan Arcskill

Seperti penjelasan yang sudah disampaikan di awal, adanya modul skill tersebut juga berkat analisa cerdas dan solutif dari founder dan co-founder Mecapan dalam sisi produktivitas, khususnya para ibu-ibu ini sehingga Mecapan akan memberikan free skills certification program sebagai langkah dalam mencapai goals nya yaitu berdaya secara ekonomi.

(Doc: From Mecapan Team)
Perwakilan dari Arcskill, Ibu Dewi menjelaskan alasan ber-partner dengan Mecapan, karena memang sudah satu visi. Sesuai dengan visi dari CEO Arcskill sendiri yang sangat fokus pada empowering woman ini sesuai juga dengan apa yang menjadi visi nya Mecapan. Arckskill yang merupakan lembaga perusahaan pelatihan skill secara global dan memberikan modul-modul tadi sebagai bentuk loyalitas beauty provider yang telah melewati standarisasi tertentu seperti jumlah rating atau review dalam mengakses co-beauty space ini.

Efisiensi dan Meningkatkan Value
Saat ini Mecapan sudah memiliki 1.100 beauty provider di Jabodetabek yang sudah lolos dalam semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh mecapan serta market validation nya dan ada 40.000++ pengguna aktif di Jabodetabek. Dan celah yang selanjutnya yang menjadi keluhan dari beberapa beauty provider adalah adanya kesulitan dalam switching employee nya saat peak hour itu usai. Kan sering banget liat beberapa salon atau klinik kecantikan yang hanya ramai di waktu-waktu atau hari tertentu saja, nah ini solutif banget sih menurut aku.

Dan yang makin bikin aku ga kepikiran adalah co-beauty space nya ini ternyata pada awalnya menyasar para kalangan profesional yang mempunyai keterbatasan waktu untuk harus dandan cantik karena sesuatu hal. Seperti yang aku rasain juga nih kalo perjalanan dari Tangerang menuju Jakarta itu cukup memakan waktu, mana harus dandan cantik yang ujung-ujungnya riweuh dan make up cuma ala kadarnya gitu gengs

(with beauty blogger)


Jadi, co-beauty space Mecapan dengan salah satu beauty provider ini memberi contoh ketika mendatangi sebuah perusahaan yang dimana banyak juga kalangan wtreatment seperti massage atau nail art ini lewat co-beauty space Macapan ini. Dan dari kantoran ini para wanita-wanita ketika pulang kerja pasti ingin sedikit meluangkan waktu untuk bisa melakukan sedikit massage yang sangat menenangkan dan tak perlu jauh-jauh atau repot harus mencari penyedia jasa kecantikan lagi, karena dari kantor pun udah bisa langsung capcus treatment.


(Salah satu sudut Co Beauty Space Menara Duta)

Sekarang, cobain deh download aplikasi nya dan mulai nyoba register untuk mendapatkan kemudahan ini biar tampil cantik itu adalah sebuah bentuk rasa syukur kita kepada pencipta, yaitu Allah SWT. Terima kasih sudah membaca ya, semoga bisa diambil manfaat dan silahkan berbagi pengalaman tentang lika-liku perawatan yang pernah teman-teman alami nih. Feel free yah!

You May Also Like

36 komentar

  1. hampir semua jasa sekarang sudah dibuat startup, dan baru tahu juga ternyata jasa kecantikan juga sudah ada startupnya. semoga bisa berjaya bisnisnya

    BalasHapus
  2. Jasa kecantikan sekarang lebih mempermudah para beauty ladies, pelayanannya sudan lengkap

    BalasHapus
  3. Sekarang zaman lebih mudah ya kak. Jasa kecantikan bisa dicari dimana saja, tapi harus tetap pilih yang terbaik 😃

    BalasHapus
  4. Nice info kak! Aku butuh banget nih biar badan fresh lagi. Kira-kira ada massage buat ibu hamil ndak ya? hihi

    BalasHapus
  5. aku bener-bener bangga bisa join dengan Mecapan as their beauty provider, saat sebelum mereka launching apps versi terbaru ini... Dan seneng banget melihat mecapan semakin maju

    BalasHapus
  6. Wah inovasi dr co-working space bisa jadi co-beauty space.jeli banget Mecapan dlm mewadahi para MUA

    BalasHapus
  7. salut sama mecapan dari awal download aplikasinya sampe sekarang suka ngadain event event tetep keren sama pelayanannya

    BalasHapus
  8. pernah coba hena an pake aplikasi mecapan, orgnya telaten dan ngerjainnya rapi, suka

    BalasHapus
  9. Belum pernah nih coba servicesnya soon i have to penasaran banget

    BalasHapus
  10. Menarik banget niii cobeauty space, idenya keren bgt! Jadi kalo mau treatment bisa janjian disana udh lengkap yaaa

    BalasHapus
  11. Keren banget ini idenya. Jadi pengen cobain sevice ini. Download dulu, ah

    BalasHapus
  12. Bener, kalau untuk orang kantoran tu rasanya udah capek banget.. butuh pijatan dong haha

    BalasHapus
  13. Selalu penasaran sama event mecapan. Coba dia buka event d bandung jg. Pasti seru aku bisa nimbrung haha

    BalasHapus
  14. wah serunya acaranya ya teh

    BalasHapus
  15. Mba nya cantik terus ikut acara cantik makin cantik deh...hehe. seru ya acaranya say pasti enak bisa cobain banyak hal hehe

    BalasHapus
  16. Wah acaranya seru sekali, btw aku coba donlod app nya dlu aja deh

    BalasHapus
  17. yuhuuu akhirnya ketemu disana ya kemariin. nanti dateng lagi gaa?

    BalasHapus
  18. Ga harus org kantoran mba.. aku yg aktifitas sehari2 dirumah jg perlu nih jasa kecantikan.. hehehe...

    BalasHapus
  19. Wuih, makin canggih aja nih sekarang, semua serba digital. Termasuk, hadirnya apps kayak gini. So, sebagai perempuan semakin dimudahkan banget nih buat mempercantik diri kapanpun, like this ��

    BalasHapus
  20. Keren ada co-working space-nya, kalau buat event beauty blogger bisa dipake yaaa sekalian aja treatment di sana

    BalasHapus
  21. Bagus tempatnya dan pemesannya juga mudah ya..melalui aplikasi..sudah mulai bisa pesan kan dari sekarang?

    BalasHapus
  22. Mecapan sekarang semakin banyak layananya ya mba, mau banget nih nyobain juga apalagi bisa order via online juga

    BalasHapus
  23. Wah keren banget ya Teh. Mudah2an bisa secepatnya launching di Bandung juga hehe

    BalasHapus
  24. Wah keren banget nih konsepnya yah. Btw baru ada di jabodetabek doang nih? Kalo Bandung gimana?

    BalasHapus
  25. Wah pinter banget ini Mecapan nangkep peluang nya. Idenya keren banget, aku belum pernah coba sih, mungkin nanti bakal download aplikasi nya dulu. Eh di Bandung ada ngga ya?

    BalasHapus
  26. asyik banget mbak acaranya, kombinasi antara beauty dan techno. sangat mengikuti perkembangan teknologi ya mbak...keren mbak paparannya

    BalasHapus
  27. acaranya menarik, sekarang cantik bisa sangat mudah tinggal download register beres

    BalasHapus
  28. Makin ke sini tuh makin dipermudah aja ya contohnya aja ini tinggal download aplikasi langsung deh bisa merasakan pelayanan yg nyaman bener-bener mempermudah kita tampil cantik deh, keren infonya nuhun tehhh

    BalasHapus
  29. Semenjak ada mecapan semua jadi gampang yaa, mau cari mua/hairdo jadi gak ribet lagi

    BalasHapus
  30. wow makin lama orang makin kreatif ya dalam melihat peluang bisnis salut lho sama duo cantik founder mecapan ini namanya pun unik jadi gampang diingat hihi

    BalasHapus
  31. Aku baru tau loh kalo ada start up dibidang kecantikan. Sekarang semua perempuan bisa cantik dengan mudahnya. Coba download dulu deh, sapa tau ada event Mecapan di Bandung.

    BalasHapus
  32. Ih keren ya sekarang banyak inovasi2 baru. Coba ada di lampung juga.. tp gpp, download aja dulu... hahaha

    BalasHapus
  33. Menarik banget ini ada app jasa kecantikan.. Aku penasaran nih, mau langsung download aja ��

    BalasHapus
  34. Menairk banget nih ada co-beauty gini. Cocok banget buat yang sibuk kerja dan gak sempet mempercantik diri. Kereeen..

    BalasHapus
  35. Menarik bangeet ini mau cantik ga perlu ribet ya

    BalasHapus