Nyamannya Menggunakan Transportasi Umum di Jakarta

by - November 11, 2019

Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(Me on Halte Gelora Bung Karno, Jakarta. Dokpri)

"Dys, ceritain dong gimana kamu pada akhirnya bisa kemana-mana kalo jalan di Jakarta?"

"Ngehapalin aja itu rute Busway atau TransJakarta dan bulan keduanya kita jadi hapal sendiri kok"

"Serius di hapalin dys?"

"Maksud aku sambil kita jalan, kita pasti akan bolak-balik daerah situ-situ lagi aja, makanya ngehapalin doang ga cukup, harus sambil praktek alias jalan"

"Aku takut kesasar"

"Kalo kesasar, tinggal tanya ke petugasnya, mereka sangat mau buat dimintain tolong kok"
Transportasi Umum di Jakarta - Percakapan singkat tadi adalah salah satu bentuk respon dari temanku yang kaget kalo aku di Jakarta kemana-mananya sendirian. Aku merekomendasikan untuk memakai transportasi umum di Jakarta itu bukan lain hal dari segi kantong yang sangat amat ramah, banyangin aja, sampai ke Depok cuma menghabiskan uang 3500 aja lho dengan naik TransJakarta ini, luar biasa ya pencapaian dari Kemenhub membuat tranportasi di Jakarta yang aku rasakan begitu membaik.

Menjadi pemula di Jakarta akhirnya nyaman dengan transportasi umum 

Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(Waktu awal-awal nyoba MRT. Dokpri)

Aku tuh udah ga kebayang banget kalo semisalnya saat aku pindah dari daerah ke Jakarta ini dan tidak ada kehadiran tranportasi umum, bakal nangis terus karena kesasar terus haha. Dan kemajuan tranportasi publik dengan tingkat kenyamanan, keamanan dan juga keselamatan pada transportasi publik di Jakarta sangatlah membaik di 5 tahun terakhir ini.

Dibuktikan dengan kondisi TransJakarta yang memang menjadi teman perjalananku jika aku berkegiatan dan juga beraktivitas mengunjungi lokasi A, B, C dengan integrasi dari halte ke halte mereka ini memudahkan aku mengenali lokasi-lokasi tersebut dan tidak membutuhkan tambahan angkutan lain untuk sampai di wilayah tersebut.

Aku sering mendapatkan banyak nasehat sebelum pergi karena memang sebagai anak daerah yangbaru tiba di Jakarta dan melakukan aktivitas tanpa ditemani, memang sangat beresiko, namun tidak dengan aku. Karena apa?

Lagi-lagi aku sangat mencintai kemajuan transportasi umum Jakarta

(Adik aku ajak untuk nyoba MRT. Dokpri)

Yang membuat aku sangat loveable sama tranportasi umum di Jakarta ini selain TransJakarta adalah kehadirannya akan commuter line yang sangat membantu aku kalo aku lagi pulang ke rumah, daerah Karawang.

Karawang adalah lokasi yang lumayan effort jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena macetnya di daerah Bekasi dalam kondisi pembangunan seperti ini bukanlah menjadi sebuah solusi untuk bermacet-macetan ria di jalanan.

Dengan kehadiran commuter line sebagai transportasi aku menuju Karawang bisa habiskan dibawah 50.000 aja udah sampai di depan rumah, sungguh sangat murah meriah bukan? Commuter Line yang hadir sebagai transportasi publik ini menjadi pilihan masyarakat banget karena lokasinya juga sangat terintegrasi dengan berbagai tujuan wisata di Jakarta dan juga Jabodetabek. 
Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(My infografis)

Sama halnya dengan  kehadiran MRT yang luar biasa kerennya, aku merasa Jakarta ini sudah sangat modern dengan kehadiran MRT ini yang sampai stasiun Blok M dari Bundaran HI hanya 10 menit aja, ini membantu banget buat aku yang terburu-buru jika mengunjungi sebuah lokasi.


Apalagi lokasinya yang berada di wilayah Kebayoran Baru atau sekitar Blok M ini dan cepat sampai adalah yang paling utama. Udah gitu nyaman dan keselamatannya udah jangan ditanyakan lagi, karena keadaan stasiun yang begitu rapih, bersih dan sungguh-sungguh modern dengan door closed nya itu seperti berada di negara maju lainnya.

Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(Sedang di MRT. Super nyaman)

Menggunakan TransJakarta sebagai teman perjalanan   

Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(Halte Gelora Bung Karno. Dokpri)
 Sudah bukan menjadi hal yang baru lagi kalo harus berjumpa dan naik turun dari halte ke halte untuk mencapai sebuah lokasi dengan estimasi sampainya tepat dengan jalur TransJakarta tersendiri. Aku sudah sangat nyaman dengan memakai TransJakarta karena alhamdulillah kejahatan publik seperti kecopetan atau kejahatan seksual tidak aku alami, dan semoga jangan sampai juga kepada kalian ya.

Nyamannya menggunakan transportasi umum di Jakarta
(Kondisi TransJakarta. Dokpri)

Tips nya mudah, sekarang ini ada juga beberapa armada dari TransJakarta yang mengeluarkan TransJakarta khusus untuk wanita dan itu sangat membantu sekali dan menimbulkan rasa aman dan nyaman yang lebih tinggi, dari sisi aku sebagai kaum wanita. Selanjutnya adalah duduk di area wanita, terlebih jika volume dari penumpang dalam TransJakarta itu banyak terutama di jam pulang kantor, ada baiknya berdirilah di area wanita.

Sangat bangga aku dengan pencapapaian dari Kemenhub ini akan kemajuan transportasi di Jakarta dan besar harapannya dengan kemajuan di kota-kota lain yang ada di Indonesia juga diharapkan sama, karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau-pulau dan kelancaran dalam akses transportasi berpengaruh besar untuk mencapai mudahnya akses pada pariwisata yang ada di sebuah daerah tersebut. Maju terus untuk Kemenhub dalam suksesnya akses transportasi untuk Indonesia terinta kita.



You May Also Like

17 komentar

  1. Asli di Jkt mau kemana aja tu gampang .

    BalasHapus
  2. Transportasi di Jakarta sudah sangat mantap sekali yaaaa :D

    Kemana-mana mudaaaaah. Dibalik beberapa kota yang mungkin tertinggal, disudut lain, yaaaah, kemajuannya pesat :D

    semoga merataaaaaa

    BalasHapus
  3. Aku cuma sekali coba naikin busway..itu jg ada kali 4th lalu. Ternyata sekarang sdh makin kece ya sarana publik transportasi kita

    BalasHapus
  4. akupun sangat mengandalkan transportasi jakarta saat ini

    BalasHapus
  5. Kalo aku sekarang justru bertemannya sama Transjakarta apalagi dari Ciledug Transjakartanya banyak dan bebas macet. Aku malah belum pernah nyobain MRT.

    BalasHapus
  6. Perkembangan transportasi umum di jakarta memang bagus ya. Transjakarta punya rute yg bisa dibilang menjangkau semua titik di jakarta ini

    BalasHapus
  7. Omaygaad Grandys cakep cakep pisaaaan spotnya ya .. gak nyangka kamu sedang di jekardah

    BalasHapus
  8. sekarang-sekarang ini semakin senang jalan-jalan di Jakarta dengan transportasi publiknya. Selain sangat nyaman, armadanya juga semakin diperbanyak dan aman buat kemana-mana sendirian gitu dehhh.. apalagi petugasnya sigap banget kalau ditanyain macam-macam.

    senang banget deh sama kemajuan pembangunan dari Kementerian Perhubungan yaa..

    BalasHapus
  9. Sepakat say,kemaren malahan aku nyobain tj yang gratis loh,luar biasa.

    BalasHapus
  10. Akuuuu tim angkutan umum juga. Soalnya harganya jauh lebih murah daripada bawa kendaraan sendiri. Dan gak perlu ribet cari parkir juga hahaha. Kalau gak naik kereta atau transjakarta, mentok-mentok ojol.

    Bawa kendaraan pribadi cuma kalau sekitaran Bintaro doang akhirnya.

    BalasHapus
  11. Aaaaa aku pengen banget pepotoan di JPO yang keren itu. Berasa masuk lorong waktu ya
    Semoga transportasi umum kita makin keren dan maju ya
    Memudahkan kita untuk bepergian kemana-mana

    BalasHapus
  12. Sekarang aksesnya jd mudah mba transportasi nya aman dan nyaman Aku suka bngt sama MRT kelebihan cepat ,,gerbongnya nyaman juga

    BalasHapus
  13. Aku juga kemana mana naik transportasi massal kaya tije dan kereta. Enak, adem, ga ada pengamen yg maksa minta duit kaya naik bis jaman dulu hehe

    BalasHapus
  14. Jadi ingat sepupu saya. Ketika diterima kerja di Jakarta, kondisi transportasi umumnya udah nyaman begini. Saya cukup kasih tau 1-2x, trus udah berani ke mana-mana sendiri hehehe.

    BalasHapus
  15. *toss!
    saya juga pengguna trasnportasi umum dan seneng banget melihat transformasinya sejak 15 tahun lalu dengan sekarang, keliatan beda banget!

    BalasHapus
  16. Jujur sih aku baru-baru ini demen naik transportasi umum, kalau dulu aku males banget. Karena mikirnya tuh gimana gitu, takut gak nyaman dan aman kalau naik transportasi umum. Sekarang begitu transportasi umum mengalami banyak perubahan dan jauh lebih baik, aku malah senang sekali naik transportasi umum.

    BalasHapus
  17. sebagai pengguna transportasi umum saya pun merasakan kemajuan, terutama halte2 transjakarta di pusat kota, lebih representatif buat para turis :p

    BalasHapus