Review 13 Reason Why di Netflix (Bahasa Indonesia): Ulasan Terlengkap

Review 13 Reason Why di Netflix (ulasan semua season)
(Review 13 Reason Why Netflix secara lengkap, full session! Doc: Design by me, photo from ig official 13 reason why)

Review 13 Reason Why (Bahasa Indonesia): Hai gaes semuanya, rasanya so long time no write on my blog, alasannya lebih kepada rasa insecure atas blog ini sendiri. Aku sempat berhenti sebentar beberapa waktu untuk melihat kembali tujuan aku ngeblog itu apa dan disini aku tersadarkan setelah menonton serial Netflix 13 Reason Why yang kemarin baru aja tayang untuk Season 4 nya.

Aku makin penasaran banget sih sama serial Netflix 13 Reason Why ini, karena ternyata mengulas tentang issue-issue kekerasan seksual, bullying dan juga ikut membantu menyuarakan bentuk ketidakadilan yang sering dialami beberapa remaja dan terkadang berujung pada perilaku bunuh diri.

So impressed dengan Season 1 yang aku selesaikan dalam dua hari untuk menonton 13 Reason Why yang ternyata super recommended ditonton untuk semua kalangan. Baik bagi remaja, para orang tua bahkan kakek nenek. Disini aku mau mmebahas dari Season 1 hingga Season 4 dalam satu ulasan blog serta selipan berupa ekpresi dan juga opini aku tentang sebuah kasus yang mengangkay kisah bunuh diri seorang gadis cantik nan jelita bernama Hannah Baker dalam 13 Reason Why.

13 Reason Why Season 1: Kita diminta bersama-sama mendengarkan rekaman suara yang dibuat oleh Hannah Baker sebelum ia bunuh diri



Jadi pas kita masuk di intro film ini tuh, kita udah disuguhkan sama nama-nama pemainnya langsung di 13 Reason Why, cukup menarik dan ada warning juga kalo nonton ini dalam umur tertentu diminta untuk diawasi dan ketika memiliki keluhan atau kejadian kekerasan yang serupa dimohon untuk bisa dikomunikasikan baik ke orang tua, sahabat teman atau pihak profesional (konselor) dan disini juga diberikan akses ke sebuah email pengaduan yaitu 13reasonwhy.info ketika kalian mengalami kekerasan. Menarik banget sih!!

13 Reason Why ini season 1 ini mengangkat kisah seorang Hannah Baker kenapa bisa sampai ia memutuskan bunuh diri, dan ini berupa kisah flash back yang ia mainkan dalam sebuah rekaman suara dan itu semua ia bagikan secara bergilir sesuai dengan penomoran kaset dengan orang-orang yang telah menyakiti dia, dan berupa 13 alasan mengapa ia bunuh diri. 

Dari ketujuh kaset itu nantinya akan ada sebuah pemecehan misteri yang berunut, makin dalam dan dalam, kemungkinan kita akan berkutat pada masalah Hannah Baker yang mengapa ia bunuh diri, tapi ternyata banyak rahasia yang tak terungkap. Ketika nonton 13 Reason Why, kalian harus sabar banget ya, karena jujur aku tuh gregetan pas tau kalo Bryce Walker sejahat itu sama Hannah Baker, sampai aku speechless sama perbuatannya dan ga menutup kemungkinan itu terjadi dalam dunia nyata dan korban tidak mau speak up.

Untuk 13 Reason Why itu sendiri, langsung menunjuk Clay sebagai orang yang ditunjuk Hannah Baker untuk mendengarkan rekaman suara di kaset tersebut. Apakah Clay termasuk catatan penyebab dari kematian bunuh dirinya Hannah Baker? 

Justin Foley adalah atlit dan juga siswa berprestasi di sekolah SMA Liberty yang cukup menjadi populer, disana itu yang menjadi Atlit dan pemandu sorak (cheers leaders) udah auto jadi yang paling populer. Hannah Baker adalah murid baru di SMA Liberty itu dengan miliki orang tua yang punya Apotik di tengah kota (Olivia).

Hannah Baker melalui masa-masa menjadi anak baru dengan datang pada sebuah pesta, yang mana ini menjadi titik kehancurannya ia namun tidak itu dulu. Perkenalannya dengan Justin Foley yang bermula dan menyeret dirinya pada label wanita murahan di sekolah, karena Justin Foley adalah ciuman pertamanya dan disalahgunakan, berupa menyebarkan foto tidak senonoh saat Hannah Baker meluncur dari papan seluncuran, dan menunjukkannya pada Bryce Walker itu.

Dari situ, aku liat mukanya Bryce Walker aja udah muak banget, huft. Jadi sejak itu, semua anak-anak menatap padanya dengan tatapan yang tidak biasa dan tak jarang secara terang-terangan malah  beramai-ramai memfoto bagian bokong Hannah Baker ketika sedang berjalan di lorong, kesal banget akutu!

Cus mari kita break down masing-masing peran sesuai judulnya yaitu 13 Reason Why, yang artinya ada 13 alasan kenapa. Dan kenapa disini tuh memutar pada bagian kematiannya Hannah Baker. Cukup sulit untuk menerima kenyataan di lapangan, bahwa selesai di Season 1 aja udah cukup kok serial 13 Reason Why ini kenapa perlu capek-capek sampai Season 4 sih?

So kita kupas satu-satu dari Season 1 hingga Season 4 dari 13 Reason Why ini ya!

Season 1

Karakter semua yang ada di kaset, yang dibuat oleh Hannah Baker dan dikirimkan ke orang-orang yang awalnya merupakan indikasi kenapa ia bisa sampai bunuh diri dengan menggoreskan pada urat nadinya saat di kamar mandi dengan menggunakan pakaian kesayangannya yang sudah kumal.

Gimana Hannah Baker mengalami perundungan yang luar biasa di SMA Liberty ini. Lalu kita penonton dihadapkan pada kondisi past and present. Dimana alur saat Hannah Baker merekam setiap detail kejadiannya permasing-masing orang (yang mungkin menjadi alasan mengapa ia bunuh diri) menggunakan rekam suara milik Toni Padilla.

Awalnya aku kaget, serius ini Toni anak SMA? Bahkan ada yang becandain kalo Toni kayak bukan anak SMA, tapi selepas dari itu, acting juga fungsionalnya Toni Padilla sebagai penghubung Clay Jensen untuk menguak kisah kematian Hannah Baker menjadi kunci. Karena keluarga Baker yang mempunyai retail pharmacy ini mempercayai Tony Padilla.

Season 2

Awalnya, pas tau season 2 itu masih bercerita soal kematian Hannah Baker, namun disini ada sisipan yang menarik, yaitu kisah Zach yang tidak terungkap oleh publik, dimana ia menjalin kasih dengan Hannah Baker cukup intens hingga mereka melakukan hubungan seks dan untuk pengalaman pertama kalinya buat mereka.

Disinilah awal aku ngefans banget sama si Zach, karena dia terlihat sebagai pria yang baik-baik, namun karena perkumpulannya masih dengan anak baseball itu (Bryce Walker and the geng) jadinya terlihat tergeneralisir kalo Zach ini tuh bastard.

Season 2 juga menampilkan kejujuran mereka saat dipanggil dalam persidangan atas kasus kematian Hannah Baker, yang aku sempat merasa bosan banget sama serial 13 Reason Why ini. Namun terselamatkan karena munculnya sebuah kasus baru lagi, yaitu kematian Bryce Walker yang super misterius.

Motifnya itu muter-muter banget, segala kemungkinan A B C D kayak dikenain ke satu-satu orang, mulai dari Clay Jensen sampai nanti ada tokoh baru yang hadir di season 3.

Season 3

Disini tidak akan terungkap sosok yang membunuh Bryce Walker, karena sudah ada playing victim dari Monty, yang dijadikan sebagai pelaku dan juga kebetulan banget ia meninggal dalam sel tahanan karena sebuah serangan kerasnya hidup di balik jeruji.

Team baseball ini tidak terima dengan keadaan dimana Monty dijadikan sebagai pihak yang bersalah, dimana ada adiknya juga yang menjadi keterlibatan dalam beberapa scene dan menjadi kekasih dari Tyler Down pada akhirnya. Team baseball yang sangat kecewa dan ingin mengungkap siapa pembunuh sebenarnya dari Bryce Walker dan bukan Monty ini didalangi oleh Diego.

Diego sosok yang menyukai Jessica ini pun kerap kali membuat hubungan yang putus nyambung dengan Justin. Karena Justin keseringan kacau balau hidupnya, padahal ia sudah diangkat dan diadopsi oleh keluarga Jensen ini, masih aja ketergantungan terus sama obat. Aku bisa liat cintanya ke Justin kayak apa dari sosok Jessicca ini.

Terlepas ia masih menyimpan rasa sakit hati yang begitu dalam kepada Justin karena memendam sebuah rahasia, yang sebenarnya ia tahu, bahwa Jesicca sempat diperkosa oleh Bryce Walker di kamar tidurnya sendiri.

13 Reason Why: Semua karakter dalam serial ini dikupas tuntas!


Pada kaset pertama, Justin Foley

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh 13 Reasons Why (@13reasonswhy) pada
Disini kita terlebih dahulu menyadari bahwa Justin Foley yang menjadi trigger terjadinya perundungan yang dialami oleh Hannah Baker. Seandainya saja nih ya, Justin tidak mendekati Hannah Baker di pesta perpisahan Kat, yang mana Kat merupakan mantan dari Justin Foley ini.

Berawal dari kencan singkat di sebuah taman bermain, saat berada di seluncuran, Justin melakukan foto-foto dan Hannah tidak keberatan atas ini. Hanya saja, Hannah tidak tau persis, pose-pose seperti apa yang diambil oleh Justin Foley. Mungkin aja, ga sengaja Justin ini mempotret dari arah bawah, dan terlihat underwear nya Hannah Baker.

Esok harinya, suasana di SMA Liberty ini sudah riuh oleh issue tersebarnya foto dari taman bermain itu yang merupakan sosok diri Hannah Baker. Padahal Hannah Baker menjadi murid baru disitu, namun ia sudah mengalami perlakuan tidak senonoh dan itu dilakukan oleh Justin Foley, yang menurutnya dan dirasakan oleh Hannah, tertarik juga pada dirinya. Disini aku gabisa bilang sih kalo Justin Foley itu beneran suka apa engga sama Hannah Baker ini.

Dan sebenarnya bukan Justin Foley sih yang menyebarkan foto-fotonya Hannah itu, tapi Bryce Walker. Nah udah keliata kan disini gimana brengoy nya di Bryce Walker, serius deh dari sosok Bryce Walker ini aku gregetan banget sama dia, pengennya ngelempar tumblr ke wajahnya si Bryce ini.

Justin juga mengalami up and down dalam kehidupannya. Ia yang tinggal bersama ibu dan pacarnya yang sama-sama merupakan pemakai dan juga pengedar narkoba, tak jarang mengalami kekerasan dan pada masa kecilnya, ia juga sudah menjadi tunawisma. Ada sederetan memori dimana ia menganggap brother banget sama Bryce Walker. Karena dari SD kelas 3 ia dengan Bryce Walker sudah berteman, dan yang menyelamatkan hidupnya Justin, bisa dibilang ya Bryce Walker.

Tak disangka dari Season 2 juga Justin Foley dan Clay Jensen yang awalnya ribut dan tidak pernah akur ini akan menjadi saudara lho! Karena ibunya Clay Jensen mengadopsi Justin Foley dan sampai melakukan rehab atas dirinya. Percaya apa engga, pesona dari Justin Foley ini memang luar biasa sih. Apalagi ketika sudah mengeluarkan jurus puppy eyes nya itu, Jesicca aja sampai klepek-klepek.

Apa yang membuat dia hancur sehancur-hancurnya adalah Jesicca yang diperkosa oleh Bryce Walker dan ia tak mampu berbuat apa-apa dan tak juga bisa bicara mengenai hal tersebut ke Jesicca. Lalu keluarganya, walaupun ia sangat bersyukur dan semakin banyak perubahan dari dirinya yang terlihat di season 3 bahkan ia bisa lulus universitas lho!

Hanya saja, umur tidak ada yang tau, kalo dia akhirnya menghembuskan nafas terakhir karena mengidap HIV/AIDS dan mengalami kerusakan paru-paru yang cukup rumit, hingga ia butuh alat bantu pernafasan. Disitu aku melihat keluarga Jensen begitu sayang sama Justin, bahkan aku ngefans sama ibunya Clay Jensen ini, yang merupakan wanita karier lagi penyayang banget.

Kaset Pertama Side B, Alex Standall

Cukup beralasan kenapa Alex menjadi yang kedua, karena ia penghubung atas kerumitan yang terjadi. Diceritakan kalo Alex Standall ini anak baru yang cukup nyentrik dengan cat warna rambut yang berwarna khaki itu, memperkenalkan dengan Jesicca Davis.

Pada perjalanan pulang, karena Jesicca Davis anak baru sama dengan Hannah Baker, mereka pulang sekolah nongkrong dulu di cafe Monet's. Disinilah kenapa mereka menjadi sama-sama dekat, terutama dengan Alex Standall dan menyebut geng mereka ini FML (fuck my life). Awalnya mereka akur tuh bertiga, hingga pada akhirnya Alex Standall memilih bergaul dengan para cogan-cogan hits itu dan meninggalkan Jesicca dan juga Hannah.

Namun pada kondisi yang bersamaan, saat Hannah Baker bekerja separuh waktu di Bioskop dan menjaga ticketing di hari Rabu, Alex dan juga Jesicca ini pergi bareng, buat nonton berdua gitu. Awalnya mereka ga ngakuin, tapi pada akhirnya mereka mengaku juga untuk menjalin hubungan yang spesial. Dan diakhir yang membuat Jesicca lama-lama menjauhi Hannah Baker, selain merasa Hannah Baker itu cemburu atas dirinya yang udah jadian sama Alex Standall, tapi karena Jesicca davis sudah menjadi cewek populer dengan tergabung dalam pemandu sorak Baseball Liberty (Tiger's) sedangkan Hannah Baker hanya tergabung di klub puisi.

Alex juga tidak bisa menjalin hubungan dengan cewek, pasca kecelakaan di season 2 karena ia sempat mau bunuh diri dengan menembakkan dirinya menggunakan pistol (karena ayahnya seorang Sheriff wilayah) dan untungnya mengenai bagian tengkorak dan ALex terselamatkan, kakinya menjadi pincang dan ia seperti kehilangan birahi gitu lho.

Dan ini sih awal mulanya ia tidak menjadi cowok yang straight, dan ia berhubungan dengan Charlie, anak baseball juga (ada di season 3). Tentu Alex ini pendiam dan lemah lembut yang gimana gitu, hingga ia yang menjadi penyebab atas tewasnya Bryce Walker.

Kaset Kedua Sisi A, Jessica Davis

Jessica Davis di 13 Reason Why tuh benar-benar change my mind banget deh! Dia itu gadis berkulit hitam yang super friendly tapi termasuk yang suka membuat kekisruhan. Hal ini setelah ia putus dengan Alex Standall dan tak lama berkencan dengan Justin Foley.

Saat Jessica dengan Justin Foley, berkali-kali Jessica menyadarkan Justin untuk berhenti menjadi addict dan berada di jalur yang benar. Selain itu Jessica juga cewek yang cerdas, terbukti di season 3 dan 4 13 Reason Why ini Jessica menjadi ketua OSIS dan juga mendirikan sebuah club untuk menghentikan perilaku perundungan saat di sekolah dan juga bagaimana respectfull kepada semua murid di SMA Liberty dan juga lingkungan apalagi ketika mendapatkan masalah.

Jessica bisa speak up seperti ini karena ia mengalami hari-hari yang membuat ia begitu rapuh. Saat pesat dansa di rumahnya sendiri, ia diperkosa oleh Bryce Walker di kamarnya. Dan disini Hannah Baker melihatnya, sampai tidak bisa berkata-kata. Dalam kondisi yang teler, sangat mustahil memang Jessica merasakan bahwa yang berada di atasnya adalah bukan Justin Foley.

Jessica juga menjadi seseorang yang bisa merubah dunia, kata Annie (ada di season 3 serial 13 Reason Why). Karena setip orasinya atau ketika ia melakukan speech di mimbar, perkataannya mengenai keadilan, dan juga perlahan ia mulai membaik dengan Hannah Baker, walaupun pada awalnya, terutama saat sidang kasus Hannah Baker, ia memilih bungkam, terlebih ia juga mengalami mimpi buruk, seperti yang dialami oleh Hannah Baker, yaitu dilecehkan oleh Bryce Walker.

Walaupun ia sempat menjalin hubungan dengan Diego (ada di season 3 serail 13 Reason Why), namun hati Jessica tetap pada Justin Foley. Makanya ketika pemakamannya Justin Foley, Jessica rasanya tak sanggup untuk sekedar mengucapkan kata berpisah.

Kaset Kedua Sisi B, Tyler Down



Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh 13 Reasons Why (@13reasonswhy) pada
Aku tidak banyak bercerita mengenai karakter Tyler Down di serial 13 Reason Why ini ya, sekali lagi kenapa ia bisa ada di kaset milik rekaman Hannah Baker setelah ia meninggal akibat bunuh diri, adalah salah satu alasan kematian Hannah disebabkan oleh Tyler Down.

Pasalnya, saat ia sedang menjalin hubungan pertemanan dengan Courtney Crismen seorang murid warga Asia yang ternyata miliki kecenderungan untuk LBGT, dan saat berada di rumah Hannah Baker, Courtney ini bermain truth or dare sembari menangkap pelaku mata-mata Hannah Baker yang ternyata selama ini adalah Tyler Down.

Tyler Down digambarkan sebagai seseorang fotografer sekolah dan dipercayai mengurus majalah sekolah dan juga yang berhubungan dengan dokumentasi dan juga buku tahunan sekolah. Sehingga ia pasti punya semua foto anak-anak SMA Liberty ini, tanpa kecuali Hannah Baker. Karena ia salah dalam bergerak, ia malah memotret adegan Hannah Baker dan juga Courtney saat bermain truth or dare di atas ranjang Hannah. Sontak ia menyebarkan foto tersebut dan Hannah begitu geram terhadapnya.

Selain itu, Tyler Down sendiri pada season 2 dan 3 ini juga mengalami perundungan, terutama oleh Monthy. Dan saat kematian Monthy ini selalu dikaitkan dengan dirinya, yang pernah dilakukan pelecehan di kamar mandi sekolah. Aku liat adegan ini langsung bergidik seram banget, sekaligus, ngelus dada, kenapa pergaulan anak-anak ini begitu menyeramkan.

Kaset Ketiga Sisi A, Coutney Crimsen

Aku heran deh, di season 1 dan 2 Courtney ini tuh begitu aktif menjadi karakter yang pintar dan jadi pengurus di sekolah (tapi bukan OSIS ya). Dan ketika di season 3 dan 4 ia langsung menghilang, namun ketika di akhir season 4, ia muncul kembali dengan cuma perayaan anak-anak SMA Liberty akan masuk ke kampus. Mungkin saja dia sudah menjadi mahasiswi kali ya, tapi intinya, saat ia bersama Hannah dan sudah terlihat bahwa mereka bisa berteman, namun berujung pilu, akibat menyebarnya foto mereka berdua oleh Tyler Down.

Kaset Ketiga Sisi B, Marcus Cooley

Lelaki ini adalah salah satu calon ketua kelas Student Council. Permasalahannya dengan Hannah Baker dimulai saat hari Valentine, dimana masing-masing siswa akan diberikan satu formulir untuk dapat diisikan dan nantinya akan ada kalkulasi. Dan berujung pada pencocokan mereka akan dating dengan siapa.

Aku ga yakin kalo Marcus Cooley ini mendapatkan Hannah Baker, pasalnya ia kayak cuma iseng doang dan tiba-tiba menelfon Hannah untuk memberikan info bahwa dia adalah pasangan Valentine nya. Dan saat mereka jalan dan makan di sebuah Caffee Rosie's Dinner, hadirlah para geng bastard alias gengnya Bryce Walker di meja yang berbeda.

Dan Marcus Cooley, tiba-tiba merubah posisi menjadi bersebelahan dengan Hannah Baker. Saat itu kejadian tidak senonoh terjadi, bahwa Marcus ternyata mengikuti tantangan dari Bryce Walker untuk mencolek Hannah Baker. Dan Hannah otomatis mendorong Marcus Cooley, dan disitu Marcus menjadi berbalik marah-marah dan merasa tak dihargai. Sakit hati banget dong ini mah, dan disitu malaikat tak bersayap datang, Zach Dempsey.

Kaset Keempat Sisi A, Zach Dempsey



Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh 13 Reasons Why (@13reasonswhy) pada
Kebucinan aku ga hanya berlaku untuk personelnya BTS, Jin, tapi Ross Buttler pemeran Zach Dempsey di 13 Reason Why ini yang aku bikin salfok adalah karena emang perannya sebagai kakak pelindung adik dan ibunya pasca ditinggalkan oleh ayahnya karena meninggal, Zach juga walaupun satu geng dengan Bryce Walker dkk, tapi tidak bastard.

Zach cenderung kalem dan dia juga ga ikut-ikutan buat melakukan perundungan sama Hannah Baker. Ternyata Zach Dempsey ini makin membuat aku duh duh duh adalah saat di season 2 ternyata dia menjalin hubungan asmara dengan Hannah Baker. Sudah sampai tahap mereka resmi pacaran, tapi hanya mereka berdua aja yang tau. Hubungan itu juga sampai di atas ranjang lho, dan itu kali pertama buat mereka berdua. Ya ampun Zach..

Lalu Zach juga membuat aku salfok saat menemani mantannya Bryce Walker untuk menggugurkan kandungannya dan Zach itu ya, mau bertanggung jawab lho atas kehamilannya si mantannya Bryce Walker itu. Sweet sih menurutku, karena saat cewek itu berada pada kondisi down, Zach hadir buat dia. Sayangnya, peran Zach sungguh kacau balau di season 3 dan 4. Dia jadi sering mabuk-mabukan dan mudah mendapatkan trigerred untuk semakin emosional.

Kaset Keempat Sisi B, Ryan Shaver

Seorang cowok di SMA Liberty yang menjadi alasan kenapa Hannah Baker bunuh diri, adalah Ryan Shaver. Karenanya, Hannah tertarik buat bergabung dengan klub puisinya, karena ia tertarik dengan puisi-puisi milik Ryan Shaver. Ryan Shaver ini bagian ngurusin majalah sekolah dan terkait dengan konten-konten, salah satunya puisi.

Suatu hari, tulisan Hannah Baker di journalnya sengaja disobek oleh Ryan ini ketika mereka sedang belajar bareng di rumah Hannah, tentu tanpa sepengetahuan Hannah. Bahasa yang Hannah gunakan memang cukup vulgar (renda di underwear) namun dipublikan dengan Anonim. Sampai dibacakan di depan kelas, walaupun Anonim, seluruh SMA Liberty tau bahwa itu tulisannya Hannah Baker, dan Hannah sungguh malu dan geram luar biasa terhadap Ryan Shaver.

Kaset Kelima Sisi A, Sherry Holland

Anggota cheerleader bersama dengan Jessica Davis, Sherry sebenarnya cenderung anak yang baik dan cukup berhubungan baik dengan Hannah Baker. Karena pada suatu pesta dari rumah Jesicca (yang Jessica di perkosa Bryce) Hannah begitu pucat dan Sherry tidak tega membiarkannya pulang sendiri.

Dalam perjalanannya, charge smartphone Sherry low bate dan tak sengaja mobilnya menabrak rambu lalu lintas di sebuah persimpangan jalan. Aku kira tidak ada kejadian yang gimana-gimana, eh ternyata, karena tabrakan itu, rambu lalu lintas patah, Sherry meninggalkan Hannah sendirian disitu, karena ga mau lapor polisi. Setelah itu ada kejadian yang menewaskan seorang kakek dan juga Jeff Attkins, teman di SMA Liberty dan geng dari Bryce Walker juga.

Kaset Kelima Sisi B, Clay Jensen

Clay Jensen ini agak bingung juga sih, kok bisa Clay dimasukkan ke dalam orang yang menjadi alasan kenpa Hannah Baker bunuh diri. Jadi Clay ini bersama orang tuanya yang sangat mapan, tapi awal-awal pake sepeda dan baru-baru dikasih mobil.

Anak yang ga polos sih, tapi cenderung lurus dan bukan type anak nongkrong apalagi model bastard kayak geng nya Bryce Walker. Clay Jensen juga yang paling merasa kehilangan Hannah Baker, karena memang belum menyatakan perasaannya, saat malam dimana ia berada di pesta Jessica, Hannah akan melakukan kegiatan di atas ranjang bersama Clay, namun dalam pikirannya, masih ada sisa-sisa trauma dari Justin Foley saat di taman. Refleks, Hannah mendorong Clay dan Clay sudah mencoba membujuk dan Hannah tetap mengusir Clay.

Ya Clay memilih untuk mengikuti, jika memang ia sudah tidak diinginkan lagi oleh Hannah. Padalah di sisi lain, Hannah Baker ini berharap bahwa Clay berbalik dan kembali padanya. Nyatanya tidak. Dan di pesta prom, Clay begitu terpuruk karena mengingat Hannah, namun belum sempat menyayanginya.

Clay juga di season 3 dan 4 begitu kacau. Ia mengalami gangguan kestabilan emosi dan membuat ia kehilangan akal terhadap hal-hal yang sudah ia lakukan, namun pada kenyataannya dia tidak ingat sama sekali apa yang telah ia perbuat. Seperti mencoret-coret tembok, merusak kamera cctv sekolah dan membuat ketakutan pada malam camping SMA Liberty.

Clay juga bersama dengan Toni begitu tidak terpisahkan, Toni disini begitu sangat dibutuhkan oleh Clay yang memang pada awalnya dia curiga kenapa Toni begitu diistimewakan oleh keluarganya Hannah Baker. Clay begitu kacau karena ia harus menutupi kematian Bryce Walker karena Alex Standall yang waktu kejadian juga bareng sama Jessica Davis. Memendam perasaan bersalah, juga tidak mudah ya buat remaja dan buat siapapun.

Clay juga nanti akan menjalin kasih dengan Ani, seorang gadis dari perawat yang ditugaskan di rumah kakeknya Bryce Walker. Ani sempat mengalami masa-masa sulit juga karena ia menemani Bryce namun ia menaruh hati dengan Clay, hubungan mereka tak lama, karena memang mereka pantasnya berteman.


Kaset Keenam Sisi A (Justin lagi)

Sepertinya rasa kegusaran yang dialami oleh Hannah Baker terhadap Justin Foley tidak dengan mudah dilupakan. Ada lagi keburukan yang selalu ingin disebut oleh Hannah terhadap Justin Foley. Aku disini sih yakin, Hannah itu dari awal sepertinya sudah menaruh hati kepada Justin Foley.

Kaset Keenam Sisi B (Bryce Walker)

Bryce Walker, seorang yang aku kesel banget sama karakter ini. Semaunya sendiri karena ia miliki kekuasaan dan juga uang untuk membuat segalanya terlihat tidak bersalah yang bersangkutan dengan dirinya. Sama halnya ketika pemerkosaan itu menimpa Hannah Baker, yang memang diawali dengan kartas berupa diagram acak dengan nama Bryce Walker di lingkarin secara berulang-ulang.

Menjadi bukti kalo Bryce Walker begitu benar-benar bastard dan memang kematian yang menimpa dirinya itu pantas ia dapatkan. Dimana ayah dan ibunya bercerai, sehingga ibunya kembali ke rumah dengan kondisi kakeknya yang sakit dan di rawat oleh ibunya Ani.

Ibunya Bryce Walker juga serba salah sih, tapi memang mereka itu salah. Terutama Bryce Walker, di saat season 1-2 itu Bryce Walker keliatan seperti penguasa banget. Ia bebas dari kesalahan. Dan perlakukan kepada Hannah Baker itu udah lebih dari keterlaluan. Aku aja yang nonton rasanya menjerit dan menangis bagaimana Hannah saat itu juga mengaku dirinya seperti sudah mati, sebelum raganya beneran mati.

Kaset Ketujuh Sisi A, Mr. Porter

Di kaset yang terakhir ini adalah menceritakan tentang guru psikologinya yang sudah ditemui oleh Hannah Baker atas segala rentetan atas permasalahan dan polemik perundungan yang ia peroleh di SMA Liberty ini.

Lalu apa tanggapan Mr. Porter? Tidak ada, selain memberikan nasehat dan juga meminta Hannah Baker untuk tidak melebih-lebihkan sebuah kejadian di masa-masa remaja saat ini. Walaupun saat dia cerita itu dia tidak menyebut dirinya, hanya menginisialkan seseorang. Dan Hannah kecewa berat atas perlakuan Mr. Porter.

Baru kali ini gengs aku mengulas serial film seniat ini dan sampai berapa ribu kata dalam satu blog spot. Doakan semoga tembus page one ya review 13 reason why ini yang sangat rekomended buat kalian nonton di rumah aja. Apalagi issue-issue remaja yang diangkat oleh serial ini begitu jelas dan menjadi belajar baik buat diri kita sendiri maupun orang-orang terdekat kita seperti keluarga dan juga teman atau sahabat.

Jika ada yang ingin bercerita mengenai pengalaman perundungan yang dialami, apalagi di masa-masa sekolah namun tidak ada wadah untuk bercerita. Cobalah untuk terbuka dengan keluarga intin, ibu atau bapak. Jika tidak ada maka cari teman-teman yang sangat terdekat namun disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak yang profesional. Semoga menikmati cerita review 13 Reason Why ini ya teman-teman. Komentar kalian membuat aku semakin semangat menulis review lho!

5 komentar

  1. Astaga, ternyata serial ini udah sampai seasons ke-4! Aku cuma nonton S1nya dan karena menurut aku bertele-tele, aku jadi skip nonton S2 dan langsung ke ending. S3 pun aku nggak nonton sama sekali 😂
    Lantas karena kak Grandys review series ini, aku jadi pengin nonton S4nya karena penasaran!

    Terima kasih atas artikelnya kak, secara nggak langsung jadi sinopsis buat aku nih hahaha.

    Oya, salam kenal ya kak, panggil aja Lia 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga merasa kenapa 13 Reason Why ini ga berhenti di season 1 aja sih, karena cukup jadi overwhelming dan pas masuk season 3 dan 4 nya sih malah makin menguras air mata dan ngerasain banget gimana struggle nya mereka bertahan buat tetap bisa hidup selepas SMA itu. Apalagi pas pasca kematian Justin, aku makin ngerasa sedih aja gitu. Thansk kak, udah apreciate review aku ini, yg awalnya aku juga kayak capek aja gitu mau nulis sampe bener-bener aku breakdown sebelum aku tulis biar nyambung.

      Hapus
    2. Aku ngerasa kalau S2 dan S3 dibuat hanya sekedar dipanjang-panjangin aja gitu ceritanya lho karena sebenarnya di S1 stop juga udah cukup 😂
      Pas Justin meninggal pasti keluarga Clay sedih banget! Aku bisa kebayang walaupun aku belum nonton part ini.
      Kalau S4 itu apakah tamat atau bersambung lagi kak?

      Sama-sama kak! Lengkap banget nih reviewnya, cukup detil dan mudah dimengerti juga sama penjelasannya. Semoga bisa di page 1 Google ya 🙏

      Hapus
  2. Aamiin, nembus lah kan kamu rajin ulas film. Jadi produktif dong jadinya. Apalagi film2 barat itu emang kebanyakan susah ditebak ya ga kayak produk lokal yg bisa dibaca haha. Terus ulas film aja biar produktif dirumahsaja nya haha

    BalasHapus
  3. OMG panjang banget ini Dys! LOL
    Seneng deh baca ulasan lengkapmu trus jadi pengen langganan Netflix kaaan

    BalasHapus