Pepsodent Berkomitmen Merdekakan Senyum Keluarga Indonesia: Edisi Merah Putih


pepsodent merdekakan senyum indonesia, pepsodent edisi merah putih
(Merdekakan senyum bersama Pepsodent edisi Merah-Putih. Dokpri)


Senyum menurut aku pribadi adalah bagaikan obat. Obat dari keadaan sedih, terpuruk dan juga putus asa. Kadang senyum itu butuh katalis atau pembawa yang mampu menularkan. 

Habis baca kalimat ini, kalian harus tersenyum ya!

Oleh sebab itu aku setiap pagi selalu melakukan ritual yang cukup rutin aku lakukan yaitu tersenyum di depan kaca dan berkata hal-hal baik tentang diri aku. Out put nya menjalani hari dalam satu harian itu, berharap akan terus selalu berada dalam rasa syukur dan tidak terlepas untuk susah tersenyum. 

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang kita belum tau berakhirnya kapan hingga vaksin ditemukan, ada rasa kekhawatiran dari sisi kesehatan, ekononomi dan juga rasa lelah buat berjuang melanjutkan hari-hari kita dengan kondisi yang harus terproteksi, belum lagi aktivitas yang butuh adaptasi semuanya dilakukan secara daring. 

Ekonomi membuat siapapun, tidak terkecuali akan merasa khawatir baik secara eksplisit ataupun insplisit. Keadaan pandemi ini membuat ekonomi berubah trend nya dan beberapa juga mengalami kehilangan pekerjaan, tak jarang menjadi jobless disaat kebutuhan sedang tinggi-tingginya, siapa yang tidak akan merasa sedih atau putus asa? 

Aku memutuskan untuk memberdayakan lingkungan dengan cara berkebun dari rumah

calathea tricolor, tanaman hias indonesia
(Cinta dan jaga lingkungan dengan menanam dan merawat tanaman. Ini Calathea Tricolor. Dokpri)


Ketika kita di rumah aja, pasti akan sangat membosankan ketika tidak ada kegiatan lain yang dilakukan selain pekerjaan domestik dan juga kegiatan blogging serta social media. Disuatu titik aku merasa udah mulai jenuh ketika rutinitas itu-itu saja dilakukan seacara berturut-turut, belum lagi penyesuaian pekerjaan secara daring ini tuh kayak butuh skill multitalent yang sangat luar biasa.

Lalu suami memberikan opsi dan aku juga sempat berpikir gimana kalo kita berdayakan lahan yang seadanya ini untuk bisa semakin cinta sama lingkungan. Dengan menanam tanaman sayur sendiri di rumah, syukur-syukur bisa terpenuhi kebutuhan sayur di rumah dan membagikan secara gratis ke sekitar rumah, ingin semakin melihat banyak hal-hal hijau di sekitar rumah sendiri.

Hidroponik dan komitmen menjaga lingkungan

hidroponik, hidroponik pakcoy
(Hidroponik pakcoy yang masih belum sempurna. Untuk ketahanan pangan di rumah agar bisa tersenyum. Dokpri)


Sepertinya kalo kita terlalu fokus pada pekerjaan, itu kadang tidak ada habisnya. Keputusan kami untuk berkebun secara hidroponik ini akhirnya aku coba dan berlangsung dalma 2 minggu, ternyata tidak berjalan dengan baik. Sempat aku tidak memberikan banyak tebaran senyum di rumah, karena sedih aja gitu, pertumbuhan tanaman hidroponik aku ini tidak berjalan dengan lancar. 

Apalagi melihat teman aku ada yang sudah berhasil, lalu aku yang gagal ini huhu. Tapi tak menyurutkan semangat untuk bisa tersenyum lagi, suami menghibur kalo dalam proses menanam itu pasti akan ada trial and eror dan tidak memungkiri untuk gagal di awal. Jadi jangan putus asa dan kembalikan mood dulu untuk bisa menanam lagi. Aku belum mencoba lagi sih untuk hidroponik ini, karena struktur rumah yang aku tempati sekarang ini membelakangi matahari dan sulit akses cahaya matahari masuk

Akhirnya aku putuskan untuk sedikit demi sedikit memelihara tanaman hias untuk mempercantik beberapa sudut ruangan aku di rumah. Ini menjaga pandangan mata lebih fresh dan kalo setiap hari setelah menyiram dengan air nutrisi (aku pakai cucian beras), aku selalu bahagia dan tanpa terasa aku tersenyum lebar karena beberapa tanaman hias aku ini tumbuh daun-daun muda. Wuaaaah.

Senyum itu tanda bahagia dan Pepsodent Edisi Merah Putih, mengajak untuk tersenyum bersama 

Saat pandemi, kita diminta untuk mentaati protokol kesehatan dari pemerintah, jaga jarak dan selalu jaga imunitas tubuh (dari sisi kesehatan diri sehari-hari) dan tentu kesehatan mental kita sendiri untuk tidak terlalu stress. Memang berat, semuanya juga pasti akan merasakan rasa berat yang berbeda-beda takarannya dan aku sampai saat ini obat paling ampuh ketika butuh ketenangan adalah dengan tersenyum.

Untuk jaga kesehatan juga, dimulai dari kesehatan gigi dan mulut dengan rajin membersihkan diri walaupun kita di rumah aja. Tentu perlindungan kesehatan gigi dan mulut aku sudah terpaut lama bersama Pepsodent ini. 

Komitmen Pepsodent juga untuk terus membuat keluarga Indonesia ini tersenyum dan bisa menularkan senyum itu ke semua orang, maka di Edisi Merah Putih ini bersamaan juga ingin membuat bumi kita tersenyum dengan menjaga lingkungan.

Kehadiran Fiona Anjani Foebe, Head of Oral Care Marketing Unilever Indonesia mengatakan,

“Di masa penuh keresahan hingga pesimisme masyarakat dalam beradaptasi pada era tatanan kehidupan baru, Pepsodent ingin menegaskan komitmennya untuk melindungi senyuman keluarga Indonesia. Kami ingin mengajak mereka kembali tersenyum sekaligus menginspirasi mereka menghadapi hari penuh optimisme sehingga dapat ikut berbagi senyuman dengan lebih banyak orang.”

Kehadiran Pepsodent edisi merah putih ini membuat semangat terbarukan semakin lagi dan lagi. Pasalnya dalam kemasan kali ini tuh yang membuat berbeda adalah:

  1. Desain kemasan edisi khusus yaitu hadirnya tujuh pahlawan senyum di penjuru nusantara Indonesia tercinta pada kemasan karton di display Pepsodent Edisi Merah Putih
  2. Pasta gigi Merah-Putih yang berbeda dari yang sebelumnya karena adanya kalsium, flouride, dan zinc untuk melawan lapisan bakteri sehingga keluarga Indonesia dapat tersenyum dan MERDEKA dari gigi berlubang
  3. Kemasan bijak berplastik pada Pepsodent Edisi Merah putih yang menjadi pertama di Indonesia karena kemasan pasta gigi Pepsodent Edisi Merah putih ini terbuat dari bahan ramah lingkungan (100% dapat didaur ulang)
  4. Bagian tube pasta gigi Pepsodent Edisi Merah Putih ini sudah menggunakan teknologi laminasi kemasan terbaru yaitu PBL (sebelumnya ABL). Laminasi secara PBL ini dapat didaur ulang sesuai dengan HDPE pengolahan plastik yang berlaku. Ini sama artinya dengan mengganti lapisan penghalang Aluminium dengan lapisan plastik EVOH (EVOH tidak boleh lebih dari 5%).
  5. Adanya donasi, dengan setiap pembelian Pepsodent Edisi Merah putih ini, 2.5% keuntungannya akan disumbangkan kepada keluarga #PejuangSampah (pemulung) 
pepsodent merdekakan senyum indonesia, pepsodent edisi merah putih
(Event virtual peluncuran Pepsodent edisi Merah-Putih. Dokpri)

Narasumber selanjutnya, Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia menjelaskan,

“Kehidupan lebih dari 4 juta pemulung telah terpukul hebat akibat pandemi. Dari sisi kesejahteraan, penghasilan mereka berkurang drastis dengan menurunnya harga jual sampah akibat berbagai keterbatasan. Selain itu, mereka berisiko tinggi terpapar virus COVID-19 di antara timbunan sampah yang dihadapi setiap hari. Sudah sepatutnya kita memfasilitasi mereka dengan perlindungan diri yang memadai sehingga mereka dapat terus berkontribusi sembari memenuhi kebutuhan untuk menyambung hidup.”

Rasanya begitu bermakna untuk menyambut kemerdekaan di masa pandemi ini, karena tentu banyak hal-hal baik yang menhampiri kita, membuat kita tidak ada alasan untuk tidak tersenyum. Apalagi Pepsodent Edisi Merah Putih kali ini tuh bikin membuka mata selain perlindungan kesehatan gigi dan mulut, tapi kepada lingkungan.

Selain aku bergerak untuk bisa berkebun dari rumah, aku juga mengupayakan untuk tidak membeli barang-barang baru yang sukar untuk didaur ulang. Seperti halnya plastik, aku juga sangat cermat akan hemat listrik, air dan juga tidak asal lapar mata melihat hal-hal lucu dari baju yang kita pakai lalu membeli baru lagi. 

Tularkan senyum kepada para pejuang senyum di Pepsodent Edisi Merah Putih 


pepsodent merdekakan senyum indonesia, pepsodent edisi merah putih
(Pepsodent edisi Merah-Putih dengan design tujuh pahlawan senyum di seluruh nusantara dan kemasan 100% aman terhadap lingkungan. Dokpri)


Ketika moderator cantik di event virtual peluncuran Pepsodent Edisi Merah Putih, Ersa Mayori bersama 2 narasumber diatas, aku juga bisa mengambil insight dari mas M. Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com yang sangat concern kepada sisi humanis dan menanggapi mengenai para pejuang sampah, 

“Pekerja informal seperti pemulung terkadang luput dari perhatian kita. Kolaborasi bersama Pepsodent ini akan sangat bermanfaat, terutama untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Kita bisa membantu mengukir senyuman ribuan pemulung di berbagai wilayah Indonesia melalui donasi ke kitabisa.com/merdekakansenyum hingga 31 Oktober 2020.”

Kondisi teman-teman pejuang sampah atau pemulung ini sama halnya dengan kita mencari rezeki, apalagi di tengah masa pandemi, tentu tidak mudah untuk mereka. Pendapatan yang biasanya mendapat 70 ribu hingga 100 ribu perhari, saat pandemi ini pemerosotan penghasilan hanya menjadi 50 ribu perhari dan itu dilakukan dari pukul 4 sore hingga 7 pagi, cerita pak Wartiman pemulung asal Bantargebang ini.

pepsodent merdekakan senyum indonesia, pepsodent edisi merah putih
(Event virtual peluncuran Pepsodent edisi Merah-Putih. Dokpri)


Resiko pekerjaan mereka sebagai pemulung ini sangat beresiko untuk dapat tertular virus-virus. Tentu tanpa kita sadari ketika kita membuang masker yang satu kali pakai, lalu masker ini diambil dan dilakukan pengolahan sampah hingga proses berikutnya oleh para pemulung, betapa besar resiko mereka terpapar virusnya bukan?

Oleh sebab itu Kitabisadotcom bersama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) mengajak juga kepada masyarakat Indonesia untuk dapat berdonasi dan memerdekakan senyum para pejuang sampah ini yang nantinya ketika sudah terkumpul, akan dilipat gandakan oleh Pepsodent dan dikonversikan dalam bentuk sebagai berikut:

  • Pengadaan mesin press sampah, untuk pemenuhan peningkatan kesejahteraan para pemulung di kawasan Jabodetabek
  • Paket kebersihan, untuk meminimalisir resiko tertularnya virus mereka akan diberikan paket kebersihan yang terdiri dari produk Pepsodent, handsanitize, masker dan sepatu boots yang disalurkan ke wilayah Jawa dan Sumatra
  • Pemeriksaan gigi gratis terkhususkan untuk keluarga pemulung menuju bulan Kesehatan Gigi Nasional
pepsodent merdekakan senyum indonesia, pepsodent edisi merah putih
(Berbeda dari edisi sebelumnya, Pepsodent edisi Merah-Putih ini pasta giginya berwarna merah putih juga. Dokpri)



Alhamdulillah banyak sekali hal-hal baik yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa cinta dan kasih kepada sesama manusia dalam bentuk berbagi dan bisa menjadi jalan kesejahteraan untuk hidup mereka. Setidaknya walau kita tidak bisa memberikan bantuan yang berlimpah kepada mereka, untuk menyebarkan informasi seperti ini, akan membuat berita dan donasi akan semakin tersebar dan senyum-senyum kita semua walau ada di masa pandemi ini akan terkembang dengan lebar.

 

37 komentar

  1. Salut sama Pepsodent, Makin ramah lingkungan! Eh ada sikat gigi bambu juga ya. Kalo Pepsodent merah putih Aku udah pake dong supaya merdekakan senyum keluarga indonesia

    BalasHapus
  2. Belum pake Pepsodent merah putih ini. Belum ada ke kampung saya. Di minimarket juga. Mungkin tunggu beberapa hari lagi.
    Keren inisiatif Pepsodent dalam mengisi bulan kemerdekaan ini ya...

    BalasHapus
  3. Aku cari Pepsodent merah putih ini di beberapa minimarket gaada dong 😭😭 padahal mau banget nyobain sekaligus memerdekakan senyum keluarga Indonesia.

    Zalwa pasti semangat banget sikat gigi deh kalau tau pastanya unik kaya gini

    BalasHapus
  4. pepsodent aku salut deh konsisten banget loh program CSRnya disisihkan dari hasil penjualan untuk donasi. semoga semakin sukses yaa dan makin banyak menghadirkan senyum bagi keluarga Indonesia

    BalasHapus
  5. Penasaran seperti apa tekstur kemasan tubenya yang baru dengan pengganti alumunium, ya. Tetap kokoh enggak, Mbak, meski bahannya diganti? Soalnya kan biasanya dipakai dalam waktu beberapa minggu, ya, aku ingatnya kemasan yang dulu banget (zaman masih kecil sih) itu kadang jadi kayak kelipat kalau sudah lama. Salut sama Pepsodent yang terus berinovasi untuk melindungi lingkungan.

    BalasHapus
  6. Denganteknologi laminasi PBL banyak memberikan manfaat untuk kelestarian bumi kita, karena bahan tersebut mudah untuk di daur ulang. Inspirasi nih

    BalasHapus
  7. Salfok sama isi pasta giginya.. gemes gitu bisa dua warna sesuai tema hihi tapi salut dengan Pepsodent yang sekarang pakai bahan yang bisa didaur ulang..

    BalasHapus
  8. mau coba juga nih, belum dapat yang edisi merah putih soalnya. inovasi banget jadi ada variasi juga lihat pasta gigi, biasanya kan anak-anak saja yang selalu berwarna warni

    BalasHapus
  9. Aku kira packagingnya aja yang baru, ternyata warna odolnya juga nerah putih yaa, penasaran pingin coba juga deh mba

    BalasHapus
  10. packagingnya dari yang aku kenal memang udah merah putih ya ditambah gambar2 etnik jadi lebih keren, terus pasta giginya juga merah putih unik bgt

    BalasHapus
  11. Makin cinta nih sama Pepsodent. Aku emang pemakainya dari kecil.. bangga deh karena bisa berkontribusi untuk kebaikan.. aplg kemasan barunya lucu bgt.. bener2 Indonesia deh

    BalasHapus
  12. Selain desainnya super lucu, ternyata komposisi bahannya juga lebih oke ya untuk mejaga gigi dari kondisi berlubang hehehe

    BalasHapus
  13. cakep bange ini desain merah putihnya, meski pepsodent aslinya udah merah putih tapi makin fresh ya mba
    ak selalu sedia di rumah dan jualan mertuaku juga ada pepsodenntnya hehehe

    BalasHapus
  14. Lucu babget sih gambar di kemasannya oeosodent 😆 pasta gigi andalanku sejak jaman masih SD nih hehehe

    BalasHapus
  15. Aku udah pakai juga ini Pepsodent merah putihnya. Senang bisa ikutan beli krn artinya kita juga membantu para pemulung yaaa. Ciyeee yang tanamannya udah mulai kelihatan ada hasilnya hehe

    BalasHapus
  16. Senyum emang bener banget bisa jadi obat marah dan menjadi semangat buat aku.
    Lucu ya edisi merah putihnya.

    BalasHapus
  17. pepsodent siap menjaga gigi kita supaya tetap bersih dan sehat ya kak, terlebih program sosialnya selalu menginspirasi.

    BalasHapus
  18. Hebat ih Grandys ini di rumahnya bisa bikin hidroponik, mamahku nih ya udah bawel banget nyuruh aku bikin di rumah tapi ku belum juga bergerak. Btw aku senang sekali dengan packagingnya Pepsodent edisi spesial merah putih ini.

    BalasHapus
  19. Pepsodent memang selalu terdahulu Dalam mengeluarkan produk dengan edisi tertentu. Ini merupakan Salah satu strategi penasaran agar konsumen tertarik dengan produknya

    BalasHapus
  20. hihiii gemes banget dehh, jd pengen ngoleksi nih :)

    BalasHapus
  21. aku suka banget sama kemasan edisi kuhusu kemerdekaan indonesia inii, kemasnaya terlihat indonesia banget yaa hihihi, apalagi ramah lingkungan jugaaa

    BalasHapus
  22. Aku kira kemasannya aja yang merah putih dan ada gambarnya, ternyata pastanya juga warna merah putih. gemasss

    BalasHapus
  23. aku mau aaah cari pepsodent yang edisi khusus ini. Biar senyumku dan keluargaku tambah lebaar hehehe

    BalasHapus
  24. bukan cuma kemasannya ya mbak tapi isinya juga merah putih, gemes, aku order di toped nih jadinya, soalnya susah cari di offline store

    BalasHapus
  25. aku juga sudah beli kemaren. bangga turut membantu mereka yang sedang kesulitan. pepsodent keren tak henti berbagi

    BalasHapus
  26. Lucu banget kemasannya ada ilustrasi baju daerah. Btw aku juga dari kecil pakainya pepsodent

    BalasHapus
  27. wah pasta gigi kesayangan keluarga ini, bangga sama pepsodent dan unilever ada kepedulian untuk berbagi juga

    BalasHapus
  28. Pepsodent udah jadi legend dan andalan ya mba.
    Aku suka dia selalu kekinian dan update gitu lho. Alhamdullilah juga ada programnya kan jadi bangga

    BalasHapus
  29. Semakin banyak perusahaaan yang peduli sama isu sosial dan lingkungan ya. Senang sekali rasanya bisa merangkul saudara2 yang membutuhkan sekaligus merawat bumi ♥️

    BalasHapus
  30. Pepsodent selalu punya program keren ya, btw ini warna pasta giginya juga keren banget merah putih. Salut deh sama inovasi pepsodent yang selalu keren.

    BalasHapus
  31. Seneng ya kalau masih ada yg peduli sama saudara2 kita yg pemulung. Secara g sadar kita juga membantu keluarganya yg pasti terdampak covid. Banyak resiko yg diambil di pekerjaannya sehingga emang harus diperhatikan. Untungnya Pepsodent selalu care sm lingkungan y. Cuss ah nyari pepsodent edisi merah putih

    BalasHapus
  32. suka sama pepsodent edisi merah putih ini keren desainnya. btw ini pastagigi kesukaan keluargaku mba, mamiku kalau ga pakai ini ga mau

    BalasHapus
  33. Unik ya pepsodent merah putih gini, jadi penasaran mau cobain juga..

    BalasHapus
  34. Pasta giginya jadi keinget dulu, pepsodent dulu juga kan warnanya merah putih. Suka banget. wah kudu dikoleksi ini yaa. Eh dipakai dong ya hihi

    BalasHapus
  35. Senyum Indonesia... Senyum Pepsoden :D
    Aku selalu setia pakai pepsoden mba hihiii

    BalasHapus
  36. wajah baru Indonesia. Pepsoden biasanya putih skr merah....keren.

    BalasHapus
  37. Aku paling suka senyummu mbaak hihi, bikin bahagia juga yang lihat :D Anw lucu banget packagingnya ini!

    BalasHapus