Sundance Film Festival By IDN Media, Kepoin Lebih Lanjut Yuk!

 

sundance-film-festival-idn-media



Kalau ngomongin soal film, aku adalah type penikmat dunia per-film an sejak dimudahkannya kita melihat layanan streaming film saat ini. Makanya setiap ada karya-karya terbaru yang berhubungan dengan film, aku pasti akan excited banget.

Tentang Film Pendek

Beberapa waktu lalu, kita digemparkan dengan viralnya sebuah film pendek yang berjudul Tilik. Film pendek tersebut sudah ada di tahun 2018 dan berkat sosial medialah, film pendek tersebut terangkat kembali dan sampai viral diperbincangkan dimana-mana. Bakat karya perfilman di Indonesia, lahir dari karya-karya yang ngga kaleng-kaleng. Bahkan beberapa perkumpulan dan ajang perfilman saat ini sudah semakin banyak mempercayakan Indonesia untuk menghasilkan lebih banyak karya film.

Bahkan untuk sekarang ini, menghantarkan film pendek dan distribusinya cukup difasilitasi dengan hadirnya teknologi dan sosial media yang semakin maju. Kalau berkesempatan untuk hadir dalam setiap ajang pergelaran dan festival film, aku pasti semangat banget sih.


Apa Itu Sundance Film Festival 

Dalam setiap selebrasi perfilman, banyak sekali ragamnya seperti Sundance Film Festival yang berawal dari Sundance Institute merupakan sebuah lembaga perfilman yang bentuknya nirlaba dan Menjadi ruang kreasi untuk para seniman yang bergerak di bidang perfilman, teater dan juga beberapa media digital.

Melahirkan sebuah karya-karya yang otentik dan memiliki ciri khas, adalah jalan tempuh dari visi Sundance Film Festival ini. Kini, bagi yang bergerak di industri perfilman dan bidangnya, bisa banget mengikuti short film competition yang diadakan oleh Sundance Film Festival bersama dengan XRM Media dan juga IDN Media.

Di tengah pandemi seperti ini, ajang Sundance Film Festival ini tetap meriah dan bertujuan untuk melahirkan karya-karya terbaik, dan tak lupa untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan yang diberlakukan. Oleh karena itu, semua event ini dilakukan secara online dan bisa dinikmati secara Livestreaming di Argo. Yaitu sebuah platform untuk menikmati layanan Livestreaming yang tersedia di iTunes AppStore maupun Google play store.

Kolaborasi yang sangat menarik dari ketiga bidang ini yaitu XRM Media, IDN dan juga Sundance Institute ini karena sama-sama bergerak untuk memajukan dunia industri hiburan tanah air. Untuk IDN sendiri merupakan media platform yang mengantarkan informasi kepada masyarakat secara positif dapat dinikmati oleh kalangan kaum millenial dengan rentang usia yang sangat fleksibel juga. 

Bagaimana persyaratan mengikuti Sundance Film Festival ini?

Pelaksanaan short film competition ini berlangsung dari 17 Mei hingga 9 Juli 2021 alias masih ada waktu 2 bulan kedepan yang dapat dimanfaatkan untuk melahirkan karya-karya yang keren! Ketentuannya tentu saja boleh diikuti oleh seluruh warga WNI dan mengirimkan film pendek ini dengan genre apapun yang sudah selesai digarap pada atau seelah Januari 2019 dengan durasi pemutaran film 3 hingga 20 menit.

 Nantinya penjurian ini akan dilakukan oleh 6 juri yang berasal dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo dan beberapa alumni dari Sundance Film Festival. Penasaran sama hadiahnya? Wah menarik banget, nantinya hadiah berupa uang tunai USD 2.000 yang disponsori oleh Argo dan juga akan diputar di Sundance Film Fesival Asia 2021 dibulan September mendatang. Keren banget bukan!

Beberapa pemenang lainnya akan berkesempatan menjadi nominasi yang akan ditayangkan kembali di Sundance Film Festival 2022 dan yang paling penting adalah mendapatkan kesempatan pendistribusian secara global dengan Argo.

Ada kutipan menarik dari Winston Utomo selaku CEO IDN Media,

idn-media-winston-utomo

Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan story telling. Karya film pendek memiliki tempat di hati para penikmat film terutama Sundance Film Festival Asia. Pada kesempatan Short Film Competition ini, sangat dinantikan kreativitas para sineas Indonesia dengan karya-karyanya. Besar harapannya, melalui Sundance Film Festival Asia dapat menjadi wadah berkembangnya industri perfilman Indonesia.

 So, sebagai pecinta film dan banyak sekali film pendek yang sangat bagus-bagus, aku tunggu karya kalian untuk bisa ikut serta dalam Sundance Film Festival kali ini. Boleh share dan saling berdiskusi soal film di kolom komentar, yuk!

Tidak ada komentar

Posting Komentar