Serba-Serbi Pindahan Rumah


tips-pindah-rumah
(Pict hanya sebagai pemanis haha. Dokpri)


Curhatan dimulaaaai haha. Sekelumit perasaan waktu mertuaku memutuskan untuk tinggal terpisah. 

"Loh kok bukan kamu aja Ndys yang nyari kontrakan atau beli rumah baru. Malah mertua yang pindah."


Here we go..sebelumnya aku udah cerita panjang lebar di postingan aku yang lain, silahkan dibaca yes haha. Intinya awal banget sebelum pernikahan, aku udah sounding untuk mau ngontrak aja dan ngga mau serumah, tapi ngga dibolehin. Beneran ngga dibolehin dan daripada berdebat kusir ya kan, aku mah manut aja insya Allah barokah.

Baca Juga: Kisah Tinggal di Rumah Mertua

Jadi mertuaku pindah itu karena ya ada rumah lain di sebuah komplek gitu. Dan dekat masjid juga. Alhamdulillah nya mertuaku udah angan-angan banget untuk tinggal disana. Bisa teratur ibadahnya, terutama sholat 5 waktunya jadi di masjid terus. Mengisi hari tua dengan "ngepolke" amal ibadah, semakin dekat sama Allah adalah cita-cita kedua mertuaku. Alhamdulillah.

Dan ternyata kepindahannya semendadak itu, aku yang serumah ya shock dong. Memang sih, dari jauh-jauh hari mamah udah nyiapin barang kayak packing dll gitu. Aku juga tau dan aku pikir ngga saat itu juga, katanya masih nanti-nanti habis lebaran. Rumah yang di komplek itu udah on the way mau jadi gitu lah ya istilahnya, tapi belum jadi-jadi banget (nunggu finishing). Dan saat itu lagi bulan puasa juga.

Satu Kata: CAPEK Bund!

Kebayang dong gimana beratnya aku menerima kenyataan itu haha. Disatu sisi, ngga naif ya kalau tinggal sama mertuaku ini aku udah nyaman karena masakan selalu terjamin, beliau jagonya masak, masakannya enak-enak (jadi udah keenakan wkwk). Sedih aja kalau aku takutnya berbuat suatu kesalahan, tapi mertuaku ngga mau bilang dan memutuskan yaudah pindah segera aja. Tapi aku tepis dengan aku bilang jujur, apa aku buat salah mah?

Ternyata insya Allah ya karena alasan Mamah dan Ayah adalah untuk lebih dekat sama masjid dan waktu itu lagi Ramadhan, mau menghabiskan Ramadhan dekat masjid. Luar biasanya lagi, ngga bilang sama kakak-kakak suami aku. Dikira aku sekongkol sama Mamah untuk ngga bilang-bilang pindahan. Padahal, aku merasa beraaaat sis ngejalanin waktu pindahan.

cerita-pendek-rumah-mertua
(Sempat aku foto. Dokpri)


Satu kata, capek shaaaayyy. Bayangin aja, aku akhirnya bongkar-bongkar dan beresin semuanya SENDIRI. Aku cicil pelan-pelan, karena aku sadar dong ngga mungkin buat teriak-teriak minta bala bantuan kakak-kakak iparku dong. 

Aku yang nempatin ini rumah, udah pasti hematku saat itu, aku yang bertanggung jawab. Suamiku full masuk kan, dan itu lagi awal-awal Covid tahun 2020 deh. Suamiku udah bilang, pakai jasa pembersihan aja. Aku ngga bisa, ngga percaya aja gitu. Kan ini rumah banyak barang ya.

Haha pokoknya caur banget lah waktu itu. Mental fisik ngga stabil. Mau nangis rasanya. Plus waktu itu rasanya serangan tikus masuk ke rumah. Aku juga ngga ngerti ya kenapa tikus bisa sebanyak itu datang. Apa karena barang-barangnya digeser dan dipindah jadi mereka-mereka ini pada keluar. 

tips-pindahan-rumah
(Before after ya. Dokpri)


Serangan tikus, beresin barang mertuaku yang udah OUT OF DATE. Tapi aku takut salah kalau harus ngebuang. Ini tuh jadi seolah-olah aku membereskan banget. Mau ngeluh, untungnya bisa ngeluh secara online disini.

Solusi dari aku saat itu adalah.

  • Dikerjakan denga pelan-pelan, ngga perlu nunggu beres dalam berapa jam. 
  • Satu-persatu tempat. Misalkan beresin lemari, fokus dulu disitu dan ngga pindah-pindah.
  • Komunikasikan ke pasangan bahwa kita capek dengan kondisi seperti ini dengan bahasa yang enak (pillow talk) dan alhamdulillah suami mau bantu di waktu pulang kerja dan weekend
  • Melatih mental untuk tidak banyak menimbun barang-barang. Belajar untuk hidup minimalis dengan membeli apa yang kita butuhkan, bukan semata-mata keinginan kita
  • Saat nanti ngalamin kejadian seperti ini lagi, jadi harus tau kalau kita mau pindah itu ada tanggung jawab bersama bukan dengan membebankan kepada satu orang saja
  • Ikhlas 

Pindahannya otomatis pindahan aku juga dong haha. Aku pindah dari kamar atas ke kamar bawah. Yang artinya kasur ukuran 180*200 ini harus turun lagi dengan memotong bagian tangga (lagi) karena tangga di rumah ngga bisa masuk untuk ukuran kasur segitu (ada undakan dan mentok. Aku mau ketawa tapi mau nangis juga. Tapi ya diterima aja, sebagai sebuah cerita klasik di masa-masa itu. 

Kayak..oh ternyata aku pernah loh ngelewatin masa-masa ini.

Yang aku agak ngga bisa terima adalah, kemana wahai kakak-kakak iparku. Ingin gitu ya, aku ditanya, Ndys butuh bantuan ngga, kan lagi puasa. Atau kalau ngga bisa datang, ditanyalah aku gimana progress sisa pindahan rumah itu. Karena aku yang ditinggalkan ini juga caur loh kondisinya plus ini rumah aku cuma numpang tinggal aja, bukan rumahku juga.

tips-pindah-rumah-mertua
(Bagian ini di bersihin berkali-kali sampe tepok jidat. Dokpri)


Ya aku paham, mungkin masih agak kesal dengan pindahnya mamah secara mendadak, tiba-tiba. Tapi itu atas hemat mamah, plus minus sudah dipertimbangkan oleh mamah, aku juga ngga bisa maksa buat nahan-nahan kan. Soalnya aku udah beberapa kali ngalamin namanya kata pindahan ya. Walaupun waktu itu aku masih kecil, belum ngerti yang gimana-gimana. Tapi aku paham banget betapa CAPEKNYA kebayang banget waktu itu Mamah Papahku pindahan boyongan ya, manusia-manusia kuat.

Recap Pindahan dari 

Ternate- Rengasdengklok (1999-2009)

Rengasdengklok-Nganjuk (2009-2014)

Nganjuk-Rengasdengklok (2015-present)

Aku juga pernah merantau untuk kuliah di Malang, jadi aku hitung juga sebagai pindahan dong. Boleh dong haha.

Nganjuk-Malang (2011-2014)

Malang-Bandung (2014-2018)

Bandung-Tangerang (2018-present)

Baca Juga: Pengalaman Kuliah Teknik Kimia di Polinema

Sekali lagi, aku menulis untuk lebih percaya pada diriku sendiri telah melalui hal tersebut. Untuk lebih tau kalau ternyata, wah Ndys lihat kamu udah melaluinya dan kuat, lho.

Bukan untuk menjelek-jelekkan secara personal ya. Hanya mengungkapkan apa yang aku rasakan saat itu aja. Kalau teman-teman yang baca tulisanku ini, ada yang mau dibagikan ke aku ngga? Bebas kok, mau setuju mau ngga, asal ga berantem yaaa haha. Atau ada yang mau share juga cerita pindahannya, boleh yaa di kolom komentar.

15 komentar

  1. Aku pengen pindah jauh ke luar negeri Ya Allah aamiin

    BalasHapus
  2. Iya mbak, pindahan bikin capek
    Pengalamanku sebelum menempati rumah sendiri adalah pindahan 3 kali, capek euy
    Bikin kapok pindahan itu

    BalasHapus
  3. Kebayanag SENDIRI ngerjainnya...hikmahnya sudah latihan nanti pindah rumah sendiri. Aamiin. Semangat sehat, memang yang sudah sepuh kayak mertua suka gitu mendadak apa-apa rencananya, dan biasa ipar itu kadang ga ngerti kondisi kita, kitanya mau ngomong duluan sungkan, yekan..Semangat....jadi sekarang tambah jago masak dong ya eh:)

    BalasHapus
  4. Nah ini aku pernah alami pindahan dari rumah lama ke rumah baru. Waduh sebulan tuh baru beres.Banyak banget barang yang harus sisihkan di rumah lama terus kembali menata di rumah baru. Amboi lelahnya

    BalasHapus
  5. Ternate- Rengasdengklok,
    Rengasdengklok-Nganjuk
    Nganjuk-Rengasdengklok

    Lintas provinsi, jadi ngerasain Indonesia Bhinneka ya Mbak..
    Sekarang, aku sama suami nih yg lg di posisi ortu mb Ndys. Sejak menikah sudah lima kali pindah rumah di empat kota (dua pulau). Pindahan rumah (apalagi sudah punya anak) memang capek sangat. karena ga cuma orangnya yang beranak, barang2nya jugaaaak :)

    BalasHapus
  6. Udah 6 th di Jakarta ingin pindah Dys tapi mikir ini barang udah beranak pinak. Maunya ke Eropa atau Australia, hidup woles di sana.

    BalasHapus
  7. Kebayang capek dan lelahnyaa maak packing buat pindahan. Aku aja yang suka beres2 rumah sortir sortir barang tidak terpakai lelah.

    Memang harus fokus perbagian kalau lompat2 ga kelar2.

    Alhamdulillah ya mba bisa melewatinya🤲

    BalasHapus
  8. Pindahan rumah itu emang berasa banget capek, karena sebelum pandemi kemarin aku pindahan lagi dari rumah mamahku ke rumah sendiri. Sebelumnya aku memang renovasi rumah, lalu gak kita tinggalin karena lagi tinggal di rumah. Pas kemarin balik lagi, berasa kok ini beresin aja gak kelar-kelar.

    BalasHapus
  9. Aku udah ngerasain pindahan berkaki-kali haha luarrr biasaa capek nya maksimal ndys

    BalasHapus
  10. Sy ngerasain pindah berkali kali mba heuheu capek mana anak2 masih kecil, dua kali ngontak sebelum punya rumah, udah punya rumah sendiri di bogor krn suami kerja di tangsel kita ngontrak di Tangsel 2x pindahan sebelum akhirnya jual rumah bogor dan beli rumah di kab.Bogor mepet Tangsel heuheu

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah pindah rumah, tapi pindah tempat tinggal ya lumayan. Bersyukur waktu itu barangnya cuma pribadi aja, gak macam-macam. Kalau sampai beres-beres banget, cuma mau bilang, yang sabar dan tetap semangat ya, Mbak. Bener kudu komunikasi sama pasangan kalau kita cape pas bersihin itu sendiri

    BalasHapus
  12. Pindahan itu memang sesuatu ya mba, malesnya itu packingnya. Aku juga dulu dikerjain sendiri ampe butuh waktu sebulanan.

    BalasHapus
  13. jujur kalau soal pindahan aku nyerah. waktu itu semua suami yang ngurusnya mulai dari beres-beres di rumah ibuku sampai nyusun-nyusun di rumah sendiri. aku asli nggak jago soal beres-beres ini. makanya aku kagum banget sama mereka yang suka berbenah-benah rumah

    BalasHapus
  14. Dulu waktu masih sendiri muda seneng banget pindah, sekarang punya balita hadeh ngebayangin aja lelah tapi harus tetap dilakukan. Dahlah setidaknya sering pindah-pindah membuatku berpikir ribuan kali kalau mau beli barang gak penting.

    BalasHapus