Pengalaman Jual Nasi Jinggo Khas Bali

 

nasi-jinggo-murah
WIP bagiin nasi Jumat sama Mamer

Genap satu bulan lebih, aku dan mertua (kita bermitra di sini dalam usaha nasi Jinggo Bali) membangun usaha kecil-kecilan. Kenapa aku bilang kecil-kecilan, karena kita baru sanggup perhari nya itu 20-30 bungkus dan membuka sedekah nasi Jumat setiap hari Jumat.

Masya Allah tabarakallah, aku awalnya ngga nyangka Nasi Jinggo khas Bali ini benar-benar terjual. Aku udah ngga ragu soal masakan mertuaku, dulunya beliau juga berjualan Gudeg Mercon 3 Lanang. Namun karena proses pembuatannya yang begitu tricky dan cukup melelahkan bagi mertuaku yang usianya ngga lagi muda ini, setoplah gudeg mercon itu.

Mencoba jualan ini karena melihat ada yang berjualan gitu dengan harga under 7ribuan, dan kita sampling dulu lah. Ternyata kata mamerku ini, bisa dijual dengan harga naik dikit, tapi kayak nasi jinggo beneran di Bali. Emang nasi Jinggo beneran di Bali tuh ada isi ayam suwir bumbu bali, serundeng, tempe oreg, mi goreng, sambel dan irisan telur rebus.

Akhirnya, kita cobalah buka dengan harga 6ribu per bungkus dan ini cocok buat sarapan pagi, udah lengkap proteinnya dan hemat di kantong, khususnya anak kuliahan atau pekerja kantoran yang butuh satset. Apalagi, bener-bener pakai daun pisang untuk membungkusnya, nambah sedap saat kita buka nasi jinggo ini.

Awal mula pemasarannya, aku pakai Twitter please do yiur magic, alhamdulillah impact sampai beberapa like dan RT, dan ngga kalah senangnya, aku di like sama @hrdbacot. Aku sampai DM dan meminta alamat buat aku free-kan nasi jingo untuk team-nya.

Baca Juga: Dibalik Bisnis Ngupi Eat & Drink

Aku berjualan dengan membuka lapak, yaitu meja dan juga kursi. Sebetulnya harus dibagusin lagi sih, dengan beli rak kaca yang ada geseran gitu, biar lebih estetik aja, yuk kita kumpulin modalnya. Beberapa ada yang bilang juga, aku sampai segininya cari duit, hehe. Dan orang-orang yang lewat saat aku jualan ini banyak yang kenal sama mamerku kan, tanya kalo aku nganggur ya, kok mau jualan gini.

Aku cuma jawab degan senyum dan bilang ini usaha kecil-kecilan yang menuju besar suatu hari nanti. Hehe, namanya juga tetangga ya, kadang tanggapan dan reaction kayak gitu gabisa kita tutupin. Jadi dengan aku berjualan ini, aku udah nyiapin mental, dan alhamdulillah nya mental itu terpupuk dari sejak aku SD-SMP. Papahku ngajarin, gimana jadi anak perempuan yang bisa mandiri, struggle dengan usaha-usahanya. 

Dulu, waktu SD aku berhasil jualin snack-snack dan laku keras! Dan waktu SMP, aku jualan gorengan kayak risol, bakwan, puding ke sekolahan, dan titik aku ngerasa ngga mau jualan lagi, saat jualanku ngga ada yang beli sama sekali, dan setelah itu aku ngga mau berjualan lagi. 

sedekah-nasi-jumat-nasi-jinggo
Sedekah nasi jumat. Dokpri


Dari hal kecil ini, akhirnya aku ingin usaha makanan murah meriah ini bisa jadi jembatan bantuan untuk orang-orang yang saat pagi hari kesulitan dapat sarapan yang pas di perut. Hingga tercetuslah sedekah nasi jumat, dengan kepercayaan teman-teman donatur yang transfer dalam bentuk uang yang nantinya dihitung sebagai jumlah nasi jinggo. Aku sangat open mulai dari 6ribu untuk transfer, bisa banget sedekah nasi jumat ini. Jadi ngga ada minimalnya berapa ya. 

Ketika mata ini melihat langsung setiap pemberian sedekah nasi Jumat ini, ada banyak doa-doa yang dihaturkan. Teman-teman donatur pun tak jarang menitipkan doa, dan insya Allah aku sampaikan. Biasanya aku pun dokumentasi saat pembagian nasi Jumat ini. Masya Allah, rezeki kalian semoga dideraskan oleh Allah, membantu teman-teman kita yang membutuhkan ini.

Semoga mamerku selalu sehat, dan aku bisa terus bermitra dengan beliau, sambil sedikit-demi sedikit aku belajar masaknya, hehe. 


6 komentar

  1. nasi jinggo, sampe lupa aku rasanya, saking lamanya ga makan lagi
    mungkin kalau di jawa tempatku sini, mirip nasi uduk, nasi campur kalau buat sarapan pagi, ada suwiran ayam, suwiran telur juga.

    BalasHapus
  2. semoga ibu mertua sehat selalu. Senangnya bisa berbagi dengan sesama. Semoga istiqomah ya amalnya

    BalasHapus
  3. belum pernah coba rasa nasi jinggo jadi penasaran banget deh enak nih kayaknya apalagi dibungkus daun pisang

    BalasHapus
  4. Bedanya apa sama nasi biasa kak.. btw ini tuh kegiatan yg keren bgt bisa berbagi jg ya, smoga berkah selalu ya

    BalasHapus
  5. MasyaAllah kak Gradys hebat banget! Aku suka banget sama nasi jinggo, sekali makan kayanya nggak cukup satu bungkus, minimal 2 bungkus lah. Hahaha. Semoga berkah selalu untuk jualannya ya kak.

    BalasHapus
  6. Keren banget, Grandys dengan kolaborasi tenaga, ide dan segalanya bersama mama mertua.
    kompak selalu dan semoga usahanya juga nasi sedekah Jum'atnya bisa lumintu, banyak membantu orang dan pastinya semakin besar dan lebih besar lagi usahanya.

    BalasHapus