Cara Tebar Kebaikan Bersama HUMANESIA Dompet Dhuafa #IniTentangKita

nasi-jumat-barokah
Dokumen Pribadi

 

"Buk, ini untuk sarapan atau makan siang keluarga ya. Saya bagiinnya per rumah dua bungkus ya"

Alhamdulillah, bersyukur banget bisa merintis usaha dari awal dengan mitraan bareng ibu mertua. Awalnya memang murni bantu beliau untuk jalanin bisnis kuliner yaitu nasi jinggo dan ada inisiasi untuk setiap Jumat ngadain nasi berkah dari nasi jinggo ini.

Alhamdulillah banyak donatur dari para hamba Allah ini yang mau menitipkan sebagian hartanya lewat nasi jinggo di hari Jumat ini. Aku sebagai diberi amanah untuk bisa menyalurkan nasi jinggo ini, senang banget bisa lakuin Nasi Jumat ini dan semoga tetap terus bisa aku lakukan seterusnya dan bisa nambah berkembang juga. 

Jujur, melakukan kebaikan sekecil apapun itu bahkan terkadang di mata kita kayak "kok receh" banget, percayalah ngga ada namanya receh dalam hal kebaikan. Aku selalu terharu ketika mulai membuka broadcast yang mau jadi donatur di hari Jumat untuk sedekah nasi dan saat transfer itu hatiku terenyuh dan semakin semangat sejak dini hari menyiapkan nasi jinggo. Karena aku juga ada pekerjaan tetap yang harus aku tunaikan dan nasi jumat ini harus terbagi sebelum jam kerjaku dimulai.

Hal yang paling tidak bisa aku lupakan adalah tatapan dan rasa syukur dari mereka semua yang menerima nasi jinggo ini. Sangat terbantu karena tidak perlu memikirkan untuk makan siang, karena biasanya untuk sarapan mereka akan dibuat sekalian dengan makan siang. Masya Allah tabarakallah. Yang kita lakukan sekarang ini adalah dengan berbuat baik, mengharapkan keridhoan Allah dan membantu sesama kita. Dan ini juga yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa yang terus menerus melakukan banyak kebaikan dalam semua program-programnya.

Makna #IniTentangKita Pada Dompet Dhuafa

humanesia-ini-tentang-kita
Dok: Dompet Dhuafa Team



#IniTentangKita adalah sebuah program Dompet Dhuafa yang melibatkan "kita" yaitu semua orang yang terlibat didalamnya mulai dari pihak Dompet Dhuafa, penerima, donatur, volunteer dan juga sistem serta jaringan yang selalu support hal ini.

Dan untuk Humanesia tahun 2022 ini ingin lebih banyak melibatkan anak-anak muda atau millenial dalam menebar kebaikan serta ikut andil secara langsung. Hal ini agar kebaikan antar sesama semakin melekat kuat dan juga erat.

Dari program Dompet Dhuafa dengan sebuatan Humanesia #IniTentangKita sudah ada 4 point yang harus diteruskan bahkan difokuskan, yaitu:
  1. Indonesia Siap Siaga, kita sama-sama tau bahwa Indonesia berada dalam lingkungan atau kondisi yang rawan bencana. Menutup akhir 2022 daerah-daerah di Indonesia sungguh banyak berduka karena melewati beragam kondisi seperti gempa di Cianjur dan saat ini menghadapi cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu akan membuat nyawa terancam. Dengan adanya fokus Indonesia Siap Siaga ini, kondisi masyarakat baik fisik dan psikologis sedikit terbantu dan siap menata kembali kehidupan yang jauh lebih baik setelah terkena guncangan bencana.
  2. Kado Anak Yatim, kita bisa bahagiakan mereka anak yatim dengan memberikan kebutuhan pokok dan juga fasilitas yang dapat ia nikmati selayaknya mereka anak-anak yang membutuhkan dalam proses tumbuh kembangnya.
  3. Perempuan-perempuan tangguh, dalam balutan senyum yang selalu tepatri dalam wajah mereka, mereka simpan rasa lelah dan juga penat karena menjalankan kegiatan sehari-hari sebagai pejuang rupiah dan mengurus kebutuhan domestik di rumah.
  4. Wakaf untuk Ibunda, berikan yang terbaik untuk orang yang terbaik di hidup kita. Mewakafkan atas nama Ibu kita, bisa menjadi upaya terbaik sebagai anak untuk orang tua kita.
Alhamdulillah kebaikan yang kita lakukan baik kini dan nanti akan menjadi suatu amal shalih untuk diri kita dan juga keluarga. Adapun program lainnya yang ada dalam 7 program diantaranya Sedekah Menolak Bala, Kado Akhir Tahun, Wakaf untuk Bunda, Kado untuk Ibu Tangguh, Zakat Akhir Tahun, Kado Anak Yatim dan Cianjur Bangkit.

Oleh karenanya dengan program Humanesia ini bisa menjadi bentuk ajakan dan awareness kepada masyarakat tentang kebaikan dan juga kemanusiaan. Teman-teman yang ingin tau lebih lanjut tentang Dompet Dhuafa, silahkan kunjungi link ini ya. Semoga kita adalah orang-orang yang selalu bisa berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar