Cara Menata Rumah Minimalis

by - Agustus 05, 2019

cara menata rumah minimalis, tips dan trick menata rumah, tips dan trick menata meja kerja sendiri di rumah
(I'am at IPEX JCC. Dokpri)


Assalamualaikum teman-temanku semua, nah kali ini aku lagi mau sharing sesuatu yang sangat-sangat membuat kalian ingin langsung segera praktik. Apa hayoooo.  Iyaaa ituu bener banget, soal kerumah tanggaan tapi dalam segi design-design dan tata rumah. 

Duh aku tuh paling gasabar dan suka excited sama setiap hasil perpaduan yang ciamik dari beberapa furniture dalam satu ruangan (yang ga terlalu gede-gede banget) lalu bisa menjadi satu kesatuan yang siapapun memandangnya bakal terpukau, bahkan bisa betah berlama-lama. 

Siapa sih yang ga memimpikan sebuah rumah yang nyaman, enak dilihat, ga berantakan, pasti ini impian semua ibu-ibu di seluruh dunia, iya gaaaa? Tapi tenang aja, gausah khawatir di soal harga untuk membeli dan menggenapkannya menjadi hunian yang terlihat instagramable itu. 

Karena, sharing session aku kali ini di Indonesia Properti Expo (IPEX) yang diadakan di JCC Senayan sangat-sangat bermanfaat dan relate banget untuk diterapkan sepulang dari sharing session ini soal serba-serbi menata rumah.

Cara menata rumah minimalis

cara menata rumah minimalis, tips dan trick menata rumah, tips dan trick menata meja kerja sendiri di rumah
(sharing kali ini dengan moderator kece, teh Ani Berta. Dokpri)

Nah, sharing yang diadakan di event nya IPEX di JCC Senayan ini telah berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 dengan berbagai macam penawaran properti, dimulai dari apartmen, hunian rumah minimalis serta masih banyak juga fasilitas yang ditawarkan.

Terlebih IPEX selalu mengadakan sharing soal tata menata rumah yang bisa dilakukan sendiri dengan kita tau ilmu nya terlebih dahulu. Kali ini sharing pertama akan di bawakan oleh mba Adel yang merupakan ibu rumah tangga namun memiliki minat yang sangat tinggi terhadap design interior rumah. Sehingga mba Adel tidak segan-segan membagikan beberapa tips nya untuk kita, agar bisa kita terapkan juga di rumah.
cara menata rumah minimalis, tips dan trick menata rumah, tips dan trick menata meja kerja sendiri di rumah
(Mba Adel saat menceritakan tentang home living space. Dokpri)

Jadi, mba Adel memiliki hunian yang minimalis karena mengambil tema Jepang, yang mana seluruh barangnya tidak tampak ramai di bagian luar dan terkesan sangat-sangat ringkas. Small living space ini adalah hidup dengan ruang kecil, gaya hidup yang disederhanakan, lebih sedikit space untuk barang tambahan. 

Itu juga menjadi sebuah hal yang mba Adel pegang ketika mulai menata rumahnya yang minimalis ini. Adapun cara-cara menata rumah minimalis agar tetap nyaman sehingga suatu saat kita travelling, kita selalu mendambakan untuk ingin segera sampai di rumah karena saking nyamannya itu. Begini tips nya:

1. Perhatikan kebutuhan masing-masing anggota keluarga
Saat sekeluarga sepakat untuk merombak rumahnya lebih nyaman dan enak untuk dihuni, tentu kita harus tau kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Misal ibu sangat merasa nyaman ketika berada di dapur dan memang banyak menghabiskan waktu di dapur, maka kebutuhan ibu akan area dapur ini ingin di buat sedemikian rupa agar fungsi nya menjadi pas.

2. Perbanyak referensi jika saat travelling dan menginap
Dalam menentukan interior bagian rumah, terutama rumah yang minimalis atau mungil ini adalah perbanyak mencari referensi ketika kita menginap, atau sesuai dengan minat nya kita. Misal jika hobi nya travelling, bisa ada gambaran bed set nya seperti apa, bath room nya menggunakan properti apa saja yang mendukung. Sama hal nya ketika memiliki hobi minum kopi, bisa mengagendakan untuk mengunjungi coffe shop sambil melihat interior ruangan bagian kitchen atau meja bar nya serta design-design dari lampu-lampunya (sekarang udah jaman now banget nih lampu yg instagramable).

3. Sesuaikan dengan budget

Tentu saja, ketika perbanyak referensi, maka pastikan dengan kondisi financial kita, berapakah alokasi dana untuk budget hunian minimalis ini.

4. Perhatikan sirkulasi udara 
Mba Adel bercerita soal penggunaan cooker hood pada rumah yang minimalis ini agar ruang yang kecil ini menimbulkan kesan hangat, bukan pengap. Oleh sebab itu, hal ini harus diperhatikan karena cooker hood bisa menghisap asap-asap bakaran sisa memasak. Atau menggunakan exhaust fan, bisa juga dengan menerapkan big windows di salah satu sudut ruang tamu.

5. Pemilihan furniture sesuai dengan tema
Saat ini tema rumah yang bisa kita aplikasikan ada beberapa contohnya seperti:

  •  Rustic ga harus kayu, bisa perpaduan putih dan brown
(Source: Pexels.com)

  •  French country (lebih gold)
(Source: Pexels.com)
     
  • Bohemian (lebih ramai, tp tetap kesannya rapi serta banyak tanaman)
(Source: Pexels.com)
     
  • Scandinavian (minimalisnya dapet)
(Source: Pexels.com)
  • Modern japanese/korean
    (Source: Pexels.com)
Tentu, mba Adel juga menambahkan cara menata rumah minimalis agar tetap punya storage. Opsi nya, bisa pakai ambalan, bentuknya kotak (open storage). Vertical ke atas atau opsi dengan close storage dengan lemari yang didalamnya berisi semua peralatan kebersihan di mulai dari ember, vacuum cleaner hingga sapu.

Serta dari pemilihan cat juga menjadi pertimbangan dengan kesesuaian furniture ini, rumah yang kecil jika menggunakan cat warna putih, ruangannya akan terlihat lapang, bisa juga memakai abu-abu tapi yang muda.
cara menata rumah minimalis, tips dan trick menata rumah, tips dan trick menata meja kerja sendiri di rumah
(Mba Zatta saat sharing session meja kerja nya yg menang di salah satu lomba blog. Dokpri)

Cara menata rumah minimalis selanjutnya adalah dari bagian ruang kerja nih teman-teman. Siapa hayo yang disini pakai ruang atau meja kerja sendiri, tidak dengan lesehan di ruang tamu dan depan televisi? Dulu aku kayak gitu, namun makin kesini dan habis dapet sharing session sama mba Zatta Ligouw soal menata ruang kerja di rumah, efeknya sangat-sangat berbeda.

Dari segi produktivitas, tingkat kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan jug amenjadi beda feel nya jika mengerjakan menggunakan meja atau ada ruang kerja sendiri. Berhubung aku juga sangat butuh ruang kerja sendiri, maka hal ini harus bergerak dan cepat dilakukan, karena menurut mba Zatta, menyediakan ruang kerja sendiri dengan rumah minimalis ini bisa dilakukan dengan:

1. Cari space kosong pada sudut ruangan
Mencari-cari space atau ruang yang cocok untuk di taruh meja kerja secara egronomis (nyaman) ini bisa dimulai dari area kamar, ruang tamu bahkan dapur dekat dengan meja makan. Kalo aku sendiri udah nemu di area kamar dan ga terlalu pojok juga, asal pas ada meja nya, bisa buat naruh laptop dan lampu belajar serta ada laci-laci untuk menaruh sticky notes dll.

2. Adakan meja yang proper
Sediakan meja kerja yang nyaman itu tidak harus dengan beli dulu yang baru, yang bagus dan mahal. Semuanya bisa dimulai dari yang ada aja dulu di rumah teman-teman semua. Kalo ada meja belajar bekas adik bimbel dan masih oke, kenapa engga. Asal posisinya sesuai dengan postur tubuh kita (tidak membungkuk atau menyamping).

3. Sediakan aksesoris lucu
Nih yang ciwi-ciwi, bisa banget menggunakan aksesoris yang aplikatif ini karean worth banget buat bikin keadaan meja kerja makin cerah, dan memberikan mood yang baik juga.

4. DIY Kalender
Sharing bersama mba Zatta ini, membawa ide-de baru buat makin bikin DIY untuk mempercantik meja kerja dengan aplikatif dari karton bekas yang bisa digunakan untuk membuat kalender sendiri dengan sticky notes.
 
5. Sediakan Tanaman
Penting nih gaes untuk makin menambah tingkat produktivitas kita dalam mengerjakan beberapa task di meja kerja, bisa dengan menambahkan tanaman di area sekitar meja kerja kita. 

cara menata rumah minimalis, tips dan trick menata rumah, tips dan trick menata meja kerja sendiri di rumah
(Teh Ani, mba Adel, mba Zatta. Dokpri)
Yuk langsung aplikasikan beberapa cara menata rumah minimalis tadi beserta tips and trick untuk menata meja kerja kita sendiri di rumah. Semoga bermanfaat ya sharing yang aku bagikan dari hasil menimba ilmu bersama 2 pemateri kece kali ini. Praktek yuuuuk, ada yang mau share soal meja kerja di rumah atau soal rumah yang minimalis? Feel free to share ya!

You May Also Like

1 komentar