Manfaat Jalan Kaki Pagi Menuju Kantor

by - Agustus 22, 2019


manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Deket? Jalan aja! Difotoin mas Dede A.)

Halo assalamualaikum semua...

Kali ini kita mau bahas tipis-tipis soal jalan kaki yang masih dekat hubungannya sama travelling, setuju ga? 

Aku yang hobi jalan kaki

Yaiyalah, sekarang kalo kita travelling tapi mau nya dari suatu tempat ke tempat lainnya itu jaraknya lumayan jauh, cukup repot dan aku sih ya karena mau gimana lagi, yawislah. Tapi, kalo ada tempat wisata yang antar jarak satu dengan lokasi satunya lagi deketan, wah bahagianya hatiku. 

Karena sehobi itu aku sama jalan kaki. Bahkan, suamiku sendiri aja kadang suka rada ngambek gitu kalo aku seringnya jalan, masalahnya pernah jalan selama 15 menit udah gitu sampe di rumah aku kecapean dan tidurnya jadi ngigo gitu.

Tapi, aku masih sangat mencintai proses dan bagaimana aku cinta jalan kaki. Ditambah ketika aku datang di ibukota, rasanya makin aja hobi jalan kaki aku tersalurkan, karena pernah banget dari halte Bundaran HI ke halte Tosari full jalan kaki, okelah bagi teman-teman yang asli ibukota, hal ini norak banget ya. Namun bagiku, ini adalah sebuah hal yang berharga, karena bisa mengenal sebuah tempat lebih detail lagi dan aku bisa nemuin beberapa kuliner yang tersembunyi gitu, kalo jalan kaki.

Manfaat jalan kaki pagi

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Kalo aku selalu cek lokasi apakah bisa terjangkau dengan jalan kaki. Difotoin mas Dede A)

Buat teman-teman yang mempunyai jam kantor tetap, pernah ga sih kepikiran untuk meluangkan sedikit saja waktu beberapa menitnya menuju kantor dengan berjalan kaki? Aku mau cerita sedikit nih, sebelum aku pindah ke ibukota, aku bekerja di Bandung dengan jam kerja dari 06.45 hingga 3 sore. Nah, aku ga pernah mengeluarkan uang transportasi, karena aku mengandalkan jalan kaki pagi untuk tiba di kantor selama 15 menit itu.
Kebiasaan ini pada akhirnya melekat pada diri aku yang menjalani waktu-waktu freelance dan sangat support terhadap transportasi publik atau umum ini untuk aku gunakan. Pertimbangannya adalah waktu yang sudah tetap, dan kita tinggal  menyesuaikan, lebih hemat daripada menggunakan kendaraan pribadi dan bisa lebih produktif (bisa tidur gitu maksudnya di TransJakarta hehe). Setelah itu menuju tempat lokasi kerjaan, aku selalu cek google maps apakah lokasinya memungkinkan atau engga untuk aku berjalan kaki.
manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Yang pada ngantor jalan kaki, kece euy. Dokpri)

Ternyata manfaat jalan kaki pagi ke kantor itu ada banyak lho:

1. Meningkatkan Mood

Ini bener banget lho karena aku pernah ngerasain banget, kalo kita bad mood, cobalah berjalan kaki sejenak dan rehat dari rutinitas monoton kita, misal di depan laptop terus. Lalu, coba jalan kaki sekitaran taman selama beberapa menit saja.

Sama hal nya kayak kita berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum dan jarak dari stasiun ke kantor itu tidak terlalu jauh dan memilih berjalan kaki, akan mendapatkan mood yang berbeda. Bisa juga dicoba dengan sambil mendengarkan musik atau podcast favorit kita.

2. Melancarkan peredaran darah

Nah, ini kita setuju banget ya, dengan berjalan kaki, sama saja kita menggerakan sebagian dari otot-otot kita untuk terus bergerak dan otomatis aliran darah dalam tubuh kita menjadi lebih lancar. Siapa yang ga mendambakan miliki tubuh yang sehat? Bisa dimulai dengan tidak ada alasan lagi buat ga jalan kaki ya gengs. 

3. Menguatkan Tulang

Percaya ga kalo berjalan kaki secara teratur, bisa memperbaiki harapan hidup kita lebih baik? Karena kepadatan tulang pada usia yang semakin bertambah, justru akan berkurang kan? Oleh sebab itu, pilihan untuk berjalan kaki, bisa membuat resiko terhadap Osteopororis sangat terminimalisir dan memperbaiki postur tubuhnya juga.

4. Mengobati gangguan tidur

Dengan intens berjalan kaki, akan memperbaiki gangguan tidur yang teman-teman alami. Hal ini bisa dilakukan setiap hari, dan ketika kita berangkat kerja. Sederhana dan mudah banget bukan gengs? Ga sampe memakan waktu berjam-jam, cukup 10-15 menit untuk berjalan kaki dan tidak mengandalkan kendaran pribadi seperti motor.

5. Memberikan efek terbaik untuk udara sekitar

Ini nih point nya, untuk memberikan pengurangan polusi udara yang saat ini sedang hype banget ya. Rasanya memang sangat pengap banget kalo keluar disiang hari aja dan jangan lupa untuk pakai masker wajah. Proteksi terhadap polusi udara ini memang berawal dari tumpukan polusi kecil-kecilan dari asap knalpot kendaraan pribadi, seperti motor misalnya.

Kebetulan banget aku merasa senang dan happy karena bisa ikut serta dalam Kampanye Jalan Hijau yang dilakukan oleh BPTJ bersama dengan teman-teman dari STTD dengan membawa berbagai macam poster yang berisi tulisan sangat kekinian (mengajak tanpa ada kata-kata yang kaku).

Kampanye Jalan Hijau

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Kampanye Jalan Hijau by BPTJ. Dokpri)

Kampanye ini serentak dilakukan di 4 stasiun diantaranya, stasiun Dukuh Atas, Juanda, Depok dan Bekasi. Tujuannya untuk memberikan sosialisasi dan juga pendekatan kepada masyarakat untuk bisa meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih berjalan kaki pagi menuju kantor.

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Bagi-bagi Tumblr. Dokpri)

Seru banget sih, karena kita ngeliat langsung banyaknya pengguna transportasi publik lalu lalang turun dari MRT ataupun Trans Jakarta lalu melewati trotoar dan teman-teman dari STTD mulai bergerak, menghampiri beberapa pejalan kaki untuk dilakukan survey singkat dan bagi pejalan kaki sejati, berhak mendapatkan tumblr kece serta kipas dan juga masker secara cuma-cuma lho.

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Saat menghampiri para pedestrian. Dokpri)

Selain itu, tujuan dari Jalan Hijau ini adalah, ketika lokasi kita dekat, kenapa harus banget untuk mengendarai kendaraan bermotor, padahal kalo deket ya jalanin aja! Itulah yang menjadi PR kita bersama, ketika menurut data kemenkes, penyakit non infeksi saat ini meningkat dari beberapa tahun yang lalu yaitu 33.5% dan idealnya, kita itu harus berjalan 10.000 langkah setiap harinya lho.

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Lokasi di Stasiun MRT Dukuh Atas. Dokpri)

Kebayang banget kan, kalo gerakan ini disosialisasikan dengan baik, dan masyarakat langsung terketuk hatinya, sama-sama bergerak juga untuk hidup lebih sehat, Jabodetabek berkurang polusinya dan yang penting adalah tidak merajalela kemacetan yang bukan saja di titik-titik tertentu. Yuk-yuk, teman-teman semua yang males jalan, jalan aja dulu sama kaki, daripada jalannya sama mantan (itu isi content poster yang kemarin diperlihatkan hehe).

manfaat jalan kaki pagi hari, jalan pagi ke kantor trend lifestyle masa kini, manfaat luar biasa dari jalan kaki pagi
(Tuh caption nya sungguh kekinian. Dokpri)


You May Also Like

40 komentar

  1. dulu aku juga kemana2 jalan kaki mbak, tapi sejak banyak pengguna motor yang sering menerobos ke trotoar aku jadi males jalan kaki :(

    BalasHapus
  2. sejak pindah kantor, aku jadi suka jalan kaki dan naik angkutan umum massal. Jalur pedestriannya nyaman banget sih, lega gitu, gak diganggu sama motor yang naik ke trotoar

    BalasHapus
  3. Dari zaman sekolah sudah jadi pejalan kaki. Kemana2 pakai angkot sambung kaki. Hahaha... Cuma sejak ada ojol aja kemana2 jd sering pakai ojol. Kalo ke depannya semua trotoar Jakarta sudah senyaman jalan protokol atau mendekati Singapura, jalan kaki pasti jadi kegiatan menyenangkan ☺️

    BalasHapus
  4. Teringat sewaktu kecil, ke sekolah yg berkilo2 berjalan bareng teman.. tapi tidak terasa karena bahagia hihi

    BalasHapus
  5. Sekeren itu ya jalan pagi ❤ yuk ah kita giatkan kampanya hijau ini dengan jalan kaki. Kalau jaraknya dekat, ga usah pake motor ya. Jalan kaki ini kita bersedekah buat udara jg :)

    BalasHapus
  6. Sama kaya nyari parkiran ya woles aja dapet yang jauh dari pintu masuk mall/kantor biar sekalian jalan kaki kan hehehe.. ke MRT juga jalan kaki tuh mba, sehat

    BalasHapus
  7. kunjungan perdana salam kenal

    BalasHapus
  8. bener banget, jalan kaki adalah olahraga termurah dan tergampang, tp berhubung kantor ku jauh jd mau gak mau ya pake kendaraan. hihihih

    BalasHapus
  9. Di era yang serba instan ini, semua org hampir rata2 malas gerak, bahkan untuk ke toko sebelah aja kadang hrus pake kendaraan, kebayang bgmna kehidupan yg akan dtg, tp salut deh sama Mba yg msh puxa kebiasaan jalan kaki

    BalasHapus
  10. Aku pun hobi jalan kaki soalnya dari zaman masih kecil suka dibiasain jalan kaki malah dari Sukajadi- Lembang pun aku pernah jalan kaki
    Makanya pas hiking atau tracking udah terbiasa hihi

    BalasHapus
  11. Wah, aku setuju bgt!! Aku pun sering jalan kaki karena jarak dari rumah ke halte busway lumayan jauh.. Sekalian biar sehat, hihi :D

    BalasHapus
  12. Aku juga suka jalan, dek...
    Tapi sejak pindah rumah, segalanya jadi serba memanjakan. Akhirnya jarang jalan.
    Paling olahraganya di dalam rumah, sit-up buat ngecilin perut.
    Hiiks~

    BalasHapus
  13. Yeay, keren banget deh kampanyenya. Iya ya, kalo deket mah jalan kaki aja deh ya. Biar badan lebih sehat, terhindar banyak jenis penyakit, bikin udara lebih sehat karena polusi kendaraan bermotor berkurang juga. Semoga banyak yang mempraktekan program ini di Jakarta. Tingkat polusi udaranya udah mengkhawatirkan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga juga program seperti ini banyak juga dilakukan di kota2 besar di Indonesia. Supaya macet bisa sedikit berkurang

      Hapus
  14. Ya biar badan lebih sehat dan terhindar dari bahaya penyakit harus banyak juga berolah raga salah satunya olahraga yang paling mudah itu adalah jalan kaki

    BalasHapus
  15. Uniek Kaswarganti24 Agustus 2019 19.53

    Udah makin jarang aja nih aku jalan kaki huhuuu...harus menguatkan semangat agar bisa hidup sehat ya dg banyakin jalan kaki.

    BalasHapus
  16. Sebenarnya jalan kaki ini olahraga murah meriah dan menyenangkan. Tetapi mungkin karena di Indonesia cuacanya terlalu panas dan belum tersedia lajur pejalan kaki, jadinya kurang bisa asyique kalau mau kemana-mana jalan kaki.

    BalasHapus
  17. Sebenernya jalan kaki olahraga yang murah meriah dan terjangkau siapapun. Hanya saja, di Indo blm tersedia lajur pejalan kaki dan cuacanya yang panas, sehingga suka angot2an mau jalan kaki.

    BalasHapus
  18. ada tetangga saya waktu masih di Jogja, si ibu ini dosen dan tiap ngantor jalan kaki, selama kurleb 6 bulan bisa turun hampir 15 kilo. Tapi prakteknya emang gak gampang, buat ke indomaret deket rumah aja harus ngeluarin motor ituuuu memang godaannnn yang sesungguhnya :(

    BalasHapus
  19. yeay baru aja tdi pagi aku ke tukang sayur jalan kaki 30.menit, rasanya udah seneng banget, bisa aktivitas fisik walau cuma jalan kaki

    BalasHapus
  20. Wuih seru ada bagi2 tumblernya, itu deket area stasiun SUdirman ya?
    Jalan kaki emang olahraga paling murah ya? Cukup mengandalkan kaki dan waktu berapa menit udah dapat efeknya yang bagus buat kesehatan.

    BalasHapus
  21. Banyak sekali ya manfaat berjalan kaki itu, tapi daku suka males banget buat jalan kaki huhuhu padahal bagus ya buat kesehatan.

    BalasHapus
  22. Waaah pantesan singset dan seger ya mba, ternyata suka jalan kaki. Aku kalau jalan kaki ya seputar komplek aja, kadang suka balap lari sih kalau sama krucil. Beruntung kemenhub ngadain campaignnya ya mba, semoga banyak yg aware pentingnya jalan kakiQ

    BalasHapus
  23. Jalan kaki nih emang solusi banget sih untuk ngurangi polusi udara yang lagi hype sekarang ini. Enak ini sambil jalan kaki terus sambil lihat-lihat jajanan pinggir jalan kalau aku sih, hahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dong besok kita jalan kaki di GBK, mau gak? Hahahahaa

      Hapus
  24. Setuju sekali dengan kampanye ini Mba. Perspektif masyarakat tentang orang yang berjalan kaki ke kantor itu miskin dan bikin keringatan perlu diluruskan lagi. Ada banyak sekali ternyata manfaat yang didapat dari berjalan kaki ini

    BalasHapus
  25. Aku juga sudah merasakan manfaat jalan kaki Grandys, memang hobiku jalan kaki, lebih cepat sampai dan hemat waktu menurutku. Secara Bogor sekarang macet banget kan, daripada capek hati, mending bahagia jalan kaki hehe

    BalasHapus
  26. Deket... jalanin aja. Hehe terbukti ya jalan kaki memang menyehatkan. Kalau memang tempat yang akan kita kunjungi bisa menggunakan kendaraan umum dan jalan kaki. Enaknya sih ga usah pakai kendaraan pribadi ya mba. Kali aja bonus langsing. Hehe

    BalasHapus
  27. Buat masyarakat perkotaan jalan kaki memang penting ya untuk mengurangi perilaku sedentary lifestyle, sehat bonus langsing hehe

    BalasHapus
  28. Wah sama mbak..

    Dulu wkt msh di jakarta, aku tiap hari juga jalan kaki

    Dari kos an ke kantor, cm beda 2 gang aja soalnya


    Jalan kaki emang bikin badan bugar ya

    BalasHapus
  29. Banyak manfaatnya ya mba sayangnya sekarang aku sudah melupakan sehatnya jalan kaki hahhaa udah tua malah makin males jalan kaki semoga ada kampanye begini di tempatku jadi aku ga males lagi :D

    BalasHapus
  30. Banyak juga yah manfaat jalan kaki, yang pasti memang lebih sehat dan lebih ramah lingkungan, tapi masih banyak kok yang merasa ngak nyaman untuk jalan kaki apalagi banyak fasilitas di jalan yang belum ramah terhadap pejalan kaki...next mungkin harus diperhatikan lagi nih dari sisi fasilitasnya agar makin banyak orang yang merasa nyaman dan aman saat berjalan kaki.

    BalasHapus
  31. Senengnya ada sosialisasi seperti ini. Apalagi sekarang banyak trotoar yang nyaman untuk pejalan kaki. Tinggal memotivasi orang-orangnya macam aku ini agar lebih giat berjalan kaki

    BalasHapus
  32. Semoga infrastruktur para pejalan kaki ini diperhatikan juga yaa..
    Karena di Bandung, pernah iseng jalan kaki dari sekolah anakku, tujuannya sampai rumah, tapi bahaya banget...di spanjang jalan (pedestrian) suka mendadak ada motor nyalip.

    Naha tempat jalan kaki, jadi jalanan motor?

    BalasHapus
  33. jalan kaki merupakan olah raga yang paling murah meriah, juga sangat sehat untuk kesehatan, semoga infrastruktur buat pejalan kaki diperhatikan juga ya ....

    BalasHapus
  34. Aku pengen banget biasain jalan kaki ke kantor tapi susah banget deh beb pasti waktunya selalu mepet dan akhirnya berujung naik kendaraan ��

    BalasHapus
  35. Jalan kaki pagi ke kantor jadi alternatif olahraga jalan kaki di pagi hari

    BalasHapus
  36. Aku sampai skg jalan kaki sih walaupun ga rutin banget, ternyata manfaat jalan kaki banyak banget buat kesehatan yah

    BalasHapus
  37. Aku senang liat kampanye Jalan Hijau ini. Semoga makin banyak orang yang senang jalan kaki ya mbak :)

    BalasHapus
  38. Setuju jalan kaki selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tetapi berguna juga untuk mengurangi polusi udara, andai semua orang memiliki kesadaran yang sama

    BalasHapus