Cara Paling Efektif Mempercepat Loading Website

cara-percepat-loading-website
Tenang-tenang yang tak kunjung datang, haha. Dokumen pribadi


Halo guys! Kalian tau kan kalau kegiatan aku lainnya adalah aktif dalam sosial media dan juga media blogging selain bekerja (kerja banget) dan full time as wifeeeee haha. Kalau kendala aku pribadi dalam kelola blog itu sendiri sih kurang lebih pada saat loading website nya. 

Kalian pasti pernah kan nemuin blog yang saat di klik trus loading-nya kayak berat gitu. So, di sini aku akan share gimana cara paling efektif dalam mempercepat loading website buat kalian-kalian para content creator yang punya website atau blog. Atau boleh juga bagi para pengusaha yang sekarang harus up to date untuk punya website selain e-commerce, sehingga sat set sat set mendatangkan customer yang baru.

Nah, bagi pengguna website tentunya mengetahui cara efektif untuk mempercepat website sangatlah penting. Hal ini lantaran loading website yang cepat akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berada di website kamu. 

Selain itu, menurut penelitian menyebutkan sebanyak 25% pengunjung akan keluar dari website bila mendapati loading website 5 detik lebih. Tentunya, hal tersebut sangatlah normal. Mengingat, semua orang pastinya menginginkan loading website yang cepat.

Lantas, Bagaimana Cara Efektif Untuk Mempercepat Loading Website?

Untuk kamu yang kesehariannya menggunakan internet untuk browsing tentunya akan sangat terganggu dengan lamanya proses loading website. Apabila hal ini terjadi, maka banyak orang akan mencari alternatif website lainnya yang proses loadingnya lebih cepat lagi. 

Apabila di sini kamu yang berperan sebagai pemilik website, pastinya hal tersebut tidak ingin terjadi bukan? Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui trik cara mempercepat loading website, mulai dari penggunaan hosting terbaik hingga pengaturan codenya. 

Cara Efektif Mempercepat Loading Website

1. Gunakan CDN

Content Delivery Network atau lebih dikenal dengan CDN termasuk salah satu jaringan server yang sudah ada di seluruh dunia lho. Jaringan ini juga sudah didesain untuk bisa mengirimkan berbagai jenis konten. Mulai dari CSS, gambar, video, hingga JavaScript.

Umumnya, lokasi server juga mempengaruhi aksesnya. Namun, dengan CDN akan membantu website agar bisa berjalan lebih cepat saat diakses dari lokasi manapun. Pengunjung juga akan mendapatkan informasi CDN terdekat, sehingga website tetap mampu berjalan lebih cepat.

2. Pilih Hosting yang Tepat

Kecepatan loading website sangat bergantung pada hosting yang dipilih. Maka dari itu, pastikan kamu memilih hosting yang tepat. Dengan begitu, ketika seseorang mengunjungi website kamu, maka mereka tidak perlu menunggu loading page yang lama. Berikut ini adalah salah satu hosting murah di Indonesia

3. Pilih Tema Website yang Ringan

Ternyata menggunakan tema yang menarik belum tentu mendukung performa blog ataupun website kamu. Hal ini lantaran memilih tema yang berat hanya akan mengganggu performa website, seperti halnya memperlambat proses loading website.

Lalu, bagaimana solusinya jika kamu tetap ingin menggunakan tema tersebut? Nah, untuk mengantisipasinya, pilihlah tema yang ringan namun tetap menarik untuk dilihat.

4. Sesuaikan Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang terlalu besar ternyata juga bisa mempengaruhi lambatnya proses loading suatu website. Apabila kamu memang menginginkan ukuran gambar yang besar, ada baiknya sesuaikan dengan ukuran yang telah disediakan pada masing-masing CMS website. 

Nah, ada banyak cara mengoptimasi ukuran gambar pada website ini. Salah satunya adalah plugin WordPress seperti Smush Image Compression and Optimization. Plugin ini menawarkan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan tanpa harus mengurangi ukuran gambar kamu.

5. Pakai Widget Seperlunya

Bila kamu ingin menambahkan widget, maka hindari menggunakan widget terlalu banyak. Hal ini hanya akan membuat proses loading website kamu menjadi lebih lama lagi. Oleh sebab itu, gunakanlah widget seperlunya saja agar tidak mengurangi performa website kamu.

6. Perbarui Sistem CMS secara Berkala

Ternyata masih banyak pengguna website yang jarang melakukan pembaruan CMS ini. Padahal, dengan melakukan pembaruan CMS secara berkala dapat meningkatan kecepatan proses loading sebuah website. 

Nah, jika kamu ingin performa website tetap maksimal maka lakukanlah pembaruan pada sistem CMS ini secara berkala. Pembaruan ini berguna agar website menjadi lebih ringan. Sehingga, dapat meminimalisir lamanya proses loading sebuah website.

7. Aktifkan Caching

Ternyata, mengaktifkan Caching sangat penting karena akan menyimpan data atau halaman HTML dari website. Nah, Caching ini berfungsi untuk mengurangi penggunaan resource dan loading server pada website. 

Tentunya, kamu bisa memilih berbagai jenis plugin Caching dengan keunggulan yang berbeda-beda untuk setiap website yang  kamu jalankan. Dengan begitu, proses loading website dapat diminimalisir.

8. Gunakan Embed Video

Menggunakan embed video ternyata juga dapat membantu meringankan beban yang ditanggung oleh Hosting. Nah, hal tersebut nantinya dapat membantu mempercepat proses loading suatu website. 

Langkah ini bisa kamu coba untuk menjaga kestabilan performa website. Selain itu, adanya video pada website juga dapat meningkatkan pengunjung karena mereka bisa menonton video tersebut sekaligus.

9. Aktifkan Gzip Compression

Mengaktifkan Gzip Compression dapat membantu string yang serupa pada sebuah file teks dengan cara memperkecil ukurannya. Gzip Compression ini mampu memperkecil ukuran halaman dan CSS hingga 70%. Dengan begitu, kecepatan website dapat lebih stabil lagi.

Kecepatan loading website memang harus diperhatikan demi menjaga kenyamanan para pengunjungnya. Pengunjung bisa saja kesal karena menunggu terlalu lama dan malah beralih ke laman website yang lainnya.

Tentunya, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Nah, untuk mengatasinya kamu bisa gunakan tips di atas agar performa loading website lebih optimal. Selamat mencoba!


1 komentar

  1. Sangat bermanfaat infonya
    Kalau aku buat memperepat load web biasanya kompress ukuran gambar jadi kecil kecil

    BalasHapus