Resep ASE Khas Lebaran Bandung, Bikin Silaturahmi Makin Tanpa Batas

silaturahmi-tanpa-batas-lebaran-bandung
Silaturahmi tanpa batas di Bandung saat lebaran. Dokpri


Alhamdulillah Masya Allah tabarakallah. Bulan Ramadan tahun 2022 ini sudah kita lalui dengan sukacita, begitu juga hadirnya hari kemenangan Idul Fitri.

Seperti biasa, Idul Fitri tahun ini aku lalui bersama keluarga untuk bisa berkumpul, saling berkunjung dan saling memaafkan.

Lebaran tahun ini ada banyak dinamika yang aku rasakan, padahal udah ngerayain lebaran dan berkeluarga itu di tahun ke-4 tapi ada saja ya yang jadi cerita. Dan tahun ini, seperti biasa aku akan berlebaran dengan memaksimalkan aktivitas kami di hari pertama lebaran, solat ied di rumah mertua lalu habis solat langsung ke Karawang buat berlebaran sama kedua orang tuaku. 

Ngga lupa kalau lebaran, rasanya ngga pas kalau ngga makan opor ayam buatan mamah. Aku selalu merasa opor ayam buatan mamah terenak kedua setelah yang terenak pertama jatuh di opor ayam buatan Uwa di Bandung, yaitu Uwa Ani.

Yang selebihnya sangat spesial di sini adalah, begitu spesialnya rasa-rasa opor ayam di tiap rumah. Jujur, selama lebaran dan sudah menikah, aku belum pernah masak

Momen lebaran tahun ini membuat aku percaya, kalau pentingnya silaturahmi tanpa batas itu sangatlah berharga. Waktu yang tidak bisa kita ulang kembali, membuat lebaran harus digunakan sebagai momentum silaturahmi dengan saudara yang ada. Yang tadinya tidak mengenal, jadi kenal dan silaturahmi tentu akan membuka pintu rezeki, meluaskan dan melapangkan rezeki serta dapat memperpanjang umur.

Aku jadi mau cerita soal makanan khas lebaran di tahun ini yang aku rasakan sangat berbeda. Karena dari makanan lebaran khas ini, dapat merekatkan atau jadi bonding dengan keluarga. Dulu, waktu lebaran itu seingatku itu kita jarang banget makan lebaran di tempat keluarga, karena ada banyak lokasi saudara yang harus kita kunjungi.

Kalau sekarang, karena kakak-kakak dari Papah hanya butuh 3 lokasi aja, aku jadi bahagia banget nih, bisa makan makanan lebaran di tempat ua Haji Ani.


Ase dan Internet Menyatukan Indonesia dengan sinyal stabil

resep-ase-menu-lebaran-bandung
Resep Ase menu khas lebaran di Bandung. Dokpri


Nah, makanan khas lebaran kalau lagi mudik ke Bandung itu ngga jauh dari ketupat, opor ayam, sambel goreng kentang ati ampela dan petai, dan yang paling spesial adalah Ase. Ya, Ase ini adalah makanan khas dari Bandung dan selalu ada di sajian menu lebaran. Ase ini adalh tumisan dari cabai hijau gendot dan dicampur dengan cabe hijau besar biasa serta tomat hijau (sedikit). Suamiku yang baru tau ada makanan “cabe” ini, penasaran juga dan dia akhirnya nambah dong haha.

Makan Ase ini berbarengan dengan ketupat, opor ayam dan juga sambel goreng kentang. Rasanya ngeblend banget, dan tentu ada menyisakan pedas dan cenderung membuat perut sedikit terasa panas (kalau aku ya ini). Buat kalian yang di Bandung, pasti ngga asing dengan Ase ini dan jadi menu wajib ada saat lebaran.

Saat sepulang dari Bandung, karena di rumah uwa aku juga fokus memperhatikan obrolan, aku ngga sempat dong buat tanya-tanya langsung terkait resep tumis Ase yang aku makan bersama-sama di hari raya Idul Fitri. Ngerasain banget kehadiran IndiHome sebagai provider yang bisa merekatkan dan mempermudah komunikasi kami kayak gini atau bisa disebut sebagai peran internet menyatukan Indonesia. 

Langsung aja uwa aku jelasin dengan lancar karena sinyalnya oke dan aku juga bisa langsung cepat nyatet resepnya. Aku tuh masih anak notes banget, jadi apa-apa lebih baik aku catat di buku notes aku, apalagi ini resep legend yang lezat dan enak dari uwa aku. Lega banget bisa dapat internet stabil kayak gini.

Jadi resepnya tuh ini:

Bahan-bahan:

Cabe hijau

Tomat hijau

Bawang merah dan bawang putih

Lengkuas

Ketumbar dan kemiri sangrai

Daun salam

Kecap manis sesuai selera


Cara Memasak:

Setelah cabai dibersihkan dan dikeluarkan isinya, lalu rebus kurang tidak lebih dari 10 menit

Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar dan kemiri

Tumis bumbu halus hingga tercium aroma yang sedap, lalu masukkan air dan masukkan cabai hijau beserta tomat hijau

Diamkan sampai air dalam wajan menyusut

Sajikan bersama hidangan ketupat dan opor ayam di hari raya lebaran

Simple banget bukan? Kalau ngga ada video call atau telfon dengan internet menyatukan Indonesia, tentu saja paling oke pakai sinyal IndiHome, udah pasti kebayang takut salah nulis resep dan pasti rasanya akan sangat beda. Karena aku percaya banget, kalau makanan tuh, segimana kita recook dari resep orang yang benar-benar chef di keluarga kita, tetap aja beda hasil akhirnya. 

Tapi bersyukur dengan adanya internet, bisa menjalin silaturahmi tanpa batas dengan saudara yang berjauhan, seperti keluargaku di Nganjuk yang belum sempat aku kunjungi di hari raya lebaran ini. Semoga menjadi inspirasi menu masakan lebaran dengan Ase ini ya teman-teman, selamat mencoba!

18 komentar

  1. Bukan hanya internet yang bisa menyatukan kita ya.. tapi makanan pun juga.. bisa bikin suasana mencair.

    BalasHapus
  2. Molly belom pernah nyobain ase ini. Jadi kepengen. Selama ini taunya cuma seblak dan serabi doang

    BalasHapus
  3. Wah, mau nyobain ase juga nih. Makanan pemersatu bangsa selain internet pemersatu hihhi

    BalasHapus
  4. Dennise Sihombing20 Mei 2022 07.30

    Baru tahu nih ada tumis Ase ya. Ngebayanginnya enak banget apalagi sepertinya tidak pedas ya karena pakai cabe hijau besar . Coba deh aku praktekan resepnya

    BalasHapus
  5. Adek dari almh nenek saya selalu memasak ini ketika Lebaran. Jadi termasuk menu yang ditunggu sama keluarga besar. Memang bikin lahap, deh! Jadi pengen bikin ase cabe. Tapi, di sini gak ada yang jual cabe gendot :D

    BalasHapus
  6. Aku sepertinya belum pernah makan Ase, jadi penasaran. Pasti ngeblend-nya kalau disandingna dengan aneka menu lebaran. Ase jadi bisa menyatukan silaturahmi yaaa

    BalasHapus
  7. Kayaknya enak nih makanan khas yang namanya Ase ini, bisa buat teman makan ketupat dan opor, jadi pingin nyobain bikinnya juga tapi kira-kira ada ngak ya cabe gendotnya, langsung browsing ah siapa tahu bisa beli online.

    BalasHapus
  8. Wah enak ya pastinya , makan ase dengan nasi hangat ditambah ngumpul bareng keluarga
    Dijamin suasana silaturahminya makin hangat dan tanpa batas ya mbak

    BalasHapus
  9. Kirain Ase tuh semacam camilan gitu, ternyata tumisan serba hijau. Cabe dan tomat hijau, jadi penasaran gimana rasanya. Bahan dan cara masaknya gampang ya, jadi pengen nyoba nih suatu saat nanti

    BalasHapus
  10. Gimana rasanya, dek...menu ase ini?
    Aku belum pernh ketemu ase yaa... dirumah makan Sunda kaya Sambel Hejo gitu..
    Aku penasaran sama menu cabe hungkul, hihi... Yang pasti momen kumpul keluarga jadi lebih terasa nikmat karena teknologi yang mempertemukan walau belum bisa bertemu secara fisik.

    Selamat menikmati Hari Raya, dek.

    BalasHapus
  11. Seumur2 aku baru kenal sama masakan berjudul Ase ni mbak. Kyanya pedes2 sedep gitu ya pasti menetralkan rasa masakan lain yg bersantan. Jd penasaran euy

    BalasHapus
  12. Penasaran dengan menu ase, baru denger maak aku...
    Rasanya gimana yaa,,,

    Memang moment lebaran berkumpul.keluarga besar seruu banget ya pastinya. Apalagi 2 tahu lebaran tidak boleh ngumpul ya

    BalasHapus
  13. Ishhh aku baru tau lho, ada menu khas BDG ini.. Pastinya mupeng bangettt untuk nyoba.

    Kapan² mauu banget buat ngejajal masakan ini. Sip markosip

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas cerita dan resepnya mak,boleh yah sesekali nanti saya cobain juga di rumah. Kayaknya bahan dan cara makanya bisa saya coba deh

    BalasHapus
  15. Aku malah mikir, gimana cara makannya. Padahal kan tinggal dimakan wong sebagai lauk juga ya, Mbak. Mungkin karena aku belum pernah nyoba. Hahaha.

    BalasHapus
  16. wah aku malah baru tahu ada Ase ini. Dulu ngertinya tumis bawang dan cabai untuk lauk makan. Tapi ini beneran cabe gedhe ya yang ditumis.

    BalasHapus
  17. Aku baru tau nih ada masakan yg namanya Ase, hehe.. ternyata menu spesial banget ya pas lebaran. Kebayang sedapnya makan ase ini bareng ketupat, opor ayam, sama sambel goreng ati. Hemm.. kapan ya aku bisa ngerasain :D

    BalasHapus
  18. Awalnya aku bengong, apaan ase. Masa iya AC wkwkwk, pas aku baca runut sangking penasarannya eh ternyata masakan cabe buat temen opor ya, langsung aku fokus ke resepnya. Karena di rumah sering banget masak opor dan gak enak kalau gada sambalnya, apalagi suamiku suka sambal

    BalasHapus