RS Premier Bintaro Tour dan Talkshow Mengobati Saraf Terjepit

 

atasi-backpain-rs-premier-bintaro
Hadiri talkshow penyembuhan saraf terjepit dan backpain

"Yang nanti temenin ke RS Premier Bintaro, yuk!"

"Eh kamu sakit? apa yang sakit?"

HAHAHAHA, suka deh kalo suami tiba-tiba so sweet gini, penting banget dikhawatirin. Aku akhirnya jelasin kalo aku mau hospital tour di RS Premier Bintaro dan ini pertama kalinya aku masuk ke RS Premier Bintaro, so amaze sih.

Di dalamnya aku bisa nemuin cofee shop ternama, jadi bisa santuy banget ke RS ini. Ditambah saat di area lobby ada pohon rindang yang memberikan kesan hijau dan segar. Apalagi konsepnya juga open space gitu, bagian atap yang membiarkan sinar-sinar mataharinya masuk.

Dan yang paling unik itu, ada Darby yang merupakan sebuah robot  siap siaga menemani para pengunjung yang ada di Lobby baik untuk bertanya pelayanan, bertanya tarif rawat inap. Bentuknya layar sentuh gitu dan ini tuh seekor rusa yang melambangkan sensitifitas, keramahan dan mengayomi.

Sepanjang lobi, aku telusuri sendiri karena kebetulan ingin ke toilet dan ada kantin yang bersih, nyaman dan lengkap juga. Bagi para visitor yang menunggu pasien, sepertinya ngga akan kesusahan ketika membutuhkan makanan berat atau camilan. Dan over all, toiletnya pun bersih dan nyaman.

Waktunya Hospital Tour 

premier-room-rs-premier-bintaro
Fasilitas yang super nyaman di Premier Room


Area pertama yang kita kunjungi adalah area kebidanan, di mana di sini itu memang untuk persalinan dan perawatan bunda-bunda pasca melahirkan. Aku juga disambut langsung sama supervisor nurse nya dan dijelaskan tentang room type premier ini yang fasilitasnya super mewah banget. Aku yakin sih, bunda-bunda pasca lahiran di sini cepat recovery nya karena layanan room nya aja udah seperti di hotel. Lengkap dari ruang tunggu yang nyaman, ada kitchen, toilet juga nyaman banget.

Kita melanjutkan untuk ke room Suite B ini dengan fasilitas yang under dari level premier tadi. Tetap nyaman sih, apalagi ini layanan kamarnya untuk pasien-pasien yang pasca operasi gitu. Untuk totalnya ada 205 bed dengan tipe fasilitas kamar di Premier, Silver, Golden dan Suite. Next kita diajak untuk melihat perawatan IGD dengan dimulai dari metode triage dan ada dokter yang jaga sebagai dr. Triage di sini gunanya untuk screening awal seberapa gawatnya pasien untuk bisa dilakukan tindakan dan mendapatkan diagnosa dari dokter.

mri-3-tesla-rs-premier-bintaro
MRI 3 Tesla



Selanjutnya aku ditunjukkan dengan melihat MRI 3 tesla dengan high quality secara hasil, sehingga mempermudah dokter untuk mendiagnosa pasien. Ngga kalah serunya, ternyata MRI 3 Tesla ini dilengkapi dengan audio dan visual seperti request lagu atau bisa murotal dan visualnya kita bisa request mau menonton apa. Sehingga pasien benar-benar dibuat relax selama proses MRI.

Lokasi terakhir yaitu Cathlab, yang merupakan lokasi untuk pembedahan jantung vascular. Jadi memang poli dengan diagnosa atau tindakan emergency serangan jantung, bisa langsung dibawa kesini. Tempat ini juga steril ya, jadi hanya bisa take foto dari luar saja.

Talkshow Penangan Saraf Terjepit dan Low Back Pain

cara-atasi-low-backpain-rs-premier-bintaro
Talkshow atasi backpain dan saraf terjepit 


Happy banget bisa mengulik lebih dalam lagi soal saraf terjepit dan juga low back pain yang langsung dijelaskan oleh dr. Ajiantoro. Sp. OT (K-spine) untuk serba-serbi saraf terjepit dan penanganannya. Aku yang memang kebanyakan beraktivitas di depan laptop atau gadget hampir seharian. Kayak bisa dikata nih, udah kayak gurita aja ini tangan sama smartphone.

Belum lagi, pekerjaan yang on terus depan laptop, membuat area tengkuk, leher dan punggung terutama, ternyata punya peranan yang berat dalam hal ini. Makanya ngga heran, terasa pegal dan kebas di bagian punggung bawah kalau terlalu lama duduk. Takut banget, kalau ada keluhan sakit punggung dan kalau di level saraf terjepit itu akan jadi bagaimana. Soalnya, aku pernah nemenin ibu mertua buat ngobatin saraf terjepit lewat pengobatan alternatif.

Padahal dalam dunia medis, hal ini ngga bisa disepelekan, memang saraf terjepit ini tidak membuat kematian seseorang, namun pastinya akan menganggu aktivitas sehari-hari. Risiko menjadi tidak produktif dalam beberapa waktu tertentu pasti ngga enak banget dong. dr. Aji akhirnya memberikan info tindakan MISS (Minimally Invasive Spine Surgery) dengan teknik endoskopi. Teknik ini merupakan operasi dengan menggunakan lensa dan dimasukkan ke dalam area tubuh (bagian saraf) dan tidak akan membuat luka sayatan yang besar, sehingga risiko infeksi pasca operasi pun sangat minim. Bahkan dalam beberapa jam, pasien sudah bisa bergerak dengan nyaman (tetap tergantung dari kondisi pasien masing-masing). 

Ternyta ngga boleh disepelekan ya teman-teman, jika ada keluhan yang tidak nyaman terutama pada area punggung, segeralah untuk dicek, seperti pengecekan menggunakan MRI 3 Tesla tersebut. Dan juga dokter tidak selamanya membuat kita harus melalui tindakan MISS itu, tetap tergantung diagnosa dari dokter itu sendiri. 

Alhamdulillah, dapat ilmu baru, dapat insight baru untuk terus jaga posisi duduk, ngga mengambil barang dalam posisi membungkuk, alih-alih cepat, malah bisa potensi saraf terjepit karena aktivitas yang cepat. Dan sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga di dalam air, yaitu berenang, akan sangat bagus untuk pemulihan jika ada keluhan saraf terjepit serta yoga juga bisa dioptimalkan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar