Apa yang Harus Diperbuat Jika Teman Berubah



sikap-saat-teman-berubah
Random pict at Kota Medan (Dokpri)


Hai haaaai, bahasan kali ini bakal sensitif banget sih dan semoga seseorang yang aku ceritakan di sini bisa mengambil hikmahnya dan aku sama-sama aja mengeluarkan semua uneg-uneg yang aku rasakan ini dan tidak bermaksud untuk menyudutkan seseorang atas sebuah tulisan, ini murni karena aku merasakan lalu aku tuliskan.

Jujur aja, aku awalnya  dapat tema ini tuh langsung semangat aja, entah mungkin udah waktunya aku cerita hehe.

Dari case ini aku sadar banget kalau aku ternyata tipikal yang susah punya teman langgeng. Kayak, teman itu ada masanya dan setiap masa ada temannya, pepatah itu tuh jadi relate banget sama aku sekarang ini. Ya aku akhirnya sadar kalau sahabat selamanya untuk hidup adalah bersama suami, ya belahan jiwa, partner dan juga sahabat di kala suka dan duka. Apa mungkin harus ada ikrar janji ya biar sahabatan terus, haha gapaham sumpah sih. 

Dan sejak menikah, circle pertemanan yang hanya sebatas hubungan profesional di kerjaan atau project gitu, dan tipikal yang kenal sama banyak orang dan bisa ramah sama semuanya, tapi kalau buat dekat dan jadi bestie itu tuh kayak dihitung satu atau dua jari dan bahkan ya ujung-ujungnya jadi jarang contact karena udah beda kerjaan, atau udah pindah bahkan bisa beda interest juga.

Aku sebut itu "Dia"

Ada seseorang yang aku sesali sih, padahal aku mencoba untuk semakin dekat aja gitu sama dia, tapi dari dianya ya b aja gitu ke aku, akhirnya ya aku pun ga maksain diri buat pengen merasa dianggap ya.

Dari dulu sih, waktu aku susah kayaknya masuk di sebuah circle pertemanan, aku akan masuk ke pertemanan yang possible untuk mereka terima aku dan aku pun bisa nyaman selama berhubungan sama mereka, berhubungan baik ya. Tapi tetap, prinsipku, aku akan bersikap baik ke siapapun.

Nah, seseorang ini tuh dari SMP udah deket banget, moment pindahan dari Karawang ke Nganjuk pun bahkan ke rumah, karena udah sedekat itu dari SMP dan SMA. Lalu kita jauhan, karena aku udah di Nganjuk dan selama di Nganjuk pun aku ngerasa agak susah adaptasi dan nemu teman yang cocok. Pertama karena terhalang bahasa, aku waktu itu nol banget gabisa ngerti bahkan ngobrol pakai bahasa Jawa timur, aku ngomong pakai bahasa Indonesia, disangka anak sok Jakarta, haha padahal aku dari Rengasdengklok yang jauuuuh banget brodieee dari Jakarta.

Tapi lama kelamaan aku berusaha dong untuk bisa bahasa Jawa timur ini dan alhamdulilah di support aku pun kuliah di Malang, makin terbiasa untuk ngomong. Seiring berjalannya waktu, aku pun udah menganggap bahwa kita masing-masing aja dan sampai pada akhirnya di masa-masa kerja dan mulai mau persiapan nikah, keluarga aku pindah lagi ke Karawang, aku contact lah temanku ini. Yang aku bilang, jadi B bangeeeet, dan aku ngerasa jadi kayak selalu inisiatif duluan. Aku ngerasa ga nyaman dan yaudah aku sekedarnya aja sih.

Baca Juga: Lebih Hati-Hati Dalam Berteman, Nyaris Gagal Nikah

Di titik dia menikah dan aku datang ke acaranya dan berusaha mingle dan dia bilang katanya nanti stay juga di Tangerang, wah aku senang dong. Tapi apa? Waktu berlalu, dia pun ga kontak dan aku pun kayak....ah yaudahlah, aku tanya alamat aja udah dua kali ngga digubris, lalu aku harus nanya-nanya terus? Ya capeeeek dong, yaudah deh yaaa jadi aku paham banget, ternyata ya aku masih belum dapat nih teman yang benar-benar bisa stay lamaaaa gitu karena prinsipnya aku pun ngga pengen yang berada di bawahnya sedangkan dia di atas, atau sebaliknya. Aku mau kita sama-sama, ada disisi satu sama lain. Karena aku pernah juga rasain berteman tapi kok aku jadi kayak buruh yang disuruh-suruh mulu sama dia. Dan pernah juga di fase berteman tapi bikin sakit hati huhu, kalo ini udah pernah aku bahas di tulisan ini.

Kalau sudah kayak gini, ya aku udah ga masukin ke pikiran sih, intinya kita ga nyakitin perasaan orang sehingga orang itu dendam sama kita. Gimana orang nyikapin sama perilaku kita, biarlah hanya urusannya dia, kan kita juga ngga punya hak buat orang suka terus sama kita. Cape bestie, nurutin maunya orang apalagi katanya temen, tapi nyuruh kita ikutin apa kata dia terus yang ujung-ujungnya itu lebih ke sebuah "keharusan".

22 komentar

  1. Pengin gitu nggak berekspektasi ke manusia lain, tapi kan yaaa ada aja ekspektasi ke oranv lain, hihihi. Pernah kayak gitu juga, kirain bakalan dikontak buat say hi, ternyata nggak, ya sudah legowo aja

    BalasHapus
  2. Ngerasain banget ketika umur bertambah dan semakin dewasa teman makin gaada juga, gaada teman yang bener - bener stay, dulu waktu masih abg kemana - mana bareng, ngelewatin apa - apa juga bareng, tapi sekarang sudah masing - masing, bahkan untuk berkabar saja sudah tidak, memang benar tidak perlu kita terlalu berekspektasi sama manusia lain.

    BalasHapus
  3. Masalah pertemanan kadang bisa jadi rumit gini ya, ada yang merasa terabaikan, padahal yang satu bisa jadi tak merasa mengabaikan.
    Sabar ya mbak, bener kok teman terbaik itu emang suami sendiri, mau dicemberutin, disenyumin tetep aja setia balik komunikasi lagi

    BalasHapus
  4. Kalo udah merit biasanya agak menjaga jarak sama sahabat, menurut pengalamanku ya. Mungkin karena masih adaptasi dengan dunia baru, ada hal-hal yang gak enak keliatan sama orang luar termasuk sahabatnya sendiri. Tapi, aku sendiri cuma punya sahabat 1 dari SD kelas 5, yang mana berarti udah 22 tahun bersahabat. Itu juga ada pasang surutnya. Jadi dalam membangun relasi jangan terlalu berharap apapun tentang orang itu. Itu yang aku dapetin sih dari fase-fase hidup bak roller coaster ini

    BalasHapus
  5. ya ampun, tanya alamat saja masa enggak dikasih ya, mbak. padahal pasti niatnya baik, biar bisa silaturahim ke rumah. saling berkunjung laah. begitu, kan.

    semoga suatu saat nanti bisa dapat teman baik ya, mbak. yang tanpa pamrih, dan saling ngerti. karena kalau bisa dapat yang kayak gitu ya nikmat banget. hahaha

    BalasHapus
  6. Saya ada juga yang kurang lebih kayak gitu. Tapi, gak sampai bikin sakit hati. Hanya merasa, lama-lama kayak udah beda aja. Sempat baper, tapi lama-lama ya 'udah deh biarin aja'. Mungkin memang udah harus gitu ceritanya hahaha

    BalasHapus
  7. Baca artikel ini bikin aku ingat lagi dengan teman masa sekolahku dari SD sampai SMA, setelah SMA aku pindah ikut ortu dan memulai masa kuliah di kota yang lebih besar. Awalnya masih surat-suratan dan baik-baik saja meski kami tinggal berjauhan karena temanku ini tetap tinggal di kota kecil dan memutuskan untuk bekerja. Tapi akhirnya semakin jauh dan setiap kali dihubungi setelah itu ngak pernah balas suratku lagi. Ketemu lagi tiga tahun lalu di grup alumni ngak nyapa juga, ya sudahlah mungkin sudah punya jalan berbeda.

    BalasHapus
  8. Baca ini aku jadi ingat quotes hits di reels, " semakin tua semakin sedikit lingkaran pertemanan kita"

    ... ini relate banget ke aku.

    Ujung-ujungnya, ke suami lah yang paling sreg ya.
    Mungkin karena kita dan doi sudah 1 paket. Hahaha.
    Plus minus kudu diterima.
    Harus sama-sama mau belajar gimana agar hubungan langgeng.


    BalasHapus
  9. Setelah sudah menikah dan punya anak sekarang ini aku merasa hak punya teman lho mba. Temanku cuma suami dan anak-anak aja. Banyak sih kegiatan kayak buibu orangtua siswa TK tapi ko aku kurang cocok aja. Dalam hati ingin sekali 2023 ini punya teman sefrekuensi lagi kayak jaman kuliah dan SMA dulu...

    BalasHapus
  10. Rasanya pertemanan memang jadi beda rasa kalau uda punya rumahtangga masing-masing ya..
    Aku ada temen geng SMA dan kuliah yang B aja, sekarang. Tapi kita tuh aneh banget siih.. Kek yang gak ada angin, gak ada ujan, tetiba ada paket...

    Jadi cinta kita gak tersampaikan melalui kata, tapi melalui perbuatan.
    MashaAllah~

    Yang penting saat ini memang keluarga sih ya, Ndis..
    Aku juga paham banget kenapa seseorang bisa berubah. Karena manusia itu adalah makhluk yang paling adaptif.

    Tetap semangat, Ndis..
    In syaa Allah Allah akan pertemukan dengan circle yang gak perlu effort banyak-banyak tapi saling mengingatkan dalam kebaikan.

    BalasHapus
  11. Rupa-rupa temen emang banyak banget ya. Sampai sekarang pun saya mencoba ikhlas kalau ada tempan yang saya sapa tapi dia cuek atau seperti tak menganggap kehadiran saya. Ya, mungkin circle nya berbeda.

    BalasHapus
  12. Kalau aku memang dari dulu sih orangnya nggak pandai berteman jadinya nggak punya teman yang benar-benar awet. Ada sih teman kuliah tapi mereka lokasinya jauh-jauh semua

    BalasHapus
  13. Mak, aku tu teman-teman sekolah atau kuliah dulu udah pada "menghilang" juga deh. Ya ada sih grup wasapnya, tapi memang karena udah pada jauh-jauhan, jadi terasa berjarak juga di hati. Gimana ya, mau ngobrol apa juga kayak udah ngga nyambung gitu karena lingkungan pekerjaan kami juga udah beda-beda.

    BalasHapus
  14. Saya sekarang sedang di fase semakin dewasa circle pertemanan semakin kecil. Teman hanya tinggal beberapa saja, tapi itu teman-teman yang menurutku berkualitas dan bahkan bisa disebut sahabat. Yang lainnya mungkin hanya sebatas kenal. Kalau pun komunikasi hanya sebatas keperluan, kalau sudah ya sudah.

    BalasHapus
  15. Bisa jadi ada emang teman yang begitu menikah jadi menjauh. Aku ada beberapa yang seperti ini, meski ketika akhirnya bertemu lagi ya bisa akrab aja seperti sebelumnya. Kalo bertemu teman seperti ini, aku pun akhirnya juga jaga jarak aja sih, dari pda baper nantinya

    BalasHapus
  16. Ahaha malesin Dys kalau kita terlalu berusaha berteman ma seseorang tapi kitanya dianggap B aja. Yg lebih mangkel lagi kalau kita dikontak cuma karena butuh hihihi. Jadi yawes pokoknya kalau temenan ya yang penting dah gak ngarep apa2, bersikap baik aja, terserah mau dibales apa gak ya :D

    BalasHapus
  17. Berteman tuh pada akhirnya harus sanggup 'merelakan'. Rela tak dianggap, rela dicari hanya ketika butuh, dan rela rela yang lain. Ada kalanya rela ini berbalas dengan banyak kebaikan dari teman kita juga loh yang kita tak menyadarinya. Pada saat itu mungkin posisi kita jadi kayak teman yang tidak menganggapnya. Ya kan, jadi harus both side melihat kejadiannya.

    BalasHapus
  18. Nah iya saya juga ada teman yang tadinya dekat tapi jadi renggang karena ada ucapannya yang nggak sreg di hati. Soalnya menyangkut tentang anak, jadi saya kurang bisa mentolerir aja. Memang kadang lebih baik melepaskan sih kalau dirasa udah nggak satu frekuensi lagi. Jadi ngerasa nggak cocok aja, udah nggak nyambung.

    BalasHapus
  19. Teman emang seleksi alam ya mbak
    Kalau aku, jika sudah nggak nyaman lagi lebih baik tidak melanjutkan hubungan pertemanan

    BalasHapus
  20. Kalau jarang ketemu karena jauhan jarang kontak juga memang spt itu mba, sy juga pernah ketemu teman dekat waktu sd di Bandung ketemu di jalan , sy anaeh sendiri kok perasaan sy B aja, ga antusias padahal dulu teman curhat

    BalasHapus
  21. Aku sedang berada dalam fase kayak gak ada temen deket gitu. Tapi aku juga menyadari karena fokusku mulai teralihkan dengan aktivitas dalam rumah khususnya urusan momong anak2. Buat aku sendiri yg penting tetap jaga silaturahmi dengan baik. Kalau memang udah gak bisa sedeket dulu lagi, aku berusaha positif dan menyadari bahwa setiap orang butuh kenyamanan masing-masing.

    BalasHapus
  22. Yaa.. kalau teman berubah ya gak apa-apa sih. Apalagi kalau sudah berkeluarga. Pasti punya prioritas lain dari sekadar main bareng teman. Emang awalnya bikin baper, tapi lama kelamaan juga B aja kata anak akuh

    BalasHapus