ICE Platform Content Creator


idn-luncurkan-ice
(ICE Platform Influencer Content Creator. Doc: IDN Media)



Haaaai, untuk masa-masa serba struggle seperti sekarang ini banyak sekali peluang yang dapat kita coba sebagai pembuat konten. Dari jenis-jenis konten dan platform juga sudah sangat beragam. Dan dapat dipilih sesuai dengan skill yang kita bisa atau bisa kita asah dimulai dari basic dan disertai ikut pelatihan atau workshop. Selama pandemi juga, kebijakan untuk diam di rumah dan menghabiskan banyak waktu di rumah juga membuat seseorang mengeluarkan sisi-sisi tak terduganya seperti sisi kreatif, sisi jenaka atau sisi yang sebelumnya tidak disadari hingga menjadi sebuah peluang besar untuk dapat dibagikan atau share melalui platform digital seperti tulisan, foto atau vidio. 

Menjadi Content Creator Mudah dengan Gabung di Platform Content Creator 

Aku yang awalnya hanya ingin menyimpan kenangan tentang cerita pertemuan sama suami hingga menikah dan cerita seputar rumah tangga (yang bisa aku bagikan), membuat aku bertemu dengan beberapa content creator lainnya dan aku juga belajar hal baru untuk menggali potensi dalam create the content dalam bidang travelling atau kuliner. 

Sehingga beberapa waktu lalu aku yang sempat berkecimpung dalam dunia brand, dekat sekali akan kebutuhan influencer atau KOL dalam sebuah sistem ekonomi kreator. Sehingga aku senang sekali saat IDN Media meluncurkan secara resmi sebuah platform untuk brand dan para creator dapat berkolaborasi dalam menciptakan pergerakan ekonomi. 

 Apa itu ICE di IDN Media?

winston-utomo-ceo-idn-media
(Winston & William - CEO & COO IDN Media. Doc: IDN Media)



Sudah tidak asing lagi bukan, untuk media platform dari IDN Media yang informatif dengan kanal-kanal online nya dan progress untuk dunia kreatif nya sudah ada sejak tahun 2017 dengan nama IDN Creator Network. Seperti yang dapat diceritakan oleh Winston Utomo (CEO IDN Media) bahwa ICE (Indonesia Creator Economy) ini akan menjadi wadah dalam dunia kreator dan dapat menggerakan ekonomi karena memiliki visi untuk mndemokratisasi para creators economy di Indonesia. 

Jadi ICE ini bukan lagi platfrom paling baru, namun sudah ada sebelumnya dan ingin lebih dekat lagi dengan menyiapkan satu wadah yang dapat mengakomodir antara brand dan juga para creator. Pesatnya teknologi digital saat ini, dapat membuka peluang untuk para brand-brand lokal dapat bersaing dengan memanfaatkan UGC (User Generated Content) sebagai sebuah media untuk dapat mengkomunikasikan pada followers yang baru dan menjadi target market mereka. 


Dengan adanya trend seperti ini, pihak brand akan memilih jasa para creator untuk dapat menghasilakn konten yang lebih banyak dan juga masif dengan tujuan seperti jumlah views yang tinggi atau viralnya konten tersebut. Dan hadirnya ICE ini menjadi angin segar untuk para creator di Indonesia ini. Dan beliau pun memberikan insight, Dengan peluncuran ICE ini, benar-benar disiapkan untuk dapat berkembang lebih pesat, berinvestasi lebih agresif dan dapat tumbuh lebih inovatif di industri kreator Indonesia. 

Bagaimana sistem kerjasama ICE 


Untuk tahun 2022 ini layanan yang akan disediaka berupa, content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, brand & product development.   Selain itu untuk sistem pembayaran para creator ini akan terus diefisiensi disetiap kolaborasinya. Adapun yang disebut oleh William Utomo (COO IDN Media) dalam kesempatan kali ini bahwa,

Platform revolusioner ICE ini akan mengubah cara dari para konten kreator dengan brand dalam melakukan kolaborasi dan saatnya untuk mengembangkan dan berkontribusi sebagai "creator economy" di Indonesia. 

Untuk teman-teman yang sering melihat banyak sekali bertebaran video pendek yang dilakoni oleh perseorangan bahkan ada yang dalam bentuk team, hal tersebut sudah menjadi sebuah konten. Jadi lebih gampangnya, konten adalah sesuatu yang dibagikan dalam ruang publik digital dan dapat dilihat atau dikonsumsi oleh publik. Biasanya responnya adalah dalam bentuk view, komentar atau bahkan re-share (dibagikan kembali pada circle orang yang habis melihat konten kita). 


Sebenarnya dari penggiat konten itu sendiri, konten kreator dapat disebut sebagai perantara sebuah brand dalam mengenalkan produk atau merek dagang. Ada yang menjadi media hiburan atau yang dapat menginspirasi orang lain setelah melihat postingan kita. Aku sendiri sebagai pelaku pembuat konten dalam hal jalan-jalan, street food atau icip-icip makanan yang ada di lokasi travelling dengan niat awalnya adalah untuk dapat dibagikan kepada orang lain yang mungkin suatu saat akan menuju ke lokasi ini dan melihat postinganku dan ingin sekali mencicipi atau berkunjung kesitu. 

Seringkali berinteraksi juga dalam kolom komentar, apabila ada destinasi baru dan sama-sama sharing. Sebagai penggiat konten di masa sekarang ini adalah konten kita ini mengarah pada bidang apa. Misalkan aku, aku adalah di bidang travelling dan juga food. Lalu dibutuhkan juga motivasi dan konsistensi agar semangat untuk membuat konten tidak berlaku 1-3 bulan saja. 

IDN-media
(Team IDN Media. Doc: IDN Media)



Karena konsisten ini rasanya mahal dan susah, karena melawan diri sendiri dari rasa malas atau melihat orang lain yang kontennya lebih bagus sehingga kita malah minder dan berujung tidak pernah membuat konten lagi. Tapi dijadikan sebagai pembelajaran bahwa kita bisa belajar banyak hal dari orang lain tanpa menghentikan langkah yang sudah kita mulai ini. 

Aku bersyukur sekali IDN Media meluncurkan ICE sebagai platform kreator ini sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan skill membuat konten dan bisa ada peluang untuk bekerja sama dengan brand. Kalian juga udah ngga sabar kan untuk bisa gabung di ICE, silahkan kepoin terus di sini.

24 komentar

  1. Salut buat IDN Media dengan ICE platform content creator-nya. Bisa kepoin nih
    Aku banget ini, konsisten tuh rasanya mahal dan susah,
    Beneran melawan diri sendiri dari rasa malas tuh enggak mudah
    Apalagi ditambah melihat orang lain yang kontennya lebih bagus minder dan mundur teratur huhuhu

    BalasHapus
  2. Iya mbak, jadi nggak sabar nih buat bisa gabung di Indonesia Creator Economy.

    Konsisten ini emang berat ya mbak, sepakat menjaga konsistensi membuat konten agar nggak cuma bertahan 1 bulan pertama itu, susah banget

    BalasHapus
  3. Bagus ya ICE Platform ini bisa jadi wadah pertemuan antara para creator ekonomy dengan brand-brand yang membutuhkan jasa mereka. Para kreator yang bergabung juga mendapatkan manfaat dari semuah media, mereka akan lebih terkspos lagi dan mengangkat brand mereka sendirii. Ekonomi digital adalah masa depan. Semoga para kreator selalu semangat mengasah skill, membangun networks sehingga masalah di rumah saja tak lagi jadi kendala ekonomi :)

    BalasHapus
  4. Tertarikk maak aku maau kepoin jugaa, memang harus berani maju dan belajar yaa, PD yg utama kadang suka down duluan kl py tmn2 bagus py kita jelek.

    Era digital saat ini meski.emak-emak berdaster harus update ilmu.

    BalasHapus
  5. Buat content jika idenya sudah dapat itu tidaklah terlalu sulit.Yang sulit itu memerangi kemalasan diri bagaimana caranya biar tetap konsisten buat konten/tidak timbul tenggelam dan terus memotivasi diri

    BalasHapus
  6. Konsisten itu memang sulit banget kita harus bisa komitmen pada diri sendiri untuk memulai dan menyelesaikan apa yang udah kita mulai. kunci utama supaya konsisten adalah dengan terus semangat dan pantang menyerah. Jadi nggak sabar nih buat gabung di Indonesia Creator Economy.

    BalasHapus
  7. Wah, mantap sekali nih ada platform content creator ICE ini. Hebat ya IDN Media semakin ke sini semakin maju dan berkelanjutan : Tentu saja hal ini membuka banyak peluang bagi kita, bukan hanya anak2 muda tapi siapa saja yang berjiwa muda senang berkarya dan bisa menghasilkan cuan. Penasaran, kepengen ikutan juga nih.

    BalasHapus
  8. Keren banget IDN Media ini, hadirnya ICE platform mengerti banget kebutuhan akan ilmu2 perkontenan, jaman now yang banyak banget konten2 kreator semoga menjadi tempat berkumpul dan berbagi serta mengembangkan skill membuat konten dan bisa ada peluang untuk bekerja sama dengan brand.

    BalasHapus
  9. Grandys, aku penasaran jadi bentuk kerja samanya tuh mereka sebagai agency gitu yah? Yang menghubungkan content creator sama brand?

    BalasHapus
  10. Wah wah ada platform baru lagi nih supaya bisa mengembangkan konten. Ini nanti kyk agensi gitu atau gmn ya?
    Semoga nanti kalau udah jalan, bisa juga gabung ICE kali kan bisa kerjasama dan jalin networking ma yg suka beraktivitas di bidang yang sama :D

    BalasHapus
  11. IDN in memang keren. Selain memang memberikan konten-konten yang berkualitas, mereka juga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung jadi konten kreator ya. Huhu kepengen belajar deh jadi konten kreator yang baik dan berkualitas. Biar bisa nyajiin konten kayak IDN Media.

    BalasHapus
  12. Waahh keren nih ada platform gini, bisa jadi ajang mengasah kreativitas sekaligus mengumpulkan pundi-pundi rupiah ya. Yang gemar bikin konten hayuuk aja buruan bergabung.

    BalasHapus
  13. Keren sekali ya banyak pilihannya untuk berkarya di media sosial saat ini menjadi content Creator juga bisa menghasilkan pundi-pundi yang menggiurkan keren ini IDN Media

    BalasHapus
  14. Perlu banget ya..saling kerjasama antara content writer dengan IDN media.
    Berharap bisa ikutan juga menulis di IDN media yang kece~

    BalasHapus
  15. this looks cool indeed! Semakin banyak platform keren yang bisa dipakai untuk mengembangkan kreativitas dan bakat kita ya mba

    BalasHapus
  16. eranya digital jadi tentu peran influencer or netizen sangatlah penting dalam memberikan review juga rekomendasi akan suatu barang ataupun jasa dan ini gak jauh-jauh dari yang namanya content creator. Karena itu butuh platform yang tepat agar para content creator bisa lebih banyak mendapatkan kesempatan juga memberikan konten yang bagus

    BalasHapus
  17. Wahh kece ini
    Makin banyak ya mbak platform yang bisa semakin mendukung konten kreator untuk tetap produktif berkarya

    BalasHapus
  18. wow makin kreatif aja yah IDN Media nih, udah buka platform buat cc mantap deh, aku pengen nyoba nyobain

    BalasHapus
  19. Adanya platform baru buat para conten creator menjadikan mereka lebih kreatif dan semangat buat bikin konten yang berkualitas ya mbak

    BalasHapus
  20. Wow IDN Media terus berinovasi dan benar ini adalah angin segar untuk content creator. Semoga aja ICE makin berkembang dan bermanfaat buat kita2 ya

    BalasHapus
  21. waaa dijamin ice bikin nambah penghasilan juga ini karena makin banyak kesempatan konten kreator ya grandys. jadi satu wadah ngebranding bersama di ICE

    BalasHapus
  22. benar mbak, menjadi content creator itu tantangannya luar biasa sekali, terutama dari diri sendiri ya. Karena dibutuhkan kesungguhan dan kosistensi. Alhamdulillah ada platform konten kreator dari IDN media ya mbak, jadi terbantu dalam menguatkan diri dan skill sebagai konten kreator

    BalasHapus
  23. Keren banget ini IDN Media, makin kesini makin banyak inovasinya. Makin banyak peluang jadi konten kreator ya. Mau ceki ceki dulu.... Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  24. Hadirnya platform seperti ICE ini memang diperlukan untuk menjembatani antara konten kreator dan brand ya. Menarik sih ini, apalagi melihat rekam jejak IDN media yang tidak perlu diragukan lagi.

    BalasHapus