5 Langkah Menjadi Blogger, Ngblog Dibawa Asyik!

(Ngeblog Asyik! Dokpri)

Halo semua!
Selamat datang bagi yang baru berkunjung ke rumah tersayang aku, dimana aku membagikan banyak kisah, tidak hanya tentang travelling aja. Tapi berkala juga untuk share mengenai makanan, review film bahkan untuk beberapa produk kecantikan yang memang aku gunakan dalam keseharian. Begitu juga ada tulisan curhat terselubung, namun dengan menuliskannya di blog, jadi terekam dan dapat diambil hikmah dan juga pelajaran di kemudian hari.

Nah, buat teman-teman yang sudah tau cerita perjalanan menulis aku, sekarang saatnya aku membagikan 5 langkah menjadi blogger dan ngeblog itu dibawa asyik aja!

Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang kenal dengan seorang blogger A, B atau C dan mereka memiliki ciri dan prinsip masing-masing dalam mengelola dan juga merelease blognya itu seperti apa. Ada banyak sekali jenis-jenis fungsi dari blog itu sendiri, tergantung bagaimana si empunya dari pemilik blog tersebut mengelolanya. Apakah sebagai catatan harian saja (rekam jejak), sebagai sarana menerbitkan sebuah buku, atau dalam pemasaran digital marketing.

Dalam Hal Memonotize (Membuat jadi Menghasilkan Pundi-Pundi)

Saat ini, perkembangan digital marketing itu sudah sangat berjalan dengan cepat dan perusahaan besar sudah banyak menyasar kepada para blogger untuk saling bekerja sama, untuk saling bertukar benefit. Blogger menuliskan apa yang diinginkan dari client (perusahaan atau agency) mengenai sebuah produk dan perusahaan itu juga mendapatkan publikasi dari terbitnya sebuah postingan seorang blogger yang menuliskan mengenai produk tersebut.

Sekarang, kita tunda dulu persoalan dari menghasilkan pundi-pundi, karena pada kenyataannya, kembali lagi dari konsisten kita dalam kegiatan menulis itu sendiri dan masalah pundi-pundi ini akan mengikuti seiring kita konsisten dan juga jam terbang. Aku selalu ingat dari hasil belajarku di Nulisyuk adalah mengenai jam terbang menulis, dan aku selalu percaya itu.

Jadi buat teman-teman, yang penting konsisten dulu, baru rezeki dari blog itu akan mengikuti dengan sendirinya dulu. Dan kenapa aku menyampaikan hal ini di awal, biar semangat dong tentunya plus bisa jadi alat untuk mengevaluasi dan juga mengukur diri sendiri.

5 Langkah Menjadi Blogger

1. Siapa yang Akan Baca Blog Kita

Teman-temanku, setelah kita menulis blog, tentu harapan terbesar kita, tulisan kita dibaca oleh semua orang di seluruh lapisan dunia ini (kalo perlu yah). Dan selalu percaya bahwa penulis akan bertemu dengan pembacanya. Caranya adalah dengan membuat tulisan kita enak dibaca, mengalir dan itu caranya ya hanya dengan menulis, tidak ada cara lain selain menulis. 

(Ada kok yang baca blog kita. Dokpri)

Jangan lupakan kekuatan sharing di media sosial, baik itu instagram, twitter dan juga facebook (kalo bisa pakai fanspage). Dan lakukan kunjungan dengan melalui blogwalking, kita bisa tukeran link antar teman dan saling berkunjung dan meninggalkan komen di kolom komentar. Yang paling pamungkas adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimation) dengan skill khusus karena aku pun masih belajar banget dalam soal SEO ini ya teman-teman. 

Kenapa harus SEO? Emang apa sih fungsi SEO? Jadi gampangnya, tulisan kita akan mudah ditemukan di laman Google. Misal, ketika teman-teman ketik sebuah keyword, review hotel Aston Jogja, yang keluar di page one Google itu lah yang bagus SEO nya. Jadi sudah pasti blog dia akan dibaca oleh banyak orang yang melakukan pencarian di laman Google.

2. Konten Apa yang Akan Saya Buat

Lalu seperti apa sih konten yang harus saya buat? Ini kembali lagi kepada teman-teman, hal pertama yang perlu teman-teman ketahui adalah tulis aja dulu apa yang dipikirkan, apa yang disukai atau apa yang ingin teman-teman bagikan.

(Tulis dan sebarkan konten yang bermanfaat. Dokpri)

Misalnya, saat ini sedang happening permasalahan mengenai "dirumahaja", work from home dan juga petugas medis yang berada di garda terdepan dalam memerangi mewabahnya virus covid-19 ini, so itu bisa banget teman-teman jadikan sebagai bahan tulisan di blog.

Konten dalam blog disebut juga sebagai niche, seperti aku, niche blog aku adalah travelling. Dan hal-hal yang berkaitan dengan travelling itu seperti wisata kuliner, rekomendasi online travel agent, review hotel, review tempat wisata sampai pada hal-hal beauty. Misal, Rekomendasi Sunscreen Saat Berkunjung Ke Pink Beach Labuan Bajo.

3. Kenapa Sih Mereka Harus baca Blog Saya?

Dalam menulis blog, tidak selamanya kita fokus pada tulisan saja. Kalo teman-teman ada keahlian lain dalam hal design, animasi atau infografis pakei ilustrator gitu, lebih menarik banget malahan. Jadi ada alasan orang-orang buat selalu berpatokan sama blog kita.

(Yuk nulis! Dokpri)

Sebagai contoh, adikku ingin membeli lipmatte dengan hasil finish yang tidak membuat bibirnya kering dan dia udah tau nyarinya dimana. Dia langsung kepoin Alodita lewat instagram dan di bio instagramnya sudah ada link blog nya Alodita. 

Begitu pun dalam tema travelling, misal seorang muslimah bingung diajak honeymoon sama suaminya ke Labuan Bajo dan destinasinya ke puncak Pulau Padar. Dia butuh rekomendasi apakah worth it ga pakai gamis untuk sampai ke puncak Pada tersebut. Apakah ada seorang travel blogger muslimah yang pernah bercerita pengalaman 

4. Kapan Waktu yang Pas Untuk Ngeblog

Waktu yan pas buat ngeblog sih ya kembali kepada prinsip kalo aku pribadi itu menulis setiap hari, walaupun pada praktiknya dalam setiap hari ga begitu juga release tulisan blog nya. Paling tidak ada satu draft yang mau dipublish setiap harinya. 

(Kalo aku sih malam hari. Dokpri)

Untuk cara mengatur waktunya biar bisa nulis blog, menurutku, sih sudah siap akan draft yang mau ditulis, dan aku terbiasa juga menulis kerangka dulu (alur agar tulisan sistematis) dan kalo untuk lomba blog sendiri yang cukup memakan waktu lebih lama, dimulai dari riset dan juga design infografis. 

Dan waktu merekap itu semua ketika malam hari, biasanya idenya lebih mengalir dan cepat aja eksekusinya, tiap orang akan berbeda-beda, temukan kenyamanannya aja ya. Kalo ngeblog, aku sendiri dibuat seenjoy mungkin. Karena memang ada kalanya ketika ingin mendapatkan juara, misal dalam lomba blog kadang suka terbebani wkwk, makanya kalo udah gitu tetapkan lagi esensi dari kita ngeblog itu apa, tujuan ngeblog itu mau apa sih, biar jelas dulu. Ketika datang malas, dan jenuhnya, ada waktu buat bisa kembali dan gapake lama.

5. Dimana Bisa Set Up Blog?

Untuk set up blog, artinya cara membuat blog itu sendiri, kita harus kemana nih dan hal teknisnya aku tuliskan dalam beberapa point di bawah ini ya. Dan ini hal-hal yang harus teman-teman lakukan untuk set up blog teman-teman (lakukan sekarang ya!)

(teknis membuat blog. Dokpri)


1. Teman-teman pilih dulu mau pakai blog apa, apakah Blogger.com ataukah Wordpress.com

2. Keuntungan dan kelebihannya kalo dijelasin panjangxlebar akan sangat lebarrr haha, jadi intinya kalo pake Blogger.com (seperti aku) itu tampilannya mudah, ga da plug in seperti yang ada di wordpress dan dalam segi monotize nya bagi aku sekarang ini tidak begitu memakan banyak biaya.

3. Teman-teman kalo punya akun gmail.com udah langsung bisa bikin akun Blogger.com, karena semua terkoneksi dari gmail. Karena Blogger.com itu milik Google (gampangnya gitu)

4. Lalu mulai milih template atau tema blog, boleh dari yang sudah disediakan oleh Blogger.com itu sendiri atau mau custom, karena udah banyak penyedia jasa template professional (tentu berbayar ya gengs)

5. Ketika semua sudah siap, langsung deh tulis aja tentang apa yang menjadi interest teman-teman

6. Misal ada yang suka jalan-jalan, kulineran, kecantikan, make up, DIY kayak crafting, atau masak-masak, bahkan teknologi, bisa banget buat ditulis.

7. Untuk yang mau nulis cerpen atau dongeng gimana kak? Bisa aja sih, Cuma untuk saat ini Blogger itu akses untuk mempermudah orang-orang temukan apa yang mereka tidak tau soal sesuatu. Misal ada ibu-ibu yang mau beli pel Bolde, dia auto nyari di Google deh, dang a jarang para Blogger inilah yang situsnya muncul (selain e-commerce kayak Shopee, tokped ya tentunya).

8. Ketika kalian sudah punya akun blog dan belum memiliki domain sendiri, akun teman-teman itu ada kandungan “blogspot.com” artinya masih milik blogger.com

9. Sebagai contoh www.grandysofia.com ini artinya blog sudah memiliki domain (yang berakhiran langsung dotcom)

10. Cara beli domain dimana kak? Banyak sekali, mulai dari yang local hingga yang internasional, tinggal sesuaikan sama budget ya. Kalo aku beli Domainesia (bisa cek di ig nya ya), dan setiap setahun sekali kita perpanjangan blog, jika tidak maka blog kita akan expiredate.


Nah teman-teman sudah tau apa yang menjadi interest teman-teman, seperti aku misalnya interest sama travelling, review hotel, kuliner dan juga beberapa kecantikan, ini terlebih karena pada awalnya ga ingin kehilangan moment. 

Ada kalanya merasa sangat berharga ketika ada pembaca yang komen di kolom komentar bahwa terima kasih sudah menuliskannya, jadi ia bisa kebayang kalo misal staycation di hotel A itu punya gambaran setelah baca blog aku.

Yang penting isi kontennya itu bermanfaat, tidak menyebarkan issue SARA, hoax atau menjelekkan pemerintah atau sebuah organisasi. Pun kalau mau memberikan kritik saran, itu sah-sah aja, berarti kita real merasakannya. Seperti misal ada pengalaman menginap di hotel Seruni ini, aku ada complain soal heater yang masih ada sisa mie-mie gitu, aku tulis dengan maksud baik dan semoga pihak hotel bisa jadi bahan evaluasi, dan bukan untuk memojokkan.

Mungkin itu aja yang bisa aku sampaikan takut kepanjangan hehe. Semoga berkenan, dan jangan sungkan-sungkan buat bertanya ya, boleh banget tanya via email, personal chat atau dengan kolom komentar di bawah ini!

76 komentar

  1. Kalau aku sedang menyemangati diri sendiri untuk tetap konsisten ngeblog. Aku pun masih susah sekali kalau akan posting tulisan di blog setiap hari.

    BalasHapus
  2. Aku masih lebih banyak malasnya😭, pas ada ide buat nulis gampang kena rayuan si pemalas. Eh, pas lagi semangat nya nulis. Malah si ide pamit liburan dlu.

    BalasHapus
  3. Nah ini, tipsnya cocok buat saya yang nggak terlalu fokus sama 1 niche, haha.. thanks btw.

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak materi nya kak
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Mengawali untuk nulis kadang agak berat..trus konsisten nulisnya juga susah. Apa sy harus buat deadline nulis biar rajin nge-blog ?. Sebagai alarm untuk diri sendiri

    BalasHapus
  6. Sy mengalami naik turun semangat ngeblog. Beberapa kali ikut pelatihan online ngeblog. Harapannya satu, mengembalikan semangat nulis kembali. Sy berharap mendapatkannya di sini.

    BalasHapus
  7. Hai kak. Terima kasih sudah mau berbagi tips soal blogging. Aam masih anak kemarin sore banget soal dunia blogging. Semoga bisa konsisten menulis terutama biar blognya nggak sepi bacaan. Hehe. Sebenernya masih sebatas nulis cerita, puisi, sekadar cuap". Dan banyak yang aam hapus juga isinya. Gegara masih pake bahasa anak jaman old banget. Hehe. Mencoba untuk lebih memperbaiki dan menyederhanakan. Bismillah.. semoga bisa ngikut jejak kakak dan bisa berbagi banyak hal lewat blog. πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  8. Asyik baca artikelnya kak, bikin semangat untuk ngeblog lagi. Mudah mudahan semangat ngeblog saya gak padam ditengah jalan haha

    BalasHapus
  9. Kak, kelebihannya kalau punya domain sendiri apa ya selain ttg dotcom nya?

    BalasHapus
  10. Masih bingung banget ka buat nentuin judul diblog

    BalasHapus
  11. Kak, aku udah lama punya blog, tapi nulis di blog itu mood-an, jadi lagi semangat ide berkeliaran dan tertulis alhamdulillah, tp lg ga semangat, yaaa ngga. Bahkan sudah lama ini ngga nulis di blog. Gimana cara mulainya kembali ya kak? Dan satu lagi kak, gimana caranya agar blog kita menarik pembaca? Ada tipsnya kak? Krn biasanya org kirang tertarik dg blog. Terimakasih kak.

    BalasHapus
  12. Terimakasih materinya kakaa,
    Semoga dikemudian hari saya bisa konsisten untuk mengembangkan bakat menulis di blog.

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum, nama aku Hesti Saskia kak.
    Masya Allah kak, setelah baca materi "5 langkah menjadi blogger, ngeblog dibawa asyik!" Dari kak grandys langsung aja gitu boom ngena banget kak sama aku. Aku udah lama punya akun blog dari blogger.com tepatnya september 2014. Udah lama banget kan kak. Tapi sebelum tahu bakal ada kelas blog gratis lagi heheh :) . Aku udah posting 1 tulisan di blog aku kak pas tanggal 09 maret 2020. Pas tahu bakal ada kelas blog sama kak grandys lagi, aku jadi excited banget kak. Pengen banget nulis. Tapi ga tahu mau nulis apa. Jadi tadi siang aku edit2 blog aku kak. Terus pas udah baca materinya di blog kakak, aku jadi kepikiran gitu sama apa sih tujuan aku buat nulis blog, apa sih yang mau aku tulis. Insya Allah pengennya tentang muslimah dan Islami kak. Tapi masih bingung. Ohiya kak aku juga suka banget nulis pas malem hari, jadi aku namain blog aku "Goodnight" .

    Terus aku mau tanya kak,
    1. apasih yang memotivasi sama bikin kakak itu suka menulis?
    2. gimana sih kak tips dari kakak supaya kita itu yang males nulis jadi kecanduan nulis?
    terima kasih kak

    BalasHapus
  14. Waah terimakasih tips nya kak. Bermanfaat sekali untuk diriku yang susah kelarin satu tulisan. Draft blog jadi sama banyak dengan yang di post. Hiks. Semoga setelah ini semakin semangat. :)

    BalasHapus
  15. esensi ama tujuan kadang suka lupa2 ingat heheeh. Membuat tampilan unik neh, yang masih buat mikir ...Gimana ya, nyipatain ke unikan itu...hehheh. Thanks Anyway ka. Barakallah

    BalasHapus
  16. Hai kak Grandy, terima kasih materinya ya.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum ka' aq udah ngeblog dri tahun 2014 tp cman brtahan beberapa blan aq baru lanjut lagi ngeblog d awal tahun ini aq ambil tema pendidikan aq mau tanya beberapa hal ka
    1) bagaimna sih caranya spaya tulisan kt muncul d search enginering google ?
    2) Trus kan aq masih pake blog gratisan klw mau pake domain sendiri caranya gimana ka' ?
    3) bagaimna caranya blog kt bisa menghasilkan uang ?
    4) klw aq nulis blog aq kan biasa cari referensi d google gimana caranya mencantumkan referensi yg kt pke d blog kt ?
    5) ka' klw posting blog it harus ad pembukannya yah ? Soalnya klw aq posting konten langsung ke intinya tdk pake neko" hehehe
    Masih bnyak sih ka' yg mau dtanyain tp nnt dlain wakt lagi hehehe mohon d jawab yah ka' mkasih

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum kak.. terima kasih kak, materinya sangat menggugah semangat untuk terus nulis kak..

    Saya punya 2 akun blog kak, wordpress dan blogspot, kira² lebih efektif yang mana ya kak? Untuk pengisian konten pun lebih seringnya sama. Terima kasih kak.

    BalasHapus
  19. Kak kalo untuk yang gak pinter design apakah ada websites yg recommended? teros

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Kak,mau tanya soal chalenge nulisyuk, maaf ka masih belum paham,jd bikin cerita di blog yg udah ada(klo udah punya)trs temanya sesuai yg ditentukan,atau kita bikin blog baru,hanya itu?tanpa cerita?

    BalasHapus
  22. Kak akutuh heran yah kalau liat blog orang tuh bagus-bagus, giliran liat blog sendiri biasa aja, suka bingung gitu mana sih yang bikin bagus
    Mana sih yg buat atur design nya
    Ngutak-atik tapi kok gak Nemu
    Akhirnya selama ini nulis cuma di wall FB doang, padahal mah pengen banget menuhin blog yg bagus yg inspiratif tapi aku sendiri ngeliat aja gak keren gt, padahal mah pengen banget biar mirip gitasav hahahha
    Kayaknya memang harus wajib belajar banyak dari Kaka nih
    Mohon bimbingannya ya kak.

    BalasHapus
  23. Kakk.. kalo bikin blog harus pake PC apa di hp bisa ya?

    BalasHapus
  24. Materi dari mbak Grandys malam ini mengingatkan aku pada aku yang dahulu. Perjalanan menulis yang tentunya tidak mudah, sampai sekarang tentunya aku masih harus banyak belajat. Aku simpan tulisan "jaman alay" di blog sebagai pengingat bagaimana aku berproses sejauh ini :)

    Dari postingan ini, satu yang paling penting aku catat untuk menyelipkan setiap foto dalam beberapa poin penting.
    Terkadang lupa, foto hanya sebagai judul. Namun ternyata, untukku sebagai pembaca.. foto dapat memberi penyegaran baru dalam setiap kata yang kita tuang.
    Terimakasih atas ilmunya ya mba Grandys ❤️

    BalasHapus
  25. Saya termasuk pemula di dunia blogger, baru bikin gegara ikutan kelas nulisyuk dan di mentorin kak Grandy. Wah...setelah lihat blog kakak rasanya pingin bisa segera bikin blog sendiri padahal saya benar-benar gaptek. Step by step saya ikutin sesekali tanya anak...senang banget meski blm nulis sama sekali

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum kak..
    Aku belum lama di dunia blog.
    Awal2 aku punya blog, aku semangat nulis. Tapi isi dari blog ku cuma berita2 (itu pun kiriman dari orang) dan curhatan2 receh aku. Terus curhatan receh aku dikomentarin sama ssorang. Aku jadi malu, akhirnya aku hapus curhatan2 receh itu dan bertekad untuk nulis yang memang benar bermanfaat aja.
    Akhirnya jadi lah dengan semangat 45 aku nulis sesuatu hal yang ilmunya aku dapat dari kajian aku. Tapi aku gatau tulisan itu udah masuk dalam kata bagus atau masih acak2an��
    Pas aku udah publish tulisan itu, udh bbrapa hari dari situ ehh semangat nulisku kendor lagi:(
    Bahkan udh gak nulis lagi sampe skrg. Akhirnya blogku nganggur gitu aja..
    Tapi, dengan adanya sharing dari kaka malam ini, gatau dari mna datangnya, semangat aku untuk nulis seakan muncul lagi. Aku seakan semangat lagi ingin mengisi blogku yang udah lama tak ku sentuh�� heheeh terimakasih banyak ya ka untuk sharingnya, semoga berkah aamiin.

    BalasHapus
  27. Kak Grandys, mau tanya dong. Apa sih unsur/hal yang harus ada dalam sebuah blog agar blog menjadi menarik? Atau memamg cukup menulis apa yang ingin kita tulis saja?

    BalasHapus
  28. Wah, bermanfaat banget tulisan ini bagi kaum yang semangatnya sering naik turun kayak aku.

    Sejak SMP, sekitar tahun 2008-an udah mulai suka dengan dunia literasi dari novel yang aku pinjem dari temen. Mulai berani kirim tulisan ke koran-koran lokal saat masuk SMA karena sempat tergabung di salah satu komunitas yang aktif banget nulis buat kirim karya ke koran. Sejak tulisan berhasil lolos di koran, jadi tambah semangat dong buat nulis terus. Sayangnya, semangat ’45 sering naik turun. Kuliah memutuskan ngambil prodi di bidang IT. Di beberapa semester tertentu, udah berasa kayak salah jurusan, tapi tetep dijalani walaupun otak dan hati nggak sinkron. Alhamdulillah, ada salah satu temen yang ngebuka jalan pikiran untuk tetap nulis dan tetap di bidang IT. Ditawari buat jadi freelance content writer terkait bidang IT di salah satu website yang sedang berkembang, padahal belum pernah sama sekali nulis artikel. Bagi yang berkenan boleh dicek di nesabamedia.com semoga tulisanku bermanfaat, ya.

    Cuma modal nekat, akhirnya diiyain. Namanya juga mahasiswa butuh duit tambahan haha. Lama kelamaan, akhirnya aku sadar bahwa di dua ruang lingkup tersebut (menulis dan IT) aku mulai nyaman. Sayangnya lagi, aku hiatus nulis artikel karena sempat ngerasa capek sama jumlah target tulisan per bulan dengan kejar-kejaran sama kegiatan kampus. Ditambah ketemu kerjaan baru di dunia baru, yaitu jadi freelance editor di salah satu penerbit membuat keinginan awalku membuat blog artikel terkait IT makin hilang.

    Alhamdulillah, lagi-lagi Allah udah ngatur pertemuan kelas bareng Kak Grandys. Semangat yang sering naik turun, akhirnya naik lagi detik ini. Semoga berkah ilmu dan semangatnya, Kak Grandys. Tetap menginspirasi, ya.

    BalasHapus
  29. Haii ka Grandys. Aku mau ucapin terimakasih karena sudah memberikan ilmunya di grup nulis. Terimakasih sudah memberikan tips dan arahan tentunya.
    Oiya kak, sebenarnya aku udah nulis sejak smp kelas 1 lho kak. Saat itu lagi ngetrend nya nulis di blog walaupun isinya itu terkesan alay dan aneh tapi tuh kayak bangga aja kalo udh post tulisan apalagi ditambah picture semakin lengkap deh tulisannya. Dulu, sering banget temen temen bikin challenge untuk nulis gitu. Awalnya aku bingung gimana cara sign up ,sign in ,ngepost tulisan ,editnya dll. Aku penasaran bgt kak. Aku tanya ke temen temen yg sudah lebih dulu punya blog and alhamdulillahnya mereka ajarin aku kak..
    Dulu, terbatas sekali paket internet dirumah ku kak. Salah satu kendala yang aku rasain dulu kak. Alhamdulillahnya lagi, aku punya temen baik bgt kak. Dia ngajak aku kerumahnya untuk ajarin aku tentang blogger. Dari bagaimana cara sign up/ sign in, nge post tulisan dan editnya juga dan dia kasih kesempatan buat aku mengkreasikan blogger yang aku buat.
    Semangat aku semakin menggebu gebu. Aku sangat bersyukur sekali saat itu. Ketika aku ingin mengetahui sesuatu walaupun dengan keadaan yang terbilang masih agak sulit, aku tetap bisa lakukan karena Allah telah memudahkan aku melalui perantara teman aku ini.
    Btw pas kelas 1 smp aku punya dua blog sekaligus karena seringkali aku lupa password hehe. Aku paling gak bisa ingat sama password. Bukan cuma dulu sampai sekarang pun aku begitu kak hehe.

    Aku rutin nulis pas jenjang junior high school karena lagi semangat semangatnya.
    Lulus smp aku lanjut pesantren blog aku non aktif. Karena di pesantren aku gak bisa akses internet dan dilarang bawa handphone juga.

    Kenangan semasa di pondok aku abadikan di sebuah buku diary. Dicampur dengan mimpi dan target aku setiap tahunnya.
    Walaupun sudah di pondok aku masih suka nulis. Entah curhatan gak jelas kayak gini atau ada permasalahan atau hal yanh menarik yang terjadi di pondok aku.

    Aku senang sekali mengabadikan sebuah kenangan dengan tulisan. Setelah menulis pasti bahagia sekali. Kadang, kalo liat tulisan yang lalu suka ingin ketawa sendiri hehehe.
    Tapii.. Seru juga bisa sambil nostalgia hehe.
    Yang penting jangan berlebihan aja nostalgianya, hehe.

    Sekarang aku sudah kuliah , sudah semester 6 kak. Alhamdulillah di semester 4 kemaren aku memberanikan diri untuk menulis antologi dari nulis yuk , sebelumnya pernah ikut juga nulis antologi cerpen dan antologi ceeita pendek.

    Harapan aku di tahun 2020 ini aku ingin sekali bisa menulis solo kak.
    Aku menulis harapan ini sejak 2019. Tapi ada saja kendala yang tak terduga. Akhirnya mimpi ku harus tergeser ditahun besoknya.
    Semoga saja di tahun 2020 aku bisa selesaikan tulisanku ya. Dan bisa menjadi karya pertamaku menulis solo.

    Aku minta doanya kak. Semoga aku bisa ikutan menulis solo ini.
    Aku masih terkendala sama biaya kak. Aku masih mahasiswa yang penghasilannya masih terbatas. Semoga saja di akhir maret nanti aku bisa lunasin semua biaya untuk menulis buku solo.masih banyak pertimbangan karena dirumah kita saling bantu membantu.

    Untuk niat sudah di tulis sejak 2019. Jadi aku sudah yakin banget.
    Mohon doanya kak ya kak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya kak. Pas ikut nulis yuk di batch 26. Aku pernah sekali menang challenge nya. Aku nulis antologi sesuai dengan realita hidup aku lho kak. Jadi makin berasa aja gitu

      Hapus
  30. Hai salam kenal.. Saya awal buat blog dari thn 2014 cuma iseng doang karna melihat beberapa blogger dari indo kebanyakan ke beauty blogger, gak banyak konten di buat pas awal".. Soalnya bingung mau nulis apa, di baca gak, ah takut nulis soalx gak PD sempat mikir gitu. Tp kemudian saya ketemu ama teman yg hobi blog sharing ama dy, trus di bilangin ama dia nulis aja dulu gak usah mikir dibaca gak ama orang intinya nulis aja, akhir mulai aktif ngeblog pas pertengangan 2019.. Tp kurang konsisten soalnya macet di ide.. Sering mikir mau nulis ini deh tapi tiba-tiba bingung mau nulis kaya gimn πŸ˜₯πŸ˜₯

    Oh iya jangan lupa mampir di blog ku ☺☺ https//:www. Rizkahfitria.Blogspot.com

    BalasHapus
  31. Halo kak grandys. Nama aku Juwita,terima kasih atas materinya di nulisyuk. aku memilih penulis amatir sebagai nama blog aku karena menurut aku yahh aku memang masih amatir dalam menulis. Awal mula suka menulis karena aku punya hobi membaca. Aku berharap aku juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain melalui tulisanku, seperti karya yg kubaca bisa memberikan manfaat terhadapku.
    Dari dulu aku punya cita cita yaitu ingin mendirikan sebuah rumah singgah literasi yang bisa bermanfaat kepada orang banyak termasuk orang orang tidak mampu yang bersemangat dalam dunia literasi.

    BalasHapus
  32. Boleh dong kak bagi tipsnya, bagaimana step bay stepnya dalam menulis artikel di blog agar pembaca tertarik dan mau melanjutkan tulisan kita. Bagaimana cara memulai sebuah artikel, pembuka, isi dan penitutupnya yang menarik itu seperti apa. Terima kasih

    BalasHapus
  33. Assalamu alaikum wr.wb. Saya Musyorafah asal Makassar. Terima kasih telah berbagi ilmu. Akhirnya ada lagi motivasi untuk menulis blog. Saya dulu waktu kuliah sempat nge-buat blog, ya.. sekitar 2010. Tapi isinya tentang hasil terjemahan cerita rakyat Jepang yang judulnya "Mikan". Setelah itu beberapa bulan kemudian ayah sakit. Sejak itu blognya tidak pernah terisi lagi. Ayah sakit membuat saya harus kuliah sambil kerja sampingan. Hal itu agar ada biaya makan dan angkot ke kampus. Saat itu saya tidak berfikir, bahwa melalui blog kita bisa mendapat uang. Setelah kesibukan kuliah sambil kerja itulah saya berhenti ngeblog. Lalu tahun 2015, saya sempat membuka blog kembali. Tahun 2015, saya sudah bekerja sebagai guru bahasa Jepang, niatnya mau uplod materi pembelajaran bahasa Jepang di dalamnya. Biar siswa bisa liat materinya di blog. Eh..tapi kesibukan dan ketidakkonsistenan membuat saya tidak melanjutkan ngeBlog. Akhirnya saya menemukan event menulis yang membuat saya kembali termotivasi ngeBlog. Jika orang bilang ini seperti CLBK.. Cerita Lama Belum Kelar. Semoga event ini dapat membuat saya semangat bercerita lagi di Blog. γ‚γ‚ŠγŒγ¨γ†γ”γ–γ„γΎγ™
    Arigatou Gozaimasu ��

    BalasHapus
  34. Bismillah.. halo salam kenal kak! Saya Dinna asal dari Tasik, sebelumnya terimakasih atas ilmu yang udah diberikan semalam kak;)) aku memulai nulis di blog tahun 2018. Alasan aku mulai nulos blog saat itu karena aku ga bisa meluapkan emosi atau perasaan saya secara langsung, makanya saya menyalurkannya lewat tulisan. Karena tahun 2017 sampai 2018 itu saya sedang berada dikondisi down, karena saat itu saya tidak diterima diperguruan tinggi yang saya inginkan, dan saat 2018 itu saya gapyear. Itu adalah tahun kesedihan bagi saya, jadi saya meluapkannya lewat tulisan di blog, makanya isi tulisan di blog mengenai motivasi dan sedikit tips tips hidup gitu, ceritanya untuk memotivasi aku sendiriπŸ˜‚ karena hal tersebut berpengaruh ke diri aku, menjadi booster penyemangat.. makanya nama blog nya 'Inspiration of life' tapi pas 2019 karena saya sudah mulai masuk kuliah arsitektur yang notabene tugas nya banyak 'banget' menjadikan aku jarang banget nge blog, tapi di tahun 2019 tetep ada postingan. Parahnya 2020 ini belum ada post lagi di blog aku.. terkadang bingung juga ide nya kak.. ya tapi semalam serasa dikasih motivasi lagi buat nulis blog, semoga aja istiqomah..hehe.

    Yuk bisa kunjungi blog aku di http://dinnanafisa.wordpress.com semoga terinspirasi!

    BalasHapus
  35. Wowwwwwwww......maa syaa Allah..terimakasih kasih atas ilmu yang telah ddi berikan kak..Kaya ada semacam pecutan yang mengaktifkan imajinasiku Dan menama
    bah kehaluanku�� membyangkan nantinya aku akan jadi penulis professional yang punya blog terkenal dan inspiratif..terus lama kelamaan bisa Nulis buku best seller...and blablabla��,�� realitanya jangankan gitu, Nulis sebuah artikel pun ndak pernah sama sekali kak..�� mungkin kak grandys bisa lihat dari Cara nulisku di comment ini yang amburadul Kaya orang Nulis snap di was. Itu baru dari sisi diriku, dari sisi lain aku melihat temen-temen disini teeutama yang ikut kelas Nulisyuk tadi malam, kalau aku lihat-lihat semuanya sudah kece-kece cuy����,,terlihat banget dari konten peetanyaannya,apalagi dilihat dari Cara Nulis di comment aja udah terstruktur banget. Jadi, setelah mengikuti kelas tadi malam jadi dilemma nih kak, antara rermotivasi atau malah minder Dan mencoba mengubur mimpi jadi penulis yang berimpact. Udah beberapa Kali mencoba sok2an Nulis artikel tapi ttp aja hasilnya zonk. Lalu coba ikut kelas menulis online, malah tambah minder Kaya tadi. Jadi pokoknya struggle nya Itu double kill kalau Bahasa gamenya��..udah gaptek, wawasan Kurang,Dan ujung2nya nggak bisa nulis. Padahal usia udah tua( nggak tua sih baru puluhan) tapi kalah sama yang muda2. Jadi sekali lagi..heeeeh..kalau bisa ajari aku dong kak dari basic banget Dan sifatnya teknis. Tapi intinya aku ttp seneng bisa ikutan kelas tadi malam..karena bisa kenal dengan orang2 keren seperti kak grandys Dan temen2 yang lain..tingkyu semuanya..")����

    BalasHapus
  36. Terimkasih kak atas tips dan sudah berbagi pengalaman yanh menarik, insyAllah dari sini saya sudah ada gambaran untuk menulis konten di instagram meskipun tidak mendahulukan menulis blogger karena mau meramaikan dan mau meingkatkan engagement dan bonding di instgram

    BalasHapus
  37. Bismillah kak.. Pertama-tama, aku mau curhat dulu nih kak hehe. Aku udah bikin blog dari tahun kemarin di blogger.com. Aku sadar sejak awal, kalo aku orangnya moodyan. Sempat berpikir kalo blog ini pasti jarang aku jamah. Alhasil sampe sekarang hanya publish beberapa topik aja. Dan itu benar-benar harus dipaksa. Kadang aku ada ide, tapi karena gak cepat aku tulis jadinya hilang ditelan bumi. Aku udah coba buat manage waktuku dan meluangkan waktu buat nulis blog tapi yah tetap aja, sehari dua hari aja bertahannya.
    Pertanyaanku, gimana ya kak supaya saya bisa mengendalikan mood saya yang berantakan? Syukron kak:)

    BalasHapus
  38. Hi kak grandys, salam kenal. Aku dah punya blog sih, tapi akunya ini tipe "obor-obor blarak" kata orang jawa hehe.. Artinya, cuma semangat-semangat di awal abis itu sudah ditinggal deh blognya lamaaaa beut.. (tutup muka). Yah, konsisten itu emang butuh perjuangan ya kakak. So, tips kakak grandys ini membangunkan kembali hasrat ngeblogku yang sedang tertidur pulas. heeem..tapi tetap masih bingung mau mulai dari mana hehe.. Ya, mulai nulis aja dulu kan ya kak, hahahaaa... Oke, sukses terus buat kak grandys ya. Your blog is beautiful, I love it. Moga aku juga bisa bikin blog keren kayak kakak. Dadaadaaa...

    BalasHapus
  39. Membaca blog kak Grandys adalah takdir dan mungkin ini adalah cara agar aku memulai membuat blog kembali agar bisa menebarkan manfaat ke banyak orang.

    Halo kak Grandys, terima kasih atas sharing Nulis Yuk tentang Blog semalam, pesan yang kakak sampaikan sangat menebar manfaat bagi kami yang membutuhkan motivasi dibalik menulis terutama di blog. Kilas cerita, dulu ketika masa putih abu, aku pernah bergabung ke komunitas menulis di Line, dan membuat aku menulis tentang petani. Dari puisi inilah yang membuat aku iseng-iseng untuk mencoba membuat blog dan juga pernah mengikuti kelas yang diberikan oleh kursus bahasa inggrisku tentang skill menulis blog--pikirku blog adalah satu diantara cara menebarkan karya, menyimpan suatu karya dan tak akan hilang jejaknya.

    Kilas cerita, aku pernah menyicipi sedikit bagaimana rasanya blog, dan menamainya dengan nama lain seperti sekarang ini, tapi setelah itu tidak ada lagi postingan yang aku lampirkan, aku merasa tidak punya alasan yang kuat mengapa aku perlu membuat blog hingga saat ini.

    Jujur, jangankan untuk menulis karya di blog, untuk di media lain saja, seperti line, Ig dll aku pun begitu, aku seperti merasakan kehilangan tujuan untuk aku memulai menulis, dan ketika ingin memulai kembali, tangan ini sudah kembali kaku tidak semahir dulu yang bisa bermain dengan kata-kata.

    Tapi, aku bersyukur, kemarin dan hari ini aku kembali mendapatkan suatu pencerahan yang berawal dari kak Jee yang memberikan motivasi menulis dari youtubenya dan juga kak Grandys melalui blognya ini.

    Terima kasih kak Grandys, kak Jee, dan tim Nulis Yuk yang sudah memberikan kegiatan menulis ini, walau aku baru mengetahui Nulis Yuk baru-baru ini, aku tidak memyesalinya dan justru aku bersyukur, mungkin dengan ini aku bisa memulai kembali menulis dan terus konsisten hingga nanti aku akan optimis menata ulang blog yang sudah tidak aku beri perhatian beberapa tahun lamanya.

    Terima kasih Kak
    -Salam dari aku yang masih perlu belajar dan kembali untuk memulai. Semoga kita semua diberikan berbagai cara agar bisa memberikan hal-hal positif ke semua orang. Aamiin.

    BalasHapus
  40. Setelah baca ini dan komentar teman-teman, aku semakin merasa fakir ilmu.

    BalasHapus
  41. Sebenernya sudah beli domain, ambil paket hosting wordpress malah. Tapi muncul writersblock, gimana ya kak solusinya ��

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum, hallo ka Grandys, nama aku rahmi salam kenal kak , Terimakasih atas materi yang kaka kasih tentang blogger terimakasih banget ka , awalnya tu aku sama sekali gatau apa-apa tentang blogger , sama sekali ka , saat aku baca blogger kaka tentang cara menjadi blogger itu aku langsung ada pencerahan kaπŸ˜… walau sedikit ada yang gak paham tapi setidaknya ada beberapa tentang blogger yang aku tau , oh ya ka aku mau nanya tentang domain , itu aku kurang paham di domain ka, sama aku kurang paham cara membuat blognya, aku gak paham kalo gaada langkah²nya kaπŸ˜… ,aku mau sedikit curhat nih ka😁aku kalo mau post tulisan kaya kurang percaya diri gitu ka, gatau kenapa kaya takut banget tulisan aku tu gaenak dibaca gitu gimana ya ka? tolong bantu aku cara ngilangin ketidak percaya diri aku ka , jujur aku masih pemula pake banget aku baru mengikuti kelas nulis itu baru tahun ini banget ka sekedar cuman ikut² grup kepenulisan gitu , tolong dijawab pertanyaan aku ya kaπŸ˜… aku orngnya kadang susah paham hehe , sekali lagi terimakasih ka, semangat dan sukses terus ya ka , kayanya aku baru kenal blogger cuman kaka aja dehπŸ˜‚ aku suka sama blog² kaka , aku asal-asalan pencet ke blog kaka yg lain dan ketemu cara mengatasi rambut rontok, dan kebetulan banget aku lagi punya masalah rambut rontokπŸ˜… ah udh ya ka panjang banget ka nya Terimakasih ka dan semoga sukses terus..
    Ko rasanya susah bngt ya nulis komentar disini sampe hrus ketempat lain dulu nulisnya baru disalin di kolom komentar ini always banyak typo jadi maaf nie ka kalo ada typo typonya hehe

    BalasHapus
  43. Hai kak, ternyata saya salah menulis namanya kakak. Harusnya Grandys ya kak, maaf ya kak Grandys πŸ™πŸ’

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum kak.. Saya peserta kelas menulis "Blog" semalam. Saya Silvia Virda dari Lamongan. Saya sudah menggunakan blig sejak Lama. Kisaran tahun 2013/2014 karena kewajiban akademis, dibantu sama adik kelas memperbagus template tapi sekarang sudah expired jd pakai tempalte yg disediakan sama blog. Pengen rasanya buat blog kayak kakak gini. Jd menarik pembaca.. Terkait dengan domain, saya asli gak paham. Kira2 itu beli kemudian disettingkan atau setting sendiri. Takutnya suruh setting sendiri, masih pada kisaran gaptek kalau masalah begituan. Hehehehe... Terima kasih ya kak materi semalam.bermanfaat sekali, biar termotivasi sekali untuk ngeblog lagi. Hehehe

    BalasHapus
  45. Bismillahirrahmanirrahim...
    Terimakasih kak atas ilmunya bermanfaat sekali,sebenernya pas sekolah dulu pernah berkesempatan hadir mewakili sekolah untuk hadir dievent cara membuat blog pribadi,tapi mungkin dulu masih belum mau membuat blog lebih seneng menulis di buku,sosmed dan tisu jika sedang tidak bawa buku dan sampai sekarang tisunya masih ada suka lucu dan bikin senyum sendiri,kok bisa ya nulis gini. Tapi sekarang sekarang ini lagi seneng kepoin lomba-lomba nulis,termasuk nulisyuk ini jadi seakan ada jalan untuk kembali terus menulis dan mengembangkan potensi menulis untuk dapat bermanfaat bagi banyak orang,salah satunya dengan cara membuat blog ini.πŸ’šπŸ’šπŸ’š

    BalasHapus
  46. Ternyata nulis blog itu ya ka susah gampang apalagi kalau mood dan inspirasi datang kadang tanpa di duga ditambah juga tata bahasa yang kita gunakan dan topik yang ingin di angkat terimakasih atas inpirasi nya Kaka ��☺️⭐⭐⭐

    BalasHapus
  47. Terima kasih ilmunya kak, dengan menyemangati diri sendiri untuk membuat blog sama halnya dengan menambah ilmu dan kegiatan tentunya ini sangat bermanfaat, sering sih nulis di status di sosmed,itu pun kalau lagi mood,tapi sekarang pengen ngembangin lagi dengan buat blok sendiri berkat kelas semalam ��

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum kak Grandys. Wah, aku jadi banyak belajar banget nih tentang ilmu blog. Sebenernya dari dulu sih aku udh punya blog dan antusias banget mau ngeblog trus... Tapi, ditengah jalan kok aku bingung ya nentuin tema. Kadang mau ngebahas sesuatu rasanya ilmuku kurang, tapi kalo mau curhat juga kok rasanya kurang baik kalo di blog. Karena blog itu kan siapa aja bisa lihat ya hehe...
    Qodarulloh,sekarang bisa ikut kelas online sama kakak dan jadi lebih semangat kalo mau nulis ya nulis aja dulu. Blog kita bebas isi apa aja yang penting ga hoax dan ga mengandung sara ya kan kak? 😁. Semoga nantinya aku bisa ngembangin blog aku untuk hal-hal yang bermanfaat.
    Terimakasih banyak kak Grandys buat ilmunya πŸ€—

    BalasHapus
  49. Makasih kak untuk materinya semalam 😊. Aku baru punya blog sekitar 2 tahun lalu. Kontennya masih macem-macem. Tapi, kebanyakan tentang travelling sama resensi buku. Nulisnya sesuai mood & moment. Kalau lagi abis jalan-jalan baru nulis. Kala abis selesai baca buku, baru tulis reviewnya. Kalau lagi ada kejadian yang menurut aku luar biasa, baru ditulis. Susahnya mau konsisten, Kak. Akhir-akhir ini udah komit seengaknya min. 1 tulisan/bulan.

    BalasHapus
  50. Halo Kak Grandys... Terima kasih banyak buat sharingnya. Aku dulu punya blog tapi lama banget nggak digunakan, dan email yang kupake juga udah kehapus akunnya. otomatis itu blog juga punah kali ya.. huhu.. Seiring berjalannya waktu pengin ngeblog lagi, buat sharing dan self-healing juga. Pokoknya lagi antusias sama duia tulis-menulis deh, semoga istiqomah. Jadi aku baru buka lagi blogku yang ternyata juga udah agak lama aku bikin, barus sadar hehe.. Kalo ada apa-apa seputar blogging, siap-siap aku tanya kakak ya... Terima kasih :)

    BalasHapus
  51. Hai kak grandys, terima kasih banget ilmunya. Jujur, saya ikut kelas ini nekat banget banget. Karena saya termasuk gaptek dalam dunia fana ini, eh dunia blog maksudnya. Pernah coba-coba bikin blog, entah di bloger.com atau wordpres saya lupa (saking lamanyaπŸ™ˆ), dan itu pun nggak bisa otak atiknya. Mau coba lagi bikin, eh terbatas kapasitas hp yang kurang mendukung. Jadilah kebawa mager sampe sekarang😁😁😁 (ngeles aja lu tong). Intinya mah, saya gaptek banget sama blog. Selama kelas berlangsung saya juga bolak balik bangunin si mbah google loh buat nyari arti dari istilah-istilah blog yang tak saya pahami (duh memalukan beud gue). Ha ha ha, tapi itulah kenyataannya. Btw nuhun pisan ya kak sharing ilmunya.

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum,
    Perkenalkan saya Aulya, saya salah satu peserta kelas blog kaka semalam. Begini ka saya sebenarnya sudah punya blog, awalnya bikin blog itu sebenarnya karena untuk memenuhi tugas kuliah jadi memang isinya ya seputar tugas kuliah gitu. Sebenarnya saya punya rencana untuk melanjutkan blog tersebut dengan berisi tutorial atau share hal-hal yang terkait dengan pendidikan yang saya ambil. Lalu kemudian ternyata saya ingin punya blog yang isinya hal-hal diluar pendidikan yang saya ambil seperti qoutes yang saya suka, curhatan-curhatan, dan cerita-cerita karya saya. Jadi kemudian saya memutuskan membuat blog baru. Sekarang saya sudah punya dua blog namun keduanya tidak terkelola dengan baik karena kesibukan saya. Setelah semalam saya belajar banyak hal dari kaka saya berniat untuk kembali mengisi blog saya, cuma saya bingung apakah saya tetap memisahkan keduanya ataukah membuatnya jadi satu?, kalau misalnya dibuat jadi satu cara mengelola yang baik gimana ya kak karena kan berarti isinya campur-campur ya. Kemudian saya juga mau minta penjelasan lagi soal cara promo melalui blogwalking ka?, karena saya masih agak bingung. Apakah blogwalking ini hanya ke blog yang satu arah tema dengan kita atau bisa kemana-mana?
    terimakasih

    BalasHapus
  53. Patricia Sherly Meliana26 Maret 2020 21.36

    Halo kak grandys, aku Sherly dari Jogja.
    Aku suka nulis sejak lama kak. tapi ya lebih nulis diary gitu jaman smp
    sempat akhirnya tidak menulis selama sma
    di awal2 kuliah masih sempet menulis puisi di buku
    sampai akhirnya tergerak buat bikin blog. Awal motivasi pengen punya blog adalah supaya bisa mengekspresikan apapun yang sedang ingin di ceritakan, dari pengalaman,tanggapan terhadap topik yang sedang trending, puisi, dan ya banyak hal. Cuma lebih kaya dari cerita diri sendiri. trus gak pede sich karna ngerasa bahasa yang di gunakan masih bahasa sendiri. Kalo menurut kakak, bahasa seperti apa yang disukai pembaca? apakah yang formal, atau semi formal, atau yang santai yang penulis nikmati.
    trus untuk SEO kira2 kakak udah ada materi belum ya. heheh because aku buta banget walau sempet nyari2 di google. karna kakak ada bahas SEO dan mana tau pernah pakai. hehehe.. Thank you buat materinya kak...

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum
    Ka saya mau tanya mengenai chalenge nya kan nulis dengan membuat blog berarti isinyaseperti artikel gitu yaa ka?
    ...
    Maklum saya masih awam tapi saya pengen banget jadi penulis meskipun dulu saya pernah coba seperti buat blogg tapi sudah lupa alamat blognya alhasil saya buat lagi yang baru untuk chelenge ini, makanya saat saya baca ada kelas menulis blogg saya senang sekali karna saya ingin lebih tau mendalam mengenai blogg dan setelah ini semoga bisa istiqomah dalam menulis dan bisa domain biar blogg nya keren kaya kk
    Semoga bisa dijawab yaa ka pertanyaan saya terima kasih

    BalasHapus
  55. Hai, Kak Grandys.

    Terima kasih buat sharing-nya. Aku lagi bingung, nih. Sejak awal bikin blog (Oktober 2019), aku memang ingin mencari uang juga (tapi sekarang belum pasang adsense, karena sedang sibuk kerja dan aku juga belum benar-benar rutin di dalam menulis). Jadi, aku menonton beberapa video tentang menghasilkan uang dari blog. Nah, di salah satu video, ada yang menyarankan untuk menulis blog yang fokus terhadap satu bidang saja, agar lebih mudah diapproved untuk pasang adsense. Blog yang kubuat aku namakan bolang.bahagia@blogspot.com karena aku mau fokus ke satu bidang (bolang:traveling) saja biar lebih mudah diapproved untuk memasukkan google adsense. Namun di saat aku sedang berhemat ini, aku jadi bingung mau menulis apa lagi. Maka, aku tetap menulis tapi di awal tulisannya aku sambungkan dengan 'petualangan' saja, deh. Misalnya : "kisah petualanganku menjadi manusia kembali" #cocoklogi :D

    Menurut Kak Grandys, sebaiknya aku tetap pakai bolang.bahagia saja atu ganti jadi nama yang cakupannya bisa lebih luas?

    Salam,
    Brenda

    BalasHapus
  56. Assalammualaikum kak. Terima kasih atas share ilmu blognya yang manfaat. Jadi bisa aku jadiin referensi, hehe...
    Oh iya kak aku sendiri udah buat blog dari beberapa tahun lalu, kalau nggak salah 2018 akhir. Tapi sampai sekarang masih cuman 1 postingannya, hehe...
    Terus dulu pas mau nulis di blog pinginnya temanya kesehatan eh tapi agak melenceng akhirnya pas udah buat blognya bukan kesehatan. Hehe jadi curhat di kolom komen nih ^^
    Oh iya kak aku mau tanya gimana sih cara mengatur waktu agar bisa istiqomah menulis blognya. Terus agar pas nulis blog bisa tertata rapih antara postingan satu dengan yang lain...
    #Terima kasih

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum kak. Aku Hanin, semalem ikut kelas online kepenulisan blog yang diisi sama kakak. Terima kasih untuk info dan ilmu yang kakak berikan di kelas menulis online semalam. Banyak hal yang aku dapetin dari kelas online dan tulisan kakak di sini, terutama soal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menulis, dan bagaimana untuk tetap bisa istiqomah dalam menulis secara umum, dan menulis di blog secara khusus. Dari dulu emang pengen bisa nulis dan munculin ide, karena emang organisasi waktu tingkat satu sampai tingkat dua itu memaksa aku untuk bisa nulis. Tapi setelah nggak ikut organisasi malah jadinya bingung mau nulis apa. Alhamdulillah dapet pencerahan dari sini. Btw kak, aku izin buat design wajah kakak ya, itung-itung ucapan terima kasih dari aku ke kakak hehe. Sekalian buat belajar design juga sih. Mohon maaf dan terima kasih.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah dapat ilmu baru, tulisan 5 langkah menjadi blogger yang apik dan menginspirasi. Halo kak salam kenal , nama aku mela , udah gabung di blog dari tahun 2014 tapi tema masih random dan nano-nano banget isinya hehe . Di tahun 2019 sempat mau fokus lagi gitu ngeblog,
    mau coba ikut kompetisi, dsb. Tapi saat itu sedang buntu-buntunya ide (hehe ngeles kayak bajay) ya intinya blm bisa konsisten itu kak,Jadi putus kembali ditengah jalan ,udah kayak layangan .Dari postingan kakak ini saya mulai menemukan semangat lagi , sengaja ikutan nulisyuk tema ini buat bangkitin jiwa ngeblog yg masih pas-pasapas-pasan hehe. Kemungkinan kedepan bakal rajin nyamperin alamat ini untuk jadi refrensi menulis hehe sekali lagi terimakasih kak atas ilmunya . Barakallah.

    BalasHapus
  60. Hai ka, terima kasih sharingnya. Ilmunya daging banget. Saya pernah baca buku khusus tentang ngeblog, arahannya hampir serupa dengan apa yg kaka tulis, tp memang gaya bahasa juga ternyata mempengaruhi pembaca untuk memahaminya. Sharing kakak membuat saya menjadi tambah "ooh" ini toh maksud yang di tulis di buku itu. Sekali lagi thanks bgt sharing nya ya ka, bikin saya nambah semangat untuk mendalami lagi dunia perblogan. Salam Ngeblog πŸ˜‰

    BalasHapus
  61. Halo kak Grandys, salam kenal :)
    Terimakasih atas ilmunya tentang dunia blog. Jujur sampai saat ini aku suka masih bingung mengelola blog supaya bisa bermanfaat. Blog aku aktif sih, tapi nulisnya juga kalo mood bagus doang. Suka bingung juga bagaimana supaya bisa lebih produktif melalui blog, makanya aku suka ikut kelas Nulisyuk kalo temanya blog. Ini kelas kedua yang aku ikuti tentang blog, tapi sampai sekarang tetap saja blog aku belum terurus dan tertata dengan rapi. Pengen coba beli domain, selalu masih ada takutnya,, takut gabisa produktif atau apalah sehingga malah mubazir.
    Maap nih kak, mau curhat dikit ya (padahal dari atas udah curhat, hheehe)
    Awal mula aku bikin blog itu karena aku pengen ngeluarin unek-unek aku setiap kali habis liat pertandingan bulutangkis, iyaa aku suka banget sama bulutangkis. Tapi sekedar nonton aja ya. Nah, semua curhatan aku, kutulis di blog. Namun, semenjak aku menemukan platform menulis, aku jd beralih kesana. Karena memang sih disana kan dibayar juga. jadi ngerasa kaya jurnalis malah pas pertama kali tulisan itu terbit, hhehe.
    Blog jd udah ga terurus sampai hampir setahun ga dibuka, untung masih ingat password :D
    makanya skrg pengen diperbaiki lagi supaya bisa bermanfaat.
    Semoga kak Grandys tidak bosan untuk berbagi ilmu yaa, hhihi

    BalasHapus
  62. Hai kak, ternyata kita sama , anak teknik kimia yang terjebak di penulisan wkwk, dulu aku punya blog tapi udah expired karna lupa gak di update lagi , pengen aktif lagi godaan rebahan kuat bangettt πŸ˜‚ kakak pernah nulis di idmtimes ?

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum.
    Halo ka Grandys, aku Noveeta Muchtar dari Jakarta. Salam kenal ka, makasih banget atas sharing2 ilmunya ya ka. Setelah ikut kelas dan baca2 blog ka Grandys aku jadi makin bersemangat buat ngeblog. Setiap peristiwa ingin diabadikan lewat tulisan. Membuat rekam jejak yang suatu hari ketika aku membacanya akan membuat aku tersenyum atau menangis terharu. Dan ini buat aku pribadi juga sebagai latihan menulis, karena seiring berjalannya waktu semakin sering menulis semoga semakin berkualitas tulisan2 yg aku hasilkan. Aku punya cita2 menerbitkan buku best seller ka. Jadi, ilmu yang aku dapat dari ka Grandys dan ka Jee Luvina sangat berharga buat aku. Aku udah nonton beberapa tayangan youtube ka Jee Luvina. Masya Allah keren dan sangat banyak ilmu yang aku dapatkan. Menulis adalah passion aku ka, tapi kadang aku suka ga percaya diri dan merasa tulisan aku jelek banget. Tapi setelah hari ini, setelah kenal dengan ka Grandys, aku gak akan berhenti menulis baik atau buruk aku akan terus paksakan diri buat menulis. Seperti yang ka Grandys bilang ide bisa didapat dari apapun bahkan tetanggapun bisa jadi ide kita menulis. Jadi aku harus mulai dari membangun kebiasaan menulis, menulis apapun yang aku lihat, aku dengar, aku baca, aku pikirkan dan rasakan setiap hari. Semoga itu semua bisa menjadikan aku semakin dekat dengan tujuanku yaitu menerbitkan buku best seller. There is no how! Just do or not do! Gak ada bagaimana! Tapi cuma mau dilakuin atau enggak aja!
    Jadi, jangan pernah berhenti menulis..

    BalasHapus
  64. Assalamu'alaikum kak Grandys, terimakasih atas materi ya di nulis yuk, saya Dian. Saya belum ada pengalaman sama sekali di blog ini. Tapi begitu membaca artikel2 dari kak Grandys, saya jd semakin ingin tau tentang blog.
    Kak Grandys menyampaikan bahwa kita harus tau kita interest terhadap apa, terus terang saya tidak tau interest saya di apa karena selama ini saya lebih senang menulis cerpen atau puisi.

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum kak Grandys, saya nila, salam kenal kak. Terima kasih kak atas materinya di nulisyuk. Sebenarnya aku pertama bikin blog karena tugas dari nulisyuk batch 37. Dan ternyata nulisyuk batch 49 temanya blog, jadi ikutan deh.




    BalasHapus
  66. Barakallah... Tulisannya bener-bener menginspirasi. Menulis itu bukan hanya tentang seorang diri, tp tentang banyak orang, karena dgn menulis bisa menularkan segala kebaikan ke setiap pembacanya. Point utamanya sampai sekarang blm bs saya lakuin :( (konsisten alias istiqamah), mudah-mudahan mulai sekarang bisa... Tetep terus menjadi blogger yg produktif, dan ditunggu ilmu-ilmu dan pengalaman seru lainnya tentang blogger, jaazakillah

    BalasHapus
  67. Masyaallah ka Tulisannya simple gampnag bgt di pahmi.bisa benget menumbuhkan minat baca.

    BalasHapus
  68. Lupa mau promosi blog, hhehe
    Silahkan yang mau mampir :D

    http://coretannyateteh.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling blog walking yok kak... Ke blog aku juga http://nuhabiba.wordpress.com

      Hapus
  69. Hallaw kakak Grandys.. Perkenalkan aku rina peserta kakak dari Nulisyuk batch 49 tema nya Blog pas buat aku yg lagi ke inget sama blog aku yg banyak sarang laba-laba nya, sekarang lagi aku bersihin, sambil ditutup hidung pakai masker saking blog aku banyak debu nya, hehee.. Syukran wa jazakillah khayran kak Grandys atas Semangat kakak yang nular ke aku;)

    Untuk kakak-kakak semuanya bisa yuk mampir ke blog aku http://rinaazwar.blogspot.com/

    Trims :)

    BalasHapus
  70. Hai Grandys, terima kasih banyak ya untuk sharing2 dan tipsnya. Semoga bisa mulai belajar nulis2

    BalasHapus
  71. Hai Kak, semenjak aku ikut batch nulisyuk yang di isi kamu aku jadi semangat buat nulis dan ga malu buat aku share.
    Challengenya menarik, aku suka banget.
    Btw makasih kak:)

    Ohiya boleh yuk mampir di blogku https://destiaaraa.blogspot.com/?m=1 aku tunggu komentarnya yaa hehe

    BalasHapus
  72. Hai Grandys...Assalamualaikum wr wb… saya kmrn ikut kelas nulisyuk, tapi kelewat terus deadline challenge nya. haha..ampun. saya sebenarnya sudah suka menulis dari sejak kuliah dulu kira-kira sejuta tahun cahaya yang lalu. hhehe..malu nyebut tahunnya. Aku bahkan punya tiga blog yang beda, saking dulu suka nulis dan masih labil mau pakai yang mana antara wordpress sama si blogspot ini. Gemas banget mau mulai lagi nulis-nulis. makanya ikut kelas-kelas di nulisyuk, biar semangat dan makin konsisten. Biarpun deadline challenge dah lewat, aku mau tetap nulis sesuai challenge kemarin. thanks ya udah bikin semangat lagi. Aku baru buka blog, dan lagi semprot desinfektan nih, saking berdebunya. mampir ya ke blog aku nanti di https://mizzemonita.blogspot.com/

    BalasHapus
  73. Wow bagus sekali tipsnya kakak. Terima kasih ilmuku jadi bertambah

    BalasHapus