Inspirasi Menu Ramadan Andalan Keluarga, Dari Sahur dan Berbuka

 

inspirasi-menu-ramadan-keluarga
Inspirasi menu ramadan andalan keluarga, resep terong tahu balado dan es buah. Dokpri


Hai hai emaaaak, alhamdulillah ya bisa nikmatin waktu Ramadan tahun 2022 dengan hati penuh rasa syukur. Menjalani puasa dengan tinggal berdua sama suami sudah kami lakukan kedua kalinya untuk 3 tahun pernikahan kami. Happy dong pastinya, karena ada kepuasan tersendiri untuk semakin bisa belajar mandiri sebagai istri dan mencoba jadi yang terbaik setiap harinya.

Mungkin dulu pas Ramadan tahun lalu aku ngerasa ngga fullfill selama Ramadan dan seringnya buka puasa malah di jalan, sampai di rumah udah capeeeeeeee pol haha. Alhamdulillah tahun ini bisa menyiapkan makanan buka puasa dan sahur di rumah. Aku juga jadi lebih prepare sih untuk menu-menu buka puasa, sahur dan menyiapkan takjil.

Baca Juga: Cek Menu Ini Saat di Minggu Akhir 10 Hari Ramadan

Bahkan dari H-2 minggu Ramadan tiba, aku udah cari-cari akun masakan simple tapi bergizi dan no ribet-ribet club wkwk. Sampai aku minta print-kan suami untuk list menu harian selama 30 hari ramadan saat nemu list masakan yang aku sanggup membuatnya dan aku yakin sih, akan lebih bisa tenang mau masak varian apa selama 30 hari ini.

Aku sama suami tipe malas sekali makan sahur, maksudnya bukan malas untuk bangun ya, tapi malas mengunyah makanan di jam-jam segitu. Apalagi suami, kentara banget dia malas-malasan untuk makan sahur dan lebih sedikit porsinya. Akhirnya aku siasati untuk membuat makanan kesukaan dia sih, dan 3 menu andalan aku selama ramadan dimulai dari sahur, berbuka hingga takjil aku share di bawah ini ya.

Menu Terong Tahu Balado

Ini sebenarnya menu simple karena aku sudah menyiapkan bumbu merah sendiri yang aku siapkan dari jauh-jauh hari dan sudah aku foof prep di dalam toples kaca dan simpan di kulkas. Lalu aku siapkan terong ungu dan di potong melingkar gitu lalu digoreng. Aku juga menggoreng tahu putih, karena tahu ini masakan kesukaan paksu, jadi aku bikin sekalian aja.

Alhamdulillah menu buka puasa ini jadi menu sekaligus dengan sahur. Hanya saja di saat sahur aku sering menambahkan labu siam rebus atau lalapan timun agar ada kandungan serat dari sayur. 

Baca Juga: Resep Membuat Kwitiau Goreng yang Simple

Selain terong tahu balado ini, aku juga belajar membuat daging teriyaki yang cara membuatnya gampang sekali. Pastikan sudah beli daging slice yang diiris tipis ya, lalu buat bumbu marinasi diantaranya saus teriyaki, saus tiram, merica, mentega, kecap manis dan bumbu halus berupa bawang putih dan bawang merah. Lalu diamkan selama 30 menit lalu setelahnya dapat dimasak seperti biasa. Ini simpel tapi jadi sajian andalan juga saat ramadan karena bisa dipanaskan kembali saat makan sahur.

Menu Takjil Favorit

Awalnya aku terinspirasi dari sajian berbuka puasa di rumah mamahku yaitu sop buah dengan alpukat mentega di dalamnya. Karena keluargaku lebih suka olahan buah seagar kayak gini, makanya jarang banget dan hampir ngga pernah sih bikin kolak di rumah. Kecuali lagi kepengen banget, mentok-mentok malah beli di penjual takjil sore hari.

Es buah kayak gini tuh menurut aku lebih segar aja di badan, walaupun memang untuk membuatnya harus tekun karena ngiris buahnya satu persatu shaaay. Dan ngiris buah satu aja kadang aku mah magerrrr wkwk, ini buahnya banyak macam dan tapi sesuai sama efek di badan sih. Campurannya juga selain sirup, ternyata pakai susu UHT yang plain gitu dan dimasukkan ke dalam kulkas. Ini sih segar banget ya.

Baca Juga: Resep dan Praktik Membuat Bumbu Halus di Rumah

Lalu untuk makanan pembuka sebelum masuk ke makan nasi dan lauk-pauknya, tetap sedia gorengan gini. Tapi ini di rumahku ya, entah aku tuh harus ada mendoan atau bakwan goreng, padahal harga minyak lagi gila-gilaan tapi ya besok-besok aku buat bakwannya di rebus aja guys sesuai saran wwkwkwk. Tempe mendoan itu yang paling jadi andalan karena terbuat dari tempe, cara membuatnya mudah dan suka aja sama tempe mendoan tuh. Tapi aku lagi ngurangin juga sih biar ngga makan goreng-gorengan kayak bala-bala, gehu, cilok, pisgor dan benar-benar puasa ini bukan jadi makannya makin jorok, hmmm.

Sekian share menu ramadan dari berbuka puasa, sahur dan juga hidangan takjil. Postingan ini sederhana dan jadi banyak curhatnya, buat yang baca pasti udah paham betul ya cara membuat terong balado hihi tapi aku di sini lebih ingin sharing menu yang aku buat dan konsumsi saat hari pertama ramadan tahun ini. Share juga apa menu andalan dan favorit selama bulan ramadan, drop di kolom komentar ya.


1 komentar

  1. pasti buat ibu rumah tangga bisa pusing juga ya siapin 30 hari menu puasa. harus lebih rajin buat browsing kira-kira menu apa yang cocok. Mungkin bisa menu cepat saji ya setelah kita melakukan food preps.

    BalasHapus