Satu Hari di Cirebon, Kunjungi Rekomendasi Kuliner dan Tempat Wisatanya


rekomendasi-nasi-jamblang-bu-fitri
Nasi Jamblang Bu Fitri. Dokpri

Haaaai, ini sebenarnya postiingan yang kependingggg luamaaa banget. Aku kadang suka pengen ketawa aja sih, karena setiap scroll galery foto, nemuin kompilasi foto-foto waktu di Cirebon ini tapi masih mager untuk eksekusi jadi bahan tulisan di blog.

Hari itu, aku pulang ke Karawang, dan ngide banget nih suami untuk ngajak jalan mamah dan adikku kemana gitu, karena kalau daerah Karawang terus kayaknya bosan dan capeknya sama (kata suami gitu). Yaudah aku coba pikir kemana ya enaknya yang bisa wisata singkat tapi ya cukup bermakna. Akhirnya aku bilang aja, gimana kita trip ke Cirebon satu malam aja dan kita itu udah otw dari siang after lunch. Ini sebenarnya juga kesiangan sih, idealnya kita otw bisa jam 8 atau 9 pagi ya, dan sampai sana kita bisa nikmatin kota Cirebon.

Pengingapan di Cirebon

neo-hotel-cirebon
Staycation di Neo Hotel Cirebon. Dokpri

Aku milih Neo Hotel sebagai tempat staycation kita, lebih tepatnya cuma numpang tidur aja sih. Karena kita sampai kota Cirebon itu sore hari dan total perjalanan dari Karawang-Cirebon itu 4 jam, makanya cukup cepat sih. Tapi kasian sama driver nya yaitu suami, sepanjang jalan cukup ngantuk kalau yang disebelahnya ngga ajak dia ngobrol dan harus ngga boleh tidur (suka disindir akutuh kalau tidur atau boleh tidur tapi bilang dulu sama dia haha). Tol nya tricky karena lewat tol Cipali kan guys, tol panjang lurussss terus tanpa berkelok itu memang cukup mumet kalau ngga ada yang ajak ngobrol.

Baca Juga: Pernah Coba Nasi Buk di Malang? Ini Review nya

Sesampainya di kota Cirebon hal pertama adalah pasti makan siang kelewat sore ini di Empal Gentong H. Apud yang ini kayaknya cabangnya deh. Dan fix sih aku udah dua kali makan empal gentongnya H. Apud tuh ga yang spesial banget gitu loh, dan next nya aku mau coba yang lain (ini hasil aku tanya di Twitter). Tempat makan Empal Gentong H. Apud ini yang barengan sama oleh-oleh batik tapi bukan di Batik Trusmi ya guys, aduh aku lupa banget wkwk.

empal-gentong-h-apud-cirebon
Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon. Dokpri

Trus lanjutlah kita ke Hotel Neo, ini berdasarkan pencarian cepat ala aku aja sih. Habis nonton kontennya Nex Carlos kuliner di Cirebon dan kebetulan beliau nginep di Neo Hotel Cirebon dan sejauh ini worth it banget! Views nya juga menghadap laut langsung dan selama satu malam itu, aku tidur nyenyak sama suami. Total aku ambil 2 room dan aku bayar di 700K.

Kuliner Malam di Cirebon

review-nasi-jamblang-bu-fitri-cirebon
Pap dulu di Nasi Jamblang Bu Fitri Cirebon. Dokpri

Waktu itu, walau Sabtu, suami tetap aja riweuh sama pekerjannya dan saat sore menjelang malam tiba, habis solat magrib, kita langsung pergi ke kota untuk bisa nyobain Nasi Jamblang Mang Dul dan berbekal sama Google Maps aja. Sesampainya di sana, wow dan wow, kok ternyata antriiii banget. Udah deh males banget kalau harus antri kayak gitu. Lalu feeling kulineranku menjawab akan sebuah kios Nasi Jamblang Bu Fitri yang orangnya rame tapi masih normal gitu loh. Kita antri sebentar dan bisa duduk. Vibes Nasi Jambang Bu Fitri juga vibes kulineran yang aku suka. 

mi-koclok-khas-cirebon
Mi Koclok khas Cirebon. Dokpri

Baca Juga: Nasi Becek Khas Nganjuk

Mengingatkan untuk makan dengan pilihan lauk yang ada di depan mata dan bebas kita mau pilih yang mana aja. Dan ini semuanya enak-enak! Nasi Jamblang ini, benar dibungkus sama daun jamblang dan satu bungkusnya 3K tinggal kita mau pilih lauknya yang mana aja. Aku kalau ngga salah pesan yang ati ampela dan tumis kerang. Asli sih aku lupa pesanan kita apa aja tapi vibes di sini sangat aku rekomendasikan buat yang mau nikmatin Nasi Jamblang ya. Dan disebelah itu ada yang jual tahu petis 500rupiah, trus petisnya dibungkusin satu-satu pake kertas gitu guys, kebayang ga sih waktu itu ada yang beli 100ribu trus pegel banget nungguinnya.

review-mi-koclok-cirebon
Mi Koclok khas Cirebon, di makan selagi hangat. Dokpri 

Masih penasaran sama Mi Koclok khas Cirebon, ini langsung kita cari sehabis makan Nasi Jamblang wkwk. Penampakannya seperti mi kuah susu dan aslinya ini mi dengan mi kuning dan disiram dengan kuah kaldu yang kental. Ini enak banget sih buat ngangetin perut dan dijual di pinggir jalan, jadi kita makannya di mobil. Mi ini ada irisan telurnya gitu guys, dan satu porsi kita buat jadi icip-icip bareng aja.

Kuliner Pagi di Cirebon

review-nasi-jamblang-pelabuhan-cirebon
Antrian di Nasi Jamblang Pelabuhan Hj. Sumarni (Dokpri)

Pagi harinya kita langsung check out sekalian sarapan dan juga mencari Ayam Goreng Santa Maria yang terkenal itu. Karena kita pesan hotel yang ngga include dengan sarapan, ini bisa jadi life hack juga yang mau kulineran saat berkunjung ke sebuah kota. Jadi kita mau ke Nasi Jamblang Pelabuhan yang letaknya ngga jauh dari hotel kita. 

nasi-jamblang-cirebon-terenak
Antriannya guys. Dokpri

Nasi Jamblang pelabuhan, terkenal banget dan Nex Carlos juga kesini btw, makanya aku penasaran buat makan di sini. Saat tiba, aku skeptis dengan lokasinya karena berada di belakang pagar dan tempatnya super nyempil. Karena ini kuliner legend, jadi udah pasti diserbu dari mana-mana walaupun lokasi makannya terbilang ala kadarnya. Antrian pun mengular dan Cirebon hawanya cukup panas ya, karena dekat dengan pantai pun. 
pilihan-lauk-nasi-jamblang-cirebon
Pilihan lauk pauk nasi jamblang khas Cirebon. Dokpri

Baca Juga: Ketan Susu Legend di Kemayoran Jakarta

Saat mengantri, kita bisa pilih lauk-lauknya dan kalau menurut suamiku sih ngga begitu menarik, ngga seperti Nasi Jamblang Bu Fitri. Akhirnya pas kita makan, memang sih rasanya B aja, enak tapi ya nothing special guys. Dan kalau harga aduh aku lupa, yang bayar mamahku nih tapi kata mamah lebih mahal di Nasi Jamblang Pelabuhan.

review-nasi-jamblang-pelabuhan
Nasi Jamblang Pelabuhan. Dokpri

Setelah selesai makan Nasi Jamblang Pelabuhan, kita langsung cari Ayam Goreng Santa Maria dan ngga rezeki banget kalau tukang jualannya libur kalau weekend, ya Allah sedihnya. Akhirnya kita melipir ke pantai di Cirebon dan sedihnya lagi, mereka tutup sementara waktu karena Covid-19. Karena masih pengen explore, kita cari tempat wisata di Cirebon yang ngga begitu jauh dari kota.

Kampung Sabin Nuansa Bali di kota Cirebon

kampung-sabin-cirebon
Wisata Kampung Sabin di Cirebon. Dokpri

Akhirnya kita pilih lokasi Kampung Sabin ini yang berada 20-30 menit dari kota Cirebon untuk menuju lokasi Kampung Sabin Cirebon. Ternyata Kampung Sabin ini terletak di dalam area perumahan cluster gitu dan saat aku kesana sih area nya masih baruuu banget. 

spot-foto-kampung-sabin-cirebon
Spot foto Kampung Sabin Cirebon. Dokpri

Karena datang di siang hari, panas menyengat langsung membanjiri tubuh kami haha. Ini tempat untuk ngopi-ngopi dan ada kampung duriannya juga. Waktu masuk, kita udah mau coba durian, tapi belum ada stock katanya. Akhirnya kita masuk ke Kampung Sabin untuk bisa nikmatin area "sabin" sebutan terasering di daerah Bali.
kampung-sabin-cirebon
Foto berdua jangan lupa. Dokpri

Sebenarnya biasa aja, cuma karena bisa menikmati makan di sisi persawahan kayak gini, mereka memasang tarif dan harus reservasi jika ingin lunch di situ dengan biaya 300-600K lho. Ya, lumayan mahal juga sih, mana kalau makan siang kan ini di tengah sawah gitu lho, panas banget. Cuma dilapisin dengan selambu putih gitu. Di bagian tengah ada semacam bar atau cofee shop buat yang mau pesan minum dan juga beristirahat karena asli ini panasnya terik banget.


harga-tiket-masuk-kampung-sabin
Bersama my gurls. Dokpri

Seru sih, bisa ngunjungin beberapa tempat destinasi di kota Cirebon, kalian kalau ke Cirebon sudahkah mencoba list kuliner di atas atau berkunjung ke tempat wajib di Cirebon? Boleh komen di bawah ini yaaa dan sampaikan cerita kalian juga!

destinasi-makan-tengah-sawah-di-cirebon
View Kampung Sabin Cirebon. Dokpri

kampung-sabin-wisata-seru-cirebon
Pintu masuk Kampung Sabin Cirebon. Dokpri

23 komentar

  1. Aku juga sering late post. Ada yang sampe tiga tahun, mulai sebelum pandemi sampe kelar pandeminya. Tapi tetep emosionalnya dalam banget ya hingga bisa juga jadi artikel

    BalasHapus
  2. Aah, waktu ke Cirebon juga kulineran, tapi lupa apa aja, ahaha. Ada nasi jamblang juga tapi bukan yang nasi jamblang Pelabuhan kayak gini.

    Seru juga ya quick escape semalem gini. Impulsif yang menyenangkan 😁

    BalasHapus
  3. Duh jadi kangen ke Cirebon, kalau kulineran Cirebon aku biasanya Empal Gentong Mang Darma, Nasi Jamblang Ibu Nur, Nasi Lengko, dan sate gak boleh skip. Eh iya ini tuh yang Kampung Sabin aku penasaran banget sih pengen kesana. Nanti kalau pas ke Cirebon mampir ah ke Kampung Sabin

    BalasHapus
  4. Ke Cirebon buat kulineran itu akuuu..asyik dapat rekomendasi di artikel ini,kemana cari nasi jamblang juga makanan lainnya.Biar aku ga ke situ lagi dan lagi. Ditandai dulu tujuannya, eksekusi kalau ke Cirebon nanti.
    Btw, soal "sabin", itu artinya sawah (bahasa Jawa), kalau terasiring di Bali namanya subak :)

    BalasHapus
  5. Mie kocok sekilas kayak dessert, hihihi.. semua tempat kuliner yg didatangi selalu rame ya, kalau aku pengin nyoba nasi jamblang, belum pernah nyoba. Ke Sabin harusnya sore atau hari tertentu, biar ada duriannya?

    BalasHapus
  6. Asyik ya, pokoknya makaaan terus yang di cari di Cirebon ini ya mbak hehehe.... Nuruti rasa penasaran dan kepengen karena lihat medsos, walau emang ada juga yang rasanya ternyata cuma B aja padahal antriannya panjang. Tapi kan udah nggak penasaran lagi

    BalasHapus
  7. Ngantri banget ya makan nasi jamblang ini. Aku pernah makan nasi jamblang tapi belum yang ini mba. Mie koclok ini bisa jadi rekomendasiin juga kalau ke Cirebon. Makasih rekomendasinyaa

    BalasHapus
  8. Kayanya waktu datangnya yang salah meskinya menjelang ashar pasti teduh dan romantis lihat sunset ahay

    BalasHapus
  9. yang empal gentong udah pernah coba. Menurutku dagingnya banyaaaak, udah itu sih.
    kalau nasi jamblang ini murah amat cuma 3000. Lauknya banyak macemnya jadi lama milih kali ya, hahaha... kayak beli nasi pecel di magetan itu lama mikir mau lauk yang mana.

    BalasHapus
  10. Wah kota kelahiranku noh mbak. Emang paling pas kalo ke Cirebon tu wisata kuliner. Dari mulai kuliner pagi sampe malam enak smua cuma balik dr cirebon berat badan auto naik

    BalasHapus
  11. Naah aku penasaran dengan Nasi Jamblang pelabuhan, beberapa kali ke Cirebon ga sempet mampir kesana karena males antri. Banyak yg bilang enaaak ya maak....cirebon tu kota transit kami.kalau pp mudik mesti nginep sama kuliner kalau mau ngadem ke.kuningan nginepnya

    BalasHapus
  12. Kuliner Cirebon memang enak enaaakkk.
    Apalagi yg pakai daun jati.
    Ya ampuun so lovelyyy

    BalasHapus
  13. Aku pernah tinggal kurleb tiga bulan di Cirebon. Tapi uda belasan tahun yang lalu, jadi uda lupa2 detailnya. Termasuk yang baru2 macem Kampung Sabin itu dulu belum ada (baru tahu kalau sabin jg ada di basaha Bali dan berarti terasering, kalau di bahasa Jawa, sabin adalah bahasa halus untuk sawah). Thanks yaaa sudah cerita soal Cirebon. Aku pengin banget nostalgia ke Ci-ayu-maja-kuning. Semoga suatu hari kesampaian :)

    BalasHapus
  14. Kota Cirebon ini banyak juga kulinernya. Semoga bisa main-main ke situ suatu saat. Dulu beberapa kali melewati Cirebon tapi belum pernah singgah.

    Itu Kampung Sabinnya pas siang gitu bisa panas 'ngentang ngentang', plus lumayan juga ya. Sampai 300 - 600 K kalau reservasi lunch di situ.

    BalasHapus
  15. Wah liburan lalu mampir Cirebon hanya ke Trusmi dan ke nasi jamblanh, semoga nanti bisa menginap biar lebih banyak destinasi wisata yang didatangi, kebayang deh panas banget makan di tepi sawah hanya ditutupi kelambu hihi

    BalasHapus
  16. Beberapa kali ke Cirebon dan kuliner nasi Jamblang, tahu gejrot, sama empal gentong. Nah aku belum pernah ke Kampung Sabin, apa dulu belum ada ya. Cakep juga view nya, vibes kayak di Bali ya, tapi harganya reservasi bisa mahal itu untuk bayar menu makanannya juga kah, mba?

    BalasHapus
  17. Belum pernah ke Cirebon semoga suatu hari inj bisa mencicipi menu kuliner Cirebon dan pengen jalan-jalan juga ke sana. Bagus nih pemandangannya

    BalasHapus
  18. Wahh seru banget perjalanannya ke cirebon
    Aku juga sama sih kalo pesen penginapan jarang include breakfast biar ntar bisa cari sarapan khas daerah yang dikunjungi
    Btw nasi jamblangnya menggugah selera banget

    BalasHapus
  19. Tempat makan yang Mbak datangin, ramai semua. Bisa diasumsikan bahwa makanannya enak karena banyak pelanggannya. Catet-catet dulu lah ya makanan khasnya biar nanti kalau ada kesempatan bisa nyobain

    BalasHapus
  20. Cirebon selalu kangeeen..
    Aku pernah 3 tahun tinggal di kota Udang ini... ngerasain Cirebon zaman dulu dan sekarang sungguh jauh berbeda. Wiskulnya bikin bahagia yaa, Ndis..

    BalasHapus
  21. Ya ampun... Antriannya panjang banget mba... Salut deh bisa sabar menanti giliran. Seenak itu ya mba, makanannya...

    BalasHapus
  22. Sekarang kalau berkunjung ke suatu tempat kurang afdhol kalau nggak mengekplore tempat wisata dan kulinernya juga. Untungnya sekarang banyak banget food blogger dan vlogger yang memberikan informasi tentang tempat kuliner. Kita jadi punya banyak referensi, ya.

    BalasHapus
  23. Asik banget mba.. belum pernah ke cirebon untuk sengaja main-main.. biasanya lewat doang gak mampir.. hihi

    BalasHapus