Icip-Icip 5 Kuliner Malang yang "Tak Lekang Oleh Waktu"

kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(salah satu yang wajib buat dicicip adalah SEMUT, alias Surabi Imut. Lokasinya dekat sama stasiun kota Malang. Dokpri)

Hai hai semuanya, cukup terlambat jika aku update blog kali ini tentang beberapa rekomendasi kuliner sewaktu aku trip bareng sama emak ke Malang beberapa waktu lalu itu. Kalo ke Malang emang ga bisa buat ga nyicipi segala macam makanan khasnya.

Sebenernya aku kulineran ke Malang ini tuh karena menuruti rasa nostalgia aku sewaktu kuliah disana. Secara dulu kerjaanya selain kuliah tapi jajan, cicip-cicip segala kulinernya, tapi waktu dulu belum sebanyak dan sehits sekarang. Pas aku kesana, duh udah banyak banget makanannya, kalo sehari doang di Malang ga ke kejar gengs.

Yang paling sedih adalah aku kelewatan buat makan bakmi atau mie setan yang depan polinema Suhat itu lho, duh karena aku ngalamin gaenak perut habis maem nasi Bhuk. Tanpa berlama-lama, ini dia 5 kuliner malang yang tak lekang oleh waktu, eaaaaa.

Rujak Semeru
kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Aduhhhhh pokoknya mah enak banget. Dokpri)

Akhirnya kita nyobain dari awal kedatangan itu adalah Rujak Semeru ya gengs, ini adalah tempat makanan yang memorable dan wajib buat kalian ngicipin ini karena segambreng porsinya 25.000 dan rasanya dari awal berjumpa tidak pernah berubah, duh aku terharu.

Paling pas ada kerupuk putih dengan tempelan beberapa bawang putih goreng dan aku sama mamah habis 10 biji dong kerupuknya. Ga pake ketinggalan adalah tahu petis gengs, dipakein cangek aja gitu udah enak, pakein sama cocolan sambal rujaknya yang banyak ini juga mantap, pake petisnya juga enak banget.

Ayam Nelongso
kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Sepulang dari kunjungan kita ke Masjid Tiban, aku ajak mamah cicip ayam nelongso ini. Dokpri)

Trus sepulang dari Masjid Tiban itu, kita kelaperan lalu kita makan di Ayam Nelongso daerah Kepanjen, btw ini kayaknya baru opening gitu karena tetiba aku diminta selfie gitu sama mbaknya.

Baca juga: Aura Aneh dari Masjid Tiban, Turen Malang

You know aku yang nyetir dari Malang kota ke Turen aja udah emboh wes pacak an e koyok opo iki. Dan emang ya, Ayam Nelongso ini dari jamanku kuliah paling top banget buat perut mahasiswa dan ini bertahan sampe sekarang dan aku liat nambah sukses sekarang!

Cui Mie Dempo, Bakso Damas
kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(sebenernya cukup pricy di Bakso ini, aku cari bakso prima udah tutup. Dokpri)

Makan lagi malamnya di Cui Mie Dempo dan jujur aja aku udah pengen makan pangsit mie setan yang depanan sama kampus aku dulu di daerah Suhat. Tapi aku malah tergiur sama bakso Damas (karena bakso Prima udah tutup) daerah Suhat juga setelah mengelilingi area kosan Jl. Semanggi Barat (masih inget kan gw).

kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Cwimie Dempo. Dokpri)

Semua berubah banget ya dalam 5 tahun ini, kampus aku makin bagus aja, pengen main rasanya tapi aku kesitu udah malem haha. Lalu setelah makan bakso Damas (yang emang dari dulu aku merasa B aja gitu) aku beli oleh-oleh Malang Struddle. Dan pulangnya kita kedinginan serta teringat kalo ga ada stock baju tidur. 

Ronde Suhat dan Surabi Imut

Makan ronde hangat dulu depan RS UB yang sekarang udah jadi (soalnya dulu masih belum lengkap) dan Malang ya rasanya dingin banget. Mampir ke Blossom daerah Ijen itu lho, lha kok tutup, dan ide aku adalah beli kaos putih yang buat kaos t-shirt cowok itu haha. Aku ga ke daerah Batu sama sekali haha, padahal pengen juga makan ketan Batu nih.

Nah, besok paginya karena lumayanlah ya ke daerah CIMB Niaga dan sesuai dengan arahan maps, aku mencoba nasi Bhuk. Pas mau check out, dan perut rasanya masih ga karuan, aku mampir ke surabi imut untuk nostalgia lagi haha,karena pas malamnya kita kemalaman dan udah tutup. Rasanya masih sama dan harganya tetep murah menurutku dengan beraneka topping tapi kenapa ambience nya beda ya saat jadi masih anak kuliahan dulu.

Nasi Bhuk dan Sego Jagung

kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Ini guys, cuma ibu ini aja yang nasi Bhuk nya recomended. Dokpri)

Teman-teman familiarkah dengan nasi Bhuk ini? Jadi nasi ini katanya khas Madura, dengan kerupuknya itu dari adonan dendeng, jadi rasanya manis, dan ada empal sapi yang empuk dan bumbunya enak gurih gitu.


kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Ini dia! Nasi Bhuk, aku baru kali ini ngicip dong, tapi perutku ga bersahabat sepertinya. Dokpri)

Yang agak failed itu mungkin karena kondisi aku lagi drop juga, sambal nasi Bhuk ini pedes banget dan sesampainya aku di Kampung Warna-Warni Jodipan, mulas luar biasa plus disertai rasa mual yang tak tertahankan. Kalo mamahku pesan Sego Jagung yang jualannya juga sebelahan sama Nasi Bhuk yang seporsi dibanderol 25.000 rupiah.

Baca juga: Wisata ke Kampung Warna-Warni Jodipan


kuliner malang yang tak lekang oleh waktu
(Side situation, mamahku pesan sego jagung rek..Dokpri)
So, guys itu dia icip-icip 5 kuliner Malang yang tak lekang oleh waktu aku kali ini, karena tentu waktu mengunjungi Malang itu gabisa kalo cuma sehari dua hari, kalo maksimal sih sebulan wkwk, tapi cukup puas sih kalo 5 hari. Itu pun udah ngeliat kampus aku yang jadi bagus kece dan instagramable gitu dengan masjid dan dome yang kece. Udah gitu sampe jalan-jalan ke jalanan sepanjang kos-kosan pula. Ah tripnya seru banget deh!

1 komentar

  1. Baca ini pas lagi hujan, jadi kepingin. Beberapa kuliner dah masuk bucketlist. Semoga bisa ke Malang. Hihi ;)

    BalasHapus