Taman Bougenville: Tempat Refreshing dan Menginap Keluarga yang Privat

review villa taman bougenville bandung selatan
(Villa Taman Bougenville. Bandung Selatan. Dokpri)

Setelah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, dan terutama tempat tinggalku Jakarta-Tangerang, memasuki awal bulan Juli ini kami sekeluraga besar suami mengadakan meeting keluarga.

Taman Bougenville Ternyata Lokasi TRUST Sewaktu di PT Medion 

Membicarakan mengenai staycation, sambil melepas lelah yang tanpa kita sadari cukup mendominasi selama masa pandemi covid-19. Yes, i'm not okay with this situation, menyikapi hal itu kita bareng-bareng buat staycation di sebuah villa yang ada di Bandung aja. Lalu tercetuslah di daerah Banjaran, dekat dengan Gunung Puntang, yaitu Taman Bougenville.

Awalnya aku ga ngeh dong kalo Taman bougenville ini tuh tempat dan lokasi dimana aku saat masih bekerja di PT Medion Farma Jaya (Cimareme) ini mengadakan acara TRUST gitu di Taman Bougenville ini. Time is to fast, dan ada rasa rindu banget pas menyusuri sela-sela Taman Bougenville yang dulu aku bermain beberapa games disana sama beberapa temanku yang ternyata satu demi persatu sudah lulus juga dari Medion ini HAHAHAHAHAHA.

Jujur aja aku ga ngeh banget waktu keluarga aku ngadain meeting bareng buat nentuin mau nginep dimana, pas dikasih tau lokasi fotonya aku juga ga inget sama sekali. Secara dulu perginya bareng-bareng dan Taman Bougenville itu jadi kayak drop point doang, kita games di daerah gunung Puntangnya sih kayaknya. 

Taman Bougenville (Review): Menginap Bersama Keluarga Cukup Privat

review villa taman bougenville bandung selatan
(Potret keluarga besar Klan Darussman. Dokpri)

Kenapa aku bilang gini, mungkin masih dalam masa-masa Adaptasi Kebiasaan Baru, kami juga kemarin menggunakan mobil dan sepanjang perjalanan tidak menemukan check point atau pengecekan petugas, hanya saja saat masuk lokasi Taman bougenville, kami diperiksa suhu dan tetap menggunakan protokol kesehatan seperti masker, tidak menyentuh sembarangan objek dan juga rajin cuci tangan. 

Untuk area menginapnya alias villa Taman Bougenville ini mungkin dari pihak pemilik, kedepannya agar diberikan tulisan Villa Taman Bougenville gitu, jadi kita pengunjung ga kesasar untuk parkir di area pengunjung yang sekedar menikmati Taman Bougenville tanpa menginap (soalnya kita nyasar begini).

Baca Juga: Liburan di Jogja, Menginap di Hotel Harper Super Worth It!

Lokasinya menyenangkan, sejuk, dingin dan juga sepi! Jadi alhamdulillah kami bisa quality time, secara mertuaku ingin bareng-bareng sama anak cucunya, terutama untuk berliburan bareng, yang sempat kepending akibat ada musibah waktu di bulan Februari lalu. Kita semua happy, dan waktu sampai itu sudah menjelang sore, dan masih ada sisa-sisa tenaga buat nikmatin alam sekitar yang begitu asri.

Ada lapangan luas di dekat Villa Taman Bougenville ini, yang bisa dipakai untuk anak-anak berlari, bermain dan aku juga bermain badminton. Dan awal mulanya keponakanku yang kecil ini, Alrescha  bisa jalan karena memang sudah waktunya, ia pun jadi bisa jalan sejak di Glamping Lakeside nanti. Di Taman Bougenville ini ibarat pemanasan gitu lho.

Review Villa Taman Bougenville

review villa taman bougenville bandung selatan
(Ada kolam renang di Taman Bougenville. Dokpri)

Aku dapat cottage dengan lantai 2, jadi lantai satu itu untuk satu kamar dengan 2 tempat tidur dan satu kamar mandi privat. Lalu di samping depannya ada kamar mandi lagi sejumlah 2 beserta dispenser.

Cukup membuat kami harus naik turun sih untuk sekedar buat kopi atau seduh teh, bahkan masak popmie haha. Dan kalo pas lagi mau ke kamar mandi memang harus naik turun, tapi gapapa sih, jadi bisa lebih bersih dan ga becek aja.

Homey banget, seperti rumah kayu ala-ala gitu, dan satu ruangan dengan selasar besar langsung diisi oleh 8 tempat tidur dan meminta 2 kasur yang ada di kamar bawah untuk di bawa ke atas. Sudah ada Televisi dan juga beberapa kursi untuk duduk-duduk santai di balkon teras.

Baca Juga: Menikmati Indahnya Gunung Gede Dari Balkon di Hotel Seruni Puncak Bogor

Aku sangat menyarankan kalian kalo sedang piknik ke villa gini, mending bawa kompor portable dengan gas yang bentuknya botol kalengan gitu, dan ini mempermudah dan menghemat beberapa waktu makan seperti makan sore atau makan malam. Kalo mamah mertuaku selalu rajin bawa makanan untuk pergi-pergi, saat kemarin dibawain ayam woku dan juga ayam goreng.

Dan buat kalian yang mau masak Indomie gitu, bisa tinggal manasin aja. Satu lagi, kalo pergi bareng, supaya sudah menyediakan satu dus air mineral ukuran tanggung, untuk stock minum, walaupun ada dispenser yang biasa disediakan oleh pihak Villa, tapi ada baiknya ya buat prepare aja gitu.

Ada apa aja sih di Taman Bougenville?

review villa taman bougenville bandung selatan
(Explore Taman Bougenville. Dokpri)

Selain menginap, di Taman Bougenville ini bisa menikmati keindahan alam yang terdiri dari adanya aliran sungai yang ga begitu deras dan kita juga sempat foto-foto disini. Lalu ada beberapa taman bermain yang disediakan oleh pihak Taman Bougenville.

Jalur-jalur untuk jalan-jalan di sekitar Taman Bougenville memang di setting seperti sedang menjelajah ala-ala hutan. Dan ada beberapa cottage yang dibuat berbeda konsep, ada yang di tengah danau gitu plus ada sumur ala-ala nya yang cantik.

Lalu kita bisa menikmati kicauan burung dan binatang khas kalo kita lagi ada di semi hutan gitu. Adem deh pokoknya. Dan kami semua karena sedang dalam masa pembatasan, emang jadi strike banget ya sama protokol kesehatan, kitanya sih yang inisiasi buat terus pakai masker. Kalo aku copot lepas, mau gamau di saat sesi foto haha.

Dan keponakan aku sempat tantrum karena ingin berenang, padahal kondisinya itu dingin banget, asli, ga ngerti sih kalo nyemplung, kan airnya dingin, setau aku sih ga ada fasilitas air hangatnya. Dan ada dua jenis kolam renang. Yang satu dekat dengan cafe dan yang satu lagi dekat dengan jalan setapak buat kita explore Taman Bougenville ini.

review villa taman bougenville bandung selatan
(Jalan-jalan pagi di Taman Bougenville. Dokpri)

Untuk makanan sarapan pagi, kita diberi nasi uduk dengan ayam goreng dan juga sambal. Cukup berat sih ya buat sarapan pagi hehe, dan ini diantar, jadi kita emang ga makan di restonya. Alhamdulillah staycation kami di Villa Taman Bougenville ini cukup mengesankan dan biaya rate per malamnya itu 2.3 juta-an, kurang labih ya (karena bukan gw yang bayar haha).

Yang paling berkesan sih ada sedikit friksi yang jadi pelajaran bangetlah buat aku, jadi aku setiap travelling itu, walaupun lokasinya ga jauh-jauh banget, tapi ada aja pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil. Oya, aku lupa share, kalo sebelum sampai di Taman Bougenville ini, kami mampir ke rujak khas daerah Bandung Selatan, yang ada rasa kecombrangnya. Dan ini enak banget, seger!

Ada yang punya pengalaman sama ke Taman Bougenville atau sudah pernah menginap di Villa Taman Bougenville ini? Soalnya pas untuk 4 keluarga dan bisa menghemat budget kalo mau jalan-jalan bareng. Sekian dari aku, semoga bermanfaat ya tulisan kali ini. Soalnya sekalian pemanasan, karena lama ga cerita perjalanan travelling, nanti insya Allah akan lebih sering hehe. Jangan lupa drop komen ya!


4 komentar

  1. Asri banget. Liat kolamnya aja berasa pengen nyebur haha
    asik banget nginep bareng keluarga di villa kaya gini.

    BalasHapus
  2. Kirain tadi penuh dengan bougenvile hehe.

    Asri tempatnya ya, paling pas bersama keluarga nih

    BalasHapus
  3. asik euy tempatnya. boleh juga nih buat liburan sekeluarga. aku masih belom kemana-mana selama berbulan bulan

    BalasHapus
  4. aku suak jalan2 di sana saat nginep di rumah mertua, rumahnay dekat dengan vila

    BalasHapus