[REVIEW] Hotel Harper Mangkubumi By Aston, Staycation di Yogyakarta Yang Asyik!

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Review Hotel Harper Mangkubumi by Aston Yogyakarta. Dokpri)

Halo sobat traveller..balik lagi sama cerita gemes-gemesnya aku soal perjalanan kali ini ke Jogja. Sebagai pembuka, aku pilih masukan sekelumit pengalaman kalan-jalan keluarga besar dari suamiku ke Jogja ini di Review Hotel Harper Mangkubumi by Aston.

Alasan utamanya sih karena awalnya itu aku sempat miss dari pemesanan booking hotel, karena dari sistem pembayaran gamau terima cc card aku dengan Jenius, akhirnya berubah hotel alhamdulillah dapet hotel Herper Mangkubumi ini yang ternyata amazing enaknya.

Pengalaman Jalan-Jalan Dengan Keluarga Besar di Jogja

Jadi pengalaman ini tuh karena mamah mertuaku ingin kita semuanya sampai kakak iparku yang memiliki bayi berusia kurang dari 2 tahun bisa ikut serta. Dan udah kebayang keseruannya itu, qodarullah di pertengahan jalan, saat di Stasiun Gambir semuanya masih biasa saja artinya aman terkendali.

Namun pada daerah Purwekerto insya Allah tepatnya di jam 1 pagi hari Jum'at kakak iparku mendapatkan kabar bahwa ayahnya telah wafat. Sontak aku kaget dan berburu tiket sepagi mungkin saat kita sudah tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pada pukul 04.30 pagi.

Perjalanan kami tetap diteruskan karena tidak memungkinankan sudah booking hotel 5 kamar dan juga tiket pulang dengan pesawat nanti hari minggu siang. Kami juga berusaha untuk berbesar hati dan masih dalam keadaan berduka, karena beritanya tepat disaat kita merencanakan jalan-jalan dan sudah tiba di Yogja. Semoga almarhum diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta ketabahan..

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Shoot hotel Harper Mangkubumi by Aston dari arah jalan. Besar! Dokpri)

Setelah mengantarkan kakak iparku dan keluarganya (total 4 orang) ke Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, kami langsung kembali ke kota dan memasuki halaman hotel Herper, Kita sengaja booking satu kamar dengan check in hari kemarinnya agat pagi hari kita bisa bersih-bersih dan sekilas untuk bisa rebahan dan paket untuk 2 oarng bisa mencoba sarapan di hotel ini.

Lalu kita melakukan jalan-jalan sesuai dengan schedulle lalu sore harinya kita sampai di hotel kembali dan aku sedikit mengabadikan hotel dari arah jalanan. Yang aku suka dari hotel Harper Mangkubumi by Aston ini adalah lokasinya itu dekat banget dengan stasiun, Malioboro dan juga Tugu Yogyakarta. Namun sayang, tulisan "Harper Hotel" tertutup dengan halte bus.

Lobby Hotel

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Saat berada di Lobby Hotel Herper Mangkubumi by Aston. Dokpri)

Hotel yang beralamat di  Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232 ini memiliki lobby yang menyenangkan karena welcome drink nya berupa wedang uwuh dan juga beberapa potong bakpia jadi saat menunggu check out kita bisa duduk dengan nyamana disini. 

Udah gitu, staf-staf di Hotel Harper Mangkubumi ini semuanya ramah dan juga menawarkan bantuan jika kesulitan mengakses. Udah gitu, di bagian depan lobby tersedia sepeda sewaan gitu, kalo pagi bisa nikmatin sepedahan deh! Dan samping kirinya juga ada cofe and bread store nya, kalo ga sempet beli oleh-oleh, tinggal selangkah doang udah ada!

Lift dan juga Kamar

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Percayalah, aku pernah tuh agak bingung kalo mau sarapan harus dandan cantik dulu. Lah aku mah pake pajamas kek gini wkwk! Dokpri)

Sekarang kita menuju kamar kita! So happy karena pertama itu adalah lift nya yang ada kaca (wk! norak amat si) dan yang kedua entah kenapa aksesnya mudah buat yang first comer kayak aku ini. Jadi karena aku ada di lantai 9, karena pihak hotel memberikan kamar suite hanya untuk 2 kamar saja, aku sama suami kebagian yan type deluxe dan it's not a big deal sih!

Oya, untuk yang masih bingung tentang type kamar, singkatnya, kalo deluxe room itu adalah kamar dengan type diatasnya dari standart room dan menyajikan view yang lebih bagus. Sedangkan suite room itu, untuk type gabungan, artinya, ruangannya lebih luas dan ada seperti sofa untuk ruang tamu dan juga tempat bersantai atau meja kerja. 

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Bedroom at deluxe room on Harper Mangkubumi by Aston. Dokpri)
Nah, sekarang kita ke kamar ya! Jadi aku sekarng ga perlu risau kalo kebagian kamar dengan twin bed seperti ini. Karena sempat tuh kepikiran karena lupa request di bagian custom untuk king bed or king size. Namun, mungkin ada beberapa hotel yang beda penanganannya, sedangkan di Herper Mangkubumi ini, langsung ditawarkan untuk twin bed bisa disatukan, tinggal calling bagian service room aja. Hasilnya? Kami bisa boboan berdua dong dengan nyaman tentunya, karena ga ada rasa janggal di bagian tengahnya.

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Bagian TV dan juga meja riasnya. Dokpri)

Kalo bagian TV gini, gapapa deh sempit tapi cukup nyaman kok buat kami berdua. Dan yang aku suka itu di dekat pintu masuk dan keluar dari kamar, ada kaca-kacanya juga. Jadi ga mengandalkan di toilet atau di meja rias aja.
Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Toilet di Hotel Harper Mangkubumi by Aston. Dokpri)
Untuk toiletnya, aku juga suka banget. Walaupun minimalis, tapi efektif. Dan lengkap juga, ada hairdryer juga, trus tempat sabun dan shampo nya itu bagus lho, maksudnya proper deh. Semuanya diperhatikan dengan detail, termasuk untuk bagian sisirnya. Ini istimewa sih, karena sisirnya dari kayu dan kusuka banget hotel yang udah pendekatan ke lingkungan gini.

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Complimentary di Hotel Harper Mangkubumi. Dokpri)
Berikutnya adalah ke jajanan! Ya disini ada seduhan untuk teh dan kopi. Tapi lihatlah ada yang berbeda, yaitu disediakan bottle jar gitu (awas ini kaca ya gengs) untuk dilakukan isi ulang yang setiap lorong dari kamar itu udah ada dispenser waternya. Duh aku bahagia banget nginep di Hotel Harper Yogyakarta ini, cinta lingkungan banget!

Resto and Swimming Pool

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(untuk restonya, aku kurang suka tata letaknya jadi sempit gitu. Dokpri)
Waktunya ke restoran, namanya Rustik Resto gengs. Jadi disini itu makanannya banyak dan juga enak-enak, pas banget dilidah aku. Yang paling have a moment apa coba disini? Makan cilok, pilihan krupuknya juga banyak, ada kletikan (kalo camilan kriuk-kriuk di Jawa bilangnya kletikkan), Soto Lamongan dan Soto Bandung bahkan ada cotton candy nya lho.

Review Hotel Herper Mangkubumi by Aston Yogyakarta
(Terlalu manis gudeg nya bagi aku sih. Dokpri)

Namun, yang aku kurang sreg itu adalah penataannya itu jadi terkesan sempit, jadi misal aku habis ambil makanan trus mau balik ke meja aku, itu kayak kudu hati-hati banget, salah-salah nyenggol kaki kursi bisa jadi kesandung.

Dan untuk swimming pool nya, maafkan nih aku ga foto secara keseluruhan gitu, karena faktor lupa dan juga saat balik ke hotel inginnya itu segera rebahan aja. Tapi foto di thumbnail postingan Review Hotel Harper ini sudah cukup mendukung kan ya hihi. Jadi memang kalo udah ada 5 orang aja di dalam kolam renang ini, rasanya sesak karena memang tidak begitu luas. Yang aku suka ada kaca, jadi bisa foto ala-ala kayak underwater gitu deh. 

Segitu aja review Hotel Harper dari aku, yang saat di hotel ini kita habiskan selama 2 malam dan malam kedua kita jalan-jalan nikmatin sate-satean yang dijual di angkringan dan juga jalan kaki aja menuju Malioboro buat liat-liat daster (sambil cek ombak ala-ala buat jualan daster wkwk) sambil gandengan tangan tapinya hujan, alhasil kita naik becak deh dari hotel menuju Malioboro itu tarifnya 20K udah gabisa ditawar lagi ya guys, karena udah ada aturannya dari pihak hotel setempat gitu. Oiya, kalian ada yang pernah nginap disini? Cerita dong di kolom komentar ya!

14 komentar

  1. wah asik banget ini pastinyaa

    BalasHapus
  2. Belum pernah nginep di Harper sih kalau aku. Dulu nginepnya di Prima In Hotel Malioboro. Deket sih jalan juga bisa ke Malioboro. Lihat restonya memang agak crowded, ya, Mbak. Hehe ... But kalau ke Yogyakarta memang rasanya pengen balik lagi, ya. Ngangenin soalnya

    BalasHapus
  3. Duh hotelnya bagus nih pas banget buat liburan kluarga kita bisa nginep disana saat ke Jogja nih...rekomended bngt deh buat staycation

    BalasHapus
  4. Udah asik honeymoon menikmati kenyamanan hotel dan jalan-jalan manjah berdua kekasih yang dicari tetep belanja yak, Ndys 😁

    BalasHapus
  5. Aku pun gitu kalau sarapan di hotel (acara keluarga) pakai baju tidur, kecuali kalau kau seminar, pake dandan dulu soalnya biasanya langsung ke tempat seminar

    BalasHapus
  6. Suasana resto nya sempit ya kelihatannya. Padahal kalau dilihat dari foto lobi dan kamar kayaknya hotelnya lumayan luas.

    Belum pernah nginap di Harper. Kalau ke Jogja nginapnya pulang kampung ke Magelang soalnya.

    BalasHapus
  7. Aku dulu juga pengen nyobain nginep di Harper. Lokasinya strategis, dekat Malioboro. Semoga next ada kesempatan.

    BalasHapus
  8. Asik banget bisa nginap di tempat ini mbak, apalagi Rustik Restonya dengan berbagai makanan daerah yang nyumy. Hotel Aston ini selalu menyenangkan di mana pun ya mbak, aku 2x nginap di Aston dan senang banget dengan fasilitasnya.

    BalasHapus
  9. Asik banget yah jalan-jalan ke Jogja. Hotelnya eekomen nih. Aku malah baru tahu ada hotel ini hihihi secara udah lama banget ga ke Jogja. Dulu jaman kuliah mana mampu nginep di hotel .. ah semoga nanti liburan kapan2 bisa ajak anak dan keluarga ke situ. Aamiin

    BalasHapus
  10. Aduuuhh baca tulisan tentang Yogya ini bikin semakin pengen main ke Yogya lagii. Huhu. Semoga wabah ini segera mereda udah ada rencana tahun ini..

    BalasHapus
  11. Semoga bosa segera kesana buat jalan jalan dan bisa nginap di hotel harfer. Buat ngilangin kangen yang mendalam dengan kota jogja

    BalasHapus
  12. Belum pernah nginap di hotel Harper, tapi di Medan ada juga hotel Harper ini mba, sayangnya kalau ga salah belum ada kolam renangnya hiks

    BalasHapus
  13. Harper memang bikin baper. Melihat fasilitas jadi betah apalagi ada sepeda gratis, asiknya.

    BalasHapus
  14. aku suka hotel yang minimalis gitu
    tapi itu kids friendly gak ya? ada palygroundnya ndak? wkwk minta ditampol nih maunya banyak. maklum sekarang ke mana2 kudu ngintil anak balitanya haha

    BalasHapus