Pesta KPR BTN Anniversary - Membuat Impian “Merombak” Kamar Menjadi BOHO Styling di Acara Indonesia Properti Expo 2019 Akhirnya Terwujud

by - Februari 04, 2019

Welcome home sobat muslimah semuaaaa, kalo aku menanyakan tentang hunian atau rumah, apa yang teman-teman bisa deskripsikan? Kalo aku pribadi, rumah adalah selain tempat untuk menepiskan segala kepenatan dan hingar-bingar di luar sana, rumah merupakan tempat bisa mengenal diri sendiri secara utuh karena rumah mencirikan bagaimana karakter dari semua penghuni yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, sedari kecil aku sudah diajarkan untuk merapikan mainan yang berserakan setelah selesai bermain karena mamah begitu perfeksionis untuk soal kerapihan dan tampilan rumah ini. Dilain kesempatan aku ingin bercerita sedikit tentang sudut-sudut rumah mamah aku di Karawang nanti, stay tune ya!

Jadi bermimpi untuk memiliki hunian sendiri adalah sebuah cita-cita yang diiringi juga dengan banyak referensi tentang home design interior dalam beberapa bagian ruangan di dalam rumah nantinya. Aku juga ingin rumah yang aku tempati nanti memberikan rasa nyaman baik penghuni di dalamnya atau tamu yang nanti berkunjung. Terlebih jaman now ini sudah banyak banget design styling yang super kece-kecedan cocok kalo buat difoto lalu unggah di sosial media dengan tujuan berbagi sebuah makna hasil tangkapan gambar tersebut. Selain buat foto, menurut aku design rumah ini bertujuan untuk kenyamanan bagi pekerja freelance seperti aku ini kaaan dalam mendukung pekerjaan dalam dunia literasi dan blogging. Bisa bocor rekening, jika setiap hari mengerjakan deadline mengunjungi coffe shop untuk bisa mengalirkan sebuah tulisan hihi. Aku happy banget bisa dateng di acara Indonesia Properti Expo 2019 yang terselenggara di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC) yang sesuai kebutuhan aku untuk mencari hunian. Dan menurut aku sangat meriah dan kita free entry lho! IPEX ini akan terselenggara sebanyak 3x di bulan Februari, Juli, dan November 2019 oleh PT. Adhouse Clarion Events dengan support dari DPD REI DKI Jakarta dan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk. 

PT. Adhouse sendiri adalah penyelenggaran event terkemuka sejak tahun 1947 dalam menyediakan konektivitas dan wawasan bisnis penting  dari berbagai sektor pasar. Sehingga besar harapannya pada Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 ini dapat membantu menyediakan hunian bagi masayarakat karena investasi property yang sedang mengalami backlog (tingginya angka kebutuhan rumah yang masih belum terpenuhi).


source: HP mba Echa

Saat aku memasuki area Hall B menuju panggung talkshow Modern Minimalist Living ini, aku melakukan registrasi dengan proses submit pada PC yang telah disediakan lalu kita memasukan kertas registrasi pada kotak undian yang akan memenangkan 1 unit Daihatsu Ayla saat pameran berakhir. Pameran ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 2 Februari hingga 10 Februari 2019. Dan lokasinya super nyaman, walaupun pada acara Indonesia Properti Expo ini menampilkan 150 peserta developer dan 600 proyek property, tapi ga ada kata gerah apalagi desak-desakan. So, jangan ragu buat dateng kesini sebelum pamerannya berakhir ya kawan. Menurut aku pribadi, kebutuhan hunian ada di prioritas pertama walaupun kita sebagai anak millennials dikenal akan interest nya kepada segala hal tentang momen dan pengalaman sehingga mengesampingkan tentang hunian di masa mendatang. Akan tetapi, aku pribadi masih merasakan bahwa rumah juga pencipta semua momen dan kenangan yang banyak sarat makna, sehingga value ini masih berlaku di aku sebagai anak millennial selain aku juga memikirkan tentang travelling hehe.

(Talkshow Dekor Rumah Ala Instagram)

Selanjutnya, kita akan melakukan resgitrasi di dekat panggung Hall B dan yang seru adalah penampilan band yang menyuguhkan live music yang sedang happening ini lho. Dijamin ga bakal boring hingga acara talkshow Modern Minimalist Living nanti dimulai. Saat MC mulai opening, kita langsung disambut pada sebuah materi yang “gw tunggu-tunggu ini” dan selama berlangsungnya talkshow, aku tidak dihinggapi rasa kantuk sedikitpun, karena materi talkshow nya informatif dan aplikatif buat aku nih yang sedari lama memimpikan ingin memiliki hunian, dan kayaknya baru bisa bagian kamar dulu untuk re-design sesuai dengan selera yang aku inginkan. Pada talkshow Dekor Rumah Ala Instagram di acara Indonesia Properti Expo ini menghadirkan 2 narasumber yang super kece, yaitu kak Irma Alaydrus (@irmaalaydrus) dan kak Adelya (@adelyavk).


Langsung aja yah aku mau bahas hasil review aku dari talkshow ini, pertama mba Adelya diberikan kesempatan untuk sharing tentang dekorasi rumah yang terinspirasi dari media sosial. Nah, mba Adel ini akan menjelaskan konten-konten secara general yang bisa dijadikan referensi dalam memilih tema dekorasi ruangan, yaitu ada:
  • Minimalist
  • Japanesse
  • Boho (Bohemian)
  • Industrial
Minimalist
Minimalist ini ditandai dengan arsitektur yang terang dan pergerakan cahaya yang alami ini akan mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih. Hal dasar dari design minimalist adalah tampak unsur kesederhanaan dalam bentuk elemen yang kerap kali tanpa dekorasi.

Japanesse
Merupakan sebuah design dari perwujudan minimalist terbesar di dunia dengan ciri khas nya adalah kehangatan dan storage nya selalu tertutup sehingga terkesan sangat rapi. Orang-orang jepang terkenal dengan kerapihan dan kecanggihan yang terlihat dari dekorasi huniannya

3    Boho
Atau bohemian ini sangat unik dengan dekorasi penuh dengan kehidupan (tanmaan), budaya karena ciri khas nya bisa dengan dekorasi yang warna-warni namun tetap masuk dalam satu tone warna, dan bisa dengan warna tembok putih dengan banyaknya tanaman serta gantungan dream catcher yang menjadi kekuatan dalam dekorasi ini.

           Industrial
Trend industrial ini mengambil dari estetika yang muncul dari pabrik-pabri tua. Dekorasi ini dekat dengan sisi pria, karena didominasi oleh pengaplikasian benda seperti baja, metal dan warna-warna chrome di beberapa lis jendela.

Kak Adel sendiri memiliki hunian yang saat ini ia tempati dengan boho styling dan super kece banget, instagramable gitu lho ladies, siapa yang ga pengen punya ruangan selucu ini hihi.
Nah, kak Adel juga membagikan komposisi apa yang harus dipenuhi untuk mengambil pernak-pernik yang harus dilengkapi. Untuk minimalist dan boho styling, membutuhkan indoor plant seperti:
  • Rubber Tree
  • Fiddle Leaf
  • Palm Trees
  • Monstera
Nah kalo dari look sendiri, aku udah jatuh cinta banget sama palm tree dan monstera hihi, adakah fake flowers atau greenary yang teman-teman sukai?

  •        Penambahan Frame atau Ambalan
Ini adalah style kekinian dalam dekorasi rumah yang terlihat chic and clean, pemasangan ambalan yang tidak terlalu tinggi dan penempatan frame tanpa perlu pembolongan di setiap titik tembok (hanya pengeboran lubang untuk scrup ambalan)
  •      Pemberian Lighting
Lighting dalam design interior ini sangat mempengaruhi look dan tema yang muncul. Lighting yang paling bagus adalah pemanfaatan cahaya matahari atau bisa juga dari lampu-lampu bohlam yang disesuaikan dnegan letak ruangan
  •    Penggunaan Ladder
Aku jujur aja baru tau nih namanya ledder, sering banget berseliweran di beberapa website yang menampilkan dekorasi interior. Nah dengan ladder ini, akan memberikan look yang modern tapi tetap hangat karena bahannya dari kayu. Kak Adel menambahkan untuk kesemua inspirasi hunian ini bisa kita capai, kalo kita rajin-rajin membuka aplikasi seperti Pinterest dan menuliskan beberapa keyword disana. Lalu mencari barang-barang yang ada disekitar rumah untuk dimanfaatkan tanpa perlu membeli (jika ada).
(kak Irma ketika mempertanyakan Skandinavian itu apa)


Selanjutnya sharing dengan kak Irma dengan bahasan soal teknik fotografi dalam interior design. Pertama kali terjun di dunia fotografi ini, adalah kak Irma sudah jatuh cinta dalam dunia foto, baik dari food, coffe dan sekarang pada interior design hunian seperti ini. Yang membuat kak Irma bisa terjun dalam passion nya ini karena adanya dorongan teman yang satu frekuensi, common interest (karena memang suka dan menikmati setiap proses yang dilalui dalam menekuni fotografi) dan pendekatannya dalam dunia interior design. Kak Irma menjelaskan tentang design Skandinavian styling, dimana tone warna abu dan biru menjadi ciri khas utama dari styling ini. Selain itu, tampilannya yang mengusung kesederhanaan, minimalist (decluttering), fungsional, dan tone kedua warna tadi itu cenderung sederhana. Untuk medapatkan ide styling ini gimana, kak Irma juga menjelaskan dengan banyak melihat interaksi yang ada di sosial media, passion kita seperti apa yang menandakan karakter sehingga styling yang pas itu seperti apa, dan yang terpenting adalah sesuaikan dengan budget.

Yang terakhir kak Irma menjelaskan sedikti hal tentang teknik fotografi indoor, yang biasa dilakukan oleh para content creator dalam mengambil beberapa gambar untuk kebutuhan blog ataupun video. Nah kak Irma memberikan masukan saat pengambilan gambar itu usahakan straight lines tidak miring-miring dan memanfaatkan golden hour atas penyinaran objek yang akan kita foto. Terlebih kepada cahaya yang berada di belakang kita, bisa disiasati dengan pemberian reflector seperti cermin, sehingga bayangan akan di pantulkan pada benda terdekat selain objek foto kita, wah bisa langsung diaplikasikan lho guys.

Saat sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan menarik dan menjadi inspirasi untuk lebih kritis bagi yang sudah memiliki hunian atau masih mencari-cari hunian yang kesempatan emas ini bisa datang ke Indonesia Properti Expo dengan variasi harga yang ditawarkan. Aku aja mau balik lagi nanti sama suami buat dateng kesini, jadi perencanaan rumah kita lebih matang yang kebetulan aku sama suami memilki keyakinan untuk bisa memilki rumah.

Beberapa pertanyaan itu mengerucut kepada bagaimana caranya merenovasi rumah klasik menuju rumah modern tanpa menghilangkan unsur klasik tersebut. Mba Adel dan kak Irma memberi masukan untuk bisa pendekatan pada industrial styling, dengan penambahan beberapa item seperti baja dan pewarnaan lis kayu pada jendela bisa diganti pada warna-warna metal. Dan pertanyaan yang diwakili oleh para mom diluar sana, ketika memiliki anak yang sedang aktif-aktifnya dan ga memungkinakan untuk kita larang dirinya dalam bereksplorasi, maka kedua narasumber ini memberikan masukan seperti:
  1.    Berkan wilayah teritorial mana ruangan yang memang milik dia, hingga dia bisa bereksplorasi sesuka hati 
  2.   Dengan adanya ambalan dan pemberian frame, ini bisa menjadi solusi ketika ada indikasi anak-anak menjadi ingin meraihnya dan barang kemungkinan bisa terjatuh/pecah
  3. Membeli barang yang tidak mudah pecah

Dan pertanyaan terakhir tentang bagaiaman mendesign rumah yang ukurannya tidak besar, adalah dengan pemanfaatan item seperti meja dengan ada rodanya, sehingga kita bisa mengatur tempat penyimpanannya dan tinggal geser-geser aja. Yang berikutnya adalah mind set pikiran kita untuk mengatur barang itu vertical ke atas, seperti penggunaan tembok yang menjulang cukup tinggi, kita bisa memanfaatkan menaruh sepeda disana.

Demikianlah sharing-sharing seputar design modern living yang berguna banget buat aku, karena dengan perencanaan hunian ini, aku semakin bisa mengenali design styling mana yang mendekati karakter aku ini ketika hunian yang ditawarkan di Indonesia Properti Expo 2019 ini sangat worth it untuk dipertimbangkan. Temen-temen juga gaperlu risau ketika membawa anak, karena ada beberapa stand yang menyediakan play ground sehingga sangat kids friendly ini. Selain itu juga, ada beberapa seminar talkshow lainnya selama Indonesia Properti Expo ini berlangsung seperti, IG Photo Contest, Lomba menggambar dan mewarnai tingkat anak-anak, Opera anak dan beberapa live music yang dapat membuat pencarian hunian ini semakin membuat nyaman.

You May Also Like

27 komentar

  1. Aku juga naksir sama konsep bohemian ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lagi ng-list sambil nyicil beliin pernak-perniknya nih teh. Soalnya pengen ijo-ijo di kamar plus ada sentuhan budaya nya ala boho ini :)

      Hapus
  2. Wah tambah ilmu banget soal dekorasi rumah nih

    BalasHapus
  3. Aku ga suka sama konsep bohemian, kesannya putih semua. Lebih tertarik sama minimalis. Yang penting kamar beserta isi rumah tuh rapi, bersih,wangi dan ga berantakan lah. Semenjak ada anak aku prioritas 1 ruangan aja buat anak eksplor bermainnya.

    BalasHapus
  4. saya sudah lama bermimpi mau merombak rumah tapi belum kesampaian aja nih dananya :(

    BalasHapus
  5. Aku fokus ke foto yg ada tulisan riverdalenya haha. Btw aku sendiri lebih suka yg minimalis. Soalnya keliatan rapi dan enak diliat aja. Btw suka deh tulisannya, detail banget. 😍

    BalasHapus
  6. Seru yaa Teh acaranya bisa dapet ilmu sambil seru-seruan
    Btw, aku lebih suka dekor yang minimalis gitu tapi kayaknya yang bohemian juga menarik yaa

    BalasHapus
  7. Baru tahu bohemian jadi boho dalam konsep desain interior. Saya juga suka lihat rumah bagus yang asri serta nyaman tampilan luar dalamnya. Sayang tak bisa menyaksikan pamerannya padahal bisa jadi referensi asyik untuk yang butuh hunian baru. Mata pasti betah memandang, ya. Ah, semoga di lain kesempatan saya bisa hadir. Belum bisa da jauh.

    BalasHapus
  8. Minimalis industrial deh keknya aku sukanya. Gaya2 unfinish gitu bikin kece. Sayang padahal pengen dateng namun apa daya yah jauh

    BalasHapus
  9. Wah tambah informasI tentang kpr

    BalasHapus
  10. Keren acaranya mba.. akumah paling suka minimalist hehe
    Nanti rumahku mau ditata ala minimalist, dibikin senada warnanya hehe

    BalasHapus
  11. asyik mbak acaranya, aku anak sipil tapi paling senang kalo ngikuti tren desain karena dulu pengennya masuk arsitektur, tapi nyasar di sipil

    BalasHapus
  12. Suka banget sama boho tp apa daya suami gak suka jadi kudu minimalis aja deh yg dipilih biar tengah2 :D

    BalasHapus
  13. OMG ini pengen banget kesana karena lagi seneng otak atik rumah impian wkwk makasi sharingnya teh btw sharing foto foto contoh dekornya dong teh kalau boleh hehe

    BalasHapus
  14. Aku juga kalau punya rumah ingin ber-design bohemian warna warni biar meriah hehe

    BalasHapus
  15. Kalau suamiquw senengnya yang minimalis, aquw seneng ny nuansa hijau 😅😅

    BalasHapus
  16. kelewat nih aku pameran property btn nya hiks

    BalasHapus
  17. Berguna banget tipsnya. Aku sih demennya minimalis. Ringkes aja gitu hehe

    BalasHapus
  18. Belum ada postingan baru? :)

    BalasHapus
  19. Yang minimalis aja aku mah.. biar gak ribet ngurusnya juga

    BalasHapus
  20. kereeen , pengen sih bohemian tapi aku lebih tertarik desain dan konsep japanese tapi ga kayu semua pastinya soalnya mesti dipelitur biar ga dimakananin rayap

    BalasHapus
  21. Wah ada sesi tentang photography nya juga ya, seru banget sih ini😍

    BalasHapus
  22. bermanfaat banget ya eventnya seru deh

    BalasHapus
  23. Iihhhh pas banget... ku suka sama konsep bohemian 😍

    BalasHapus
  24. kalo mau rombak rumah, selain ide juga butuh duit banyak hahaha XD

    BalasHapus
  25. Aku dpt pgtahuan baru baca ini, klo aku suka yg minimalist aja :)

    BalasHapus