Cara Membuat Anak Bahagia Dengan Nestle Lactogrow

by - September 26, 2019


anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Anak bahagia dengan Nestle Lactogrow. Dokpri)

Cara membuat anak bahagia - Aku setuju banget sih sama perkataan, kalo anak bahagia itu berasal dari kedua orang tuanya yang bahagia juga. Gimana engga, anak itu kan mirroring bapak dan ibu nya, kalo anaknya mudah grumpy, mood nya gampang swing mulu, coba deh cek-cek sudah sejauh manakah kita membahagiakan anak-anak kita.

anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Pembukaan oleh MC yang super seru. Dokpri)
Ada banyak sekali arti dari bahagia, mulai secara harfiah dan kita mengambil definisi secara umumnya kalo bahagia itu tidak selalu serta merta dengan lonjakan ekspresi seperti tertawa, ceria, dan tersenyum saja, namun lebih dari itu.

anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Mr. Alex and all narasumber. Dokpri)
Ada kematangan mental dari anak-anak yang mengalami proses behagia dalam hidupnya karena selalu mendapatkan kasih sayang yang tercurahkan tak henti-hentinya dari orang tuanya dan juga pertanda bahwa pengembangan tingkat emosi anak memberikan kecukupan dari angka kematangan secara pendekatan psikologis, seperti yang disampaikan oleh Mr. Alex dalam kesempatannya membuka speech dalam dukung kesehatan dan kebahagiaan anak dengan pola asuh "Grow Happy" bersama Lactogrow.

Keluarga dan lingkungan yang membuat anak bahagia

anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Pramudita Sarastri (Brand Executive Nestle Lactogrow). Dokpri)

Mengajak untuk bersama-sama, para orang tua khususnya untuk merasa bahagia dalam menjalani kehidupan ini sehingga mudah ketika kehadiran anak, dapat melatih anak untuk happy sejak kecil. Hal ini yang disampaikan oleh ibu Pramudita Sarastri (Brand Executive Nestle Lactogrow) adalah pemaknaan dari sebuah rasa bahagia serta memacu agar saling memberikan inspirasi keluarga Indonesia sebagai pemegang kunci pertumbuhan optimal anak-anaknya nanti.

So, bagaimana cara membuat anak bahagia dalam tumbuh kembangnya?

1. Keterlibatan orang tua (bonding moment)

Yakin deh, kalo semua orang tua dengan anak selalu ada bonding moment yang tak bisa untuk dilupakan atau kita sangkal kalo itu tidak pernah terjadi. Karena moment kehadiran untuk bersama itu selalu ada dan pasti tercipta, bagaimana orang tua melibatkan diri untuk bersama-sama memberikan moment yang manis.

2. Stimulasi yang tepat pada tahapan usianya

Berikan stimulasi yang sesuai dengan perkembangan usianya, karena anak-anak jangan dipaksa seperti yang diinginakan oleh kedua orang tuanya, sedangkan anak-anak belum pada tahapannya untuk kesana.

3. Nutrisi yang sangat berperan penting

Pernah mengalami anak-anak yang mengalami picky eater? Nah, salah satunya adalah proses dari kesempatan emas dalam kecukupan nutrisnya di 1000 hari pertama kehamilan ini yang tidak boleh sampe absen untuk terpenuhi nutrisi yang tepat dan optimal.

Pencernaan sehat anak bahagia

anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K). Dokpri)

Membicarakan nutrisi, erat sekali kepada kesehatan saluran pencernaan anak-anak seperti arahan Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) bahwa kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal sehingga peran penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak-anaknya bergizi seimbang.

Gizi yang seimbang tadi dapat tercukupi dengan Omega 3 dan 6, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral dan ada unsur probiotik dari Lactobacillus Reuteri yang sangat baik dan bermanfaat untuk:
  • kecerdasan
  • mood anak-anak
  • kolik bayi (seperti masuk angin dan ditandai dengan tangisan luar biasa tanpa henti)
  • konstipasi
  • mempersingkat diare akut
Sedangkan konsumsi probiotiik itu bisa berasal dari yoguhrt, susu, tempe, kombucha, kefir dan kimchi.

Oleh sebab itu kesempatan emas untuk 1000 hari pertama kehamilan itu menjadi tolak ukur seorang anak akan tumbuh menjadi anak yang bahagia dan meraih sukes di masa mendatang, karena kecerdasan tidak sampai hanya di sebatas IQ saja namun bahagia adalah unsur terpenting juga dalam penentuan kecerdasan seseorang.

Sehingga inilah yang menjadi pembeda  seorang anak yang masih muda dengan orang dewasa:

1. Tidak semua usunya dalam kondisi matang

Usus matang sebelah kanan, sebaliknya yaitu yang kiri. Matang itu bentuknya rapat-rapat, tidak berikan kesempatan untuk alergen masuk ke dalam tubuh dan bentuknya lapisan mukosa tipis, bercak-bercak, ketika ada kuman, ditambah sel-sel renggang sehingga ga ada pertahanan untuk menghalau masuknya penyakit dalam tubuh.

2. Sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang secara optimal

Akibatnya kalo kuman-kuman masuk, pertahanan tubuhnya belum baik, infeksi terus-terusan, lalu sakit sehingga menyebabkan perkembangannya terhambat karena dia kehilangan kesempatan emas untuk belajar.

3. Asupan nutrisi melalui Nestle Lactogrow ini
anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Lactogrow, growth happy. Dokpri)
Merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus Reuteri, omega 3 dan 6, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang terdiri atas varian plain, vanila, madu untuk tumbuh kembang anak bahagia.

Kematangan emosi agar anak anak bahagia dan tumbuh kembangnya optimal

anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC. Dokpri)

Aku bersyukur banget bisa langsung mendengarkan apa saja materi yang diberikan oleh psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC yang mengatakan bahwa kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan praktik perilaku positif seperti selalu bersyukur. Serta kita sebagai orang tua jangan lupa untuk selalu melibatkan (envolvement) dengan anak-anak kita disaat sekarang ini, mereka sangat membutuhkan kita.

Melibatkan ini mudah sekali dalam teori, namun pada praktiknya masih banyak yang belum telaten untuk melakukannya secara konsisten tanpa perlu menemui drama-drama seperti ocehan anak-anak kita yang membicarakan hal yang disukai secara berulang-ulang, sedangkan kita sudah cukup terlalu lelah mendengarkan hal-hal itu lagi.
anak bahagia, pola asuh, nestle lactogrow
(Hasil playdough dari kelompok kami. Dokpri)

Beruntung sekali aku bisa hadir untuk mendukung kesehatan dan anak bahagia dengan Nestle Lactogrow berdasarkan kesehatan saluran cerna dan juga pola asuh yang grow happy ini. Kami juga diminta untuk bermain beberapa games tentang kepahaman akan materi yang diberikan oleh para pemateri dan juga membuat beberapa bentuk-bentuk asupan yang kaya akan nutrisi dengan Play Dough. Bagaimana moms akan tumbuh kembang anak bahagia ini? Yuk kita bareng-bareng mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan bahagia!

You May Also Like

0 komentar