Menjadi Konsumen Cerdas, Cek KLIK Sebelum Belanja Obat dan Makanan

by - September 13, 2019


menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(Masih aku liatin yang tidak CekKlik sebelum belanja obat dan makanan. Dokpri)

Konsumen Cerdas dengan Cek KLIK - Berpengalaman pernah menemukan produk makanan yang lewat dari masa kadaluwarsa, aku jadi belajar banget bahwa menjadi konsumen cerdas itu bisa diawali cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan pada display counter di sarana ritel di Indonesia.

Karena sadar ga sadar, menjadi konsumen cerdas sebelum berbelanja itu bagi aku adalah hal yang seringkali luput. Paling maksimal aja dengan cek kadaluwarsa dan sudah terdaftar lewat BPOM.

Dan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, di Avenue Of Stars Lippo Mall Kemang aku bersama teman-teman blogger lainnya sosialisasi penggunaan aplikasi BPOM  Mobile  (2D Barcode) serta apa saja yang harus diperhatikan untuk menjadi konsumen cerdas dengan cekKlik sebelum belanja obat dan makanan. 

Cek KLIK Sebelum Berbelanja

BPOM mengajak para masyarakt untuk menjadi konsumen cerdas dengan sebuah langkah yang amat sederhana namun seringkali luput, karena derasnya arus teknologi yang masuk dalam pangsa pasar sebagai perbelanjaan secara online melalui beberapa e-commerce yang memberikan kemudahan jangkauan para konsumen untuk berbelanja

Dengan peredaran obat dan makanan yang saat ini gak hanya dari dalam negeri saja, namun secara import apalagi untuk kategori kosmetik dan juga skincare, kita harus menjadi konsumen cerdas. 

Karena saat kita belanja obat dan makanan tadi bukan produk yang tidak terdaftar oleh BPOM dan menjadi layak dikonsumsi, kesehatan kita akan dipertanyakan dong? Kesehatan memang bukan segalanya namun segalanya menjadi tidak berarti jika tanpa kesehatan, iya bukan? 

Saat kita menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan adalah salah satu tanggung jawab kita untuk memastikan produk yang telah kita beli itu mempunyai standar BPOM. 

BPOM Ajak Cek KLIK Sebelum Belanja Obat dan Makanan 
menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(Ibu Penny, pak Ojak, pak Tulus dan pak Faturrahman. Dokpri)

Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan POM RI menyampaikan Supaya jadi konsumen cerdas, apalagi sekarang ini semakin berkembang menjadi kebudayaan dalam pembelian online namun tetap perhatikan kualitas sehingga terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi obat dan makanan yang aman, melalui movement Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) serta Aplikasi BPOM Mobile (2D barcode).
Bapak Ojak S. Manurung, SE, M, Kementerian Perdagangan mengatakan peran Pemerintah d bagi menjadi 3 sisi. Regulator, Eksekutor dan Fasilitator yang membuat kebijakan agar konsumen cerdas dapat terlindungi. Kegiatan ini peran pemerintah untuk memfasilitasi agar masyarakat mengetahui dalam memilih makanan dan obat memenuhi persyaratan dan izin edar. Dengan melakukan pengawasan pada pelaku usaha, otomatis pedagang tidak akan menjual produk yg tidak sesuai ketentuan dari BPOM.

Bapak Tulus Abadi, Ketua YLKI Tentang hak-hak sebagai konsumen, juga harus memegang tanggung jawab. Dalam bentuk: pra transaksi, transaksi hingga pasca transaksi sehingga proses Cek KLIK ini tidak berhenti di setelah proses transaksi namun ada di saat sebelum belanja obat dan makanan. Dan setelah transaksi itu juga ada perlakuan bahwa setelah kita  pakai sebuah produk obat atau makanan, lalu merasa dirugikan (karena tidak terdaftar BPOM atau melenceng dari KLIK ini), kita berani mengajukan pengaduan ke Badan POM (HaloBPOM 1500533 ), karena kalo diam aja, membuat potensi terjadi pada konsumen cerdas yang lain juga.

Bapak Fathurrahman, ST, APRINDO sebagai asosiasi ritel mengatakan bahwa konsumen cerdas itu banyak, karena kita rasakan pelanggan kalo kita beli atas dasar melihat label kadaluarsa saja, namun belum pada Cek KLIK ini. KLIK sendiri adalah: Kemasan, Label, Izin edar, Kadaluarsa.
Karena pembeli atau konsumen itu menarik pembeli dikarenakan ada 3 hal yaitu mata, pikiran dan rasa (manfaat)

Menggunakan Aplikasi BPOM Mobile (2D) Sebelum Belanja Obat dan Makanan  

menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(Model and source: Mardiah dan Farha konsumen cerdas sebelum belanja obat dan makanan)
Pada kesempatan ini juga, kita langsung praktik menggunakan aplikasi BPOM Mobile sebelum belanja obat dan makanan atau cek KLIK ini pada sebuah retail pusat perbelanjaan. 

menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(saat Ussy cek KLIK. Dokpri)

Senangnya bisa langsung praktik karena hadir juga publik figure, Ussy S. sebagai wakil dari masyarakat Indonesia untuk sadar akan cek KLIK ini sebelum belanja obat dan makanan karena ia juga sebagai ibu di rumah, mempunyai storage produk makanan dan juga obat-obatan yang rutin melakukan stock opname untuk make sure bahwa produk yang ada di rumah dan dikonsumsi oleh keluarganya itu terjamin kualitas dan sudah terdaftar oleh Badan POM. 

menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(Ada QR code pada produk untuk kita cek KLIK lalu scan ya sebelum belanja obat dan makanan. Source: Farha)

Caranya dalam pengecekan segala hal yang berkaitan dengan cek KLIK ini mudah banget, teman-teman hanya unduh aplikasi BPOM Mobile (2D) ini di Playstore dan juga App Store, lalu scan barcode yang ada pada setiap produk yang dijual di retail atau pusat perbelanjaan. 

menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(saat cek KLIK sebelum belanja dengan BPOM mobile aps, maka akan muncul detail seperti ini. Source: Farha)

Lalu akan muncul beberapa detail seperti nomor izin edar dan atau nomor identitas yang berlaku, nomor bacth atau kode produksi, tanggal dan tahun kadaluwarsa, dan nomor serialisasi.
  
menjadi konsumen cerdas, cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan
(Cek KLIK selesai berupa centang hijau tertanda produk sudah terverifikasi oleh BPOM. Source: Farha)
Have done! Cek KLIK selesai dengan tanda seperti ceklis hijau yang artinya produk yang akan kita belanjakan dan akan kita konsumsi atau pakai telah lulus dari verifikasi dan terdaftar oleh Badan POM. Bagaimana nih teman-teman, udah tidak ada kata tidak ya untuk ga jadi konsumen cerdas karena kita sudah terapkan cek KLIK sebelum belanja obat dan makanan dengan cara yang super mudah dan simple ini. Yuk ceritakan pengalaman teman-teman jika sudah menerapkan sebagai konsumen cerdas dengan cek KLIK sebelum berbelanja!



You May Also Like

32 komentar

  1. Seneng sih udah ada aplikasi yg bisa dibuat cek bpomnya, karena jujur aku pernah beli mimuman dan itu ketika buka bau dan rasanya rada asem padahal tanggal expirednya masil lama. Aku g ngerti itu salah yg produksi apa gimana. Padahal itu supermarket besar

    BalasHapus
  2. Asyik juga yah, kalau udah ada aplikasi buat ngecek barang yang kira beli, jadi gak was was lagi takut dapat barang yg udah kadaluarsa.

    BalasHapus
  3. Ini lah yang buat penyimpanan smartphone penuh, banyaknya inovasi-inovasi app baru yang bagus dan membantu masyarakat. wkwkk

    Kebetulan saya juga orangnya suka beli produk makanan/minuman yang lucu dan aneh (belum pernah dicoba). Jadi selain lihat logo halal saya juga bisa cek udah terdaftar bpom atau belum.

    Semangat untuk pemerintah dan bumn Indonesia!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah aplikasi KLIK ini bisa memudahkan konsumen untuk ngecek produk tanpa harus repot-repot masuk ke website BPOM ya. Semoga MUI menyusul jejak BPOM bikin aplikasi seperti ini.

    BalasHapus
  5. Indeed. Jadi konsumen kudu cerdas yaah, apalagi kalo makanan minuman yang langsung masuk ke tubuh. Wah bakal ngebantu banget nih BPOM Mobile dalam mengecek tanggal akdaluwarsa, izin edar dll

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada aplikasi ini, yang pasti ini sangat berpihak pada hak-hak konsumen ya Mba agar kita mendapatkan produk yang baik. Jangan sampai deh dapat produk kadaluarsa.

    BalasHapus
  7. Ooh gampang bgt ya untuk memastikan kelayakan produk tinggal cek KLIK jadi ga was2 deh. Kadang produk2 di supermarket juga ga terjamin benar2 barang yang berkualitas hih serem

    BalasHapus
  8. Aku gunain QR Code pas produknya pakai barcode, bisa kedetect mbak, tapi ada juga yg nggak bisa hehe. Karena produk2 obat atau makananan emang belum banyak yg pakai Qode QR ya.
    Tapi membantu banget sih kalau kataku dg aplikasi BPOM Mobile ini hehee

    BalasHapus
  9. Aku belum download. But i Will. Aplikasi kayak gini penting banget terutama buat ibu-ibu kayak saya pas belanja bulanan. Belinya rata-rata makanan semua.

    BalasHapus
  10. Cek klik ini penting banget ya mbak buat keselamatan konsumen, tapi banyak juga konsumen yang gak peduli sama pentingnya program cek klik ini. Sepertinya harus sering2 diedukasi supaya pada paham semua

    BalasHapus
  11. Otw download aplikasinya. Bermanfaat banget, yaa... Soalnya kayak obat gitu kadang masih suka ada aja yang kasih saran obat ini itu, terutama kalau obat luar gitu karena dianggapnya toh enggak masuk ke badan kita, padahal tetap penting untuk dicermati, sebagian harusnya tetap pakai resep dokter.

    BalasHapus
  12. Aku belum unduh app nya nih. Tapi bakal diunduh karna pas banget buat kebutuhan. Selama ini bingung dengan makanan kini bisa dicek dengan mudah

    BalasHapus
  13. Duh aku kalau belanja kadang suka main ambil aja. Gak liat-liat dulu expired, kandungannya, dsb. Hehehe. Sekarang enak nih ada Check Klik, bisa check gampang di handphone aja.

    BalasHapus
  14. Oke bgt ya kita skrg jd g begitu worry bgt klo mw blnja produk2 di swalayan bs cek klik sndiri

    BalasHapus
  15. Dengan begini kita bisa mengetahui dengan jelas produk mana saja yang aman untuk dikonsumsi dan digunakan ya

    BalasHapus
  16. Jadi konsumen kudu cerdas ya, bisa pilih produk apa yang layak dan aman buat dikonsumsi dengan melakukan cek klik sebelum belanja.

    BalasHapus
  17. Sekarang tuh serba dipermudah banget ya, sama nih kayak aplikasinya Cek Klik ini. Jujur sih aku sampai sekarang belum download karena biasanya aku berpatokan sama logo halal dan expired datenya.

    BalasHapus
  18. Kadang emak emak suka mikirnya cepet yak.. liat harga diskon langsung beli ngga liat liat lagi itu kapan kedaluarsanya dan apakah ada ijin edarnya apa ngga.. jadi konsumen itu emang harus cerdas ya!

    BalasHapus
  19. Wah senang nih udah bisa unduh BPOM mobile dan bisa cek KLIK dengan mudah. Sebagai konsumen cerdas, siap install di gawai nih.

    BalasHapus
  20. ih keren ya sudah ada aplikasi ini... mau kepoin dulu aah

    BalasHapus
  21. Wah nggak perlu was-was lagi saat berburu produk diskon nih. Setidaknya dengan aplikasi ini bisa membantu kita buat mengetahui kelayakan barang yan mau dibeli. Siap unduh untuk keamanan��

    BalasHapus
  22. Wah, terima kasih infonya mba. Berguna sekali... 🥰

    BalasHapus
  23. Wah bagus informasinya, selama ini saya juga kadang kurang teliti, pernah membeli barang e sampai rumah ternyata sudah kadaluarsa terpaksa masuk kranjang sampah heem

    BalasHapus
  24. alhamdulillah belum pernah sih dapat obat yg kadaluwarsa. Tp bagus juga jika ada aplikasinya, sebagai customer kita memang wajib cerdas, apalagi belanja obat.

    BalasHapus
  25. Oh, jadi, harus install aplikasi dari BPOM dulu lalu bisa cek Kemasan,label, Izin Edar,dan kaldaluwarsanya. Pernah beli makanan yang ternyata kaldaluwarsanya tinggal besoknya. Untung dicek jadi langsung dimakan setelah beli.

    BalasHapus
  26. Wah keren bgt nih BPOM ada aplikasi buat cek obat & makanan, jadi kita ga perlu galau lagi, terlebih sekarang sering dnger di berita ttg obat2an yg ga punya izin edar tapi masih digunakan masyarakat luas

    BalasHapus
  27. Wah, ada aplikasinya Mba? Asyik ya? Terima kasih Mba atas informasinya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  28. Wah aplikasi yang bermanfaat banget ini, makasih penjelasannya

    BalasHapus
  29. Baru tahu nih ada aplikasi dari BPOM jadi lebih memudahakan kita cek makanan dan obat ya

    BalasHapus
  30. Aplikasinya membantu banget nih. Harus dicoba supaya tidak ketinggalan.

    BalasHapus
  31. Wah..mau coba ah, banyak nih manfaatnya. Cuss aku unduh aplikasi BPOM Mobile (2D) ini di Playstore dan juga App Store, lalu scan barcode yang ada pada setiap produk yang dijual di retail atau pusat perbelanjaan kalau pas belanja

    BalasHapus
  32. Terima kasih infonya Mbak, sangat bermanfaat. Segera meluncur ke play store

    BalasHapus