Tips Mempersiapkan Pernikahan Tanpa Ribet Dalam Waktu 5 Bulan

by - September 09, 2019


pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(persiapan pernikahan hanya 5 bulan berakhir dengan sangat indah. Dokpri)


Halo pembaca setiaku, aku mau berbagi tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dalam waktu 5 bulan saja. Siapa nih yang udah ga sabar untuk membaca beberapa tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dari aku nih?

Sedikit berbagi pengalaman soal pernikahan, dimana seorang pengantin (yang sudah melangsungkan pernikahan) tentu mempunyai sebuah pengalaman berharga dan inginkan orang lain membaca sepenggal kisahnya atau ada beberapa tips yang bisa kita adopsi untuk pernikahan impian kita kelak.

I'm Get a BRIDZILLA! 
Son Ji Eun (Park Ha Sun)

Baca selengkapnya di artikel "Sinopsis Drama Korea Love Affairs In The Afternoon di Channel A", https://tirto.id/edFw
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, bridzilla
(mempersiapkan pernikahan akan menjadi Bridzilla. source: unsplash)

Aku pernah mengalami sebuah fase Bridzilla, yang merupakan sebuah sebutan bagi para calon pengantin wanita yang mengalami tekanan dalam mempersiapkan pernikahannya. Bukan berarti aku ini worries karena tanpa persiapan ya, justru dengan mempersiapkan pernikahan agar tidak ribet dalam waktu 5 bulan membuat aku jadi stress sendiri.

Aku benar-benar sangat mempersiapkannya namun karaktristik aku yang ingin berjalan scara perfect dan sesuai dengan apa yang didambakan kadang tidak seiring sejalan, ada saja yang bikin gemesnya.
Bagi teman-teman yang sedang mempersiapkan pernikahan tanpa ribet, aku mulai dari perjalanan aku dan suami brtemu yang tanpa disengaja, namun sudah pasti disengaja oleh Allah untuk bertemu dan pada akhirnya menjalani proses pernikahan.
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Pernikahan impian. Dokpri)

Dalam waktu singkat, di bulan pertama kita bertemu dan bulan esoknya setelah proses lamaran itu usai, kami berdua langsung merencanakan pernikahan yang tanpa kehadiran ayahku karena beliau kerja jauh.

Bayangkan dalam waktu 5 bulan, kami berdua harus mempersiapkan pernikahan yang tanggal pernikahannya pun disaat nanti papahku cuti.

It’s sound like a joke, but it’s so real and happened to me. 

Jadi aku pun sedikit merasa terbebani, terlebih suami aku berasal dari Tangerang, aku bekerja di Bandung dan rumah kedua orang tuaku di Karawang.

Tips yang akan aku bagikan ini sesuai dengan apa yang aku lakukan kemarin untuk mempersiapkan wedding day tanggal 12 Agustus 2018.

1. Budgeting Biaya Pernikahan
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, nikah on budget
(source: unsplash)

Lakukan list-list pokok yang akan kalian berdua sepakati bersama. Yang berkaitan dengan prosesi      pernikahan yang akan kalian jalani nantinya. Dan perlu diketahui, bahwa ada kesepakatan terkait pembiayaan ini bersama calon pasangan dan keluarga di kedua belah pihak ya.

Ini pun semuanya harus clear, sehingga nantinya ketika acara selesai tidak ada ungkit-ungkitan trkiat biaya ketika acara prnikahan ini slesai.
Buat daftar biaya dan anggaran untuk pernikahan, sehingga terlihat mana saja yang sebagai unsur pelengkap saja

2.   Komunikasi yang Baik

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(source: unsplash)
Maksud disini yang baik itu artinya semua hal pokok terkait dengan pernikahan disampaikan ke kedua belah pihak. Walaupun, diawal aku mempunyai mertua yang sangat pengertian yang menurut beliau jika pernikahan itu adalah hajat dari pihak perempuan, jadi bagaimana maunya dari pihak perempuan aja. Namun, tetap saja aku menginformasikan detail, jangan sampai tiba di hari H ada hard feeling karena merasa tidak diberikan info terkait hal A, B atau C.

3. Tentukan Jumlah Undangan Pernikahan Sesegera Mungkin

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, undangan murah, undangan 3 ribu, undangan pernikahan
(undangan pernikahan. Dokpri)
Jangan ditunda-tunda untuk menentukan list siapa aja yang akan diundang di hari pernikahan teman-teman. Jujur aja, banyak tamu undangan memang dari pihak orang tua, tapi ya memang sudah waktunya sih, jadi aku selow aja dan usahakan untuk terus follow up secara bertahap kepada mamahku setiap minggunya udah terkumpul berapa jumlah nama-nama yang akan diundang.

Dan kalo udah ketemu jumlahnya, pihak laki-laki akan menyesuaikan sih (ini pengalaman saat pernikahan aku kemarin). Karena dari jumlah undangan ini, akan sangat berpengaruh terhadap jumlah catering yang dipesan.
4. Lakukan Akad dan Resepsi Pernikahan Dalam 1 Hari Saja
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(source: unsplash)

 Lain ladang lain lubuk, lainnya juga ikannya
Ungkapan diatas mewakili tulisan aku ini dalam menceritakan pengalaman pernikahan untuk lakukan akad dan resepsi dalam 1 hari saja.

Aku berasal dari keluarga multi adat, yang mana papahku dari Sunda sedangkan mamahku dari Jawa Timur sedangkan suami Betawi. Aku bersyukur tidak pakem banget harus pake paes misalnya, jadi aku bebas memilih yang aku merasa sreg, sehingga siger Sunda lah yang aku pilih sebagai tema akad pernikahan aku di tanggal 12 Agustus 2018 lalu.

Keputusan Memilih Rumah atau Gedung untuk Lokasi Pernikahan
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, pernikahan di gedung
(Habis acara pernikahan di gedung, bisa langsung selonjoran. Dokpri)

Percaya apa ngga, aku sempat merasa ga sanggup untuk mengurus pernikahan ini karena aku dimana, mamahku dimana, papahku dimana, calon suamiku dimana.

Semuanya serba dimana-mana, tapi teknologi skarang udah super canggih, ga harus deh ngeluh-ngeluh kalo semuanya bisa berjalan tanpa ada ribet, asalkan komunikasi kita yang baik dan juga lancar.

Sampaikan segala ide terutama kepada orang tua seperti halnya membri opsi, jangan langsung semau-maunya kita misal mau konsep alam, pengennya ga ngundang banyak (private wedding). Sampaikanlah hal itu dengan sebaik-baiknya dan aku menemukan kunci yaitu dengan cara ngobrol duduk bareng, karena kita dengan orang tua itu berbeda generasi, pasti ada ide-ide terkait konsep pernikahan ini yang tidak sejalan dengan apa yang diinginkan juga sama orang tua terkait penikahan ini.

Jadi, keputusan aku untuk menikah di gedung adalah murni karena aku gabisa berbuat lebih terhadap keadaan rumahku yang berada di daerah dan cukup effort jika mengundang dari pihak keluarga suami (Tangerang) dan juga saudara papah dari Bandung. 

Walaupun papahku opsi pertama ingin banget-banget untuk mengadakan akad dan resepsi pernikahan di rumah, namun aku dan mamah memberikan poin-poin plus dan minus terkait melangsungkan pernikahan di gedung dan juga di rumah. Salah satunya adalah meminimalisir keribetan yang terjadi disaat-saat menjelang pernikahan. Terlebih papahku cuti di H-7 hari sebelum acaraku berlangsung dan pasti ga ingin dibuat ribet oleh koordinasi teknis yang menguras tenaga sebelum hari H pernikahan.

Alasan memilih pernikahan di gedung

Serta pastinya, mau ga mau ada akses jalan yang harus ditutup demi berdirinya sebuah tenda pernikahan di rumah. Yang mana rumahku terletak di pangkal gang, mau tidak mau menutup akses jalannya orang-orang untuk beraktivitas. Apalagi ada beberapa usaha di dekat rumahku, otomatis dalam H-3 sudah terpasang tenda dan menutup akses jalanan dan juga bisnis mereka selama persiapan hingga acara pernikahan berakhir.

Kebayang ga sih kalo teman-teman setelah melangsungkan resepsi pernikahan, lalu sore harinya bisa istrirahat, selonjoran tanpa perlu memikirkan rumah yang masih berantakan apalagi lantai yang licin oleh distribusi dari prasmanan catering. So, itulah salah satu alasan dari seribu alasan lainnya memilih melangsungkan pernikahan di gedung dari pada di rumah.
 
Lalu aku akan berikan step-step apa aja sih buat teman-teman dalam mempersiapkan pernikahan yang berhubungan dengan teknis. Diatas tadi aku jelaskan poin-poin yang berhubungan dengan mental, sekarang kita ke bagian teknis ya. Tarik napas dulu yaa!

1. Booking Gedung dan Dekorasi All in One

Nah berdasarkan pengalamanku, ketika mem-booking sebuah gedung, sudah ada WO (Wedding Organizer) yang akan menawarkan jasa nya. Cobalah berdiskusi dengannya terkait paket-paket pernikahan yang bisa menjadi satu dan sangat simple, sehingga tidak perlu koordinasi berlebihan karena kita menghubungi beda-beda vendor seperti dekorasi, catering, bridal and photo wedding.

Dan buat teman-teman yang berada di Bekasi nih, gaperlu bingung-bingung untuk menyiapkan pernikahan impian karena tak dipungkiri impian pernikahan anak milenial itu saat ini yang sedang hype adalah dengan tema industrial gitu. Yang mana mengambil tema rustic, serta memakai properti seperti gantungan lampu-lampu yang mamberi kesan hangat saat pernikahan berlangsung.

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Source: info bekasiweddingexhibition Loc Grand Galaxy Convention Hall)

Teman-teman bisa hadir di Bekasi Wedding Exhibition yang diadakan pada tanggal 13-15 September 2019 ini di sebuah gedung pernikahan di Bekasi yaitu Grand Galaxy Convention Hall yang sangat mudah akses perjalanannya untuk sampai di tujuan lho.  

Bekasi Wedding Exhibition ada lebih dari 60 vendor profesional se-Jabodetabek dalam memberikan penawaran terbaik sesuai kebutuhan calon pengantin di hari pernikahannya. Memiliki koleksi-koleksi terbaru, serta ide-ide pernikahan agar impian pernikahan masyarakat Bekasi ini terwujud secara nyata.

Kenapa Harus ke Bekasi Wedding Exhibition?


pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Source: info bekasiweddingexhibition Loc Grand Galaxy Convention Hall)

Buat para calon pengantin, melangsungkan pernikahan tanpa ribet sudah pasti ingin yang on budget namun bisa dikenang dengan indah semua momen-momen pernikahan kita. Oleh sebab itu kehadiran para calon pengantin di Bekasi Wedding Exhibition yang dilaksanakan di Grand Galaxy Convention Hall sekaligus memberikan gambaran buat teman-teman yang akan melangsungkan pernikahan di gedung pernikahan di Bekasi ini.
 
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Source: info bekasiweddingexhibition Loc Grand Galaxy Convention Hall)

Grand Galaxy Convention Hall merupakan Convention Hall termewah dan terbesar di Bekasi yang mampu menampung hingga 2500 orang lho. Design arsitektur Grand Galaxy Convention Hall ini unik dan  dengan ketinggian langit-langit hingga 7 meter akan memberikan suasana elegan dan megah serta di dukung dengan sistem suara ketika pernikahan kita berada di salah satu gedung di Bekasi ini nantinya.

Hal-hal berikut ini yang menjadi pertimbangan untuk teman-teman melakukan pernikahan di Grand Galaxy Convention Hall:

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Source: info bekasiweddingexhibition Loc Grand Galaxy Convention Hall)
  1. Grand Galaxy Convention Hall memiliki ballroom mewah dengan harga terjangkau
  2. Calon pengantin mempunyai pilihan untuk mengambil paket pernikahan all in one di Grand Galaxy Convention Hal. Sehingga  dari awal persiapan hingga terlaksananya acara pernikahan akan dilakukan koordinasi oleh JEE di Grand Galaxy Convention Hall ini.
  3. Fasilitas setara dengan hotel bintang 5, Grand Galaxy Convention Hall memberikan penawaran dengan berbagai paket yang pastinya akan menyesuaikan budget para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.
  4. Grand Galaxy Convention Hall memiliki area parkir yang luas dan  berlokasi di Grand Galaxy Boulevard no.1 Bekasi (Grand Galaxy City) dengan event rutinnya Bekasi Wedding Exhibition.
  5. Kemudahan akses untuk menjangkau lokasi Grand Galaxy Convention Hall karena dekat dengan tol dalam kota, JORR, dan Becak Kayu. 
Wah, seneng banget ya sekarang udah ada pilihan melangsungkan pernikahan tanpa ribet di sedung pernikahan di Bekasi yang tentu akan disesuaikan dengan budget para calon pengantinnya. Jangan sampai ketinggalan untuk ikut serta ya di tanggal 13-15 September 2019 nanti untuk Bekasi Wedding Exhibition di Grand Galaxy Convention Hall ini karena ada kejutan berupa cashback sampai 15 Juta dan Grandprize 100 gr emas! 

2.    Pilih Catering yang Enak

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, catering pernikahan
(source: unsplash)
Makanan adalah hal yang paling kritis kedua setelah gedung. Dan menjadi sebuah tingkat kredibilitas dari pemangku hajat. Jangan sampai makanan yang disajikan tidak mengeluarkan karakter dari sang pemilik hajat, boleh saja pernikahan on budget, tapi kita harus melihat tamu-tamu yang kita undang itu, apakah sangat menghargai sebagai tamu yang sudah jauh-jauh datang dan menyempatkan untuk hadir di acara pernikahan kita ini.

3. Pesan Undangan H-3 Bulan Beserta Souvenir

Untuk undangan teman-teman please untuk mengehmat budget kalo bisa yang under 5K deh, karena ya namanya undangan kan habis kita menginformasikan akan dibuang juga pada akhirnya (walaupun ada yang dengan model kalender) tapi bisa memanfaatkan seperti aku ini hanya 3K saja.

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Souvenir pernikahan. Dokpri)

Souvenir itu jangan dipikir terlalu ribet gengs, dulu aku mikir sampe lumayan keras haha, pasalnya ingin bermanfaat gitu kan. Padahal ada yang memiliki prinsip seharusnya kita yang mendapatkan bukan pihak pengantin memberikan. Namun cukup egosentris juga sih kayak gitu. Akhirnya jalan amannya adalah aku pakai pouch yang tetap chick namun tidak menaikan budget pernikahan.

4.    Pikirkan apakah mnggunakan WO atau wedding planner
 
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Dengan kehadiran WO semuanya beres. Dokpri)
Aku memilih untuk tetap memakai WO untuk membantu mengkoordinasi semua teknis dan unpredictable yang terjadi saat pernikahan berlangsung. Karena kita sebagai pengantin dan juga keluarga ingin menikmati semuanya yang ada di hari itu. Pastinya kehadiran WO ini sangat membantu dari awal persiapan setelah menemukan vendor yang sesuai, di hari pelaksanaan hingga acara pernikahan usai.


5. Menyewa Pakaian Bridal itu Lebih Hemat Daripada Membuat Gaun Pengantin Sendiri
pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung, siger sunda, siger muslimah
(Akad pernikahan. Dokpri)
Karena menikah ingin satu kali seumur hidup, makanya aku memutuskan untuk tidak menjahit sendiri pakaian pengantin dengan alasan apa tidak sayang untuk menambah kenang-kenangan? Lebih dari cukup dengan hemat budget semuanya satu paket dari make up bridal dan juga keluarga serta pakaian dimulai dari akad hingga resepsi nanti.


6.   Photo Prawedding

pernikahan, menikah mudah, persiapan menikah dalam 5 bulan, menikah tanpa ribet, Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Wedding Exhibition, menikah di gedung, tips menikah murah di gedung
(Photo sebelum pernikahan. Dokpri)
Dalam menghemat budget, aku melakukan photo prawed ini dengan kerjasama bareng sama temen suami yang udah cakep banget di soal fotografi. Dan benar saja, hasil-hasilnya bagus semua. Dramatis gitu deh, teman-teman setuju ga?


8. Jangan Lupa untuk Urus Berkas Pernikahan ya ke KUA
Tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dalam waktu 5 bulan ini dengan memilih gedung pernikahan untuk hari bahagia sekali seumur hidup
(source: unsplash)
Saking fokusnya teman-teman sama teknis untuk keberlangsungan pernikahan nanti, jangan lupakan untuk mengurus pemberkasan yang dibutuhkan agar surat nikah terbit juga di hari pernikahan teman-teman.

9.  Usahakan untuk test food dan test make up
Tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dalam waktu 5 bulan ini dengan memilih gedung pernikahan untuk hari bahagia sekali seumur hidup
(Hasil test make up pernikahan. Dokpri)
Menurut aku test make up sebelum di hari H itu penting sih, untuk tau contour dan perias nantinya akan melukis wajah kita di hari yang special itu dengan baik karena sesuai dengan karakter wajah.


Tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dalam waktu 5 bulan ini dengan memilih gedung pernikahan untuk hari bahagia sekali seumur hidup
(test food untuk pernikahan. Dokpri)
Untuk test food juga penting, karena di momen ini kita bisa melihat menu-menu yang akan nanti kita sajikan dan bisa minta ganti juga ketika kita icip tidak sesuai untu nantinya dihidangkan.

10.    Abadikan Momen Pernikahan dengan Satu Paket dari Gedung


Tips mempersiapkan pernikahan tanpa ribet dalam waktu 5 bulan ini dengan memilih gedung pernikahan untuk hari bahagia sekali seumur hidup
(senangnya bisa mendapatkan dokumentasi yang indah di hari pernikahan. Dokpri)
Pastikan saat memilih vendor untuk dokumentasi foto pernikahan teman-teman ini secara selektif ya. Bisa dengan cek portofolio mereka lewat media sosial atau meminta lewat email.


Gimana nih teman-teman..bismillah ya mendekati hari H pernikahan akan ada ganjalan walaupun kita sudah memiliki team WO yang terbaik, gedung pernikahan sesuai rekomendasi aku juga sudah disampaikan dan juga proses koordinasi yang semuanya sudah oke. Saatnya menenangkan diri untuk menyambut hari pernikahan agar kita sebagai calon pengantin aura nya itu aur-auran (alias tumpah-tumpah) hihi.



#GrandGalaxyPark  
#MenikahMudah
#GiveawayPernikahan
#BekasiWeddingExhibition
#GrandGalaxyConventionHall
#Bantunikahan


 

You May Also Like

2 komentar

  1. Ngurusin pernikahan itu memang ribet tapi seru, kalau nikah di gedung emang harus booking jauh-jauh hari sebelumnya..dan dulu aku nyiapin semuanya hanya dalam waktu sebulan aja..

    BalasHapus
  2. Astaga, ternyata hari ini hari terakhir. Semoga tahun depan ada lagi ya mbak

    BalasHapus