Wisata Goa Pindul dan Goa Tanding: Menelusuri Keindahan Stalakmit Stalaktit

goa-pindul-jogja
(Baru sadar kalo gw nyeker guys wkwk at Goa Tanding. Dokpri)



Ini adalah pengalaman aku ke Jogja waktu sebelum covid itu datang alias tahun 2019 awal dan aku baru nulis dan lebih tepatnya menyelesaikannya di hari ini. Ngga apa-apa sih, ini sambil melatih rasa rindu untuk travelling dan juga ya, nikmatin aja waktu sempatnya untuk ngeblog. 

Tralala-Trilili Dulu

Cukup kaget juga ternyata aku di bulan Maret 2021 ini baru update satu blog, padahal konten dan materi untuk bisa aku up di blog ini tuh banyaaaaaaaaaaaaaaak banget, tapi nemu waktu buat bisa post, rename foto dan membuat draft rasanya masih kesendat-sendat haha. Yaelah aku malah jadi curhat. Yuk cuss kita bahas soal jalan-jalan aku waktu ke Goa Pindul Jogja dan ambil paket untuk Goa Tanding.


Ceritanya kami ke Goa Pindul itu pas weekdays yaitu di hari Jumat dan sehabis Jumatan, Mengambil waktu untuk travelling di jari Jumat itu cukup nanggung yah, memang sepi dan cenderung mengikuti harga weekdays, tapi ya gitu, rasanya waktu jadi cepet dan kesannya kurang cukup nikmatin suasana.

gunung-kidul-jogjakarta
(Gunkid. Dokpri)



Kebetulan, ini kali kedua aku ke Goa Pindul, karena aku sempat ke Goa Pindul ini bareng-bareng sama Siti Khodijah, Mas Gian dan juga Anas teman-temanku waktu di Medion dulu. Oh ya, ada yang kepo sama pengalaman kerja aku sebelum yang kali ini? Bisa cek-cek di sini yak!

Di Goa Pindul ini aku ngga update bayarnya berapa karena yang bayar ibu mertuaku wkwk (ceritnya trip ini disponsori oleh beliau). Dan sebelum turun, kita sempat makan soto dan nasi goreng, honestly dulu pas sama teman-temanku ini lebih recomen deh makannya pake ayam dan dibuat lesehan plus rame banyak orang jadi kesannya rame aja gitu. Ini tuh sepi dan jadi kayak kacang wkwk. Aku punya pengalaman makan Soto Kadipiro Jogja, kalian bisa membacanya dengan klik link ini, ya!

Goa Tanding

goa-tanding-jogja
(Awal-awal, di sini tuh ngga nyampe setengah jam deh. Dokpri)


So yang pertama kita datengin itu adalah Goa Tanding dan foto-foto ini disponsori oleh mas-mas fotografer yang kami sewa. Tapi tidak untuk pengambilan foto di Goa Pindulnya. Dan kalau ngga salah sih aku ambil paket B include dengan paket makan yang aku cerita sebelumnya.

Goa Tanding ditemukan oleh pak Tanding 1997 lalu diteliti oleh team Geologi dari German. Goa ini memiliki panjang 450 m dan tidak ada pintu keluarnya, artinya akses hanya disatu pintu aja dengan akses masuk dan keluarnya ya dari pintu itu aja.

goa-pindul-jogja
(kondisinya emang gelap bgt guys. Dokpri)



Jadi pengalaman aku disana saat di dalam Goa Tanding, kadar oksigen itu lumayan sedikit pengap, tapi it's okay sih. Dan keadaannya super gelap, mana kita itu masuknya di jam 2 siang sehabis hujan pula, jadi lumayan gelap lap gitu guys. Bagus sih kalo pas dair pagi sampe siang hari gitu.

goa-pindul-jogja




Dan Goa Tanding itu berkapasitas hingga 350 orang. Untuk menjadikan objek wisata kayak sekarang ini juga harus berkali-kali melakukan penelitian, termasuk kedalaman dan juga kadar oksigen.

Karena kebetulan kakak iparku ingin sampai setengahnya aja, jadi perjalanan setengahnya tidak bisa aku ceritakan sih, yang pasti kayak ada lubang cahaya gitu lagi kedua. Tadi kita sempat take picture di bawah pancuran sinar matahari itu.

Goa Pindul

Goa Pindul ini seru banget sih karena bisa pake ban pelampung sendiri-sendiri gitu dan dikawal langsung sama satu tur guide. Kita juga setiap jalur tuh akan dijelaskan tentang cerita-cerita, sampai-sampai ada stalakmit yang bentuknya seperti alat vital pria dan konon atas kepercayaan masyarakat setempat, lelaki yang memegang bentukan tersebut akan baik vitalitasnya.

Trus ada tetesan air yang dipercaya dapat membuat kulit wanita lebih awet muda. Dan ada juga proses kristalisasi stalaktitnya sehingga kayak perhiasan kerlap-kerlip. Goa Pindul sendiri terbagi jadi 3 zona gitu, zona gelap, remang dan terang. 


Aku paling suka saat di zona terang karena kita bisa turun dari ban dan berenang gitu dan boleh juga lompat atau ala-ala jump gitu. Sayangnya foto-fotonya ada di hp nya kakak iparku dan sungkan guys belum aku mintain sampe hari ini, mungkin juga udah dihapus kali yak wkwk. Tandanya harus balik lagi dan foto-foto lebih kece, tapi aku mau menimang baby jadi mengurangi pecicilannya dulu wkwk.

Makan Belalang Goreng, Gimana Rasanya?


wisata-kuliner-jogja
(wanna? Dokpri)


Sehabis itu sih kita mandi dan berbayar ya, setelahnya kita pulang ke Kota Jogja dan lebih nikmatin arena Malioboro plus aku kelewatan untuk cerita pengalaman makan belalang goreng guys. Jujur, aku type yang ngga milih-milih makan dan udah diajarin dari kecil untuk makan apapun (asal halal dan sehat) plus aku juga dulunya pindah-pindah, dari Ternate, Karawang, Nganjuk dan sekarang di Tangerang. Cukup buat aku bisa menyesuaikan beragam citra rasa kuliner nusantara. Oya, aku amaze banget sama makanan yang cukup legendaris di Jogja, dan pernah disambangi oleh pak Jokowi, secara beliau juga alumni UGM kan, pastinya SGPC Bu Wiryo ngga asing nih. Kalian mau kepo-kepo, boleh dengan baca selengkapnya di sini, ya!

wisata-kuliner-jogja
(Proses goreng si belalang. Dokpri)



Tapi untuk belalang goreng ini, aku ngga mau lagi coba wkwk. Apa mungkin karena aku merasa aneh saat bentukannya itu masuk ke mulut aku. Walaupun memang rasanya gurih tapi aku cukupkan aja untuk icip itu sekali seumur hidupku haha. So, itu lah cerita-cerita soal Goa Pindul-Goa Tanding yang akhirnya tayang jugaaa setelah mendekam selama satu tahun lebih. Kuatkan aku semoga ada waktu terus buat nulis blog, nulis pengalaman dan berbagi cerita kepada kalian!

wisata-kuliner-jogja
(bayangin rasanya plus bentuknya membaur jadi satu kompilasi di dalam mulut. Dokpri)


17 komentar

  1. Tos dulu dong kita kak..
    Samaan soalnya, banyak materi tapi terlalu mager untuk merangkainya jadi tulisan yang layak publis..wkwk

    Btw itu belalang goreng saya penasaran banget, tapi sumpah ga bakalan berani nyobain..hhahaa

    BalasHapus
  2. Aku pas ke Jogja batal ke Goa Pindul, baca cerita ini jadi sedikit menyesal. Kayanya seru banget ya, pertanda harus balik lagi ke Jogja dan main ke Goa Pindul nih

    Aku bayangin belalang gorengnya, penasaran pengen coba tapi kayanya nggak berani

    BalasHapus
  3. wowww belalang, aku belum pernah coba, wisata jogja ini menarik2, sayang aku mau boyong anak2 ke jogja, eh keburu pandemi

    BalasHapus
  4. Mpo mikir dulu ah kalau disuruh makan belalang. Tapi kalau masuk ke goa pindul mau banget. Pengen cantik juga

    BalasHapus
  5. Mba Grandys, beneran itu kamu makan Belalang Goreng? Kriuk kriuk ya kelihatannya ehehe. Btw seru juga di Goa pindl untuk referensi liburan bareng keluarga

    BalasHapus
  6. mba aku kira ini wisata saat pandemi, hihihi seru dan menyenangkan sekali deh bisa wisata ke goa pindul sekaligus penasaran sama wisata kulinernya juga, sekarang sih ngeliatnya masih ngeri dan gak yakin bisa menelan belalang gorengnya tapi kalau lihat aslinya belum tahu deh..

    BalasHapus
  7. Waaalaaah beneran makan belalang, unik juga euy kulinernya jadi penasaran mau goa Pindul

    BalasHapus
  8. Aku pernah ke goa tapi menelusurinya pake jalan kaki. Ini harus pake perahu karet ya? Ga ada napak di tanahnya sama sekali? :D

    BalasHapus
  9. Meski halal dikonsumsi, karena belum terbiasa aja ya makan belalang, daku juga mungkin akan seperti itu haha.

    Gelap banget tapi masih bisa pepotoan, jadi dokumentasi banget nih.

    BalasHapus
  10. Mbak, kok aku geli-geli gimana ya ngebayangin makan belalang hehehe... Tapi, tempatnya keren ya. Harus direncanain ke Yogya lagi nih.

    BalasHapus
  11. Jadi salah satu keinginan ke gua pindul. Tapi belum terwujud. Nih kayaknya kalau makan belakang goreng, aku juga mundur mba. Hahaa

    BalasHapus
  12. Seru sekali.. Waktu ke Jogja dulu, aku ga sempet ke tempat ini karena bawa anak-anak dan mamaku. Semoga kesampean karena aku suka wisata yang kaya gini

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah kesini nih, masukin wishlist ah karena kayaknya seru banget ya. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir deh, pengen bebas main kesana kemari lagi, haha

    BalasHapus
  14. Duh seru bngt nih jogja bnyak bngt tenpat keceh yang harus kita datangin salah satunya gua pindul cuma kalo makan belerang goreng aku gk berani hahha

    BalasHapus
  15. duh itu belalangnya bentukannya jadi kayak kecoak. heu. kayaknya aku nggak berani makan deh kalau ditawarin

    BalasHapus
  16. mba bojomu itu lucu banget sih ya buat temen traveling. Aku berkali2 ke Jogja blom ke Goa Pindul nih, kapan2 ah ngajakin pak bojo juga, btw belalang gorengnya rasanya apa mba?

    BalasHapus
  17. Ih kok seru banget iniiiiiiii.. aku belom pernah nyoba nih menyusuri gua giniiii, dalemnya goa pindul cakep banget ya ternyataaaa <3 mesti masuk ke travellist niiiihhhh..

    BalasHapus