Cobek Soloyong H. Maman Karawang - Kuliner Enak & Khas Karawang

 

cobek-soloyong-h-maman-karawang
Cobek Soloyong H. Maman Karawang Dok: Pribadi


"Kak, nanti pas papah udah pulang kita sekeluarga makan di makanan khas Karawang dan memang rame banget tempat makannya."

Begitulah percakapan aku dan mamah beberapa minggu sebelum tau kalau papah sudah bisa pulang untuk cuti beberapa hari. Alhamdulillah aku stay selama beberapa minggu di rumah Rengasdengklok dan sering kepikiran suami karena dia harus WFO terus dan aku bisa kerja dari rumah dan jadwal ke kantor sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Jadi aku bismillah aja dan suami juga yang minta aku untuk stay lama di Karawang.

Bukan Grandys jika suatu hari tidak ada cerita, hehe

Dan siang itu, sepulang dari kondangan di daerah pasar baru, kami sekeluarga (minus suamiku) kita mau makan siang di Cobek Gurame Soloyong H. Maman yang jaraknya tuh lebih dari 30menit dari rumahku yang di Rengasdengklok. Kita mengandalkan maps dan berujung nyasar, lewat jalan kecil banget cuma cukup 1 mobil doang, aku mah auto panik ya, tapi papah sih santuy banget (tapi pas cerita sih katanya tetep aja ripuuh haha).

Kita akhirnya diminta untuk muter kan, karena udah ngga bisa lewat, dan waktu puter, papah masuk ke pkarangan gerabah. Padahal awalnya aku bilang, 

"pah bentar dulu, kaka coba turun dulu kalo nyungsep mobilnya kan lebih berabe"

Eh, belum selesai ngomong gitu, papah udah gas maju aja, alhasil mobil terperosok gitu dong, ya ampun panik dan alhamdulillah ada yang ngasih pertolongan buat diaba-abain gitu. Makasih ya, Pak.

Baca Juga: Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih dan Mengingat Kebaikan Orang Lain

Perjalanan itu diwarnai oleh hijau-hijau persawahan. Karena kalau di Rengasdengklok itu masih terhampar persawahan yang banyak dari pada di kota Karawang itu sendiri yang kini udah banyak bangunan gedung dan memang sudah dirancang untuk jadi kota beneran.

Cobek Soloyong H. Maman, Lokasi Luas, Makanannya Enak & Murmer

nasi-liwet-dan-cobek-gurame-rengasdengklok
Mantul guys. Dok: Pribadi



Akhirnya perjalanan kita sampai juga di Cobek Soloyong H. Maman yang tempatnya luas, cocok banget buat ajak keluarga besar makan di sini. Nambah rame, nambah enak makannya. Yang cuka makan ala-ala pedesaan, bisa banget sih kesini.

Siang hari di Karawang tuh jangan ditanya ya, panas banget asli haha. Alhamdulillah pas sampai di lokasi, tempatnya tuh berupa saung-saung gitu. Posisinya ada bagian tengah kolam ikan (airnya warna hijau haha) trus kita ambil yang paling belakang dan dekat dengan mushola.

Masya Allah deh, pas di mushola tuh sampingnya pas banget sama sawah, jadi kayak sama aja makan di tengah sawah tapi udah ketutup beton. Dan uniknya di sini ternyata ada fasilitas kolam renang anak-anak juga, tapi aku ngga sempat melihat kayak gimana sih, karena fokus mau makan cobek.

lezatnya-cobek-soloyong
Tebak nambah nasi berapa kali? haha 


Waktu pesan makan, pasti yang kita pilih cobek dong dan ada beberapa pilihan ikan dan yang recomended sih ya gurame dan harganya ini 120 ribu ya dengan ukuran besar (ukuran kilo nya aku lupa guys). Trus ada nasi liwet untuk 3 atau 5 orang, ternyata untuk 5 orang kita kebanyakan jadi harusnya pesan 3 orang aja cukup.

Tambah sayur asem, cah kangkung, cobek jengkol dan ikan asin gabus oseng. Pesanan pun menurut aku lebih cepat sampai ya. Sampai kita semua giliran solat Dzuhur, makanan sudah siap semua. Cuss langsung icip-icip rasanya.

rekomendasi-kuliner-rengasdengklok
Ikan guramenya tuh masih fresh. 


Kalau dari cobek guramenya, cukup pas tapi entah ya kayak kurang kena aja karena mungkin ngga langsung di cobek tapi di mangkok kaca pyrex gitu, secara ini ikannya gede shaaay. Tapi dari rasa oke sih, kencur dan bumbu bawang merahnya juga melimpah.

Untuk cah kangkungnya, ini sayang banget sih karena in the end, cah kangkungnya tuh malah dibawa pulang gitu. Dan untuk nasi liwetnya sih juara ya, pas banget makan cobek gurame ditambah pakai nasi liwet kayak gini dan ngga lupa pakai sambal dadak.

Papah pesan jengkol cobek dan pas aku makan, ada beberapa jengkolnya tuh udah kayak aroma rebung wkwk. Kata papah itu jengkol tua dan tapi tetap habis juga sih. Alhamdulillah banget nikmat makan bereng keluarga kayak gini. Aku terus mau explore beberapa kuliner yang ada di Rengasdengklok atau Karawang yang asri dan alami gini ya, bukan yang resto gitu, aku mau yang suasana di tengah sawah kayak gini.

cobek-soloyong-haji-maman-enak-murah
Muka kekenyangan dan ini sedikit penampakan dari kolam ikan di Cobek Soloyong.


Oya untuk harga total, kita semua habis 250 ribuan ya. Cukup terjangkau sih untuk makan berempat dan adikku seperti biasa dia pasti pesan camilan gitu deh. Kalian ada yang suka makan cobek dan punya pengalaman tentang kuliner satu ini? Share di kolom komentar yuk!

1 komentar

  1. Duuuh menggiurkan bangetttt sih inii 🤤🤤😄. Aku selalu suka makanan2 yg berbau Sunda gini mba. Apalagi kalo beneran dicobek yaaa. Aromanya beda 😄. Ikan gurame termasuk ikan yg aku doyan. Krn biasanya aku milih banget kalo ikan.

    Naaah sambel yg jadi pendamping harus pedes nih. Baru makin mantep. Cah kangkungnya ngliat dari foto aja udah kliatan mantep 😄. Masih ijo seger

    BalasHapus