Menjadi Blogger Sepanjang Masa


ulang-tahun-komunitas-bloggercrony
(Sudah siap untuk Bloggerday 2022 walaupun jerawat indah di atas bibir. Dokpri)


"Kalau ada pekerjaan tetap, kamu mau ninggalin blog kamu, Ndys?"

Ada pertanyaan seperti itu saat setahun belakang aku bekerja di sebuah brand as Brand Executive dan cukup menyita waktu atau aku yang belum mahir dalam time management. Namun sudah di trial A-Z aku mungkin belum cocok dan memutuskan untuk istirahat dan take a time for my self dan sedang dalam program hamil juga.

Blog Tidak Hanya Mencurahkan Isi Hati & Pikiran

Blog aku jujur sedikit (banyak ding) terbengkalai, haha. Postingan selama tahun 2020-2021 dalam hitungan belasan. Tapi kadang aku iseng tetap menyempatkan untuk menulis di chat WhatsApp seperti lagi ngobrol sama teman. 

Cara ini beberapa kali work kalau aku benar-benar lagi turn on kesitu, ya lagi pengen nulis aja. Atau merasa blog aku kok kosong melompong gini sih. Sedih itu saat aku harus perpanjangan domain blog, dan ditengok lagi isinya hanya beberapa dan ada rasa ngga puas aja kalau ngga ada konten yang menyuarakan hati dan pikiran ini (gayaaa banget).

Mungkin kalau disadari sama beberapa teman-teman blogger, ada yang sampai japri dan tanya kabar, karena aku jarang tampak muncul di permukaan grup blogger dan beberapa komunitas. Tapi aku sebenarnya masih memantau, hanya saja aku seperti ngga ada sisa tenaga untuk eksekusi beberapa hal. 

Dan...yah, aku sebenarnya tidak akan melupakan blog sebagaimana kegiatan bercerita, menulis dan merangkai sebuah momen sudah menjadi bagian dari hidup aku. Ibarat tubuh akan bisa berjalan apabila bernyawa, tulisan ini bertindak sama seperti itu.

Seperti event tahunan Bloggercrony yang tahun ini Alhamdulillah aku bisa ikut full dari awal sampai akhir. Keseruan acaranya dengan online tidak  mengubah keintiman dan juga kedekatan para membernya.

Selain bertabur kejutan, ilmu dan hadiah, rasanya aku kangen banget sama jajaran para pengurus BCC, mulai dari Mas Satto, Mba Wawa, Mba Nisa, Mba Uci, Uni Yani, dan masih banyak yang lainnya (ada juga yang belum sempat bertemu langsung).

Bloggercrony Ultah-BloggerDay 2022

blogger-day-2022
(Keseruan Bloggerday 2022 bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia. Dokpri)


Siapa yang ngga happy, saat kegiatan membuat konten terfasilitasi oleh sebuah komunitas yang bisa saling support seperti Bloggercrony. Perkenalan aku dengan Bloggercrony ini dari Facebook dan juga dikenalkan langsung oleh salah satu teman blogger.

Senang banget waktu itu terpilih untuk ikut CSR bersama pihak Hotel Aston Simatupang, dan setelah dari itu banyak sekali kesempatan untuk bisa growth bersama Bloggercrony. Kegiatan Bloggercrony ngga hanya sebatas para Blogger berkarya melalui website blog nya masing-masing, namun ada Blogger Hangout, Blogger Care+, Bloggerpreneur dan Blogger View.


Menariknya setiap kegiatan ini selalu mengajak kita semua untuk bisa memberi support, jadi terasa hangat sekali antara member dengan kakak-kakak pengurusnya. Aku juga mengucapkan banyak terima kasih untuk semua hadiah dan doorprize yang bisa aku dapatkan dari acara ultah Bloggercrony ke-7 tahun walaupun diadakan secara virtual. Untuk Cera Production, Hotel Aston, Mangrove Jakarta, Nyipede Souvenir, Ala Gyoza, Digifood Indonesia, Laluna Kitchen, ID Cloudhost, dan Katalensaku Photoworks.

Cera Production yang support untuk acara ulang tahun Komunitas Bloggercrony ini adalah perusahaan production service, dengan premium gift set, souvenir kantor, seragam kerja dan percetakan. Telah ada lebih dari 10 tahun sehingga sudah ada di 13 kota di Indonesia dengan 350 kantor perusahaan. Menarik banget, jadi kalau ada kebutuhan untuk seminar kit kantor gitu, bisa kontak-kontak Cera Production

Bertabur Ilmu, Hadiah dan Penghargaan

Bloggercrony juga turut mengundang narasumber yang kompeten untuk bisa bantu kita semua agar sacle up dan uptodate akan semua wawasan dan ilmu yang dapat kita hubungkan melalui blog kita masing-masing.

souvenir-kit-kantor
(Happy dapet souvenir cakep dari Bloggerday 2022. Dokpri)



Untuk sesi pertama, ada kak Anwari dan Mas Tuhu dengan tema "Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa". Akhir-akhir ini sangat booming sekali istrilah dari Metaverse, dan kecanggihan dunia digital sekarang ini membuat apa yang awalnya seperti tidak mungkin, bisa jadi mungkin terjadi. Konsep Metaverse ini adalah dunia virtual yang dapat membuat seseorang berada di tempat yang ia ciptakan dan mengubah avatar atas dirinya seperti yang ia mau. Istilahnya sih seperti alter atas diri kita sendiri.

Bayangkan saja apabila metaverse ini benar adanya, dan kita dengan bebas memunculkan apa yang kita mau. Sisi yang sebenarnya dan bukan seperti yang ada di real life. Ancaman kejahatan dan risiko bully pun akan ada bahkan lebih tinggi, karena sikap dan kata-kata dilontarkan dengan begitu saja dan memang harus tetap ada aturan yang bisa mengkondisikan agar tetap tertib dan tidak menimbulkan kerugian. Kita tidak bisa menutup mata sebagai penggiat digital, dan bisa menyikap secara dewasa apabila perubahan dunia digital perlahan semakin canggih.

Sesi kedua yaitu Blogging: Organik vs Monetisasi dengan narasumber kak Matahari Timoer dan Joe Chandra. Seru banget, karena mas MT (Matahari Timoer yang merupakan nama pena dari nama blog nya) telah menulis di blog sejak tahun 2003. Mas MT menulis blog karena pure ingin menuliskan apa yang menjadi keresahan atas dirinya dan tempat menuangkan argumentasi. 

Dan waktu pun berjalan hingga mas MT dicari oleh pihak penerbit di Bandung dan membuka kesempatan lainnya dari menulis blog. Tips mas MT dalam menulis blog secara organik adalah, tulislah seperti apa yang ada di dalam hati kita dan tidak jauh-jauh dari kamus agar pengayaan diksi kita lebih banyak. 

Materi selanjutnya dari mas Joe Chandra yang aku juga sudah kenal dengan beliau karena langganan menjuarai beberapa lomba blog, sehingga ia pun tidak ragu memberikan tips agar memenangkan sebuah lomba yaitu kenali brand yang mengadakan lomba tersebut, belajar membuat infografis yang baik dan yang paling penting adalah page of view dari kita menulis sebuah tema yang sudah ditentukan.

Masuk sesi ketiga nih, yaitu "Bisa yuk! Gali Potensi jadi Pribadi Terbaikmu" oleh kak Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I,S.Psi, M.A yang seorang psikolog. Kita sama-sama ditanya soal minat dan juga bakat. Minat adalah pusat motivasi agar seseorang melakukan apa yang mereka inginkan (atas sebuah pilihan) karena sesungguhnya membangun minat lebih sulit. Paling penting dalam membangun sebuah karier dalam perjalanan hidup adalah dari mindset. Dan ada dua tipe mindset yaitu growth mindset dan fixed mindset. 

Acara ultah BCC ke-7 ini sangat meriah banget, ada juga penghargaan kepada mba Dewi Puspasari sebagai Most Wanted Blogger, yang blog nya selalu update setiap hari. Bahkan mba Dewi juga aku kepoin di akun Kompasiana sangat aktif dan memiliki beberapa blog juga. Keren banget pokoknya. 

Harapannya seperti yang aku tulis di judul bahwa apapun yang terjadi sama diriku sendiri, aku akan terus menulis, akan menjadi blogger dan tekad yang kuat untuk tidak membuat blog ini menjadi sepi akan tulisan, namun ramai oleh postingan yang datang dari pemikiran dan juga bahan diskusi satu sama lain. 

Blog juga jadi tempat memotret perjalanan hidup seseorang, karena dari tulisan menunjukkan seberapa kuat pemikirannya akan sesuatu hal. Terima kasih banyak Komunitas Bloggercrony Indonesia dan sukses selalu, insya Allah, Allah akan memberikan kemudahan untuk kita semua dalam perjalanan kebaikan.

#ScaleUpYourSkill
#7thBloggercrony

11 komentar

  1. Ngerasa banget bahwa ngeblog itu bagian diri buat yg suka nulis, serasa tempat mengeluatkan isi pikiran, baik itu berupa ide atau curhatan belaka. Selain itu, blog jg bisa jadu salah datu wadah buat bermanfaat bagi orang lain dan memberdayakan bloger itu sendiri. Pokok.y semangat nge-blog

    BalasHapus
  2. blog yg awalnya untuk healing skg berubah jadi etalase toko. huhu.. tapi tetep nulis organik kok

    BalasHapus
  3. Duh, ketabok nih. Blog aku dua tahun terakhir juga jarang update tulisan organik. Padahal ngedraft tiap minggu, tapi hanya tersimpan di laptop, nggak dipublish di blog. Kuy lah, semangat lagi ngeblognya

    BalasHapus
  4. Blogger Day dari Bloggercrony ini selalu seru dan ilmunya daging semua ya, sayangnya belum pernah bisa ikutan langsung merasakan keseruannya, semoga suatu saat bisa ikutan belajar juga secara langsung :)

    banyak banget ya pelajaran dari sini, semangat ngeblog organik lagi yuukk, bisa yukkk :D

    BalasHapus
  5. Laily Fitriani19 Maret 2022 09.00

    Happy banget kalau kita bergabubg dengan komunitas yang gelombangnya sama ya Mbak? selain dapat ilmu juga silaturrahmi.

    BalasHapus
  6. Seru banget ya acara bloggerday ini mana materinya juga daging semua. Semoga aja nanti aku juga bisa ikut acaranya.

    BalasHapus
  7. Swpakat banget deh,ini adalah yang paling menyenangkan ya menjadi seorang blogger,menulis dan bisa mwnginspirasi babyak.orang.

    BalasHapus
  8. Seperti recharge energi ngeblog, ya Mbak Grandys. Saya pun begitu.
    Tetap bertahan berada di lingkaran para blogger agar tetap punya semangat ngeblog, meski hayati dah lelah karena pekerjaan dunia nyata dan fokus ke keluarga.
    Semangat Mbak Grandys.

    BalasHapus
  9. wah keren banget pastinya acaranya ya seru banget sayangnya ga bisa ikutan, menjadi blogger sama dengan mengasah otak buat saya, karena setiap menulis selalu belajar banyak hal dan dan hal baru, semoga makin konsisten menulis blognya niy kita mba

    BalasHapus
  10. Wah, event yg diadakan Bloggercrony yg bertepatan dengan ulang tahunnya seru juga ya mbak. Mudah-mudahan tahun depan juga saya bisa ikutan di event yang serupa

    BalasHapus
  11. Menjadi blogger tidak hanya untuk mencurahkan ide dan pikiran, bisa ajang curhat dan sampai menghasilkan cuan, alhamdulillah bersyukur bisa mengenal blog

    BalasHapus