Es Oyen Pelepas Dahaga

by - September 13, 2018


Jika berkunjung ke tanah pasundan, malah familiar dengan es oyen?
Nah, es oyen ini sebenarnya adalah salah satu kudapan yang ketika aku membaca beberapa refrensi, adalah perpaduan antara es campur dengan es teler.
Sekarang, bedanya es teler sama es campur apa sih?
Jadi, singkatnya untuk es teler campuran pada umumnya adalah es serut, kelapa muda, alpukat, kolang-kaling, sirup sehingga dihasilkan lebih "nyemek" gitu karena gak ditambahkan lagi dengan air.
Sedangkan untuk es campur, dari namanya aja "campur" isinya juga campur-campur. Dari  yang sudah termasuk di es teler tadi, di tambah dengan peyeum, roti, garbis/timun suri dan penyajiannya lebih encer karena ditanbahkan dengan air gula selain sirup atau SKM.
Dan untuk es oyen ini, dilihat dari penampakannya aja lebih "nyemek" kental gitu kan serta isiannya lengkap seperti es campur. Oh iya es oyen juga mempunyai pembeda di segi warna yang ditonjolkan, yaitu berwarna merah di sekelilingnya karena di tambahkan juga es mutiara.
Es oyen ini cocok banget disantap saat siang hari sekitar jam 11-2 siang. Aku saat selesai berbelanja saat membeli kado di sebuah supermarket, semangkuk es oyem ini di bandrol dengan harga 13.000 rupiah.

Sirup dan SKM dan perpaduan dari rasa buah-buah didalemnya makin bikin tenggorokan kita segar dan julukan pelepas dahaga emang udah paling pas deh. Selamat mencoba jika mampir ke Bandung selain pelepas stress selagi jalan-jalan ya.

You May Also Like

30 komentar

  1. Seketika langsung order gofood wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep banget ya soal es Oyen ini teh udah langsung ngiler aja hehe

      Hapus
  2. Es oyen sama baso... beuuuhhh nikmat yg hqq hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ini mah hasil kolaborasi yang memantul banget teh ume

      Hapus
  3. Aduh nikmatnya apa lagi kalau misal panas panas nambab nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbaik banget dan menurutku juga sebagai mood boster gitu deh teh

      Hapus
  4. ini minuman favorit dari jaman SD. Es campurnya ngga ada yang ngalahiiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama teh, tapi dulu jaman SD aku belum ada yang jual es oyen ini, pas aku lg SMP tuh baru ketagihan banget hehe

      Hapus
  5. Kalau bahas es oyen tuh jadi inget suami, doyan banget sama es ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami aku lebih suka es podeng katanya haha

      Hapus
  6. Waduuuh teteh ngabibita atulaaah. Di sini hareudang pula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh itu paling cucok meong yaaa buat disantap :)

      Hapus
  7. es oyen salah satu jajanan yang seger apalagi kalau cuaca Bandung lagi panas.. hmmm enak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh paling jadi "obat" pelepas dahaga banget ini mah

      Hapus
  8. Es oyeeenn terfavoriiitt bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu kaaaaaak! Aku juga sama nih paling favorit :)

      Hapus
  9. Wah aku kudet nih. Blum pernah tau malah es oyen. Saatnya cari nih besok

    BalasHapus
    Balasan
    1. teh ayuuuu seriusan belum pernah icip? hayu atuh cobainnn

      Hapus
  10. Balasan
    1. terbaik memang ya minuman kayak gini teh

      Hapus
  11. Yaelah es oyen kesukaan mantan aku wkwkwk

    BalasHapus
  12. Duuhh udah lama gak makan es oyen nih kayaknya besok langsung beli hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat buat order teh Ghin, kalo bisa malah sekarang aja atuh wkwk

      Hapus
  13. es oyen tuh enak sih seger, cuma buat aku sendiri terlalu manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih tehra, kelemahannya cuma kerasa manis banget aja yah. Aku biasa mensiasati nya dengan nambahin aer hehe

      Hapus
  14. Es oyen bandung tuh enaak bangetttt ga ngerti lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang udah gabisa berkata-kata lagi ya saking endeus nya hehe

      Hapus