Tidak Bisa Move On dari 5 Jajanan Enak di Bandung

by - September 29, 2018


Aku paling gak bisa jauh dari makanan sis, iya ga? Hakikinya memang seperti itu, manusia membutuhkan asupan makanan sebagai penyambung hidupnya dalam melakukan segala aktivitas kebaikan dan kebermanfaatan.

Bagi aku yang selama 4 tahun tinggal di Bandung ini, kuliner nya sungguh membuat kangen banget saat kita berada di luar kota.

Nah, walaupun aku tinggal di wilayah Bandung Barat dan bisa di hitung jari untuk sekedar menghabiskan weekend di Bandung, aku selalu menyempatkan untuk sekedar icip-icip makanan khas Bandung yang gak boleh banget dilewatkan dan ini menjadi alasan kenapa aku susah move on dari Bandung. Ya karena secinta itu aku sama kulinernya. Versi aku berikut 5 kuliner top yang berhasil menarik hatiku!

1. Seblak

Entah mengapa, seblak selain beli di Bandung rasanya beda banget. Bahkan sekedar bikin sendiri juga, tangan orang Bandung sekeren itu ya mencipta jajajan yang bikin aku selalu rindu dan semacam ngidam parah apalagi kalau berseliweran persoalan seblak. 
Disuguhi seblak instan aja aku menolak hehe. Jadi seblak itu terdiri dari olahan berbagai macam campuran krupuk, mie dan juga isian berupa telur atau ayam. 
Dan terserah kita memilih komposisi yang seperti apa. Karena citra rasa terletak pada kuahnya yang mantap banget pokoknya. Kenapa mantap, karena rasa pedas berbaur dengan gurihnya dari cikur menjadikan jajanan enak saat kedinginan atau flu.

                                                                source pict: google.com

2. Lomie

Pengalaman aku saat berkuliner di daerah ITB, tepatnya disekitar area Masjid Salman ITB. Waktu itu CFD dan sudah lewat dari 2 tahun yang lalu aku mengkonsumsi lomie dan belum repeat order lagi sampai sekarang. Kebayang kan sekangen apa rasanya? Oleh sebab itu, salah satu pengobat rasa kangen ini, mengingat bagaimana penyajian dan citra rasa yang masih tertinggal ini. Jadi, lomie ini memang sebuah deksripsi dari mie yang berdiameter agak lebar seperti mie Aceh. Namun penyajiannya yang unik dengan sayurannya kangkung lengkap dengan pangsit ayam yang saat di gigit, langsung lumer gitu di lidah. Dan utamanya adalah kuah yang disajikan adalah dari kaldu yang diberi tepung maizena sehingga mengental. Wajib banget mencicipi hidangan satu ini terutama untuk menu cheating saat weekend hehe.


                                                              source pict: google.com

3. Rujak Bebeg 


Rujak adalah salah satu camilan penyegaran dari tekanan sehari-hari apalagi melewati waktu yang panjang untuk menyelesaikan sebuah deadline. Efeknya langsung segeran gitu, istilahnya mah cenghar mun di sunda na mah.  Nah, di Bandung banyak banget pedagang mamang-mamang yang membawa panggulan yang di dalamnya terdiri dari buah-buahan yang cenderung bertekstur keras seperti mangga, jambu, mentimun, pepaya muda, bengkoang, kedondong, dan ubi muda. Beberapa orang juga menambahkan pisang batu yang membuat ciri khas dari rujak bebeg ini terasa sedikit kesat dan makin keluar citra rasanya. Proses pembuatannya yang memang sesuai namanya, yaitu di bebeg atau di tumbuk menggunakan lesung dan alu kecil. Level kepedasannya bisa di sesuaikan oleh selera karena rujak ini di tumbuk dengan cabe rawit, garam, sedikit terasi, gula merah dan air asam (sedikit). 

                                                                     source pict: google.com

4. Batagor

Merupakan akronim dari baso tahu goreng yang mempunyai ciri khas dengan bumbu kacangnya yang berwarna kecoklatan, gurih dan juga di tambahkan kecap plus sambal. Beuh mantap pokoknya. Batagor yang paling enak dan lumayan hits di kota Bandung adalah Batagor H. Riri yang rasa ikannya bisa gurih dan tahunya enak. Aku tipe pemilih banget kalo soal tahu, kalo tahu yang bagian tengahnya center dan ga lembut, aku males aja gitu makannya dan rasanya plain menurutku.
Oiya, selain batagor goreng bumbu tadi, ada juga batagor kuah. Batagor kuah, perbedaanya pada cara penyajiannya dengan kuah kaldu bening dan ini seger banget sih kalo sudah cukup bosan dengan batagor goreng.

                                                               source pict: rahasiakoki.com


5. Lotek

Makanan yang penampakannya jika sekilas hampir mirip-mirip dengan karedok, gado-gado, pecel, dan bahkan ketoprak ini memang menjadi makanan kecintaan aku banget. Lotek enak banget dimakan bersamaan dengan nasi hangat dan tak lupa krupuk yang sedikit mengandung unsur terasi gitu dear. Cobain deh, pasti nagih hehe. Lotek ini memang berbeda dari makanan-makanan yang aku sebut di atas karena memang sekilas sama dari topping yang berupa bumbu kacang. Perbedaannya adalah pada sayuran yang memang telah direbus terlebih dahulu dan lebih lengkap dengan tauge beserta kol. Yang membuat menjadi sangat khas adalah campuran kencur didalamnya yang makin bikin kangen kalo lama ga balik ke Bandung hehe.


                                                              source pict: google.com

Jadi dear, sudahkah kalian menentukan jajanan khas Bandung ini yang sebegitunya bikin cinta dan ingin berkunjung lagi ke Bandung? So, common baca blog aku dengan seksama sambil meresapi gitu, karena ini kali pertama aku berkolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger. Tema "The top 5 thing you love about Bandung" ini aku dedikasikan agar yang belum ke Bandung bisa segera pesan tiket ke Bandung dan kalian bisa cek postingan teman aku juga Teh Puspa. Terima kasih sudah membaca, nantikan cerita-cerita asik selanjutnya ya dear.










You May Also Like

13 komentar

  1. Seblakkkkkk nyaaa bikin ngilerrr mbakkkkk

    BalasHapus
  2. aku pun tidak bisa move on dari batagor, batagor di kota lain mah beda dan aneh kadang bukan batagor tapi siomay digoreng dibilangnya batagor.
    Btw pertama kali nyobain lomie waktu jaman pacaran dulu dan aku kurang suka heheheh asa aneh kitu, mie tapi manis trus kuahnya kental gitu 😆

    BalasHapus
  3. Seblak gak bisa banget sih buat ditinggalin, apalagi sekarangmah banyak banget variannya gak cuma kerupuk aja

    BalasHapus
  4. Rujak Bebeuk sekarang susah banget dicarinya, ini salah satu makanan Favoritku jugaaa..

    BalasHapus
  5. akuuu pecinta batagor dan lotekkk. eh aku jarang nemu rujak bebeg nih dibandung. suka mangkal dimana yah

    BalasHapus
  6. Hmmm rujak bebeg bikin ngaruuuyyy.. Pernah waktu itu lagi jalan2 ke Wonosobo trus tiba2 ngidam rujak bebeg sama seblak dong

    BalasHapus
  7. Seblaaaakkk... sekarang seblak banyak macemnya yah. Enak enak

    BalasHapus
  8. Lima ini favorit aku tp gak bisa makan sering2 karena lambung sensitif. Sedih banget waktu dilarang dokter gak boleh banyak2 makan jajanan kaya gini. Hufff

    BalasHapus
  9. batagor dan lotek favoritooosss aku long last tau wkwkwk

    BalasHapus
  10. Batagorrr, seblak, lomieeee, favorittt pisannn lahh

    BalasHapus
  11. sayang banget akutu sama seblak, seminggu dua kali bikin seblak haha

    BalasHapus
  12. semuanya favorit akuuuh juga teh :" parah sih jajanan bandung ga ada matinya

    BalasHapus
  13. seblaknya bikin ngiler :9

    BalasHapus