Kisah Nyata Rumitnya Hidup Bertetangga



bertetangga, kisah nyata, kisah hidup bertetangga
(source: Paxel.com)

Assalamualaikum, halo semua dalam bahasan blog kali ini aku menampung beberapa keluh kesah dari seseibu yang baru saja mengalami jatuh bangun gitu deh sama tetangga yang 5 langka doang sama rumah beliau.

Ibu tersebut cerita kalo ia pindah dari tempat tinggal yang sekarang ini ya karena merupakan rumah miliknya yang selama kurang lebih puluhan tahun ia tinggalkan dan ceritanya mau di jual. Namun beberapa kali orang yang menawar tidak ada yang membuat sang ibu merasa sreg gitu. Aku pun bingung mau nanya-nanya lebih detail kan takut dikira super kepo. Hingga waktu berjalan dan lama kelamaan ada sebuah peristiwa yang membuat sang ibu ingin balik lagi menempati rumah tersebut dan selama di tinggali itu, ia "titipkan" kepada seseorang yang telah ia percayai.

Pengkhianatan 

Jika boleh aku simpulkan, ya memang berujung sangat-sangat menyakitkan lho. Bagaimana tidak, selama kurang lebih puluhan tahun, rumah tersebut menjadi tempat usaha dari kita sebut saja Melati yang kini malah membuka pertokoan barang X dengan membeli rumah yang aku gatau persis gimana nya, saat ibu yang cerita ke aku itu.

WHAT?? Eh tapi biasa aja sih, lagian semua berhak mendirikan tempat usaha dimanapun kan. Tapi bisa dong ada etika nya yang agak luwes, ada perkataan terima kasih telah meminjamkan rumah ini kepada kami sehingga kami bisa menyewa sebelah rumah ibu untuk keberlanjutan usaha kami berupa toko X.

Nah, disini ga ada gaes, jadi lempeng-lempeng aja dan mengatakan seantero jagat raya bahwa Melati ini ngontrak di rumah ibu. Ibu ini cerita ke aku sampai berapi-api dan aku jadi keikut emosi gengs, jadi selama puluhan tahun menitipkan rumah, alias rumah ibu ini di pakai tempat usaha namun ketika ibu mau pindah dan balik lagi, ia merasa terusir gengs...

Tidak ada iktikad baik

Sebagai tempat curhat yang mau tidak sekedar memberikan wadah sebagai luapan emosi, aku juga setuju kalo ya paling banter kita sebagai manusia ada rasa saling. Gimana caranya tepa seliro, gitu ya menurut pribahasa jawa kalo ya kita harus berbuat baik, menempatkan diri kita di sepatu orang lain ketika mengalami hal-hal yang menyesakkan dada.

Seiring berjalannya waktu, ibu tersebut lagi-lagi mengeluhkan bahwa kelakuan dari tetangga nya itu makin membuat gengges. Pasalnya rumah ibu ini dulunya merupakan warung sembako serba ada namun semenjak kepindahannya hinga ia menempati rumahnya kembali, ya sah-sah aja dong kalo dia mau bikin usaha ini hidup kembali.

Bersabar dan berdoa

Dengan sedikit wajah yang mengiba, ibu ini sampai minta review ke aku lho, apakah ada yang salah selama ini ke beberapa orang terutama ke Melati tadi hingga respon dalam kesehariannya super lebay kayak gitu?

Ya aku sih bilang gini ke ibu tersebut, bahwa ada beberapa orang hadir yang akan mewarnai hidup ibu sebagaimana cobaan datang bersamaan dengan kebahagiaan. Nah, aku keliatan sok bijak banget deh wkwk, padahal aku sedih dan ngerasain kalo punya tetangga super duper rese gitu.

Ada lagi cerita kalo, ibu habis-habisan untuk proses renovasi rumah yang habis ditinggali oleh si Melati itu kayak ga kerawat gitu lah, ya maklum tempat hunian secara gratis jadi ga ada rasa tenggang rasanya sama sekali, karena aku dikirimin foto before after setelah renovasi. Ya gue tau lah ya pasti ada perbedaan sebelum sama sesudah, tapi sebelumnya ini parah banget gengs..ya gitu lah, gw sampe speechless.

Pesan..

Ilmu yang bisa kita ambil ya sobat yang budiman, bahwa hidup bertetangga itu banyak sekali ragamnya. Suatu saat banyak bersyukur bisa diberikan tetangga yang baik dan semuanya serba terceklis oke karena ya kita berada di perantauan dan jauh dari keluarga, ada kalanya, nyebelinnya bukan main. Kayak aku rasain sendiri, ada mobil yang parkir di depan pagar rumahku, pas banget di depan pagar eh aku mau keluar jadi gabisa dong.

Gitu itu ngerugiin banget-banget  gengs..mudahnya coba kita tempatkan diri kita di sepatu orang lain, pasti akan lebih berfaedah deh sebelum ngelakuin segala sesuatunya.

25 komentar

  1. Memang benar mbak, hidup bertetangga itu adakalanya menyenangkan, namun kebanyakannya malah jadi banyak perselisihan juga ya meski bukan kita yang memulainya.

    BalasHapus
  2. Wah iya, bertetangga itu memang cobaan banget deh. Kalo lagi kesel, aku rasanya pengen hidup di Timbuktu aja deh tanpa tetangga. Menguji kesabaran dan keikhlasan banget.

    BalasHapus
  3. Aku bacanya ikut nyesek gitu ndys. Haha..
    Aku pun sering sih merasakan pahitnya bertetangga sampai rasanya ingin hidup di bulan aja. wkwk. Tapi ada juga pasti manisnya itu :')
    Good job ndys sudah nulis sharing beginian.

    BalasHapus
  4. iya ya apalagi dapat tetanggga yang hobi nyinyir itu gak enak banget

    BalasHapus
  5. Dulu waktu kecil (dan masih hidup sama ortu), hidup bertetangga banyak enaknya karena mungkin masih kecil jadi nggak begitu peduli sama tetangga yang penting ada teman sepermainan hihi tapi setelah dewasa, lebih sering hidup individual tanpa tetangga jadi nggak begitu terasa lagi enak nggak enaknya punya tetangga. Tapi kalau sampai harus punya tetangga seperti yang mba ceritakan, mungkin saya akan give up :/

    BalasHapus
  6. turut prihatin ya mbak...semoga terselesaikan masalahnya

    BalasHapus
  7. Namanya hidup bermasyarakat, kan nggak selalu lempeng lempeng lurus penuh bahagia ya Mba.

    BalasHapus
  8. Kok saya ikut kesal bacanya, tapi memang tetangga itu bermacam-macam sifatnya, semoga si Ibu tetap sabar yaa.

    BalasHapus
  9. Nah gitu kadang. Udh dibantu tapi ngga tau diri dan merasa dizolimi. Hmmm, si melati nya sepertinya netizen kelas kakap ya. Heheh

    BalasHapus
  10. Can't agree more with this post. Sejak menikah aku jauh lebih merasakan gimana hidup bertanggungjawab, harus saling terngiang Rasa endebra endebre krn tetangga adalah orang pertama YG bkl ngbntu Kita, ITU Salah satu reason ya.

    BalasHapus
  11. Sebor air aja tetangga kayak gitu Dys 😆😆. Kalau berantem juga nggak enak lama-lama ya, apalagi sering ketemu.

    BalasHapus
  12. Klo uda berumah tangga kuncinya saking menerima kekurangan Dan kelebihan pasangan InsyaAllah awet dn sll rukun aplg d dasar iman

    BalasHapus
  13. Aku juga sering dengerin cerita tentang rumah tangga dari ibuku yg selalu dapet curhatan orang lain masalah rumah tangga, rumit bangeet yaa,kl pesan ibuku jadi perempuan harus ikhlas dan kuat hihi

    BalasHapus
  14. ahahahha.... ya begitulah mbak, aku ngga punya tetangga sih sebelah kanan rumahku ruko sebelah kiri sekolahan, jadi ketemu tetangga kalau arisan komplek aja itu aja udah riweuh

    BalasHapus
  15. Saya jadi mau curhat juga. Tetangga belakang rumah suka motongin pepohonan yg tumbuh di lahan kebun kami. tapi kami sabar aja.
    Tetagga depan rumah,suka jemur pakaian dll di halaman teras kami, kami diam saja. Sampai kami ada rezeki kami pagar saja halamannya. Eh, dia bikin rumah genting dan jendela menjorok ke halaman saya. Sampai air pembuangan juga masa dibuang ke halaman saya?

    Gak tahu deh harus gimana sama tetangga kaya gitu

    BalasHapus
  16. Wah kok menyebalkan ya..

    Memang harus lebih hati lain kali ya.

    Semoga dimudahkan urusannya..

    Duh, tetangga masa gitu

    BalasHapus
  17. Astagfirullah gemes aku liat ibu ibu macam begitu. Gak ada niatan baik udah numpang juga masih ngeyel. Kasian banget dah.

    BalasHapus
  18. Makanya aku pernah baca, memiliki tetangga yang baik itu seperti rejeki yang harus dijaga... Sepakat juga sih...

    BalasHapus
  19. Semoga jadi pelajaran ya biar kita2 jadi tetangga yang baik dan bikin nyaman.

    BalasHapus
  20. Mobil parkir di depan pintu pagar rumah orang kirain di tempatku aja kek gitu, ternyata yak, hahah.. Tegur aja, Ndys, kasih tahu deh naek baek

    BalasHapus
  21. Ya ampun, tetangga kayak gitu TOXIC banget. Udah tau gratisan malah seenak udel banyak tingkah. Enaknya nih langsung empat mata tegur doi biar sadar plus tahu diri supaya enggak banyak bertingkah. Gemasss. Ehh, kenapa jadi gue yang nyolot yak!

    BalasHapus
  22. Hehhee emang hidup bertetangga itu ada aja dramanya mba. Kita juga tetap berusaha untuk menjadi tetangga yang baik ya mba

    BalasHapus
  23. Seiring waktu, aku jadi terbiasa dengan beraneka macem jenis tetangga. Biar adem dan asyik, sabar dan tutup telinga aja deh. :D

    BalasHapus
  24. Kalo tetangga macam2 sifatnya emang ndys, ada nih tetangga dirumah mamaku kalo ada yg beli barang apapaun pasti di gunjingin

    BalasHapus
  25. Rezeki itu emang gak hanya diuit tapi punya tetangga yang baik jg rezeki ya mbak. AKu sendiri jg kalau di lingkunganku ada yang negatif gtu rasanya gak betah. Semoag lekas kelar itu urusan ibuk2 tetangganya ya

    BalasHapus