Kursus Ngeblog Bersama ISB Course dan Ani Berta Part 1

isb-course-belajar-ngeblog
(Kursus ngeblog di ISB Course bersama teh Ani Berta. Dokpri)


Hola!

Kali ini aku akan meracunin kalian-kalian yang katanya pengen banget nulis dan juga ngeblog agar menjadi blogger yang profesional karena akupun sedang menuju ke arah sana haha.

Menjalani sebagai seorang blogger femes ini tuh dari ketidaksengajaan, bukan yang sudah terencana dengan sistematis. Berawal dari ingin mengumpulkan kenangan soal jurnal pernikahan dan juga serba-serbi nantinya kehidupan rumah tangga yang pastinya kayak roller coaster (tuh kan bener haha) lalu nyemplung dan insya Allah betah sampai hari ini.

Kenalan sama teh Ani Berta Yuk!

Kalian yang baca ini, jangan merasa minder atau yang gimana-gimana ya, jujur aku disini ingin mendokumentasikan kegiatan belajar aku sama salah seorang sosok yang inspiratif, tidak mengenal lelah untuk membagikan banyak ilmu yang bermanfaat, ialah teh Ani Berta begitu aku memanggilnya.

Beliau adalah blogger senior, blogger profesional dan penggerak woman empowerement terbukti beliau juga memiliki website wanita, Female Digest dimana kisah dan juga inspirasi dari sisi para wanita yang mampu memberikan manfaat kepada khalayak.

Baca Juga: Sharing Network Soal Conten Creator Digital Native Bersama Detikcom

Aku seneng banget ketika ngeblog dan mulai mengenal banyak komunitas, salah satu komunitas yang membuat aku jadi haus akan ilmu itu salah satunya adalah ISB (Indonesian Social Blogpreneur) yang mana memiliki visi misi dalam perkembangan skill blogger.

Dan juga untuk membersamai para teman-teman blogger bisa terus bertumbuh menjadi blogger yang professional, yang tidak hanya handling dari sisi blog saja tapi expansi hal-hal yang bisa dimaksimalkan dari seorang blogger, dan teh Ani bersedia banget membagikan semua ilmunya di ISB Course ini.

Disini aku bakal cerita kesan-pesan dan tahapan bisa belajar sama teh Ani dan juga silabus materi apa aja yang didapat selama kelas bersama teh Ani beserta rangkuman yang nanti akan menjadi beberapa part dalam blog post aku kedepannya. Untuk sekarang kita fokus di part 1 dulu ya!

Pengenalan Blog Untuk Pemula (Reminder yang sudah ngeblog)

Senangnya diberikan reminder oleh teh Ani tentang blog ini bagi aku yang baru 2 tahun ini ngeblog. Disini tuh kita diberikan pengetahuan tentang blog itu sendiri awal mulanya teh Ani ngeblog di Blog Detik (punya detikcom tapi sekarang udah tutup) dan sekarang bisa jadi blogger profesional yang tidak mengandalkan dari blog aja.

Dalam sharingnya teh Ani mengingatkan untuk mengembalikan fitrah kita ngeblog itu apa. Juga tetap menentukan jam kerja walaupun istilahnya ini freelance, sehingga semuanya terukur karena kita menjadi bos diri kita sendiri.


Teh Ani menyampaikan untuk selalu bikin acuan deadline tulisan supaya konsistensi dan juga integritas kita dalam ngeblog tetao terjaga.. Hal-hal yang perlu diperhatikan bahwa blog ini bisa menjadi sebuah warisan buat kita penulis blog.

Blog juga bisa jadi personal branding, bisa membuat koneksi pada kesempatan dan juga peluang-peluang yang baru, asalkan kita mau belajar, mau networking dan selalu isi konten-konten blog dengan blog organik.

Blog organik ini paling tidak membuat kita konsisten menjadi seorang blogger yang bisa mengutarakan gagasan dan seolah-olah menjadi A. Einsten bagi diri kita sendiri karena mampu menuangkan gagasan akan suatu hal atau issue.

Bisa ikutan ODOP di ISB untuk menunjang postingan blog organik ini, karena ada testimoni dari member ISB yang pernah ikutan ODOP ISB dengan tema-tema yang diberikan dan membuka peluang untuk dihubungi oleh client akan sebuah pekerjaan.


Blog organik itu sendiri merupakan konten dari blog yang dituliskan berdasarkan apa yang dialami oleh penulis blog dan dikolaborasikan dengan fakta-fakta tervalid dari berbagai narasumber yang terpercaya. Sehingga konten blog nya itu tetap "kaya akan isi" walaupun tagging update blog nya itu adalah konten curhatan.

Membuat Content Plan Blog dan Sosial Media

Membuat konten plan blog dan sosial media ini bisa melihat contoh dari berbagai referensi. Hal ini nantinya ada keterkaitan dengan membuat konten blog dan juga social media yang bisa terus aktif walaupun sebenarnya job desc pekerjaan sebagai blogger itu banyak.

Bank Ide

Kita juga harus memiliki bank ide dalam membuat tulisan di blog dan juga social media. Bank ide ini sebenarnya bertebaran ya dimana-mana, kata teh Ani, tinggal kita sebagai penulis apakah peka dengan momen tersebut dan bisa dijadikan sebagai bahan tulisan, atau dengan mengukuti berbagai macam talkshow sebagai pancingan dan juga bahan tulisan juga.

Blog Structure

Blogger juga harus pagam dengan blog stucture yang mana ini akan mempermudah dalam proses membuat konten blog dan mengoptimalkannya agar sampai di tangan pembaca atau publik. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah selalu berikan sentuhan personal dan juga story telling pada tulisan blog nya.

  • Setting template yang ringan dan juga loadingnya cepat
  • Optimalkan widget-widget yang ada di sidebar, karena ini berpengaruh juga pada loading page blog dan takutnya ada sisipan malware
  • Selalu berikan yang maksimal untuk halaman profile ini dengan mengisi kontak yang bisa dihubungi dan juga portfolio online terhadap hal-hal yang sudah berhasil dikerjakan
  • Pasang Favicon/Jetpack atau logo blog, ini tujuannya untuk personalisasi dan juga branding 
  • Persiapkan kolom About Me sebagai tulisan terkait achievement kita dan tidak selalu dalam dunia blog aja lho
  • Hindari penulisan typo, lihat pemakaian tanda baca, perhatikan jumlah kata (500-1200 kata), atur paragraf dan juga maksimalkan subheading pada konten blog
  • Untuk gambar, biasanya gambar aesthetic mengambil di penyedia gambar free seperti pixabay, teh Ani memberikan saran untuk kita punya foto sendiri yang mirip dengan pinterest, pixabay konsep fotonya. Misalnya, buku laptop dan secangkir kopi, bisa dijadikan koleksi pribadi
  •  Jangan segan untuk Blog Walking dan membaca artikel teman-teman. Dan BW itu juga jangan sampai sebagai kewajiban saja sehingga tidak mendapatkan intisari dari tulisan yang dikunjungi
Baca Juga: Teh Ani & Kang Maman Sharing Kiat Menjadi Conten Creator Yang Gak Cuma Modal Viral
  • Selalu maksimalkan social media sebagai media penyebaran tulisan blog kita, misalnya Twitter, Instagram, Facebook, Youtube, Podcast atau bahkan Linkedln.
  • Konsisten dengan POV yang dipakai, misal aku jangan di tengah jalan jadi saya. Atau ada tema drama korea tapi di pertengahan jalan menjadi drakor, intinya konsistensi ya.
  • Hindari pemborosan kaya, belajar lagi PUEBI dan sambil mengecek di Typo KBBI sebelum publish ke blog
  • Menulis blog itu ketika mengangkat sebuah tema, pada intinya bisa di breakdown dari 5W1H dan juga kita sudah menguasai tema, premis, dan juga judul sehingga kerangka tulisan didapatkan.
  • Selalu ingat jangan mengedit tulisan ketika sedang inproses menulis 
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami atau yang sedang populer tapi tetap mengikuti kaidah penulisan ya

Di ISB Course ini teh Ani ini sungguh dermawan untuk mewariskan ilmu-ilmunya dan semua yang akan beliau bagikan ini pure dikolaborasikan dengan pengalaman yang sudah belasan tahun ia menjadi seorang blogger yang profesional.

Penghargaan demi penghargaan telah teh Ani raih tentu tidak dalam waktu singkat dan tidak lelah untuk komitmen dan juga tanggung jawab atas apa yang dikerjakan sebagai blogger ini. Ga hanya blogger, pekerjaan yang berawal dari blogger lah yang menerbangkan teh Ani pada kesempatan-kesempatan besar.

Teh Ani membagikan outline untuk membuat konten blog agar pembuatan blog post kita ini memiliki value, walaupun sekadar curhatan tapi ada nilai lebih yang bisa diambil pelajaran dan memberikan insight kepada orang lain. Oleh sebab itu kita di kasih cara membuat Outline Menulis Blog nih!

Outline Konten Blog

Judul:  Wirausaha di era digital

Tema: Beda pengusaha dan enterpreneur

Latar belakang: Digital native dan anak-anak muda jaman sekarang ini kurang tepat mengkategorikan enterprneur dan juga wirausaha sebagai sebuah klausa yang sama.

Tujuan: Memperkuat edukasi sila enterpreneur, meluruskan pengertian, contoh kisah enterprenuer

Manfaat: Memberikan edukasi motivasi dan stimulasi kreatif akan konten beda enterpreneur dan wirausaha

Narasumber: Sebut narasumber yang terlibat dalam konten yang terkait

Konten pendukung: Infografis, foto dan juga bisa kutipan hasil wawancara atau data pendukung

Daftar pustaka

Target publish dan di platform mana.

So, itu dia belajar ngeblog dan juga menjadi blogger professional part 1 yang semoga menjadi catatan baru buat pembaca aku yang mungkin aja ada yang mulai ngeblog. Dan nantikan untuk konten dari belajar aku di ISB Course part-part selanjutnya ya!


13 komentar

  1. Saya juga ikutan kls Blog ISB kak, keren lah pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaai kita sebatch kah kak? Seru bgt ya dapet ilmu gratis dan keren dari pakarnya langsung hihi

      Hapus
  2. Bener banget teh. Aku pun baru ikutan belajar jadi banyak tau tentang blig ini.

    BalasHapus
  3. aku suka sama kalimat yang tertera di foto: jalani proses, nikmati proses konsisten..
    jarang ketemu orang yang mau menikmati prosesnya, biasanya belum-belum udah ribut susah,berat,males.
    semoga terus semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. meaningfull banget ya teh quotes nya dari Teh Ani

      Hapus
  4. Terimakasih ulasannya! Sangat membantušŸ˜Š

    BalasHapus
  5. Teh Ani emang ilmu blogger nya ga diragukan lagi ya apalagi dengan banyak prestasi yng diraihnya pas banget buat buat bikin ISB course ini. Ohh kalau bisa diperhatikan 500-1200 kata. Kalau lebih dari itu sebaiknya di jadikan 2 part kali ya biar ga kepanjangan

    BalasHapus
  6. Sangat menginspirasi mba..
    Udah 2 tahun, udah lumayan ini ilmunya...
    Saya masih pemula banget..baru 3 bulanšŸ˜€

    BalasHapus
  7. Bagus nih pembahasannya... bikin semangat karena tambah ilmu

    BalasHapus