Kebermanfaatan dari CSR One Million Trees dengan SDN Kebagusan 01 Pagi

by - Januari 28, 2019

Hai sobat narablog semuanya, pada sehatkah hari ini? Semoga kita diberikan kenikmatan berupa tubuh yang sehat karena lingkungan kita juga bebas dari toxic berupa polusi yang akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus. Aku seneng banget karena bisa mengikuti kegiatan CSR oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center bersama Blogger Crony Community (BCC) dalam sebuah program Penghijauan Lingkungan. Kegiatan CSR ini diadakan tepatnya pada tanggal 21 Januari 2019 dan mengambil tema Penghijauan Lingkungan  karena bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang berada di bulan yang sama, yaitu bulan Januari. Sehingga kegiatan CSR oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center turut mengambil porsi dalam rangka menghijaukan bumi dengan mengajak adik-adik dari SDN Kebagusan 01 Pagi, Jakarta Selatan untuk menanam pohon bersama di area kebun sekolah.

(Berfoto bersama untuk kegiatan CSR di SDN Kebagusan 01)

CSR atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah langkah yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang mempunyai tanggung jawab secara berkelanjutan kepada sebuah dampak seperti sosial, lingkungan berdasarkan aktivitas perekonomiannya secara postif.  Jadi CSR yang diadakan oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini begitu nyata karena seluruh pemangku kepentingan yang ada didalamnya ikut serta memegang andil besar dalam sukses nya kegiatan CSR bertema menanam pohon di bulan Lingkungan Hidup ini.

Sesampainya di hotel pada pukul 7.30 pagi, aku langsung memasuki area restoran hotel Aston Simatupang ini dan tak mengambil banyak waktu untuk segera menghabiskan sarapan yang telah disediakan disini, secara semua masakan yang sudah aku cicipi ini berasa banget bumbunya, pokoknya enak deh. Lalu kita dibagi menjadi 2 keberangkatan dan sesampainya di SDN Kebagusan 01 Pagi ternyata jaraknya tidak lebih dari 500 m lho guys dari hotel Aston Simatupang ini. Hal ini menjadi perhatian khusus, dimana tujuan dari diadakannya CSR ini yang menjadi sasarannya adalah lingkungan sekitar, sehingga sudah pas banget SDN Kebagusan 01 Pagi ini menjadi tempat kita kegiatan di bulan Lingkungan Hidup. Program CSR ini digunakan sebagai sarana edukasi kepada adik-adik sekolah dasar dan sebagai langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.
 
(seru banget anak-anak pada rame)
Saat mulai turun dari mobil, aku excited sama lingkungan dalam sekolahannya yang besar dan tertata rapih, tak lupa kita sudah disambut dengan 900 siswa di tengah lapangan yang tak sabar untuk mengikuti kegiatan ini hingga usai. Saat Bapak Sulamun selaku Kepala Sekolah mulai opening, memberikan beberapa pengarahan dan mengucapkan rasa terima kasiha atas terselenggaranya acara di SDN Kebagusan 01 Pagi, hujan yang bermula rintik-rintik hingga berubah menjadi hujan deras. Namun, aku bisa melihat semburat bahagia adik-adik SDN Kebagusan 01 Pagi yang mulai mencari tempat berteduh, lalu mulai duduk menyebar di beberapa lorong kelas. 

(Bapak S. Aulia menanam pohon bersama adik-adik SDN Kebagusan 01)
 
Keseruan pagi menjelang siang ini ditambah dengan hadirnya bapak S. Aulia Masjhoerdin selaku General Manager Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengatakan “Program Penghijauan lingkungan yang dilakukan oleh Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini merupakan bagian dari kepedulian dan tanggungjawab sosial perusahaan dalam menjaga lingkungan”."Harapan dari program ini adalah agar dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak untuk mengerti arti pentingnya pohon buat kita". Lanjutnya dengan penuh semangat. Setelah memberikan edukasi tentang pentingnya tumbuhan hijau terutama pohon, bapak S. Aulia memberikan 2 kuis kepada adik-adik dengan pertanyaan apakah fungsi dari ditanamnya pohon dan jawabannya ga boleh sama. Hebatnya adik-adik kita ini bisa menjawab dengan benar diantaranya sebagai paru-paru dunia, penyaring udara kotor berupa polusi dan penangkal kejadian banjir karena adanya sumber daya resapan. Bapak S. Aulia memberikan voucher menginap secara free 1 malam dan 1 voucher all you can eat untuk bisa dinikmati di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference. Sebelum memasuki acara yang sangat dinantikan ini, kami semua mendengarkan secara seksama pemaparan dari pengawas sekolah, bapak Joko Soesilo bahwa sekola-sekolah di DKI harus terjamin terawatnya, bersihnya dan hijau nya. 

(Keseruan aku dan anak-anak saat praktik menanam pohon)


Setelah itu, hadir pendongeng anak berbakat yaitu kak Maulana yang akan melakukan aksi mendongengnya dengan tema "Pohon penting buat semua" yang mengambil plot dan setting cerita seorang raksasa dan seorang anak sekolah yang akhirnya menjadi pahlawan karena berhasil menyelamatkan bibit pohon untuk ditanam. Proses mendongeng sendiri adalah sebuah media yang paling efektif mendekatkan langsung ke anak-anak karena story telling dan peragaan puppet show ini bagi anak-anak adalah sesuatu yang menarik. Aku melihat mereka sangat terhibur dan tidak ingin melewatkan satu pun aksi dari kak Maulana, keren banget dan yang terakhir adalah mengajak semua adik-adik dan juga para bapak ibu guru untuk berfoto bersama di tengah lapangan basket SDN Kebagusan 01 Pagi. Rangkaian acara terakhir adalah, kita bersama-sama mempraktikan cara menanam pohon di kebun sekolah SDN Kebagusan 01 Pagi.

Semua rangkaian kegiatan kita telah usai sekitar pukul 11 siang, maka kita menunggu pembagian menjadi 2 untuk kembali ke hotel. Dan sesampainya di hotel, kita diberikan kesempatan untuk melakukan tour hotel berbintang 4 ini di kamar   typeDeluxe dan juga Governor Suite. Hotel Aston Simatupang ini beroperasi sejak bulan Mei 2015. Memiliki 277 room yang terdiri dari type Deluxe dan juga Governor Suite

(Salah satu sudut ruang di Governer Suite)

Saat kita memasuki kamar type Deluxe ini, ada pengenalan improvement terbaru dari hotel Aston Simatupang dengan kecanggihan teknologi yaitu IoT (Internet of Thing) salah satunya adalah Sensor Gerak yang membantu mengurangi supply energi listrik dengan teknis mengendalikan power untuk AC sehingga ketika para tamu sudah tidak berada di dalam kamar, supply AC akan semakin lama berkurang hingga berada pada suhu kamar. Semakin pergerakan kita banyak dan kapasitas orang di dalamnya juga banyak, maka Sensor Gerak ini akan auto men-supply lebih lagi. Selanjutnya kamar type Governer Suite yang secara basic kamarnya sama dengan type Deluxe, yang berbeda adalah komposisi ruangannya yang lebih memiliki banyak ruang, karena terbagi menjadi beberapa bagian ruangan seperti; ruang makan, ruang tamu, ruang tidur dan juga wardrobe yang full kaca. Mewah deh gengs! Untuk kecepatan internetnya tanpa lelet lagi guys dan juga bisa dinikmati di setiap area hotel Aston Simatupang ini. Selain penawaran berupa kamar, ada 15 Ruang Rapat dan juga Ballroom yang biasanya di sewa untuk event pernikahan yang mampu menampung 700 tamu undangan.

(Ngobrol santai dengan bapak S. Aulia)


Sebelum kita selesai mengakhiri acara, kita diajak ngobrol santai oleh GM dari Aston Simatupang, bapak S. Aulia di Momiji Restaurant. Momiji Restaurant ini cozy banget kalo buat menikmati sore-sore santai dengan beberapa hidangan khas Jepang dan sambil meminum Ocha Tea. 



(swimming pool nya ciamik)

Momiji sendiri berasal dari kata daun dalam artian bahasa Jepang. Selain Momiji, terdapat juga Canary Coffee Shop yang dapat memanjakan para tamu dengan hidangan prasmanan serta minuman khas Asia dan Western. Fasilitas lainnya yang bisa langsung dinikmati oleh tamu hotel adalah Pusat Kebugaran, Spa dan kolam renang khusus dewasa dan anak-anak. 

Bapk S. Aulia melanjutkan obrolannya soal CSR yang merupakan project pertama dan beliau sangat mendukung kegiatan semacam ini dan lebih bagusnya bila ada ide-ide segar seperti adanya kompetisi dari perusahaan di bawah naungan Archipelago International ini. Archipelago International mengoperasikan portofolio terbesar di Indonesia dengan lebih dari 138 hotel dan 100 properti baru yang sedang dikembangkan di seluruh Indonesia, Malaysia, Filipina, Karibia, dan Arab Saudi. Dengan lebih dari 18.000 kamar dan 10 brand mulai dari ultra mewah hingga layanan terpilih di lebih dari 55 kota, brand termasuk Aston, Alana, Aston Heritage Collection, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Neo, favehotel dan NOMAD Hostels. Bapak S. Aulia juga menjelaskan tentang mengutamakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh para pengunjung nya sesuai dengan interest dari setiap orangnya dengan cara memastikan sumber daya yang dimiliki oleh Aston Simatupang benar-benar menerima zero complain. Hal inilah yang membuat Aston Simatupang ingin menggerakan kenyamanan yang nyata sesuai dengan apa yang dibutuhkan para tamu-tamu nya dalam setiap pelayanan saat mengunjungi Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. 

(salah satu sudut instagramable di Momiji Resto)


Demikianlah tulisan informatif yang bisa aku bagikan kepada teman-teman semua dalam kesempatan CSR Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center bersama Blogger Crony Community. Teman-teman bisa cek di webiste dan media sosailnya (IG: @astonsimatupang) disini. Semoga dengan adanya gerakan nyata suntuk mencintai lingkungan hidup, kita sebagai kaum muda akan lebih banyak ide-ide segar untuk semakin bisa lebih banyak lagi menebar kebermanfaatan demi Indonesia dan bumi tercinta kita dari kerusakan akibat tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. 

You May Also Like

14 komentar

  1. csr nya keren nih, mengikutsertakan para anak bangsa buat ikut konsen terhadap lingkungan dengan tanam pohon.

    BalasHapus
  2. Ahh seru banget bisa jadi salah satu bagian dalam acara CSR mengenai lingkungan. Seneng banget deh bisa sekalian bercengkrama sama adik2 di SD sambil melakukan penanaman pohon. Nice work

    BalasHapus
  3. Seruuuu. Acara2 csr gini emang bagus2. Tp sayang ga smua prusahaan punya divisi ini.

    BalasHapus
  4. huaaa keren banget acaranya, semoga lebih banyak perusahan lebih concern dalam penggunaan csrnya bisa menggandeng banyak komunitas sebenarnya ya teh

    BalasHapus
  5. Ini programnya keren banget loh. Semoga makin banyak perusahaan yang peduli akan lingkungan kayak gini.

    BalasHapus
  6. Keren CSR-nya. Bermanfaat jangka panjang. Gak cuma buat kita manusia, tapi juga alam. Semoga pohonnya bisa dirawat dengan naik.

    BalasHapus
  7. Seneng ya sekarang banyak perusahaan yang ngadain CSR jd aware juga buat masyarakat ttg lingkungan

    BalasHapus
  8. serunya acaranya anak anak pasti seneng pas ikutan acara ini

    BalasHapus
  9. Wahhh bacanya aja seru bangetloh teh apalagi ikut berkontribusi kegiatan csr ini ya keren, semoga semakin banyak org yg sadar dan peduli akan pentingnya merawat lingkungan ya teh

    BalasHapus
  10. Seru banget ini CSRnya selain menambah wawasan, melestarikan lingkungan juga yaa :D

    BalasHapus
  11. Wahh, kerenn nich programnya jadi ada kunjungan langsung yaa

    BalasHapus
  12. Program nya bagus ya teh. mnginspirasi pula.. bs lbh dekat dg anak2 sambil melestarikan alam

    BalasHapus
  13. CSR _ nya faham tentang penyelamatan alam . . . mendukung usaha seperti ini

    BalasHapus
  14. Keren mbak acaranya, program CSR nya juga bagus yaitu tentang lingkungan hidup..aku dukung kegiatan-kegiatan terkait lingkungan hidup ini mbak

    BalasHapus

Instagram