Pengalaman Memulai Investasi Pakai Aplikasi Investasiku

 

investasiku-platform-investasi
(Beginilah kalau rencana keuangan sudah tertata dengan baik. Semangat berinvestasi. Dokpri)


"Yang, padahal kita sama-sama kerja full time, tapi pas aku resign gini kok berasa seperti loss gitu aja sih ya"

Celetukku di suatu malam ke suami, satu bulan setelah resign dari pekerjaan di kantor sebelumnya. Aku padahal paling sensitif nih kalau disebut orang yang boros, haha. Gimana engga, aku termasuk yang cukup cermat dalam mengatur pengeluaran harian, bulanan hingga tahunan rumah tangga. Sewaktu masih single pun, aku lebih bisa mengatur keuanganku dan aku sadari sekali saat menikah, tantangan pengelolaan keuangan ini sangat menguji bagi kami berdua.

Alhamdulillah untuk pengaturan keuangan keluarga, aku dan suami sudah sepakat bahwa semua aku yang atur. Namun yang aku sadari bahwa aku salah adalah aku tidak menyiapkan slot menyisihkan uang untuk investasi, ujung-ujungnya selalu terpakai dan ini amsyong juga ternyata. Berbeda kalau sudah benar-benar diambil dan masuk ke sebuah "kantong" akan beda cerita, soalnya aku selalu berpandangan, 

"Alhamdulillah masih ada lebih gini, dan ini salahnya ngga segera dimasukkan ke kantong tersebut"

Pertama, aku orangnya cukup parnoan sama konteks FOMO orang-orang yang berbondong-bondong investasi melalui saham dll itu. Padahal kalau dipelajari pelan-pelan, ngga ada ruginya kok. 

Aku juga harus bergerak untuk mau belajar berinvestasi mulai dari hal yang paling sederhana dengan berani menyisihkan uang di awal. Mau tidak mau, kondisi dan kebutuhan rumah tangga pengeluarannya berdasarkan asas kebutuhan, bukan keinginan atau kemauan. Yang paling bikin ketawa diri sendiri adalah, aku bisa order gofood hingga ratusan ribu dalam sebulan, tapi tetap ada pengeluaran untuk beli sayuran (impiannya sih nyediain masakan di rumah) tapi belum bisa seimbang sama work life balance di kantor lama, jadi sayurannya banyak yang terbuang deh.

Intinya, apapun kondisi kita saat ini harus terbuka sekali akan sebuah investasi. Dan memang aku saat ini bukan yang meratapi nasib sih, tapi kayak masih di investasi emas aja. Dan aku sistemnya itu ngumpulin sesuai harga pembelian emas, padahal bisa menabung emas tapi belum aku coba yang ini.

Nah, aku udah harus growth lagi tentang financial planning, karena kondisi keluarga juga terus berkembang dari waktu ke waktu, aku ngga mau hanya disitu saja. 

Pola pikir yang harus kita tanamkan adalah investasi untuk jangka panjang. Karena apa? Ya kondisi kita akan mengikuti kenaikan inflasi. Gampangannya ketika aku kuliah di tahun 2011 dan nanti anakku kuliah di tahun 2030 pasti biayanya tidak lagi sama. Apabila cermat dalam berinvestasi, tentu saja financial goal akan tercapai, insya Allah. 

Bagaimana sih menentukan investasi bagi pemula?

Tentu saja pahami berapa besar pemasukan serta pengeluaran setiap bulannya. Kalau aku mudahnya dengan konsisten melakukan pencatatan secara manual dengan buku jurnal, sesuai post-post pengeluaran dan sudah ada budget nya. 

1. Jadi untuk sinking funds berapa, dana darurat, dana melahirkan, dana pendidikan anak aku buat post-post dalam sebuah amplop dan haram aku utak-atik sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari aku budget untuk aku ambil cash berapa, aku isi di dompet digital (karena untuk bayar-bayar pakai promo). Ketika di akhir bulan, review keuangan di bulan tersebut. Apakah ada kondisi darurat atau bisa saving lebih banyak dan jangan lupa untuk sedekah juga harus disisihkan.

2. Cari dan tentukan platform investasi yang terjamin keamanannya yaitu sudah terdaftar di OJK.

3. Memahami faktor risiko dari beragam macam jenis investasi

4. Sesuaikan dengan profil risikonya sebelum memutuskan akan berinvestasi dan komunikasikan dengan pasangan

5. Platform yang memiliki fitur "Helper" dalam membantu memperkenalkan produk-produknya kepada calon nasabah 


Ketemu InvestasiKu

mulai-investasi-dengan-investasiku


Akhirnya aku bertemu dengan InvestasiKu sebuah platform investasi yang bisa memulai perjalanan investasi teman-teman. Karena nanti di InvestasiKu ini step by step nya akan dijelaskan dengan mudah. Kita tinggal mengikutinya saja sesuai instruksi yang diminta.

Selain itu, InvestasiKu ini sudah resmi, legal dan terdaftar di OJK serta tergabung dalam CT Corps sehingga tentu saja saat berinvestasi di InvestasiKu, kita akan mendapat keuntungan dan sudah menjadi bagian dari CT Corps ini.

Yang lebih menariknya, setiap hari yaitu pagi hari pukul 8.30 selalu ada Instagram live di akun Instagram InvestasiKu. Bisa belajar banyak topik menarik seputar investasi sebelum memutuskan mau yang mana kita ingin berinvestasi. Seru banget kan, jadi semangat untuk atur uang dengan banyak saving, dan bukan banyak jajan ya guys haha.

Ditambah lagi, setiap kita membeli saham dan reksadana di platfrom InvestasiKu ini untuk unit bisnis di bawah CT Corps, maka akan mendapatkan point senilai satu rupiah dan bisa dipakai untuk membeli saham kembali. Ah serunya, jadi ngga sabar bukan untuk investasi di InvestasiKu. Gimana kalian apa ada yang masih ragu untuk pertama kali mulai berinvestasi? Share yuk di kolom komentar.




26 komentar

  1. Aku dulu pas masih single juga kepo soal investasi2 gitu mbak
    Masih takut2 mau coba instrumen investasi gitu. Eh pas udh kenal investasi ternyata berguna banget
    Alhamdulillah kepake pas udah nikah
    Walau masih belum konsisten untuk pencatatan keuangan
    Dan kadang jugasuka terbuai klo ada uang lebih 🙈

    BalasHapus
  2. Edukasi seputar investasi harus dijalankan dgn baik ya mba.
    Karena ini untuk kesehatan finansial dan masa depan yg lebih baik.
    Bersyukur banget ada Investasiku ini yak.

    BalasHapus
  3. App Investasiku ini berguna banget ya, apalagi buat investor pemula.
    Menyisihkan dana untuk diinvestasikan itu penting sekali buat ke depannya. Jujur saja, waktu muda dulu gak pernah kepikiran untuk investasi, eh sudah mulai 'tuwir' gini baru deh kepikiran hahaha, tapi gak ada kata terlambat untuk memulai, ya.

    BalasHapus
  4. Senangnya kini ada palikasi InvestasiKu untuk mnegalokasikan dana demi masa depan cerah :) Caranya gampang sekali tinggal unduh saja lalu ikuti langkah2 registrasi dan sebagainya. Asik nih hati tenang soalnya sudah terdaftar di OJK. Ceki2 lebih lanjut ah.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah berinvestasi dengan saham/ obligasi mom,karena tidak ngerti caranya.Tapi kalau sudah bergabung di Investasiku pastinya diarahkan ya investasi yang tepat untuk pemula

    BalasHapus
  6. Wah, kalau aku pencatatan keuangan aja masih amburadul mbak. Tapi pengen juga deh belajar dan mengenal macam-macam investasi, termasuk investasi saham.

    BalasHapus
  7. Kalau aplikasi dibawah CT Corp harusnya sih terpercaya ya. Kan namanya udah besar tuh. Yang aku suka dr aplikasi investasiku ini krn bisa beli macam2 produk. Jadi nggak cuma buat saham.

    BalasHapus
  8. Dengan adanya Investasiku ini semakin memudahkan kita untuk memanajemen keuangan kita demi meraih masa depan gemilang yaa. Apalagi sudah terdaftar di OJK yang pasti aman lah yaa

    BalasHapus
  9. Investasi ku memang pplatform investasi yang pantas direkomendasikan. Aman dan diawasi OJK.

    BalasHapus
  10. MAkin banyak pilihan buat nvestasi di jaman now. Aku setuju banget Nah, baiknya memang apgred dan mengembangkan lagi tentang financial planning, kondisi keuangan terus berkembang dari waktu ke waktu. Ah, siyap memilih Investasiku buat invest, mau kepoin duluu.

    BalasHapus
  11. yes bener banget makin banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk berinvestasi hanya dalam genggaman, dan harus juga pilih yang sudah terdaftar resmi ya

    BalasHapus
  12. Aplikasi investasiku memudahkan sekali buat nasabah baru cukup dari rumah saja.

    Intinya cek lembaganya dulu cari tahu yg banyak supaya tidak tertipu ya teman2

    BalasHapus
  13. Buat yang mau belajar dan memulai investasi di InvestasiKu memang cocok. Banyak pilihan dan aman karena terdaftar di OJK serta di bawah naungan CT Corp

    BalasHapus
  14. Cocok nih untuk aku yang pemula tapi pengen banget punya investasi tapi gak ngerti harus mulai dari mana. Bisa nyobain juga si Investasiku ini berarti ya mak, karena bisa langsung dari smartphone juga ya, tau banget deh teknologi ini jadi memudagkan ya.

    BalasHapus
  15. Memulai investasi emang harus hati-hati ya mbak
    Makanya adanya InvestasiKu ini sangat membantu investor pemula

    BalasHapus
  16. Investasi emang penting banget Mak, aku kalau saham sama reksadana sudah investasi dikit-dikit dan aku soal investasi ini aku masukkan ke pengeluaran Mak. Soalnya kalau enggak gitu, enggak bisa investasi. Heheh

    BalasHapus
  17. asyik ya makin ke sini makin mudah saja berinvestasi. Aplaagi ada investasiku yang mudah registrasinya dan sudah terdaftar di OJK. jadinya aman dan nyaman menggunakan investasiku untuk berinvestasi. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  18. Meksi judulnya pemula, kudu banget banyak belajar dan menggali segala hal mengenai investasi. Suka banget sama aplikasi Investasiku yang sekaligus bisa mnejadi tempat rujukan belajar investasi bagi pemula.

    BalasHapus
  19. Aku dulu pas sebelum nikah juga merasa pintar mengatur keuangan. Eh setelah nikah dan punya anak ambyar semua karena kok gaji selalu kurang ya tiap bulan. Haha. Sekarang mulai belajar investasi juga nih biar uang nggak menguap gitu aja

    BalasHapus
  20. Memang harus dipaksa dan mau belajar ya untuk berinvestasi karena uang bisa terpakai untuk hal yang sifatnya kurang penting, daripada habis begitu saja memang kita kudu belajar berinvestasi salah satunya lewat aplikasi InvestasiKu

    BalasHapus
  21. Akupun pengen mulai investasi nih dys sedikit demi sedikit..mau intip2 invwstasiku ahhh

    BalasHapus
  22. Sedini mungkin memang sebaiknya memiliki tabungan yang bsa dijadikan inveastasi apalagi Berinvestasi sekarang lebih mudah dengan adanya Investasiku

    BalasHapus
  23. aku sudah ikut dua investasi yang emas dan macam begini juga. Tapi ini juga menarik ya mba, jadi pingin join juga. Apalagi buat daftar juga gampang banget kaayaknya

    BalasHapus
  24. Saya baru instal nih aplikasinya, dan masih mikirin milih jenis investasi yang paling cocok dan bisa dijalankan

    BalasHapus
  25. Kalau mau investasi buat para pemula makin mudah ya. Bisa langsung instal aplikasi sjaa. Nggak perlu pakai ribet. Lebih praktis dan mudah caranya.

    BalasHapus
  26. Aku awam banget soal investasi, dan membaca penjelasan soal Investasiku dari beberapa postingan blogger sudah sangat membantu buat pemula macam aku. Intinya kalau mau invest harus paham cara kerja dan risiko dulu ya supaya langkahnya tepat.

    BalasHapus