Pelatihan Otak-Teknologi Smiling Star Singapura Sudah Ada di Indonesia

by - April 03, 2019

(Brain-Source: pixabay.com)

"Otak adalah anugerah tuhan yang sungguh luar biasa-Grandys"
Hai welcoming back to my beloved blog fellas! Hari ini aku mau bahas sesuatu yang sangat urgent untuk bisa kita kembangkan dan sebar luaskan kepada lapisan masyarakat Indonesia secara bertahap tentang sebuah program pelatihan otak yang digagas langsung oleh tetangga negara kita yaitu Singapura.

Otak dan Peran Seorang Ibu

Keberlangsungan hidup umat manusia pastinya tidak lepas dari gerak motorik yang mana hal ini berdasarkan perintah dari kinerja otak kita sendiri. Sedari masih sekolah, aku belajar mengenai bagian-bagian otak dan hal ini menjadi label tersendiri ketika kita sangat menyukai hal-hal yang berbau practice maka kita cenderung lebih banyak menggunakan otak kiri kita. Pernah kan ya teman-teman semua disini menjumpai berbagai fenomena permainan asah otak, olah otak asal bukan otak-otak aja ya guys hehe. Ternyata ya itu hanya sebatas kita me-refresh sejenak otak kita dari berbagai rutinitas harian dan bukan untuk training otak kita agar lebih efektif lagi bekerja nya.

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas
(Me at Smiling Star Jakarta-Dokpri)

Aku sebagai calon mama millenial (asik!) sangat concern terhadap issue-issue yang dekat sekali terhadap masa depan anak-anak bangsa, termasuk kecukupan nutrisi dan itu langsung berpengaruh terhadap kondisi pertumbuhan otak nya dia. Selain itu, aku juga mulai mengenali adanya gejala-gejala tantangan gangguan mental yang lumayan gencar akhir-akhir ini, sehingga ini juga menjadi salah satu faktor penghambat tumbuh kembang anak-anak kita yang mana, mereka-mereka lah nantinya sebagai penerus bangsa Indonsia ini. Sayang banget kan kalo bangsa Indonesia ini memiliki generasi penerus yang tidak berbibit unggul.

Ibu adalah tiang dari sebuah peradaban semestinya terus meng-update khazanah ilmu pengetahuannya dalam memastikan tumbuh kembang putra putri nya secara optimal. Begitu juga ketika aku mendapatkan ilmu tentang pelatihan otak bersama Smiling Star ini, aku langsung sangat antusias dengan pemaparan yang dilakukan oleh mba Veni Yenti, Smiling Star Jakarta Representative.

Program Train Your Brain Bersama Smiling Star

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas
(Ibu Veni-Manager Smiling Star Jakarta. Dokpri)

Ibu Veni menyampaikan latar belakang kenapa pelatihan otak ini menjadi sangat penting untuk keberlangsungan pendidikan dan tentu saja masa depan anak-anak. Karena kecemerlangan otak orang dengan berbagai presentase, di umur 20 an sudah mengalami penurunan hingga usia menjelang 98 tahun.

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas
(Gambar grafik penurunan otak dimulai usia 20 tahun. Dokpri)
 
Ya pantas saja, ketika aku masih kuliah, aku sering banget mengalami kehilangan ingatan dalam beberapa saat. Seperti ketika lupa menaruh kunci motor padahal ada di saku celana dan masih banyak hal "lupa-lupa lainnya" teman-teman sering ga mengalami hal tersebut? Jadi memang pada intinya otak kita akan menurun dalam usia mulai dari 20 tahun. Oleh sebab itu, Program Pelatihan Otak Smiling Star ini sangat direkomendasikan pada anak-anak mulai dari usia preschool.

Smiling Star ini awalnya merupakan proses reset panjang selama 8 tahun di Singapura yang bermitra juga dengan Neuro, perusahaan kesehatan digital yang terkemuka. Bahkan ini adalah program pemerintah disana yang harus segera diluncurkan di tahun 2017 dan berhasil. Karena Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyoroti tentang stimulasi kognitif di masa prasekolah ini sebagai step stone membangun pondasi yang baik untuk tumbuh kembang otaknya.

Selain itu, kata Dr. Alvin Chan sebagai CEO Neeuro memaparkan bahwa, "kami ingin memberi anak-anak metode dan peluang baru untuk mengembangkan keterampilan kognitif mereka dan dengan demikian, lebih lanjut menghabiskan kapasitas mereka untuk belajar dan unggul dalam kehidupan, sejak usia sedini mungkin" sebagai dari tindak lanjut program Smiling Star ini.


Pengenalan Program Pelatihan Otak-Smiling Star Jakarta


pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura
(Mr Jimmy New, PBM, Managing Director Smiling Star. Dokpri)
Pada kesempatan ini juga di acara peluncuran Pelatihan Otak Smiling Star Jakarta yang belokasi di Smiling Star Preschool Pos Pengumben No. 40 Inside Permata Mediterania Housing, aku bisa mendengarkan secara langsung penyampaian dari Mr Jimmy New, PBM, Managing Director Smiling Star tentang proses mengembangkan Smiling Star Singapura ini di Jakarta, setelah negara Vietnam sudah diluncurkan. Beliau menjelaskan tentang pentingnya otak yang baik itu harus memiliki:

1. Rentang perhatian yang baik (yang sering lupa-lupaan nih)
2. Memori yang bekerja dan kemampuan belajar (jadi inget video nya Maudy Ayunda yang excited  sama proses belajar)
3. Mampu tampil lebih baik dalam tugas wawasan kreatif karena mereka berpikir lebih baik dan lebih jelas

Dan bentuk pelatihan otak ini dikemas dalam bentuk permainan atau games lho. Wah kok bisa? Karena nantinya ada semacam alat dilengkapi dengan sensor gelombang otak yang membantu dalam mengukur tingkat fokus dan keterlibatan anak dalam sebuah aktivitas. Harapannya bisa benar-benar terlatih tanpa mengkotak-kotakan kalo wanita lebih multitasking dibandingkan dengan pria. Sedangkan decision maker itu cenderung pria yang lebih unggul, hal ini bisa banget dilatih dengan program Smiling Star. Keren kan!

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura
(Tablet untuk games pelatihan otak Smiling Star. Dokpri)
Adapun yang masih asing dengan program ini. ya gapapa karena awalnya aku juga bingung dan asing tapi tak kenal maka tak sayang, berikut adalah penghargaan yang berhasil dianugerahi kepada Smiling Star, diantaranya; Asia Pacific Brands Award pada 2012, Singapore Brain Award pada 2012/2013, Top Business Achiever Award, Spirit of Enterprise Award pada 2016 dan Kurikulum Pra Sekolah Tiga Bahasa Terpadu Pengayaan Terintegrasi Terpadu 2019 oleh Parents World Magazine.

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura
(Potong tumpeng. Dokpri)


Terakhir sebelum lanjut pada mencoba pelatihan otak, Mr. Jimmy melakukan peresmian ditandakan dengan pemotongan tumpeng ini.


Trial and Test dengan Alat Senze Band

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura, senze band
(Me at Traing Brain. Dokpri)
Alhamdulillah, di akhir sesi aku sempat melakukan brain training dengan alat namanya senze band yang dikaitkan diantara kedua kuping kita. So, karena pakai jilbab instan aku harus buka sedikit biar pas karena agak gampang melorot, dimana wajah aku yang sedikit oily ini dibagian dahi. Cara pakainya kayak mau pakai bando, tapi ga perlu dinaikin ke atas dan sensor yang bener-bener berada di dahi bagian depan. 

pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura
(Result di awal tes pelatihan otak)

Here we go! 
Yang pertama adalah kita diminta untuk benar-benar fokus melihat satu kalimat dalam layar monitor lalu grafik dari pembacaan trafik kondisi otak kita, terutama bagian fokus akan bergerak. Setelah selesai, hasil yang ditunjukkan adalah aku fokus dan menyebabkan sedikit menjadi agresif ketika emosi sudah menguasai, be aware hehe. Selanjutnya adalah permainan otak yang mana pergerakan dari anak yang sedang naik sepeda itu berdasarkan fokus kita, jadi ya seolah-olah perintah otak kita yang menggerakan si anak itu.Sayangnya, kondisi lumayan ada yang ngobrol jadi fokus aku terpecah, hal ini terbukti dari si anak tersebut berhenti-henti karena pertanda aku sudah mulai tidak fokus.

Permainan kedua adalah tentang melatih kefokusan dan multitasking, dengan memencet lampu merah dan semkain sulit karena ini lumayan riweuh, terasa banget sedikit menyisakan lelah di akhir setlah permainan ini usai. Untuk biaya nya sendiri adalah 55 dolar ya guys.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Pelatihan Otak Smiling Star bisa menghubungi alamat berikut ya buibu.
pelatihan otak, otak bisa dilatih, tips parenting, ibu dan anak, otak sehat cerdas, Smiling Star, Singapura
(Smiling Star Prescool)


Alamat Indonesia: APL Tower Lantai 7 Unit T7 Central Park
Jl. Letjen. S. Parman, Kav 28 Tanjung Duren Selatan
Grogol Petamburan Jakarta Barat 11470
Telepon: +62 0818 0759 1803
Email: sales.jkt@smilingstar.com.sg

Terima kasih banyak buat menyimak keseruan aku, semoga masa depan anak-anak kita bangsa Indonesia ini tercerahkan dengan brain training seperti ini ya. Aamiin.

You May Also Like

1 komentar

  1. Ini tuh kayak psikotes? Kebayang melelahkan tiap latihan kek gini. Gimana kalau anak-anak yg ikutan?

    BalasHapus