Bisnis Bisa Sukses Salah Satunya Lakukan Hal ini!

Bisnis Bisa Sukses Salah Satunya Lakukan Hal ini!
(source: unsplash.com)

Kita mengerti pada era yang semakin digital ini, kita dan juga pangsa pasar sangat dituntut untuk menjadi sangat mengerti akan perkembangan industri dan juga agar mendongkrak perekonomian Indonesia menuju revolusi 4.0

Pengalaman keluarga membuka usaha tanpa website dan juga domain

Aku ingat sekali ketika pengalaman aku saat di tahun 2016-2017, keluargaku saat kembali lagi pindah di rumah yang sekarang ini, sempat membuka sebuah usaha yaitu toko yang menjual barang-barang outdoor namun kurang maintenance dalam segi pemasarannya yang masih menggunakan pendekatan secara konvensional dan aku waktu itu sempat sampai nangis-nangis melow karena emang ga ngerti harus diapakan untuk membuat sebuah website.

Emang ada untungnya ya sebuah brand apalagi yang sedang on the way dalam segi pemasaran agar dikenal oleh khalayak masyrakat dan juga menjadi solusi permasalahan yang dibutuhkan dewasa ini. Karean aku juga selalu ingat, ketika kita memiliki sebuah bisnis, ya bisnis itu yang memberikan solusi (yang belum ada) kepada orang-orang. Nah, kalo bisnis yang tentang kripik, ya semua orang juga kemungkinan bisa membuatnya dan tidak spesifik. 

Ingin bisnis sukses, lakukan pemasangan domain untuk website

Jadi, kenapa sih sebuah brand itu harus memiliki sebuah website? Dan website yang tidak gratisan, alias yang harus berdomain. Untuk vendor-vendor dari domain sebuah hosting itu banyak sekali ya, dan aku menelusuri profesionalisme dari rumahweb sebagai penyedia layanan domain dan juga hosting dengan claim dari mereka, painless your hosting, artinya selama memakai domain dari rumah web ini tidak ada keluhan yang berarti terkait sistem yang nanti akan diintegrasikan.

1. Untuk kredibilitas dan keyakinan pangsa pasar

Melihat sebuah brand yang memiliki sebuah website apalagi yang sudah berdomain, seorang pelanggan yang sedang membutuhkan dan membeli barang di sebuah brand ini pasti tidak hanya memanfaatkan marketplace saja untuk mencari lebih detail terkait produk yang akan ia belinya nanti ini dan menjadi sebuah kepuasan tersendiri.

Serta ketika seorang pelanggan sudah merasa terpuaskan dari segi ketersediaan informasi yang tidak hanya soal penjualan saja, namun informasi tambahan dan bermanfaat untuk dirinya, pasti pengulangan order ini tidak menutup kemungkinan.

2.  Meyakinkan pelanggan

Ketika kehadiran akan produk-produk yang kita tawarkan ini kepada mereka dengan sebuah tampilan dan aksesbilitas dari sebuah webiste dengan domain, maka pelanggan akan langsung merasa percaya dan trusted deh sama brand tersebut.

Karena aku juga ya pernah berada pada kondisi menjadi seorang konsumen yang pada akhirnya tidak jadi membeli produk tersebut, karena ketika aku cek website nya, masih dengan berakhiran (blogspot.com atau wordpress.com) karena ya gitu ga meyakinkan aja.

3. Menaikkan traffic angka penjualan

Tidak bisa dipungkiri memang ya, ketika bisnis dari brand yang kita bangun lalu berjalan dengan sangat lancar sehingga bisa membuat income dari perbulannya stabil dan ada harapan untuk meningkat dengan drastis, bisa jadi ya memang memonotize website dengan sebuah domain adalah pilihan dan langkah yang terbaik.

Tidak naif, karena dari setiap bisnis dan membangun brand itu yang dicari adalah keuntungan dari bisnis itu. Ketika memang pada tahun-tahun pertama belum begitu terlihat apa yang dinamakan dengan pertumbuhan dari bisnis ini.

Pada rumahweb, tersedia website builder yang layanannya secara free ini dengan mengaktifkan dari setting pada client area, begini caranya:
  • Saat sudah masuk pada client area, maka klik edit services
  • Klik my service
  • Klik edit website lalu klik status aktif pada hosting
Dan terakhir adalah pilih dari tampilan tersebut yang sesuai dengan kondisi brand untuk dipasarkan ini. Memang penting ya kalo persoalan mengenai pembuatan website yang sudah memiliki domain, memang ada rasa kepercayaan yang lebih meningkat. Oleh sebab itu, ya salah satu yang bisa dilakukan agar bisnis teman-teman maju adalah persiapkan untuk membuat website yang sudah berdomain yah!

9 komentar

  1. Terima kasih tipsnya, kalau saya pribadi lebih memilih learning by doing mbak.

    BalasHapus
  2. Bener banget, setiap bisnis tentunya yang dicari adalah keuntungan

    BalasHapus
  3. Zaman now, usaha memang bisa lebih praktis dan menyenangkan ya, Mbak. maksudnya tidak perlu wajib punya toko fisik. Demgan modal website dan domain juga sudah bisa. Asalkan dikelolah profesional, pasti akan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  4. bener bgt tuh mba
    sekarang rata2 orang melihat bisnis itu dari : oh uda ada web nya nih, meyakinkan

    BalasHapus
  5. Punya website sendiri untuk usaha emang penting, setuju banget

    BalasHapus
  6. Yup setuju, bisnis jamana sekarang butuh website paling tidak buat portofolio perjalanan bisnis dan profile produk nya :)

    BalasHapus
  7. Setuju mba, sekarang orang dikit2 cari apa2 via online dulu. Jadi penting sih punya web utk mendukung promosi dan sales bisnis tersebut.

    BalasHapus
  8. Sekarang rasanya kalau bisnis belum online agak susah ya kak kecuali memang tersohor banget. Dan untuk UMKM saat ini memang perlu banget punya website agar pelanggan percaya dan lebih mudah secara gt sekarang serba online.

    BalasHapus
  9. Bener banget mbak, website yang berdomain lebih terpecaya. Untuk para blogger saja domain sangat dirasakan manfaatnya apalagi untuk bisnis.

    BalasHapus