3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur

by - Desember 04, 2019


3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Kehangatan tercipta ketika bonding time terjaga berkat pijat dengan Milon Air Mancur. Dokpri)

3 Tips Bonding Time - Memiliki bonding time yang sangat kuat bersama dengan anak-anak adalah sebuah impian yang indah bagi pada orang tua dimanapun. Begitu juga dengan ibu, sebagai madrasah pertama anak-anaknya, penting banget untuk memiliki sebuah bonding time yang kuat dengan anak-anaknya. Nah bonding time ini merupakan sebuah ikatan emosional kuat antara ibu dengan anak dengan cara skin to skin contact pada positive period.

Ada banyak hal-hal yang mempengaruhi mengapa bonding time ini perlu banget tercipta oleh seorang ibu dengan anak dan ini saling mengadakan keterikatan yang sangat kuat. Walaupun dalam masa satu tahun pernikahanku dengan suami dan kami berdua belum dipercayakan untuk memiliki momongan (dalam penantian hihi) aku dan suami mulai terus melakukan diskusi kecil-kecil mengenai issue bonding time ini.

Indonesia terkena fatherless karena kurang Bonding Time

Pernah mendengar slentingan mengenai, jangan sampai negara kita ini terkena syndrome fatherless, apalagi motherless yah, ngebayanginnya aja ngeri. Karena yang dimaksud disini adalah tidak adanya kontak chemistry antara orang tua dengan anak sehingga anak-anak merasa cuek dan mementingkan hubungan pertemanannya. Padahal, mereka masih perlu diawasi dalam hal lingkungan sosialnya ini.

Banyak terjadi kasus-kasus yang menyeruak dari diri seorang anak yang merasa kesepian karena tidak adanya waktu bersama ibu dan ayahnya, karena dalam satu keluarga tidak memiliki bonding time yang kuat. Masuk pada bahasan fatherless, saat ini gaperlu jauh-jauh kepada pihak pria (bapak), seorang ibu bisa menjadi merasa kurang bonding time jika tergerus oleh rutinitas ataupun pekerjaan tanpa memperdulikan anak.

Dari sejak dalam kandungan, Bonding Time itu ada

3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Dalam kandungan untuk bonding time tercipta. Dokpri)

Percaya atau tidak, bonding time itu sudah tercipta sejak bayi berada dalam kandungan ibu, karena mengalirlah dalam satu aliran darah, bahkan dalam satu jiwa yang sama-sama dengan ibunya. Tendangan-tendangan kecil yang tercipta olehnya berkat adanya rangsangan berupa pendekatan dari ibunya sepertinya mengajaknya mengobrol, mendengarkan Al-Qur'an, musik klasik yang lembut sampai kepada sentuhan cinta kasih dari sang ibu.

Dan saat lahir di dunia ini, bonding time dirasa sangat perlu semakin diperkuat karena anak berada ditengah-tengah kebahagiaan dalam keluarga, tentu perlu perawatan serta maintai dari ibu agar tercipta terus bonding time yang kuat antara ibu dan anak ini dengan 3 cara menurut dr. Diana Chandra, Sp. A waktu event IMBEX di JCC Sabtu lalu. 

1. Menyediakan waktu makan dan memandikan anak sebagai quality time 

Zaman millenial saat ini menjadi concern tersendiri jangan sampai anak merasa tidak terpantau tumbuh kembangnya atau chemistry antara ibu dan anak menjadi tiada karena tergerusnya rutinitas. Oleh sebab itu, ada opsi dimana maksimalkan saat memandikan mereka dan juga waktu makan sebagai quality time yang menyenangkan
2. Mendongeng dan Share activities  
Mendongeng adalah sebuah kegiatan dan aktivitas yang paling dinantikan oleh buah hati kita lho moms, karena menurut beberapa penelitian, kemampuan berbahasa dan literasi mereka akan meningkat. 

Serta tak lupa untuk saling share activities yang saat ini harus terus di sounding karena jangan sampai kegiatannya memang bersama-sama, namun ibu dan anak larut dalam kegiatan mereka masing-masing. Ibu sibuk dengan gadget dan segala urusannya, sedangkan anak sibuk dengan aktivitas bermainnya hal ini bertujuan agar bonding time tercipta.


3. Pijat dengan sentuhan cinta kasih

3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Sagar in frame, Pijat bayi dengan Milon Air Mancur. Dokpri)

Kegiatan memijat disini bukan dalam artian memijat karena keseleo atau sedang sakit badan ya, tapi kegiatan yang melibatkan skin to skin dengan tahapan yang sesuai agar anak menjadi relax dan menikmati setiap momennya bersama sang ibu, dan kita sebut dengan pijatan cinta kasih sehingga bonding time benar terbentuk.

Hadirkan Milon Air Mancur sebagai Pijat pada bayi

3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Milon Air Mancur dengan varian natural dan lavender. Dokpri)

Ketika point pada pijat bayi ini, aku beruntung banget mengikuti step-step yang diberikan oleh bidan dalam memberikan pengarahan memijat bayi dengan pengulangan 5x saja disetiap titik pemijiatan:
1. Pada bagian wajah
Dari atas alis (dahi) 
Arah pipi 
Bagian atas bibir 
Dagu dengan mengarah ke pipi luar membentuk senyuman

2. Pada bagian punggung
Membentuk sandi:  I L U
I: bagian pinggir dari ketiak ke bawah membentuk huruf I 
L: pada bagian perut membentuk L 
U: pada bagian perut membentuk huruf U 

Dan pada bagian lengan, kaki juga dilakukan pemijatan perlahan-lahan dan ini dipraktekkan langsung di booth Air Mancur kepada Sagara yang terlihat sangat relax pada saat dilakukan pemijatan ini. Pada kesempatan kali ini juga, aku baru menyadari, kalo ternyata Milon Air Mancur ini ganti nama saja yang terdahulunya itu Minyak Telon Bayi Nyonya Meneer karena aku pemakai dari minyak telon bayi khas wangi bayi gitu. 

3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(dr. Diana Chandra, Sp. A dan ibu Astrid Maria- Brand Manager Air Mancur. Dokpri)
Dan ibu Astrid Maria- Brand Manager Air Mancur menjelaskan mengenai produk Minyak Telon Bayi Air Mancur ini berbeda dari minyak telon bayi lainnya adalah dari sisi kandungan bahannya yang 100% alami dan tidak membuat iritasi, karena kulit bayi apalagi newborn kan sensitif ya moms dan MILON dari Air Mancur yg terbuat 100% bahan alami:
  • Minyak Kelapa, karena teksturnya lembut licin dan ga bikin iritasi 
  • Minyak Kayu Putih untuk menghangatkan 
  • Minyak Adas itu unsur yg membuat sebutan terdekat untuk minyak telon khas wangi bayi
3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Hadir dalam 2 varian, natural dan lavender. Dokpri)

Serunya lagi, terdiri dari 2 varian lho Milon Air Mancur ini moms, yaitu Natural (berwarna kuning) dan Lavender (berawarna ungu) yang merupakan minyak telon anti nyamuk. Tidak ada yang membedakan secara significant dari kedua varian tresebut untuk minyak telon bayi dari Milon Air Mancur ini, karena sama-sama berfungsi untuk menghangatkan dan membuat nyaman mereka, digunakan untuk pemijatan bayi juga serta yang beda adalah pada aroma bunga lavender yang merupakan essential oil lavender sebagai minyak telon anti nyamuk.

3 Tips Jitu Perkuat Bonding Time dengan Anak bersama Minyak Telon Air Mancur
(Minyak telon anti nyamuk. Dokpri)

So, ketika aku mengandung dan melahirkan anakku nanti, aku udah ga galau lagi mau pakai produk Minyak Telon Bayi apa untuk anak-anakku kelak, karena aku sudah mencoba dan memakainya sedari dulu dan kini hadir dengan kemasan yang lebih fancy and travel friendly lho.

You May Also Like

21 komentar

  1. BEnar banget nih, minyak telon bisa ciptakan bonding dengan anak, melalui pijatan.
    Saya seing banget mijat anak-anak kalau habis mandi dan sebelum tidur dengan menggunakan minyak telon, cuman belum pernah sih cobain minyak telon Air Mancur ini :)

    BalasHapus
  2. Mendongeng dan memijat ini sudah turun temurun dilakukan nenek moyang kita kepada anak cucunya. Termasuk tradisi di keluarga kami. Memang kedekatan anak dan ibu itu sangat terasa dampaknya kelak setelah dewasa

    BalasHapus
  3. Minyak telon aku suka nih mom, wanginya jd sedep. Kedekatan ibu dgn anak itu harus ya mom, anak lelaki mau pun anak perempuan harus dekat dgn ibu

    BalasHapus
  4. Aku suka minyak telon air mancur yang warna ungu mba. Soalnya ada kandungan buat anti nyamuknya. Seneng ya minyak telon air mancur ini lebih licin teksturnya jadi enak dipake pijat bayi apalagi pijat bayinya sambil membangun bonding yang kuat pada anak

    BalasHapus
  5. Aku termasuk yang rutin pijat bayi waktu bocah2 itu masih kecil. Kalau sekarang sih susah bener mau nangkep anaknya buat dipijat, pasti gerak-gerak terus kaya cacing kepanasan. Hehehe. Tapi memang manfaatnya terasa sekali, bonding jadi semakin kuat. Kadang ayahnya pun aku suruh gantian mijat juga. InsyaAllah kalau ada bayi lagi mau coba pijat pakai Milon Air Mancur ah.

    BalasHapus
  6. Memang sudah banyak hal terjadi di indonesia,anak tumbuh tanpa rasa perduli dan terkesan acuh tak acuh dengan orang tuanya karena tidak ada ikatan emosional satu sama lain.
    Memberi pijatan pada bayi ternyata punya dampak yang besar ya mba, apalagi kalau untuk pijatnya menggunakan minyak telon Air Mancul yang sudaj teruji kualitasnya

    BalasHapus
  7. Setuju banget memang minyak telon bisa memciptakan bonding dengan si ibu ya ka.

    BalasHapus
  8. Ah sayang ya aku baru tau info ini setelah anakku besar-besar. Dulu gak tau caranya pijat bayi tuh gimana. Pake paraji tapi trauma karena kasar.

    BalasHapus
  9. Salah satu yang bikin bonding makin kuat memang dengan mijat bayi. Mana bikin badan bayi jadi nyaman. Dengan minyak telon, badan bayi jadi hangat, wangi lagi :)

    BalasHapus
  10. Aku lagi sering pijat Kenzo pakai milon Air Mancur, anaknya bisa tidur nyenyak sehabis di pijat, semoga bonding ku dan Kenzo makin kuat deh :)

    BalasHapus
  11. Aku penasaran sama aroma minyak telon air mancur yang lavender ini.kayaknya bakalan seger dan wangi yaa

    BalasHapus
  12. Waktu anak-anak masih bayi dulu, moment pijat-pijat tuh aku paling seneng mba. Sambil dipijet, dicium-cium wangi minyak telonnya, trus ajakin ngobrol meskipun dia belum mudeng. Pandang-pandangannya tuh lho yang spesial banget rasanya, berjuta cinta bertaburan hehehehe...

    BalasHapus
  13. Penting banget ya mbak membangun bonding antara Ibu dan anak, agar hubungan kedekatan makin kuat. Ternyata memijat bayi ada tekniknya ya mbak, saya baru tau pas ikut acara

    BalasHapus
  14. Musim hujan ini kan banyak nyamuk, duk cocok nih mijatin anak pake minyak telon air mancur yang lavender. Jadi anak-anak bisa tidur dengan lebih nyaman.

    BalasHapus
  15. Yup membangun bonding dengan anak apalagi yang baru lahir memang penting banget. Ada banyak cara juga yang saya lakukan untuk membangun bonding dengan si kecil, salah satunya ya dengan pijat bayi. Eh tapi saya belum pernah coba nih pijat bayi dengan minyam telon air mancur sepertinya recommended ya minyak telon merk ini.

    BalasHapus
  16. Memang bonding time ini manfaatnya luar biasa ya gak hanya sebagai komunikasi antar ibu dan anak tapi bisa dukung tumbuh kembang seorang anak di masa depannya seperti dapat membentuk karakter yang positif pada anak, btw enak banget pake Milon Air Mancur wanginya bayi banget bikin seger dan hangatnya pas banget buat bayi

    BalasHapus
  17. Aku paling senang kalau anak2 pakai minyak telon, jadi pengen dicium terus mbak. Kalau minyak telon air mancur aku baru dengar dan pengen cobain aromanya.

    BalasHapus
  18. Seru yaa...kalau ngomongin masalah anak-anak dan bonding time.
    Dan aku paling suka kalo uda mau waktunya bobok, terus anak-anak pada ngerungkel di badanku.
    Uuwuwu....anget.

    BalasHapus
  19. Wangi minyak telon Air Mancur sepertinya enak banget yaa mbak. Ga cuma buat anak, aku pribadi pun suka banget pakai minyak telon. Rasanya rileks aja gitu.. pengin coba cari-cari minyak telon Air Mancur di minimarket ah..

    BalasHapus
  20. Tipsnya keren dan sangat bermanfaat, akan langsung saya terapkan untuk dapat lebih meningkatkan kualitas bonding Saya dengan anak di rumah. Minyak telon Air Mancur bisa sangat bermanfaat dalam lakukan pijatan kepada anak tercinta.

    BalasHapus
  21. Grandys, semoga kamu disegerakan ya ��..
    Gendish juga suka banget yang namanya di pijat, kemarin pas di Imbex aku juga beli minyak telon dari Air Mancur ini, suka banget bsama wanginya yang khas banget

    BalasHapus