Reply 1988: Campur Aduk Perasaan Saat Nonton Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa!

reply-1988-review-lengkap
(Reply 1988: Keluarga, Sahabat, Romansa. Review lengkap! Dokpri)


Hai gengs! Waktunya aku balik lagi buat review drama Korea Reply 1988 yang literally menurut aku terbaik sepanjang masa dan tergabisa lupa!

Secara aku yang nonton di bulan Juni-Juli 2020 saat pandemi (iya segak ngapa-ngapain itu) sampe selesai juga itu drama korea yang ceritain soal persahabatan, keluarga, bertetangga, sekolah hingga romansa cinta yang pastinya muncul diantara persahabatan mereka.

Aku yang sewaktu nonton selalu "irit-irit" banget buat nonton tuh karena ya emang ga pengen berakhir buat nonton si Reply 1988 ini. Ada aja rasa "Ah tidaaaaaak aku gamau kehilangan momen ngeliat Jungpal gabisa bersama Deok-Sun" dan sejujurnya jadi sengafans itu sama Parkbogum yang awalnya aku gatau dia siapa kalo bukan dari drama korea Reply 1988 ini.

Reply 1988

Aku mau sebutin dulu ya para pemeran dari Reply 1988 ada Lee Hye-Ri, Park Bo-gum, Ryu Jun-yeol, Ko Kyung-pyo, Lee Dong-hwi, Ryu Hye-young, Sung Dong-il, Lee Il-hwa dengan kreatornya Shin Won-ho dan Lee Woo-jung (khas banget dengan ketika ada adegan kocak, selalu ada backsong "embeeeeeek").

Asli, aku nonton drama Korea kadang gabisa selepas dan bapernya berhari-hari, bahkan ini lagi nulis reviewnya Reply 1988 aja masih kebawa aura pemukiman Ssamdong dan kehangatan keluarganya mereka.

Mengisahkan awal-awal bagaimana pemukiman Ssamdong yang ditempati oleh keluarga yang akhirnya mereka membuat kenangan berupa persahabatan ini. Keluarga Deok Sun yang menjadi lead dalam Reply 1988 ini bersama Ayahnya (Dong-il) dan Ibunya (Il-hwa) kakaknya (Bo-ra) adiknya yang tampak lebih tua ini jago nyanyi banget lho, aku kaget ternyata suaranya sebagus itu, Ne-oul.

Baca Juga: EXTRACURRICULAR Review!

Mereka adalah keluarga yang hangat, sederhana karena tinggal di bawah basement tempat tinggalnya Jung-hwan (Jungpal) bersama kakaknya yang sebenarnya jenius tapi tidak lulus-lulus ujian kuliah dan terlihat berbeda dengan Jungpal yang bernama Jung-bong namun hatinya sayang dan baik banget.

Kalian semua siap-siap meleleh dengan Jungpal dan Choi Taek!

Ayahnya Junpal (Seong-gyun) yang kocak abis, parah pokoknya apalagi kalo udah ketemu sama Deok-sun, udah deh pake salam pertemuan, "Selamat datang pangeran Kim" dan hanya mereka berdua yang bisa kayak gini, asli aku gapernah lupa scene ini.

Sedangkan Ibunya Jungpal (Ra Mi ran) yang merupakan ibu-ibu energik dan sangat dermawan banget. Aku tu selalu tersentuh sama scene disaat perekonomian tetangga dan udah serasa kayak keluarga ini sedang diuji, Ra Mi ran ga segan untuk membantu terutama untuk Il-hwa kayak ada keterikatan tersendiri.

Sun-woo yang merupakan anak keren ya dan hanya memiliki ibu (Sun-young) dan juga adiknya yang gemesin (cewek) bernama Jin-joo ini masih berusia 5 atau 6 tahun dan suka banget makan sosis dan menonton TV sambil joget-joget, lucu deh!

Choi-taek membuat aku leleh di akhir-akhir scene Reply 1988 yang pada awalnya aku melihat dia hanya sesosok jenius karena emang disebutnya Master Choi, menjuarai ajang Go! (mungkin semacam catur gitu kali ya). Dan hanya memiliki seorang ayah yang selalu saja tersenyum dan jarang bercakap-cakap yaitu Choi Moo-sung ini tuh sering banget dijodoh-jodohin sama Ibunya Sun-woo.

Sudah kenalannya, kita masuk ke Drama Keluarga yang gabisa bikin lupa dari Reply 1988

Disclaimer: sebagai bentuk kecintaan aku sama Reply 1988 dan ingin mengabadikan momen-momen penting dalam Reply 1988 sehingga aku buat dalam bentuk pengalaman ditiap episode. Kalo kalian belum nonton, jangan baca part ini ya! (Udah aku kasih tau lho ya haha!)

Episode 1: Disini tuh dijelasin kalo Deok-sun terkenal supel anaknya namun memiliki kekurangan dalam hal akademisi dengan peringkat 999 di sekolahnya (sekolah perempuan Ssangmun) sedangkan kakaknya Bo-ra adalah siswa tercerdas dan berkebalikan deh sama Deok-sun.

Hal ini disadari oleh semua penghuni komplek Ssamdong ini kalo Deok-sun itu bisa membuat orang lain merasa nyaman ketika berada di dekatnya. Bahkan ayahnya Dong-il aja mudah dekat dengan Deok-sun sedangkan berbeda dengan Bo-ra seperti tidak bisa mengungkapkan rasa sayang.

Disini Deok-sun menjadi pembawa nama-nama negara di Olimpiade dan sayangnya negara itu ga hadir dan pokoknya kayak apes banget gitu soal Deok-sun. Apalagi kalo udah berhubungan dengan si Jungpal yang diam-diam dann terlihat cool, manly, tapi dia tuh sejatuh cinta itu sama Deok-sun.

Baca Juga: Drama Korea Peran Cowok Manly dan Cool ada di Chocolate!

Episode 2: Kabar duka datang dari keluarganya Deok-sun dengan kematian sang nenek dan mereka merasa bahwa ayahnya ini seperti tidak ada rasa sedih sedikitpun, padahal ya kalo sang Ayah sangat cakap dalam menyimpan rasa sedih dan juga perih, walaupun dalam hatinya begitu campur aduk, tetap senyuman yang selalu diperlihatkannya di keluarga.

Episode 3: Kisah muda-mudi geng Reply 1988 ini memang ga pernah usai deh kekocakan, kekompakan dan bahkan kejutan yang hadir seperti untuk tidak memalukan rencana Deok-sun yang sudah latihan untuk acara tur sekolah dan berakibat ia menghilangkan kamera milik ayah dan ibunya, para cowok-cowok rela dong buat dance di hadapan para siswi-siswi Ssangmun. 

Episode 4: Nyatanya kalo Jungpal sedingin itu, tapi dia tuh tipe laki-laki yang sulit untuk ditaklukan tapi ada rasa sayang yang luar biasa terpancar dari Jungpal ke Deok-sun. Di awal ini tuh aku sampe gemes banget sama setiap perhatiannya Jungpal seperti setiap pagi nungguin Deok-sun berangkat sekolah tapi pas ditanya nungguin siapa, katanya Sun-woo padahal Sun-woo udah berangkat duluan. 

Pas di bis, dia ngelindungin Deok-sun pas bisnya ngerem mendadak. Duh pokoknya bikin salfok! Disisi lain, Deok-sun itu sukanya sama Sun-woo yang terkenal anaknya pintar banget, keren dan juga penyayang sama ibunya dan juga adiknya Jin-joo.

Episode 5: Bo-ra yang aku tuh sebel banget ya sama dia. Sensi banget jadi kakak dan gabisa banget ngalah sama Deok-sun yang notabene nya adalah adiknya sendiri. Barang yang dipake sama Deok-sun gaboleh dikorek sedikitpun!

Bahkan kalo ketauan tuh, satu pemukiman Ssamdong itu tau dan hapal banget deh sama wataknya Bo-ra ini. Pengen jitak banget hahah kalo punya kakak semacam Bo-ra ini. Dan Deok-sun selalu marah dan melakukan protes kalo apa-apa yang diminta oleh Bo-ra selalu dituruti, bahkan Deok-sun akhirnya bisa marah besar ketika hari ulangtahunnya mau dirayakan dan jadi satu dengan Bo-ra. 

Bo-ra juga punya rasa politik yang tinggi ya tapi tidak disetujui oleh keluarganya, terutama ayahnya yang sangat marah besar ketika tau anak sulungnya ini ikutan demo-demo sampai ada bekas luka-luka gitu deh. 

Episode 6: Yang bikin haru itu dari hubungan keluarga yang aku rasain banget di keluarganya Deok-sun kalo ibunya Il-hwa ini sebenarnya ngeluh banget kalo keadaan ekonomi mereka ini begitu pas-pasan dan Dong-il menyalahkan bahwa Deok-sun tertinggal di kelas ini gara-gara Il-hwa tidak memperhatikan pendidikan putrinya.

Marahnya Il-hwa terlihat banget dan jelas betapa sulitnya perekonomian dan yang dikatakan oleh Dong-il adalah betapapun sulitnya keadaan, dan terlihat seperti bagus di luar, komitmenlah yang akan selalu tetap disisinya. Ini sih sweet banget!

Episode 7: Terlihat diam-diam Choi-taek sudah makin menunjukkan sinyal-sinyal menyukai sosok Deok-sun dan Jungpal juga ternyata melihat bahwa dirinya harus memberikan kado natal untuk Deok-sun dan lagi-lagi selalu kalah cepat dengan Choi-taek. Nasibbbb nasibbb si Jungpal, duh asli gemes!

Episode 8: Momen mengharukan dari kasih sayang adik kakak, yaitu Jungpal dan Jung-bong yang mengalami gagal jantung dan harus melewati operasi. Dan disitu aku ngeliat bagaimana menjadi orang tua dan juga anak-anak ya, Reply 1988 ini bikin aku melek banget buat kasih sayang sama keluarga. Dan awalnya keluarga Jungpal ini ga sekaya ini, dan mereka menang semacam lotre gitu dari si Jung-bong. 

Episode 9: Ada satu orang yang lupa aku bahas, yaitu Dong-ryong yang ayanya adalah seorang guru dan ibunya yang sibuk sebagai wanita karier, berbeda dengan para geng ibu-ibu di Reply 1988 ini yang stay at home dan membuat Dong-ryong begitu kesepian dan ingin memakan sup buatan ibunya sendiri.

Disaat itu juga ada masalah kesehatan oleh ayahnya Taek dan disini terlihat ibunya Sun-woo begitu menjaga, menyayangi dan membantu mengurus ayahnya Taek, disela-sela ia terkena masalah terkait hutang dan membuat ia akhirnya rela juga menjadi buruh cuci dan bersih-bersih di sebuah layanan spa.

Episode 10: Hebatnya Bo-ra punya mobil lho haha, aku gatau nih asal muasal dia punya mobil ini karena dari pacarnya yang sekarang sudah menjadi mantan. Dan berkencan dengan Sun-woo! Kaget gak tuh! 

Aku kaget banget asli kenapa Deok-sun mengalami patah hati sebegininya dan disadari oleh Jungpal, tapi dia juga ga ada action apa-apa lho. Beda dengan Taek yang diam-diam mulai memberikan sinyal-sinyal. 

Sisa episodenya ini bikin gempar dan silahkan kalian nikmati sendiri ya gengs! hahaha!

Reply 1988: Selalu menjadi topik hangat apakah Deok-sun Sebaiknya bersama Jungpal atau Taek?

Akhir-akhir ini begitu menjadi trending banget Reply 1988 ini, yang aku baca-baca sih intinya tersebar kabar bahwa sudah muncul bocoran script yang menampilkan ending ceritanya itu harusnya Jungpal tewas karena kecelakaan sebuah pesawat.

Tapi yang ditampilkan disini kan seiring berjalannya waktu, mereka pada akhirnya dewasa dengan jalannya masing-masing. Dan Jungpal sewaktu usia 20-an bertemu lagi dengan sahabat lamanya ini, dan membawa cincin yang ia berikan kepada Deok-sun dan seperti menyatakan cinta.

Wajahnya Deok-sun udah terpukau dengan pernyataan suka ini, akupun terpukau asli sama pengakuan sukanya Jungpal, eh ternyata itu HANYA SEKEDAR CONFESS DAN BAHAN BERCANDAAN DOANG! Asli!

Baca Juga: Keliling Korea Selatan Secara Virtual Disini Yuk!

Gregetan banget sama sikap Jungpal disini tuh! Scene dari Reply 1988 juga nunjukin banget gimana mereka menjalani hari-hari dengan kesedihan yang awalnya aku takutkan adalah benjolan berupa tumor payudara yang diidap oleh ibunya Deok-sun ini membuat akan ada duka di Reply 1988.

Ternyata enggak dan Sun-woo sudah menjadi dokter, lalu menikah dengan Bo-ra pada akhirnya walaupun sempat ada drama yang hebat karena mereka adalah satu marga dan dipercayai untuk tidak boleh menikah. Dan sebelum itu juga mereka sudah putus lama dan akhirnya dipertemukan lagi berkat kencan buta.

Tapi menikah juga dan selalu ya rasa haru yang mendalam ketika proses pernikahan ini tuh keliatan dari Dong-il yang top banget deh berperan sebagai sosok seorang ayah yang udah gitu ia ngejalanin hari sebagai seorang yang PHK karena ada pemberhentian masal di kantor yang merupakan bank itu.

Sedih banget kalo inget Dong-il kadang langsung inget papahku juga soalnya huhu. Dan Ibunya Sun-woo akhirnya menikah dengan ayahnya Taek! Disini juga selalu ada kilasan momen tahun 2015 dimana sosok Deok-sun yang sudah menjadi seorang yang dewasa dengan sosok suami yang membuat semuanya gempar, siapakah dia? Apakah Jungpal ataukah Taek? 

Dan yang membuat aku salut banget adalah sosok Deok-sun yang tidak sukses dalam hal akademis tapi dia bisa dan jago bahasa Inggris ini mengantarkannya menjadi seorang pramugari gitu, sedangkan Jungpal menjadi pilot di sebuah angkatan udara ini atas mimpi dan keinginan sang kakak, keren banget pokoknya Reply 1988 ini!

Disaat-saat terakhir ketika Deok-sun mau berkencan dengan seseorang kenalannya dari assistennya Taek dan dia ternyata ditipu, antara Jungpal dan juga Taek seperti berlomba siapa yang duluan tiba di tempat bioskop, tempatnya janjian berkencan.

Seperti yang sudah banyak bertebaran tentang meme nya Jungpal di lampu merah, akibat lampu merah ini yang membuatnya telat tidak menjadi yang pertama bagi Deok-sun dan malah Taek, sehingga disaat itu juga ia sadar, bahwa Deok-sun adalah milik Taek.

Begitu juga ketika Taek datang ke markas tempat akademisinya Jungpal, dan makan siang, ia ingin mengatakan bahwa begitu menyayangi Deok-sun, dan Jungpal mengisyaratkan ya Deok-sun untukmu karena momen ini juga terjadi saat Taek tau didompetnya Jungpal ada foto dirinya yang tersenyum sangat lebar saat bersama dengan Deok-sun.

Masih belum puas bahas Reply 1988!

Pokoknya aku masih semangat 45 buat bahas Reply 1988 ini yang gatau kenapa aku rewatch berulang-ulang scene nya masih jelas terasa dalam ingatan.

Yang aku sayangkan tuh kenapa ga ada adegan pernikahan Deok-sun dan juga Taek! Malah yang ada Bo-ra dan juga Sun-woo!

Aku juga penasaran sama nasib dari Dong-ryong yang menjalani diri sebagai enterpreneur dengan membuka sebuah resto yang pada awalnya juga ia membantu restoran milik kakaknya dan sempat nih geng Reply 1988 rayakan anniv ibu dan ayahnya Jungpal di resto ini!

Dari Reply 1988 ini jadi bentuk belajar buat aku memahami orang tua, khususnya ibu aku yang ternyata sudah ada di masa monopouse dan ini ada di scene nya Ra Mi ran yang mengalami Monopouse dengan selalu bermuram dan tidak mood menjalani hari-hari, oleh sebabnya anak-anaknya sudah dipersiapkan untuk selalu bersama dan membantu pekerjaan rumah.

Di akhir juga dijelasin sih betapa kita dekatnya dan menjadi satu keluarga dan setelah kepindahan mereka, area Ssamdong ini dan menjadi area yang tergusur. Momen itu bikin aku sedih banget, aku udah ga keitung sih berapa kali harus nangisin setiap adegan yang ada di Reply 1988 ini.

Saat mereka dewasa juga, terlihat Bo-ra dengan suara panggilan dari sang suami yang sudah pasti ya ini adalah Sun-woo dan ketika diakhir juga ada kehadiran dari kakaknya Ne-oul. Ini menjadi bukti bahwa bagaimanapun eratnya persahabatan, dan menjadi pertambahan usia dan masa, yang akan selalu tetap adalah keluarga.

Aku pokoknya merekomendasikan drama korea Reply 1988 untuk menemani kalian selama di rumah aja dan bingung sama tontonan apa. Nah ini udah bisa dilihat di Netlfix atau di Viu ya! Udah gitu yang paling gabisa lepas adalah sosok Park Bo-gum dan juga Jungpal yang aku jadi sengefans itu sama mereka berdua!

Drama korea Reply 1988 ini kaya akan seni kehidupan, keluarga, persahabatan dan juga mencintai diri sendiri atas kemampuan yang pasti akan dimiliki kita masing-masing. Loveable banget sama Reply 1988!!!!!!! Kalian gimana? Berkomentar yuk sebagai Reply 1988 lovers hihi!

9 komentar

  1. aku tuh udah bolak balik ngintip episode pertama tapi nggak kelar2 mbak
    gimana gitu, soale gak ada jichangwook wkwkwkwk
    tapi jadi penasaran baca reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahha Jichangwook tuh siapa yo mba Vy duh maap kudet, aku baru update kekoreaan tuh sejak pandemi ini. Dulu mah taunya kalo aktor LMH doang dong haha

      Hapus
  2. Aku berusaha memahami dari sisi penulis, dek...
    Bener...
    gak bisa move on berbulan-bulan hanya demi mencari tahu, "Sebenarnya penulis uda kasih clue kalau endingnya bakalan begini gak siih...?"

    Dan aku juga nulis berjudul-judul hanya demi Jung-pal Deok-sun.
    Antara gemeesshh....sama aahh, pasrah.
    yaudala yaa...timing memang segala-galanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwa iya mbaaa Len, aku menulis ini tuh kayak dari perasaan terdalam akan Reply 1988 yg seolah-olah kayak aku satu tetanggan sama mereka, dapet banget emosinya. Memang ending ini yasudahlah ya haha

      Hapus
  3. Aku nonton berulang-ulang beberapa adegannya. Sumpah, menurutku ini drakor terbaiiiiiiiik

    Kisahnya sederhana sebenarnya
    Tapi related banget sama kehidupan kita sehari-hari. Jadi serasa ngalamin sendiri beberapa bagian dari cerita itu deh

    Persahabatan, keluarga, hubungan dan saling peduli antar tetangga, jatuh cinta di masa remaja, proses pendewasaan diri. Aaaa... lengkap sekali pokoknya pesan moral drakor yang satu ini

    Trus aku juga suka sama quote-quote yang selalu hadir di akhir setiap episode. Bikin mikir dan rasanya makjleb banget deh

    Gak tau mo ngomonf apalagi
    Pokoknya ini drakor terfavorit yang bikin aku susah move on
    Daebaaaaak

    BalasHapus
  4. Ini judul serial yg sering nongol di timeline aku. Barusan juga liat di netflix. Duhhh should i watch it?

    BalasHapus
  5. Kebetulan banget mba aku lagi nyari referensi drama korea yang asik. Cocok nih kayaknya bakal aku cek ah.

    BalasHapus
  6. 10/10
    Dulu memfavoritkan The Jewel in The Palace. Pas nonton ini langsung bergeser hahaha. Sebagus ituuuuu.

    BalasHapus
  7. Produser2 drakor lain harus berterima kasih pada Reply 1988, karena dari drakor inilah aku mulai nonton drakor2 lain, terus langsung bucin mampus sama Park Bo Gum, hahaha...

    Btw, selain nunggu scene Deoksun-Taek nikah, yg ternyata nggak ada, at least harusnya ada scene mereka mengumumkan hubungan yg awalnya disembunyikan karena punya 2 menantu dari 1 keluarga dulu dianggap lebih memalukan daripada nikah 1 marga. Ini aja sih menurutku kurangnya Reply 1988, selebihnya belum move on sampe sekarang.

    BalasHapus