Extracurricular (Review Netflix): Series Korea Dengan Bumbu Dark, Thiller Dan Society


review series korea extra curricular
(Pict source: tentangsinopsis.com)

Review Extracurricular (Series Korea) - Berawal dari melihat trailer di akun Netflix Indonesia yang berseliweran di Twitter mengenai judul sebuah series Korea dengan judul Extracurricular ini langsung menyita perhatianku. Waktu trailernya sendiri itu menggambarkan seseorang yang akan dibunuh dan juga dimutilasi dalam sebuah kamar yang sudah diplesterin sama plastik. 

Aku auto penasaran dan lagi-lagi suami aku mengikuti series ini dengan setengah hati, karena ia sedang on going Iron Fist, yang menceritakan tentang salah satu Marvel Heroes, namun aku tidak terlalu bisa mengikutinya, jadi ya selintas lalu. Sehingga jadwal menontonnya kita itu kayak dijadwal gitu lho gengs. 

Extracurricular: Trailer tidak menggambarkan inti cerita utama

Jadi, saat pertama nonton masuk pada season 1 dan hadirkan dalam 10 episode ini, tidak menggambarkan apa yang seperti di trailer. Awalnya aku gemes banget dan sampe gasabar, dimana suami aku terus tanya dimana sih pembunuhan yang ada di plastik-plastik itu. Karena jujur ya aku plisss baru juga sama-sama nonton, dan bukan producernya yang tau jalan cerita kayak gimana (walaupun bisa dicepetin juga, tapi ya jadi kerjaan banget bos).


Akhirnya perlahan tapi pasti, series Korea Selatan yang kental dengan kehidupan sosial anak remaja dan juga bergenre dark and thiller ini membuka mata kita semua mengenai sisi gelap dari salah satu issue society yang ada di lingkup para remaja Korea Selatan tersebut. 

Disini yang baru aku ngeh itu adalah pemain utama yaitu Kim Dong Hee sebagai Oh Ji Soo, bermain juga di Sky Castle dan Itaewon Class, daebak!! Memang actingnya tidak main-main gengs, keren abisss! Aku tuh gregetnya, kenapa Oh Ji Soo ini bisa mempertahankan wajah super polos nan innocent nya walaupun tanpa kita sangka ia menyimpan sebuah rahasia dalam dunia prostitusi yang berkedok sebagai sistem penjagaan atau keamanan ini bersama paman Lee, yang membantunya di TKP ketika klien mereka mendapatkan perlakuan kekerasan selama berkencan itu.

Extracurricular: Menjadi bukti tidak selalu anak pandai itu polos dan kutu buku

Eh apa aku salah ya berpendapat seperti ini? Tapi yang aku lihat saat pertama kalinya menangkap maksud dan premis dari series Extracurricular ini yang berkisah seorang siswa dari SMA Kwitang, sebuah SMA Swasta kenamaan di Korea Selatan, yaitu Oh Ji Soo ini yang pandai, selalu mendapatkan peringkat terbaik di kelas dan sekolahnya menyimpan sebuah pekerjaan yang sangat rahasia.

Dan pekerjaannya ini diketahui langsung oleh seorang teman perempuannya bernama Bae Gyu Ri (Park Joo Hyun) yang berhasil membuntutinya dengan mengambil ponsel "Rasa Biru" yang ada lambang gukguk nya itu dan mengungkap bahwa Oh Ji Soo sebagai mucikari dari prostitusi dibawah umur.

Padahal.....Oh Ji Soo ini bekerja seperti ini untuk apa? Untuk membiayai sekolahnya karena ayahnya meninggalkannya dan juga ibunya, ayahnya dikenal hanya ingin uang dari ibunya, sehingga Oh Ji Soo tinggal sendirian di apartemen yang sederhananya itu bersama hewan peliharaannya berupa klomang.

Saat Bae Gyu Ri berhasil menciduknya, dengan cool nya, Oh Ji Soo ini menyangkalnya bahwa ia bukan mucikari, ia sebagai sistem keamanan, ketika klien (psk) itu mengalami kejanggalan dalam pekerjaan mereka, misal mendapatkan tindak kekerasan, langsung memencet tombol pada pergelangan tangan mereka sebagai sistem pengamanan tersebut.

Apa yang terjadi selanjutny? Datanglah paman Lee (diperankan oleh Gaek Choi Minsoo) yang digambarkan sebagai gelandangan yang merupakan mantan tentara ini memiliki kekuatan berkelahi yang super. Lihat deh di akhir season, apakah paman Lee ini mati atau tidak? Karena aku juga tidak tau, kabarnya Netflix akan menayangkan Season 2 nya lho!

Extracurricular: Mengangkat isu-isu remaja di Korea Selatan


Aku suka banget, ketika Oh Ji Soo diajak oleh wali kelasnya untuk bergabung di Klub Sosial lalu tiba-tiba membahas sebuah prostitusi tersebut. Dan salah satu klien nya itu adalah teman wanitanya bernama Seo Min Hee (Jung Da Bin) yang cukup populer di SMA Kwitang karena kecantikan dan merupakan pacar dari Gwak Gi Tae (Nam Yoon Soo) yang sering melakukan perundungan (bullying) terhadap anak-anak termasuk Oh Ji Soo.

Padahal, Seo Min Hee bekerja seperti itu untuk membiayai semua keperluan dari mulai rokok, alkohol, hadiah-hadiah pada perayaan untuk Gwak Gi Tae. Sungguh bucin, namun disini tidak digambarkan adegan 18+ dan bagusnya memang mengangkat issue yang seperti ini. Hingga yang membuat aku gregetan itu ada tiga  hal.

1. Sesi dimana seharusnya Seo Min Hee libur karena ponsel komunikasi antara paman Lee dengan Oh Ji Soo sedang reparasi dan ia nekat untuk mengambil order, dan saat itu masalah dimulai, sehingga ia menjadi dicurigai oleh detektif yang ditelfon oleh Oh Ji Soo demi menyelamatkan nyawa Seo Min Hee, karena biasanya ada kekerasan apapun, paman Lee akan datang dan menjadi pahlawan bagi mereka.

2. Kekepoan Bae Gyu Ri membuat masalah menjadi semakin runyam, sehingga uang-uang yang Oh Ji Soo kumpulkan tersebut dari hasil "sistem keamanannya" ini memang banyak tapi bukan dia pakai untuk berfoya-foya. Keadaan dan penampilannya jauh dari kesan galamour, dan itu semua agar ia bisa masuk pada perguruan tinggi impiannya dia. Terharu tapi ya gimana, caranya aja itu lho. Sehingga uang-uang yang berhasil dikumpulkan tersebut diambil oleh ayahnya Oh Ji Soo dan aku kesel banget disini sama Bae Gyu Ri huft. Dan mungkin inilah yang sesuai dengan judul film "Extracurricular" berupa kegiatan sampingannya Oh Ji Soo ini.

3.Yang membuat tambah runyam dan yang ada di trailer itu kehadiran pacar dari pemilik karoke Banana yang mengambil order di tempat Oh Ji Soo lalu dilakukan pengintaian dan Oh Ji Soo diincar namun disini yang diincar adalah paman Lee, hingga tetes darah penghabisan paman Lee sempat dipukul kapak, tapi masih hidup dong. Dan Oh Ji Soo yang disekap di ruangan berplastik itu ya sama orang ini yang cemburu kalo pacarnya jadi psk, lahhhhh.. 

Pokoknya ceritanya Extra Curricular makin seru, hingga di ending paman Lee mengalami luka dan tau kalo Oh Ji Soo adalah pamannya paman Lee dari pekerjaan itu. Sampai paman Lee tidak mau bertemu Oh Ji Soo kembali. Lalu gimana kelanjutan kasus Min Hee yang alami kecelakaan karena Oh Ji Soo mengaku bahwa ia adalah dalang dari rentetan beberapa peristiwa dan orang dibalik 'Rasa Biru' ini ? Duh gasabar sih buat nonton Extracurricular di season 2 nya plus yang aku suka itu Bae Gyu Ri cakep benerrrrr deh dia, top!

25 komentar

  1. Gila gila gilaaaaaaa. Akhirnya gue nemuuu pencerahan. Dari kemarin gue pengen banget download tp masih maju mundur, kira2 asyik apa enggak. Eh pas baca postingan ini, gue auto donloooot. Maaciw grandyysss. Sering2 ya review kek giniiiii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik! tengkyu cor coryyy sayang udah mampir! Happy watching, selamat begadang juga buat nontonnya sampe beres wkwk

      Hapus
    2. Kalo aku nonton dulu baru baca review, liat review dulu g seru dong, kena spoiler

      Hapus
    3. Kalo aku nonton dulu baru baca review, liat review dulu g seru dong, kena spoiler

      Hapus
    4. Kalo aku nonton dulu baru baca review, liat review dulu g seru dong, kena spoiler

      Hapus
  2. Ini aku baru selesai nonton, dateng kesini karna pengen mastiin endingnya 10 episode atau sebenernya masih ada lagi wkwkw
    Ga sabar season 2 nya!

    BalasHapus
  3. Benerr ada seasons 2? Btw endingnya gantung bangettt btw:) kira" jisoo sama gyuri masih hidup bareng kan:)

    BalasHapus
  4. Jadi ada season 2 ya. Aku penasaran endingnya gantung banget.. Kesyeeeell..

    BalasHapus
  5. Sumpah gue udh tmat nntonya gerem bat yaa kezelll gituu ngegatung bangett huaaa mana disitu si. Oh jiso lagi luka bae gyurinya ikuttin dya trussss menurut gue si kek nya bae gyuri tuh sbenrnya suka juga sam oh jiso tapi ya agak gengsian😂 hadehhh g sabr season 2 nyaa ditunggu:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana tooo, kan emang sukaaaaaa saling suka mereka itu, liat dong pengorbanan gyuri buat jiso, oh jiso ini yg nyebelin banget sikapx kurang Cak cek gemeshhhh

      Hapus
  6. Nonton ini buat gue bertanya-tanya tentang nurani gue sendiri. Karena jujur gue tahu prostitusi salah besar dan sebagai perempuan gue menentang prostitute dalam bentuk apapun. Tapi selama nonton ini, menurutku yg dilakukan jisoo dan paman lee nggak salah, mereka melindungi pelaku prostitute dimana tanpa mereka pun perempuan-perempuan ini akan tetap melakukan hal yang sama. Waktu mereka libur minhee tetap nekat ketemu klien dan menimbulkan masalah (awal mereka dikejar polisi), ketika kelompok itu bermasalah perempuan-perempuan yang lain keluar dari grup dan mencari tempat bernaung lain. Aku gereget banget-banget sama minhee, yang datang buat ketemu pak lee lagi, padahal sudah dipecat. Menurutku itu salah satu biang nya hingga jisoo di tangkap oleh si gangster bucin. Aku juga gereget sama kekepoan gyuri. Sama kayak jisoo, aku nggak bisa relate sama keputusan gyuri buat gabung jadi mucikari. Pemikiran gyuri selama drama ini, menurutku berlebihan. Awal ketidakstabilan jisoo adalah saat gyuri mulai gabung ke tim.

    Setelah berpendapat begini, aku seperti pro sama jisoo dan pak lee. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi aku juga gitu kok, karena dark society juga, aku melihat apa yg dilakukan Jisoo ada benarnya juga sih, dia kan buat pengamanan aja, gregetan dan gasabar buat season 2 nya. Terima kasih ya udah komen!!

      Hapus
    2. Menurutq gyuri sangat solutip, dia g betah dirumah bahkan pernah mau bunuh diri, jadi ketika ketemu oji dia merasa tertantang, yg bikin gemeshhh minhee orang dia udah dilindungi sok2an bilang penjahat, gemeshhhhhh

      Hapus
  7. Racun lagi aja ini. Hahaha jadi penasaran. Aku sekarang lagi on going crash landing on you 😄

    BalasHapus
  8. Aku sempat penasaran nih series, tapi agak merinding aja dan lagi butuh drama romance, hahaha. Akhirnya lewat deh. Ternyata seru juga ya ceritanya, coba entar aku intipnya.

    BalasHapus
  9. Padahal niatnya mau melepas stress setelah kesel sama kematian Yu Beom Jin yang kayak 'biasa aja' padahal dia udh psycho separah itu. Setelah cari-cari, akhirnya nemu drama dengan genre yang hampir mirip dan boom, aku malah tambah kesel abis! Apalagi karena konflik di episode 10 benar-benar tidak menggambarkan sebagai 'episode terakhir'--kayak what? Ini beneran ending??! Ga sabar nunggu season 2 nya!

    BalasHapus
  10. Udah nonton dan nyesek ngeliat ending yg gantung sampe kebawa mimpi kirakira ni org kemana ya:(((

    BalasHapus
  11. Gara2 nonton ini sehari tamat jdi kbawa mimpi😃

    BalasHapus
  12. Korea Selatan emang pinter ngolah tema simpel jadi megah, ya. Salut banget!

    BalasHapus
  13. Saya belum nonton drama ini karena sepertinya harus nonton di Netflika yah Kak, beda app yg sering aq pake hehe, tapi genrenya aku banget nih karena bisa bikin deg degan pas nontonnya

    BalasHapus
  14. Liat posternya yang dark gitu aku langsung ngebayangin suramnya kehidupan di situ dan banyak bikin gregetan. Aku pengen nonton drakor yang santai dulu deh hehe

    BalasHapus
  15. Dewi ga terlalu paham film korea, tapi baca ulasan mbak Grandys jadi pingin nonton deh mbaaak��

    BalasHapus
  16. Aku agak nggak suka drama dengan genre thriller. Karena aku nggak suka yang serem-serem terus darah dimana-mana gitu.

    Tapi kadang penasaran juga. Kayak extracurricular ini...

    BalasHapus
  17. aku belum nonton nih drama ini tapi menarik ya ceritanya. seingatku kim dong hae ini kena kasus bullying juga ya jadinya kayaknya kelanjutan extracurricullar 2 masih belum ada kejelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah do'ain aja semoga ada S2nya. Jujur masih blm puas liat gyuri huhu :'(

      Hapus