Tips Berjualan Makanan Ala Chef Willgoz di Acara Fun Talk!

fun-talk-home-credit-willgoz
(AyoMajuBersama Dengan Jago Jualan Makanan Ala Chef Willgoz. Dokpri)



Berada di masa pandemi seperti sekarang ini, mau tidak mau aku dan juga suami akhirnya berputar otak untuk tidak bisa mengandalkan satu pintu rezeki saja. Kita tidak tau sampai kapan pandemic ini akan berakhir, oleh sebab itu membuka bisnis kecil-kecilan menjadi opsi yang terbaik untuk membuat perputaran pada pendapatan kami ini.

Peluang berjualan bisnis di era pandemi

Beruntungnya sekarang ini teknologi informasi memberikan kemudahan dalam memberikan referensi untuk memulai bisnis dari mana. Nah, setiap hari Rabu malam aku selalu mantengin Instagram Live dari Home Credit Indonesia yang mana selalu berkolaborasi dengan narasumber yang kece-kece banget.

Tanggal 16 September 2020 kemarin, akhirnya aku bisa lihat Instagram Live Home Credit Indonesia bersama Chef Wilgoz, atau William Gozali. Teman-teman pastinya udah ga asing lagi bukan dengan sosok Chef, content creator pada channel Youtube nya dan juga sebagai penggiat bisnis F&B lho.

Aku selalu mengikuti content-content yang selalu disuguhkan oleh Chef Willgoz dalam channel Youtube nya yaitu membuat masakan-masakan yang simple tapi bisa dengan mudah aku praktikan di rumah. Sepertinya menu di rumah menjadi kaya dan dapetin banyak insight dari resep-resepnya Chef  Willgoz.

Chef Willgoz ini dikenal sebagai pemenang Master Chef Indonesia season 3 pada Instagram Live nya beliau untuk membagikan tips and trick resep jagoan bisnis makanan di era pandemi seperti sekarang ini. Aku udah semangat banget nyimak semua materi dan juga insight dari beliau.

Let's Talk About Chef Willgoz Before!

Mungkin kita harus tau dari sisi personalnya Chef Willgoz ini mengapa begitu ber-passion dalam dunia kuliner, tidak tanggung-tanggung beliau ini tak ayal menjadi seorang pemenang di Master Chef Indonesia, beliau begitu serius menggeluti dunia kuliner ini hingga mengambil sekolah di Le Cordon Bleu Australia sehingga tak ayal ya menjadi hebat dan menurutku semua resepnya begitu mudah dan bisa langsung diterapkan di rumah.

Bisnis makanan yang sempat aku mention diatas yang dijalani oleh Chef Willgoz dan juga istri ini bernama Sunny Fat Day yang mana memberikan sajian menu rice bowl yang unik dan sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta juga. Namun situasi pandemi Covid-19 ini diakui oleh Chef Willgoz, mengalami penurunan dan harus benar-benar memiliki skill survive yang begitu tinggi terutama untuk bisnis makanan.

Baca Juga: Wakame Beef di Janji Jiwa Toast Adalah Karya Chef Willgoz Lho!

Jujur aja aku bersama keluarga suami, terutama ibu mertuaku itu yang jago masak, namun aku belum begitu “jago” untuk mengolah bahan-bahan menjadi sebuah makanan tradisional karena ibu mertuaku ini pernah berjualan gudeg Jogja tapi home made, namun belum bisa aku teruskan.

Benar seperti yang Chef Willgoz katakan jika ingin berbisnis makanan, walaupun bisnis makanan ini adalah bisnis kecil-kecilan tapi realistis banget kalo mau dimulai tapi harus diperhatikan dan gabisa asal-asalan.

"Kalo mau bisnis F&B itu ya minimal dalam satu minggu 2 kali kita terus makan, makanan yang akan kita jual. Jangan sampai bosan, jangan sampai lelah untuk terus mengkoreksi detail-detail yang kurang dari sajian menu makanan yang akan kita jual kepada konsumen"

Ini sih besar banget insight nya buat aku lho, yang saat ini masih baru ke bisnis beverages dan belum masuk ke bisnis food. Walaupun sedikit demi sedikit sudah juga sih jualan frozen food gitu. Dan Chef Willgoz ini ketika Instagram Live, seru banget lho, beliau bahkan share kenapa ia bisa ber-passion di kuliner, bukan hanya dari sekolah kuliner saja, tapi di keluarganya dia selalu diajarkan untuk tidak jajan di luar dan mau tidak mau jadi mahir mengolah makanan di dapur. Kece ya!

Bagaimana Memulai Jago Jualan Makanan Ala Chef Wiilgoz?

Tentu penurunan dari bisnis makanan saat pandemi ini dirasakan juga oleh Chef Willgoz dan memberikan semangat kepada kita semua yang sudah menjalani bisnis makanan sebelum pandemi dan berdampak sekarang untuk tetap bisa menerima keadaan.

Ikhlas adalah hal yang sulit, tapi harus, begitu kata Chef Willgoz. Lalu kurangin menu-menu yang dirasa bisa memaksimalkan dari menu andalan saja, sehingga lebih menghemat SKU raw material dan juga inventory. Dan yang terpenting adalah menekankan kepada para konsumen bahwa menu-menu yang kita jual ini sudah sesuai protokol kesehatan yang baik dan benar.

Masukan dari Chef Willgoz kepada para penggiat bisnis makanan di era pandemi ini adalah kenali jenis kuliner apa yang akan dijual. Apakah yang termasuk common food atau yang unique? Kalo Chef Willgoz sendiri senang bermain di common food karena sudah pasti diterima oleh masyarakat tinggal berkreasi saja dimulai dari condiment atau mengganti makanan utama dari menu tersebut dengan varian lain, seperti ramen rawon, nasi goreng rawon dan menurutnya..

"Jangan merasa makanan viral itu bisa membuat bisnis makanan meningkat drastic, ya memang kala itu meningkat tajam, tapi tidak bisa bertahan (sustain) dan sulit mendapatkan moment kembali untuk bisa dijual secara continue"

Oleh karenanya Chef Willgoz juga memberikan insight kepada yang mau berjualan F&B itu maksimalkan dulu kepada inner circle kita sendiri dulu aja, Karena saat ini mengiklankan itu cukup mahal dan menguras modal kita. Lalu kalo ada teman yang berprofesi sebagai influencer, blogger, selebgram bisa meminta bantuan untuk kirim produk secara free atau ada kesepakatan lainnya.

tips-jago-jualan-makanan-ala-chef-willgoz
(Tips dan Trik Bisnis Food and Beverages Ala Chef Willgoz. Dokpri)


Adapun Fun Talk yang diadakan oleh Home Credit yang menghadirkan para narasumber yang melakukan sharing-sharing berkaitan dengan keadaan masyarakat Indonesia di masa pandemi ini.

Baca Juga: Mulai Berjualan Makanan Dengan Ini!

Lalu adanya program seperti ini membuat kita untuk bisa #AyoMajuBersama dengan insight-insihgt brilian, yang membuat diri kita berani melangkah hal-hal yang positif dan bisa bertahan di masa pandemi seperti sekarang ini. Oya, kalian bisa banget lho nonton Instagram Live bersama Chef Willgoz disini ya!




18 komentar

  1. Tipsnya maknyus banget, jadi pengin usaha kuliner lagi aku, Mbak.

    BalasHapus
  2. Nggak bisa masak aku bisanya ngabisin makanan aja.

    BalasHapus
  3. Salah satu chef favorit aku karena resepnya simple tapi enak. Sodaranya juga ada yang seneng bahas skincare dan penjelasannya detail bgt, mudah dicerna, keren deh keluarga Gozali ini.

    BalasHapus
  4. Dicamkan banget nih, jangan sampai lelah untuk terus mengoreksi detail-detail yang kurang dari sajian menu makanan yang akan kita jual kepada konsumen. Jualan makanan itu gak bisa asal2an emang ya Mbak Grandys... tfs

    BalasHapus
  5. Chef idola banget nih chef willgoz, aku suka liat IG dan youtubenya, jadi semanagt masak.. hihi. Kayanya bisnis makanan emang jadi bisnis yang rame pas pandemi ya, tapi tetep sesuai yg dibilang chef willlgoz, ga boleh lupa memperhatikan protokol kesehatan juga yaaaaa

    BalasHapus
  6. the power of social media ini saya percaya banget kak, soalnya sekarang zaman sudah canggih semuanya serba online, jadi termasuk jualan makananpun kayaknya semuanya harus mulai beralih ke online, apalagi saat pandemi seperti ini, di mana orang malas dan takut keluar rumah, jadi manfaatin digital buat jualan makanan akan sangat membantu sekali

    BalasHapus
  7. aku suka nonton channel youtube chel Willgoz nih, waktu itu diinfo juga sama dia bakalan life di IG sama Home Credit. Eh sebenernya anakku sih yang nonton aku ikutan aja :-D
    The power of social media memang besar banget ini perannya ya

    BalasHapus
  8. Aku padamu Dys. Udah ngeshare tips yg bermanfaat banget dari cheff yg cari ilmunya sampai ke Australia. Apalagi beliau juga juara master cheff ya pasti ga diragukan lagi ilmu jualannya karena udh praktek juga punya beberapa cabang di Jkt

    BalasHapus
  9. Nah, iya aku suka kepikiran sama makanan viral trus nggak lama ilang. Bertahan lama dan sustain itu emang tricky banget ya di bisnis makanan.

    BalasHapus
  10. Dari zaman dia di Masterchef sampai sekarang jadi content creator masak saya selalu suka sama chef wilgoz. pembawaannya asik, masakannya juga enak kynya hehe

    BalasHapus
  11. Seru ini acaranya. Aku ngikutin tiap episodenya jadi nambah insight baru.

    BalasHapus
  12. Tips nya sangat bermanfaat banget nih untuk yang sedang menjalani usaha kuliner rumahan :)

    BalasHapus
  13. Beberapa temenku begitu tuh. Mereka jualan makanan favorit anak-anak mereka. Jadi kalo apes-apesnya lagi sepi ya bisa buat makan mereka. :) Tapi semoga mah laris manis selalu.

    BalasHapus
  14. Ingat banget pernah ketemu mbak-mbak di suatu event. Dia bilang nggak bisa main IG dan anaknya bantu. Sekarang dia mulai PD di medsos dan bikin video singkat gitu. Akhirnya orderan tambah banyak dan aku sering langganan sama dia dan bantu promosiin juga. The power of medsos ya. Tapi dia baik banget kasi aku bonus kadang.

    BalasHapus
  15. Boleh juga nih dicoba. Terutama ilmu ihlasnya dari Chef Willgoz hihi 😀

    BalasHapus
  16. Usaha kuliner salah satu yang tetap bisa jalan ya di amsa seperti sekarang...Tipsnya dari chef cucok banget nih...

    BalasHapus
  17. mama mertua ku bisnis kuliner, selama pandemi masih running well malah banyak orderan apalagi untuk menu sehat seperti ikan, salad buah dan sayur, laku terus kak.

    BalasHapus
  18. Bener nih e-commerce sangat membantu sekali di masa pandemi kaya gini. Suka dengerin will goz share ilmu masaknya juga tuh aku,sama ikutin instagramnya,easy banget di praktekinnya.

    BalasHapus