Travelling Road Trip: Dieng Plateau Wonosobo dan Cirebon

candi-arjuna-dieng-plateau
(Kawasan Candi Arjuna Dieng Plateau. Dokpri)

Ada hikmahnya juga stay at home kayak gini, jadi aku bisa mulai merajut cerita-cerita perjalanan travelling aku yang belum juga terpublish.

Kali ini aku mau cerita pengalaman road trip menggunakan mobil dari Tangerang menuju Dieng, Wonosobo tentu dengan beragam cerita-cerita lucu dan juga seru di dalamnya.

Awalnya kami berangkat dari Tangerang itu siang hari dan menjadi cukup lama stuck di Jakarta, karena kalian mengerti kan kenapa? MACET!

Permasalahan yang bikin keki sejak aku menjadi anak ibukota (cieh) adalah harus berdamai denga kemacetan yang mau gak mau aku harus selalu merasa semuanya itu normal like "it's okay not to be okay"

Sebagai navigator yang berada di sebelah suami sebagai driver dalam perjalanan road trip ke Dieng kali ini membuat aku merasa cukup lelah. Soalnya gaboleh tidur sama sekali, sekalinya tidur udah pada ngomel-ngomel kan, cukup tau diri dan jadinya kapok aja gitu aku gamau di depan lagi haha.

Bermalam di Hotel Wisata Niaga Purwokerto

hotel-wisata-niaga-purwokerto
(Bumer sarapan di Hotel Wisata Niaga Purwokerto. Dokpri)

Rangkuman perjalanan panjang itu membuat kita berakhir dan juga bermalam di sebuah hotel di Purwekerto yaitu Hotel Wisata Niaga Purwekerto yang terkenal sebagai hotel kampus, soalnya lokasi hotel dekat dengan kampus Unsoed dan juga katanya murah.

Nyatanya? ya engga juga haha, secara kami baru booking di jalan pas malam harinya dan emang sampai hotel Wisata Niaga itu menjelang dini hari gaes. Asli perjalanan malam ini juga cukup seram karena berjibaku dengan bus-bus malam Jawa Tengah yang "you know lah ya" same as like "Sumber Kencono, Eka Mira kalo di Jawa Timur.

Baca Juga: Review Hotel Seruni Bogor, Recomended!

Menginap semalam untuk bisa cuss ke Dieng Wonosobo, ya diterima aja kalo pesan kamar ala-ala kos kosan gitu. Dibilang murah, kita pesan 3 kamar standart ini habis satu juta dan itu tempat tidurnya twins size.

Dan saat sarapan pagi juga kita cukup mengenyangkan sih, aneka masakan pilihan khas Purwokerto juga disajikan. Cukup buru-buru sih ke Diengnya karena takut hujan, akhirnya apa yang ditakutkan itu terjadi.

Dieng Plateau

batu-pandang-ratapan-angin-dieng-wonosobo
(Sedia jaket ya kalo ke Dieng. Dokpri)

Awalnya mau naik ke Prau, aku udah kangen banget naik gunung, trus kata suami,

"yaelah baru naik gunung Papandayan sama Manglayang aja udah berasa jadi anak gunung, pake kangen-kangen naik gunung"

Secara dulu pas awal-awal nikah kita pernah berencana untuk ke Semeru dan itu semuanya hanya sekadar wacana belaka saja bung!

Kan impossible thing gitu bersama rombongan orang dewasa plus ada mertua yang usianya menginjak 60-an tahun dan ngeliat ada anak mantu yang masih berjiwa sangat muda ini, pengen naik-naik gunung. Akhirnya kita ke Batu Pandang Ratapan Angin yang lokasinya itu menanjak ya guys.

batu-pandang-ratapan-angin-dieng-wonosobo
(Disini hujan, ambyar deh..Dokpri)

Jadi ada persewaan tongkat rotan gitu sebesar 2000 rupiah dan ngebantu banget buat yang mau ke atas. Sebenarnya kalo ke Dieng emang wajib pake jaket tebal atau jaket gunung gitu ya. Karena emang dingin dan juga antisipasi kalo hujan.

Baca Juga: Pengalaman Lava Tour Jogja, Baca Yuk!

Eh gak lama pas sampai atas, kabutnya tebal banget kan itu, jadi ya banyaknya kita foto selfie dan langsung deh turun hujan.

candi-arjuna-dieng-plateau
(Demi konten, foto hujan-hujanan sudah biasa. Ini di Candi Arjuna Dieng Wonosobo. Dokpri)

Kita udah merencanakan untuk ke Kawah Sikidang, bahkan udah parkir di tempat lokasi wisatanya sambil makan sate plus lontong pun hujannya enggak kelar-kelar. Lalu mau ke Talaga Warna apalagi mau ke bukit Sikunir yak, semuanya bablasss angine!

(Kawasan Candi Arjuna Dieng Wonosobo. Dokpri)

Yang cuma bisa diusahakan plus itu juga sambil basah-basahan dan keliatan kayak demi konten gitu, bela-belain ke Candi Arjuna dengan sewa payung plus perut aku tiba-tiba mual banget.

Hujannya deras banget dan kalo dilihat dari foto kayak ga terjadi apa-apa ya guys, padahal itu fotonya ya sambil hujan-hujanan haha.

Menuju Cirebon untuk Bermalam sebelum pulang ke Tangerang

kawasan-wisata-dieng-wonosobo
(Daerah Batang, sepulang dari Dieng otw Cirebon. Dokpri)

Akhirnya udah kita sepakat untuk jalan pulang aja menuju Cirebon dan perjalanan pulang dari Dieng ini horor banget brou!!

Asli deh, ngeri-ngeri sedap melalui jalanan pegunungan yang berkelok-kelok tajam dan bagian kiri itu jurang dan ya Allah kayak nyaris aja gitu ga terlihat, karena tertutup kabut dengan jarak pandang yang pendek.

Menginap di Hotel Santika Cirebon

review-hotel-santika-cirebon
(Asal foto, udah pengen ketemu kasur buat rebahan. Dokpri)

Beneran bikin gabisa tenang pas masih di kawasan Dieng ini. Kita juga kayak ga mampir kemana-mana dan udah memutuskan ke Cirebon buat menginap di Hotel Santika, lumayan rebahan dan menikmati suasana Cirebon yang kitanya juga tidur-tidur pada akhirnya.

(Nasi lengko khas Cirebon di Hotel Santika. Dokpri)

Besok paginya sebelum sarapan dan berenang, kita ikut CFD-an yang lokasinya enggak jauh dari hotel Santika. Sarapan yang lumayan enak karena bisa cobain nasi Lengko khas Cirebon. Lalu aku nyobain jamu bratawali yang lama ga aku minum, pas minum ya Allah itu pahitnya seperti kehidupan yang fana ini ya guys..

Kulineran Empal Gentong H. Apud khas Cirebon

empal-gentong-haji-apud-cirebon
(Empal Gentong H. Apud Dokpri)

Sebelum jam 1 siang kita udah bertolak dari Cirebon agar bisa sampai Tangerang sebelum magrib dan alhamdulillah tiba sekitar jam 4 sore. Lumayan juga road trip ini ya seru dan ada rasa pegalnya, apalagi suamiku anak bungsu yang gamau banget buat gantian sama kakak-kakaknya nih buat ngedriver-in.

Baca Juga: Nikmatnya Sate Maranggi H. Yetti Purwakarta

Dan alhamdulillah bisa nikmatin Empal Gentong H. Apud yang lumayan rame dan cukup luas juga lokasinya. Entah kenapa aku lebih prefer buat pesan empal asem daging ya daripada Empal gentong ini yang lumayan pekat warna kuningnya dan tapi tetap enak kok.

empal-gentong-haji-apud-cirebon
(Review Empal Gentong H. Apud Cirebon. Dokpri)

Enaknya lagi di dekat Empal Gentong H. Apud ini ada lokasi tempat membeli oleh-oleh karena pengen juga sih explore kawasan batik Trusmi tapi kayaknya enggak akan keburu mana esoknya kan Senin jadi maksimal Ashar tuh kita udah sampai di Tangerang.

Begitulah guys, catatan travelling ala-ala aku ke Dieng yang rasanya harus direvisi dan ya kudu balik lagi gitu ke Dieng karena belum juga cobain oleh-oleh Purwaceng dan beli manisan buah Carica khas Dieng itu.

Semoga ini ga terlalu telat dan lebih baik akhirnya ter-publish juga berkat aku ikutan ODOP ini hehe. Kalian ada yang pernah ke Dieng dan road trip juga? Share dong pengalamannya di kolom komentar!