Taylor Swift: Film Dokumenter Miss Americana dan My Reputation Tour

taylor-swift-miss-americana
(Taylor Swif di film Miss Americana and My Reputation Tour. Dokpri)


Jujur aja kadang aku merasa bangga gak salah milih selebriti yang aku sukai. Jadi sekitar awal masuk kuliah, aku teracuni dengan kehadiran Taylor Swift di tahun 2011 dan itu benar adanya aku menjadi swifties di tahun-tahun itu hingga detik ini.

Beberapa waktu kita sadar kalo Taylor Swift sempat vakum dari dunia musik dengan alasan yang mungkin tidak ingin aku tau gitu lho, karena aku sadar kalo Taylor Swift ini beneran segenius itu sebagai penyanyi dan bukam penyanyi biasa, dia juga song writer dari semua lagu-lagunya.

Taylor Swift Bukan Penyanyi Biasa

Orang yang paling berpengaruh buat aku dari sisi Taylor Swift adalah karena emang pertama kali suka sama lagu bergenre country pop dan menurutku dia sangat-sangat jenius karena sejauh ini lagu-lagi yang dia ciptakan selalu easy listening dan sesuka itu sama dia dari jaman aku kuliah. 

Lagu-lagunya ga selalu kisah romance yang kebanyakan sering diangkat tapi kisah perjuangan dia masuk ke label musik dari istilahnya dia dari bawah gitu ya, yang memiliki keyakinan sampai berada di poisis menggelar tour di My Reputation itu tahun 2018.

Jarang juga nih aku bahas sebegininya soal musik di blog karena emang sengefans itu sama Taylor Swift, lagu-lagunya yang baru tenar karena Tiktok Love story, padahal mah itu jaman aku kuliah ya ampun haha.

Inget banget kuliah ngumpulin foto-foto dia sampe download, dan pengen banget gitu datengin konsernya di Jakarta sebagai swifties? Ngarep aja kali ya jaman kuliah dulu mah, trus beberapa tahun terakhir setelah 2016-an gitu Taylor Swift sendiri seperti ga muncul di beberapa publik.

Kenalan sama Taylor Swift Dulu Yuk!

Sebelum bahasan ke film dokumenter dengan judul Miss Americana dan juga My Reputation, cuss kita ketahui dulu siapa sih Taylor Swift. Jadi nama aslinya tuh Taylor Alison Swift (13 Dec 1989) yang lahir di Pennsylvania AS.

Di usia Taylor Swift yang 14 tahun dia tuh udah tanda tangan kontrak label Sony/ATV music saat pindah ke Nashville. Nah aku salut banget dengan kegigihannya yang luar biasa dari seorang gadis remaja dengan didampingi oleh ibunya, membawa gitar miliknya dan menyanyikan lagu ciptaan dia sendiri kala itu.

Suatu ketika ibunya di vonis mengidap kanker dan film Miss Americana ini jadi rekam perjalanan kariernya Taylor Swift sih. Udah gitu di tahun 2000-an saat ia mendapatkan penghargaan dan satu panggung dengan Taylor Lautner (mungkni dia jadi MC ya saat itu), tiba-tiba Kanye West naik panggung dan mengatkan bahwa Taylor Swift tidak pantas di posisi ini, masih ada yang lebih baik dari dirinya.

Ternyata ya saudara-saudara, ketidak akuran ini berawal dari sini toh. Jatuh bangun meniti karie ini terasa banget di diri Taylor Swift sehingga di suatu titik ia berada di kondisi yang tampak begitu kurus seperti mengalami gangguan makan (anorexia) dan mendapatkan komentar pedas dari netizen.

Belum lagi ia mengalami pasang surut dengan beberapa deret nama lelaki yang membuat ia diberikan label sebagai playgirl, salah satunya sama Taylor Lautner itu dan juga Harry Styles. Padahal di film dokumenter nya ini kayak ga ada sedikit penjelasan mengenai hal itu.

Yang ada di sekitar tahun 2017-2018 gitu Taylor Swift memang sudah memiliki kekasih namun ia tidak publish secara terang-terangan wajah pacarnya ini dan sepertinya bukan dari kalangan selebritas. Namun sempat diabadikan dalam cuplikan video singkat kebersamaan mereka dan terekam hanya tangan lengan dan juga suara dari pacarnya Taylor Swfit ini, kabarnya juga sih sampai sekarang ya hubungan mereka ini.

Speak Up seorang Taylor Swift

Yang bikin aku makin wow aja gitu sama dia adalah keberanian dia untuk speak up. Selain lagu Speak Now yang pernah ia rilis dan menjadi lagu favorit aku juga, ternyata masa kecil yang mengalami bullying sehingga beberapa lagunya terinspirasi dari sana. Taylor Swift juga sangat ingin memperjuangakan UU keadilan mengenai hak-hak wanita yang harus disuarakan oleh wanita juga.

Ia ingin memiliki hal politik ini sampai ada adegan ia menangis karena ia tidak ingin melihat ketidakadilan berupa hak-hak wanita yang dirampas, belum lagi kekerasan dalam rumah tangga dan jua penguntit yang ia bahas disini, menjadi issue hangat banget.

Sampai-sampai Donald Trum ikut angkat bicara mengenai repson Taylor Swift untuk "melek politik" ini sampai mengatakan bahwa kegemarananya akan musik Taylor Swfit turun 25%".

Proses rekaman dan juga pematangan lagu demi lagu yang pure tercipta dari kejeniusan dia ya dalam bermusik serta director nya ini gak main-main. Aku kagum aja sama Taylor Swift apalagi saat gebakan ablum Lover yang muncul di 2019 benar-benar booming banget.

My Reputation juga sebagai tour albumnya ini benar-benar menggambarkan diri Taylor Swift yang open, ia jga ramah banget sama para fans nya, seadainya gitu ya aku nanti berkesempatan pelukan dan foto bareng Taylor Swift!

Dalm tour nya ia tidak segan mengucapkan satu persatu siapa yang berjuang mensukseskan acara tour ini dari mulai petugas kebersihan, perancang panggung dan juga pencahayaan, pokoknya kita dibuat terharu dari semua perkatannya di My Reputation ini.

Soal lagu-lagu Taylor Swift

Resmi di tahun 2006 Taylor Swift rilis album perdananya di tangga Billboard 100 Teadrops On My Guitar dan Our Song. Lalu ke lagu berjudul Fearless rilis juga Love Story, You Belong With Me.

Ga tanggung-tanggung, Taylor Swift juga borong Grammy Awards pertama kalinya lewat nominasi album of the year and best country album. Di tahun 2010 dan 2012, ada Speak now 2010 red 2012. Yang berkesan buat aku adalah lagunya 22, Back to December and I Knew Yore Trouble.

Rasanya lagu-lagunya Taylor Swift pada jamannya itu (apalagi yang Red) menggambarkan GUE banget saat itu. Loveable pokoknya. Tahun 2014 Taylor Swift juga melakukan Red Tour berbarengan dengan hadirnya Album 1989 sebagai bukti tidak hanya musik country yang bisa ia ciptakan, tapi genre pop gak kalah hebat dan kecenya.

Lagunya di album 1989 adalah Shake it Off dan Blank Space, duh ini juga enak-enak banget buat jadi list di Spotify pokoknya. Dari setiap kemunculan lagu-lagunya, kerap Taylor Swift mendapatkan respon dimulai dari semua lagunya itu berdasarkan curhat-curhatannya terkait bermasalah dengan Kanye West bahkan sampai patah hati atau putus cintanya.

Lagu berjudul Bad Blood juga berhasil raih 2.7 miliar penonton bersamaan dengan Shake It Off, emang seenak itu gengs! Ga salah kalo ia sampai mendapatkan gelar musisi dengan pendapatan tertinggi pada Desember 2018 sebesar 80 juta dolar AS.

Namanya manusia, ya pasti punya sisi baik dan buruk. Aku menyukai Taylor Swift dari sisi kejeniusannya, kegigihannya, rasa rendah hati, begitu mulia sama ibunya dan juga penyayang kucing. Di akhir film dokumenternya, Taylor Swift mengumpulkan jurnal-jurnal catatan bagaimana ia menciptakan lagu-lagi dari bait per bait. Keren banget pokoknya! Adakah kalian yang suka juga sama Taylor Swift?


3 komentar

  1. Huaaaa ini sama kayak aku! Aku penikmat Taylor Swift banget Mba! So proud of her, bahkan masih sering rewatch speech Taylor di Grammy Award ke 58. Tumbuh bareng lagu-lagunya banget dari SMA sampe sekarang. Oh ya Mba tampilan blognya bagus banget.

    BalasHapus
  2. lagunya itu suak dan penuh semangat

    BalasHapus