Rumah Makan Wong Solo, Rekomendasi Makanan Berkuah dan Segar Bersama Keluarga

 

review-garang-asam-wong-solo
Garang Asam Ayam di Wong Solo. Dokpri

Haaaa demi apa, makannya di tahun 2021 lalu di 2023 baru di review haha. Kalau bukan karena challenge dari grup untuk share travel dan juga kuliner, rasanya bakal numpuk stock foto doang di galery tapi ngga berbuah jadi cerita haha.

Dan aku baru sadar, walaupun ngga semua tulisanku traffic nya bagus, tapi ada beberapa traffic nya tuh naik secara organik, karena jujur aja aku udah jarang dan malah hampir gapernah untuk ikutan BW (Blog walking) jadi untuk comment atau view yaaa buat yang tau-tau aja haha. Alhamdulillah ada yang terbantu dengan artikel atau tulisan yang aku ulas melalui blog ini, semoga makin banyak cerita, makin banyak lokasi yang dikunjungi jadi bisa terus berbagi.

rumah-makan-wong-solo-dekat-tangcity
Ambience Wong Solo dekat Tangcity. Dokpri

Ya review kali ini karena ngubek foto di tahun 2021 ada ke rumah makan Wong Solo tapi ngga pernah sempat ke review haha. Rumah makan Wong Solo yang aku review ini yang berlokasi di depan mall Tangerang City, tapi area samping yang area parkirannya (yang dulu bekas pasar). Kalau ngga salah kesini ya karena iseng dan pengen coba juga makan sotonya. Kali ini aku pesan Garang Asem seharga 27K dan suamiku Soto Kudus 14K dan nasi putih satu porsi 6K serta untuk minumnya es campur 5K.

Untuk ukuran soto Kudus nya sih lumayan dan kalau mau soto Kudus yang dicampur dengan nasi gitu bisa di harga 17K tapi karena suamiku ngga terbiasa kalau makan yang langsung dicampur dengan nasi dan kuah terutama kalau makan soto.

soto-kudus-di-wong-solo
Soto Kudus di Rumah makan Wong Solo. Dokpri

Dan aku pesan Garang Asem yang langsung pakai daun pisang trus pas dibuka ayamnya tuh lembut, waktu dibuka pake sendok juga dagingnya lembut ngga ada aroma amis malah segar dan gurih. Over all aku suka sih cuma untuk harga Garang Asam dengan ukuran ayamnya yang cuma 1 dan sedang ini menurutku agak-agak pricy tapi ya mungkin segini standar harga rumah makan ya.

Menurutku sate ati ampela di sini gak mahal juga, satu tusuk di harga 7ribu sama seperti sate telur puyuh. Untuk harga tahu di 4K dan tempe 5K sedangkan perkedel di 6K. Yaaa lumayan kalau ada addons kayak gini guys hihi. Konsep rumah makannya ndeso bilik gitu jadi nyaman-nyaman aja apalagi buat santap sama keluarga.

rumah-makan-wong-solo
Makan di rumah makan Wong Solo. Dokpri

Dan menurutku kalau pergi-pergi tuh paling enak makan soto atau yang berkuah-kuah gitu, karena selama di perjalanan udah kena angin AC pasti perut kondisinya agak kurang enak yaaa ada aja yang dikeluhin terutama masuk angin haha. Makanya aku paling suka cari persotoan ini untuk penyelamatan darurat lapar daripada yang ngandelin makan fastfood di rest area, mungkin ini kalau sudah darurat banget-bangeeet ya dan ngga nemu lagi makanan lainnya. Karena ya, makanan kering gitu memang enak dan juga praktis tapi aku orangnya butuh berkuah dan masih ada kandungan sayurannya juga.

Jika ada perubahan harga di masing-masing menu di atas, mohon dimaklumi ya karena sekali lagi ini percobaan ke rumah maka Wong Solo nya tuh di tahun 2021. Oya kalian team soto-sotoan yang seger gitu atau team yang keringan? 

perkedel-di-rumah-makan-wong-solo
Add ons ada perkedel, tempe, tahu, sate ati ampla dan sate telur puyuh. Dokpri

Nah kebetulan kalau jalan sama papahku, dia harus warung Sunda pokoknya karena kalau soto dia tuh kayak bosan dan bukan orang yang suka soto gitu sih, nah kalau aku emang suka. Mulai dari soto bening, soto yang ada santannya, sikaaaattt. Cuma ada satu soto yang agak aneh yaitu soto Kuning Bogor, walaupun di lokasi yang kata orang recomended tapi aku ngerasa ngga pas di lidah.

rekomendasi-tempat-makan-garang-asem-enak
Teman hidup sekaligus teman kuliner gaksi. Dokpri

Dan di rumah makan Wong Solo ini selain menyediakan soto dan juga Garang Asem, ada pecel (sayur) dan juga Ayam Goreng gitu. Kalian tertarik untuk coba? Komen di bawah ya

23 komentar

  1. Di Bandung pun ada, aku beberapa kali makan di Wong Solo, karena merassa Wong Solo juga sih yang tinggal di Bandung hihii. Emang enyak2, makannya dan ituuuu menggoda banget ads on nya prekede, sate puyuh, tahu tempee ahh pengen nyomoot.

    BalasHapus
  2. Adududuh Neng, bikin ngiler itu yang berkuah-kuahnya. Suka deh aku. Seger, pedes yang aku suka. Jauh eung. Sementara mah aku mau bikin dulu ah yang kayak begitu. Udah lama nih aku gak masak yang begitu. Walopun rasanya mungkin gak sama. Hahahaha.

    BalasHapus
  3. Aku pernah makan di RM Wong Solo Tangerang ini. Incaranku garang asam ayam. Wah di sini emang garang asamnya top banget dah. Selain itu mereka juga ada menu Tahu Telur yang menurutku rasanya juga juara. Duh jadi pengen datang ke sana lagi deh :)

    BalasHapus
  4. Saya team penyuka makanan berkuah, Mbak. Suka sama soto-sotoan, termasuk garang asem. Kalau gak ada pilihan menu kuah-kuahan, baru deh pesan yang keringan seperti ayam goreng. Duh, bahas makanan pagi-pagi gini, jadi bikin lapeeer hehehe

    BalasHapus
  5. Kalau perjalanan jauh dan capek di jalan Aku juga pasti memilih makanan yang berkuah kayak soto atau bakso gitu. Di Kudus pun harga soto 1 mangkok sekitar 17 sampai 24.000 lo mbak

    BalasHapus
  6. aahh Soto Kudus my favorite!! suka banget sama kuliner khas Kudus ini, bisa nambah hhhahaha tapi makannya tanpa nasi

    BalasHapus
  7. Aku juga ndys, segala soto tuh sukaa. Iya kalau di jalan enak segeer gitu ya tapi nggak harus soto. Keringan juga maulah aku diajak ke Wong Solo ini. Lumayan dekat rumah aku inii ya. Belum pernah tapi aku tertarik garang asemnya ndys

    BalasHapus
  8. Ya ampun, baru lihat foto pertama, garang asem dengan irisan belimbing wuluh aja udah bikin ngiler mbak. Padahal baru sejam yang lalu aku makan siang lho mbak.
    Kebayang makan soto kudus, sama tahu dan tempe bacem. Tanpa nasi pun udah pasti kenyang dan puas kalau saya mbak

    BalasHapus
  9. Ya ampun siang-siang begini melihat gambar garang asem bikin laper, pasti segar sekali dimakan di cuaca yang panas begini. Garang asem ini jadi salah satu makaan kesukaan saya, dengan cita rasa yang kompleks dipadukan dengan nasi hangat, abisin nasi sebakul ini mah.

    BalasHapus
  10. Ih aku ngiler banget itu lihat menu makanannya, andai dekat pasti sudah ku samperin kesana deh. Tapi memang yang namanya masakan Indonesia tuh selalu enak dan bikin nagih.

    BalasHapus
  11. Di Bengkulu juga ada Mba da makanannya itu obat Kangen juga sama makanan Jawa
    Tempatnya juga asik bisa kumul sama teman dan Keluarga

    BalasHapus
  12. Kalau aku tergantung sikon. Pas pergi dan santai, emang paling bener makan berkuah apalagi kalau ke tempat kaya gunung. Kan dingin ya. Jadi makan kuah panas tuh enak

    BalasHapus
  13. Yang berkuah kayaknya seger banget Mak. Kayahnya pernah baca nama rumah makan Wong Solo tapi lupa di mana.

    BalasHapus
  14. RM Wong Solo sudah kunikmati sejak 1994 - saat kuliah. Dulu pas ada duit sesekali makan di sini karena di Bali cari restoran halal masih sulit . Sampai kini masih juga rasa dan suasananya di cabang" terjaga. Salut!

    BalasHapus
  15. Garang asem tuh akuu sukaak banget ngeet...dulu nenekku jualan lauk pauk suka bikin garangasem ayam kampung jadi kangen....
    Namanya saja pake solo brarti jenis masakan solo yaa dan aku dr solo cocok banget kalau mampir kesitu.

    BalasHapus
  16. Ahahaha bener2 daripada menuh2in galeri, sedikit demi sedikit mari pindahkan ke blog :D
    Lapeerrrrr. Enak-enak makanannya. Jadi keidean buat masak soto besok #eh.
    Oooo rumah makannya gak di mall ya? Malah bagus ya interiornya njawani.

    BalasHapus
  17. Seger banget makan garang asemnya..
    Aku suka makan di Rumah makan Wong Solo tuh karena selain suasana, pilihan menu sampai ke pelayanannya nyaman. Apalagi bagi yang dalam perjalanan. Kaya menunya gak asing, jadi uda pasti lahap makannya.

    BalasHapus
  18. Suka banget sama soto kudus, apalagi ditambahin sate-satean... Seumur-umur saya belum pernah coba nih makan garang asem ayam. Padahal lumayan sering liat juga ada toko/restoran yang jual...

    BalasHapus
  19. Omg, baru buka artikel ini, sudah disuguhi foto garang asem
    Segar dan sangat menggoda sekali mbak
    Jadi lapar baca ini, hehe

    BalasHapus
  20. kalo lagi dalam perjalanan terus berhenti nyari makanan aku juga memang lebih milih makanan berkuah, hangat atau pedas karena bisa ngurangi mual perjalanan
    menu wong solo ini enak sepertinya dengan harga yang cukup terjangkau

    BalasHapus
  21. Wong Solo ini banyak cabangnya yaa,belum pernah mampir mencicipinya deh enak banget kayaknya pendamping sotonya yaa kayak perkedel dan sate yummii

    BalasHapus
  22. Wong solo kalau disini khasnya cuma menu ayam bakar plus sup, ayam penyet,

    BalasHapus
  23. itu seger banget kuahnya dari jauh, sampe glekk. tapi jadi ada kayak tempat angkringan juga ya menunya. akrab dan hangat sama keluarga pastinya!

    BalasHapus