Makanan Halal Bali-Ayam Betutu yang Endeus Banget




rekomendasi ayam betutu di Kuta Bali

Pada hari kedua di Bali, aku makan malam diajak sama suami ke Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang lokasi nya berada di tengah kota banget, dekat dengan pusat oleh-oleh Krisna yaitu di Jl. Raya Tuban No. 2x-Kuta.

Aku menyewa motor yang alhamdulillah banget tepat di depan hotel dan selama 24 jam kita menyewa seharga Rp 70.000,00 dan pergilah kita ke lokasi dengan waktu tempuh 15 menit dari hotel. 

Sesampainya disana, parkiran sudah full dengan mobil dan kita mendapat parkir di trotoar luar. Aku udah berfikir, wah ini enak banget kayaknya sampai penuh kayak gini.

Masuklah kita dan benar saja, didalam ruangan sudah full oleh para pengunjung dan kita menempati bangku yang telah kosong. Suami otomatis nyeletuk beberap rekomendasi menu karena saat acara kantornya sudah pernah memesan sehingga kita pesan paket satu ekor ayam betutu sudah dengan sayur plecing, nasi dan minum. 

Oiya, sebelum memesan paket ayam ini, aku sempat lirik-lirikan sama suami buat pesan bebek, sayang banget bebeknya habis gaess dan harga bebek disini lebih murah lho daripada ayam.
rekomendasi ayam betutu di Kuta Bali


Kami menunggu 10-15 menitan hingga makanan kita tersaji. Dan waaaah, ini sih mantap banget, batinku. Aroma pedas khas Bali nya itu lho bikin ngiler dan ingin cepat-cepat mengeksekusi. Dan ayamnya sudah terbagi menjadi 5 bagian, jadi kita tidak perlu kesulitan untuk memotong-motong atau bahkan sampai menarik-nariknya hehe. Saat sendokan pertama dengan nasi hangat, itu lembut daging ayam (karena ini ayam kampung) berpadu dengan bumbu pedas nya ini bikin kita melek dears!
rekomendasi ayam betutu di Kuta Bali
(Ini sih bikin goyang lidah banget geeeng!)

Oiya, aku pun tak lupa mengkombinasikan dengan sambal matah yang gak pelit sama bawang merahnya ini. Dan bayangkan, kelezatannya makin nambah-nambah dong ini. Perhatian aja ya dear, ayam betutu nya ini pedas banget menurutku sebagai penetral rasa pedas, oleh sebab itu aku mengambil sesendok plecing kangkung yang unik menurutku. 

Plecing kangkung ini sama hal dengan plecing pada umumnya dengan sambal di bagian atas, namun yang berbeda disini adalah adanya tambahan kacang goreng di piring lain. Dan pada saat di makan secara berbarengan, wuah itu rasa gurih dan segarnya dari plecing kangkung berkolaborasi dengan sempurna hehe. 

Tak lupa, aku pun memesan minum dengan minuman hangat sebagai obat dari rasa pedas setelah makan. Kita habis 160.000 disini makan berdua. Lumayan ya kalo kulineran di Bali cuma 2 prinsip aku, cari yang benar-benar halal dan juga siap-siap merogoh kocek yang lumayan. Happy holiday ya dears!


19 komentar

  1. Wohooo, menggugah selera banget itu mbak. Apalagi pelecing sebelah si ayam 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam betutu emng palig enak sm pelecing kangkung mba y
      Kombinasi sayur n daging ayam 😊

      Hapus
  2. Ayam betutu ini emang enak bgt y mb
    Tp aku beliny justru g di bali, melainkan di GI lol 😂
    Nanti kalau ke Bali mo nyobaa

    BalasHapus
  3. Emang bikin ngiler... Mudah-mudahan ada rezeki buat nyobain

    BalasHapus
  4. Ayam betutunya pedes endes ya mb
    Ngeliat fotonya aj bikin ngiler😁
    Mudah2an aj ad rezki bisa nyobain ayam betutu di Bali.

    BalasHapus
  5. Mauuuuuu...aku pun pasti bakal pilih bebek. Tapi koq ya bisa lebih murah..xixixi

    BalasHapus
  6. Ayam betutu memang enak ya. Khas makanan bali

    BalasHapus
  7. Saya hanya bisa bayangin doang. Karena belum pernah menjejakkan kaki di Bali. Dari gambar doang letupan bibi ku bilang enak banget cinnn...semoga kalau ada rejeki saya bisa pergi kesana dan merasakan ayam betutu khasnya

    BalasHapus
  8. Duh, dingin2 baca beginian. Laper, hehe. Kok pas banget, saya dan misua lagi batal ke Bali. Ya wis lah, baca ini dulu aja sbg penggantinya. Hehe. Betul, halal itu no.1

    BalasHapus
  9. Belum pernah nyobain kuliner yang satu ini. Kelihatannya sih enak, ya?

    BalasHapus
  10. Di Bali ada ayam betutu, di Lombok ada ayam taliwang & pelecing kangkung. Hampir kembaran mereka 😄

    BalasHapus
  11. Duh ngileeerr.. mendadak jadi laper..

    BalasHapus
  12. Belum pernah nyobain ayam betutu di Balinya langsung, apalagi pelecing kangkungnya, kayaknya mantap banget tuh. Boleh juga ini buat dikunjungi kalau ke Bali......

    BalasHapus
  13. Aku juga pernah ke sini. ayam betutunya enak. pedes sedap gitu. sukaaa.

    BalasHapus
  14. aku juga suka ayam betutu rasanay enak, bumbunya enak

    BalasHapus
  15. Ayam betutu pastinya enak, cocok dengan plecing kangkung.

    BalasHapus
  16. aaaah ini langganan aku.
    kalau ke Bali pasti mampir makan di sini :D

    BalasHapus
  17. Kamu ternyata hobi travelling ya? Ahhh ayam betutu ini khas Bali banget, berdua 160 emmm murah atau mahal ya haha *dasaremakpelit wkwkkw

    BalasHapus