Kisah Cantengan yang Bikin Tengsin dan Aku Kasih Tips nya Juga Lho!

by - Januari 21, 2019

Halo sobat semua, kali ini aku akan bercerita serta membagikan pengalaman seputar kesehatan tipis-tipis dan semoga ada manfaat yang bisa diambil untuk teman-teman semua ya. Jadi ini adalah kisah lama ketika pinggiran jempolan kakiku mengalami kesakitan yang cukup menyita perhatianku saat itu. 

(source: www.pexels.com)


Lanjut aja ya singkatnya saat aku kuliah, hobi banget deh itu pake flat shoes yang sebenernya ga sempit, tapi meruncing sampai ke ujung nya. Nah ini nih yang bikin penyakit cantengan muncul dan makin nyeri. Trus begitu aja selama akhir kuliah sih yang mulai muncul karena hobi banget pakai flat shoes model gini, aku juga sering memotong kuku jempol kaki terlalu pendek dan tak sering juga mencungkilnya dengan tujuan agar bersih dari kotoran (kan suka ada tuh di sudut-sudut). 
Kenapa akhir kuliah baru kerasa? Karena kuliah udah ga lagi pakai safety shoes atau sepatu kets kan, trus kaki keliatan lebih cantik aja gitu (maklum anak kuliah) haha. Basic yang selalu bolak balik laboratorium untuk matkul Kimia Organik dan sejenisnya itu, mengharuskna pakai sepatu tertutup full dan sudah ada SOP nya juga.

Singkat kata, sampai akhirnya aku merasa super ga nyaman saat 2 tahun bekerja di Bandung dan melihat kondisi daging di jempol kaki aku ini makin mengkhawatirkan. Mengeluarkan nanah sih enggak, cuma perih dan mudah mengelupas aja gitu kalo agak digosok-gosok.

Aku udah gabisa banget pakai sepatu baru, karena kondisi jempol kaki kayak gini akhirnya apa aku harus ekstraksi kuku (mencopot kuku) ya? Setelah aku pikir panjang dan konsultasi ke salah satu temen dokter, dia menyarankan aku eksekusi aja sendiri di rumah. Trus respon aku adalah
"what?"
 
Ga enggaaa, aku gamau mengambil resiko kenapa-kenapanya, tapi temen aku melihat kondisi jempolan kaki yang tidak terlalu parah ini. Dan dengan waktu sedikit mepet karena harus kerja siang trus aku ke dokter umumnya udah siang banget, sama dokter di potong sedikit dan dikeluarkan kuku yang tumbuh menembus daging itu.

(source: Tribunnews.com)


Jadi guys, cantengan itu adalah kondisi infeksi dimana ada pertumbuhan kuku yang melewati daging karena aktivitas menggunting kuku yang terlalu pendek. Lanjut ya, setelah beberapa minggu, kondisi kuku jempol kaki aku mulai tumbuh kan dan itu masih aja kerasa perih. Dan aku kayak seolah-olah udah berpengalaman gitu lho dengan merasakan si cantengan ini dengan cara gampangnya langsung pake flat shoes dan kalo masih kerasa nyeri dan ada rasa panas gitu, nah itu berarti masih. Yauda aku sempat menunda-nunda untuk bisa benar-benar menuntaskannya.

Disuatu jum'at sepulang kerja, aku langsung menuju klinik Bintang Meditama dan rencana nya adalah memeriksakannya di klinik tersebut. Saat proses periksa, dokter langsung untuk mengeksekusi nya dan aku udah pasrah gitu. Dan bener aja proses nya ga begitu lama dengan proses anastesi di sekitar jempolan dan lama juga proses mati rasa ini guys. Setelah anastesi usai, mulailah bergerak untuk mencungkil kuku aku dengan harapan proses pertumbuhan kuku yang baru bisa memperbaiki jaringan yang sudah "termakan" oleh kuku kaki ini. 

Saat proses ekstraksi, apa saja yang aku rasakan? Rasanya seperti membuka kaleng sarden atau kental manis gitu guys, pokoknya maknyus tapi emang ga kerasa sakit, cuma kerasa sensasinya gitu. Dan proses itu selesai, aku minta surat sakit untuk izin dan saat itu juga aku pulang ke Karawang. Yang aku khawatirkan adalah saat proses perjalanan itu pasti obat bius nya sudah habis :( dan alhamdulillah sampai di rumah baru kerasa nyut-nyut-nyut nya. 

Singkat kata proses penyembuhan kuku jempol kaki ini selama 4 bulan dengan kuku yang sudah tumbuh dengan maksimal dan ketebalannya sempurna. Nah saat di bulan ke-3 aku mengadakan perjalanan bersama teman-teman ke Gunung Papandayan dan hasilnya aku cukup mengerikan karena ada beberapa pasir yang terikut masuk ke dalam kuku kaki yang masih belum tumbuh sempurna. Baiklah itu sudah aku terima saja, dan lagi pula aku sudah acc dengan dokter bahwa aku nanti akan naik gunung.

Finally saat akan menikah tepatnya di bulan Maret Apri 2018, aku iseng-iseng menemukan sebuah formula untuk menyembuhkan cantengan hanya dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly. Dan amazing nya itu beneran ampuh, aku sudah bisa mengenakan flast shoes lagi tanpa ada rasa panas dan perih. Lain kali aku bahas di blog secara terpisah ya untuk Vaseline ini hehe.

Intinya, setelah proses penyembuhan yang cukup panjang, aku harus ngejaga banget agar tidak muncul lagi atau lebih parahnya infeksi lagi. So, tips aku buat kalian diantaranya.

  • Jangan memotong kuku terlalu pendek dan terlalu dalam
  • Tidak mengenakan jenis sepatu yang meruncing ke ujung
  • Saat membersihakn kuku kaki terutama mengeluarkan kotoran, baiknya pastikan alat gunting kuku telah di steril dan mengoleskan pelumas pada kuku kaki yang akan dibersihkan
  • Jangan menggunting kuku saat keadaan gelap/malam hari, karena terkadang kita tidak sadar dengan letak yang presisi dari gunting terhadap sudut-sudut kuku kaki
Demikian sharing story aku soal cantengan ya guys, semoga ada manfaat yang bisa dijadikan refrensi agar teman-teman lebih memperhatikan proses pemotongan kuku kaki ini. Share di kolom dong kalo ada temen-temen yang punya pengalam serupa atau bahkan lebih unik! 'Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day9.

You May Also Like

47 komentar

  1. Jadi penasaran pembahasan tentang vaseline p. Jelly untuk cantengan Mbak. Tertarik karena bbrp org di sekita ngalami ini. Btw...trims ya tipsnya🙏

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran pembahasan ttg vaseline p. Jelly untuk cantengan hihi. Tertarik krn bbrp orang di sekitar mengalami ini.
    Btw trims ya tipsnya🙏

    BalasHapus
  3. Wkkk
    Ember
    Cantengen adalah penyakit enggak menular dan enggak berbahaya yang bikin tengsin
    Jadi inget zaman kecil dulu sering cuma dulu sih cuek alias dibiarin wkk
    Kalau sekarang alhamdulillah dah ada produk yg bisa menghilangkan cantengen ini y mb

    BalasHapus
  4. Saya pernah mengalami ini, Mbak. Nyiksa emang, hihihi dan itu akibat potong kuku yang terlalu pendek.

    BalasHapus
  5. waduh aku enggak pernah cantengan sih, tapi tau gimana rasanya wkwk. soalnya pernah enggak sengaja gunting kuku terlalu pendek di kaki. Terus rasanya perih, tapi enggak sampe cantengan, besokannya di kasih handsaplast aja biar bisa beraktivitas nyaman wkwkk.

    BalasHapus
  6. Klo aku dagingnya masuk di kuku justru karena kelupaan nggak gunting kuku sampai lama ☺ Biasanya habis digunting yg udah nembus daging itu baru lega, meskipun rasanya huuhhh cenuttt².

    BalasHapus
  7. Wah, saya juga pernah cantengan jempol kaki gara gara ketimpa gelas beling. Awalnya membiru lama lama di dalam kuku bernanah mb. Ya udah kuku harus dilepas, ngeri juga ya, kelihatannya sepele tapi nyeri banget. Enggak lagi deh.

    BalasHapus
  8. Saya malah baru tahu kalay ada produk untuk cantengan. Harus segera berburu di supermarket atau toko obat nih. Soalnya kakiku juga sering cantengan dan biasanya saya atasi dengan pemberian minyak aja.

    BalasHapus
  9. Ooh bisa ya pake vaseline p jelly, biasanya saya cuma dibalut pakai revanol kalau cantengan.

    BalasHapus
  10. Saya malah baru tahu cantengan.��

    BalasHapus
  11. Penyebab utama cantengan biasanya memotong kuku terlalu pendek, apalagi kuku anak-anak meski hati-hati banget kalau mau motongin. Saya pernah sih ngerasain cantengan di kuku tangan, duh ngebetnya minta ampun, akibat potong kuku terlalu pendek, padahal kuku kan pelindung kulit dalam agar terjaga dari serangan bakteri, nah kalau dipotong terlalu pendek, ya otomatis kuku kita diserang bakteri, jadilah cantengan.. Masya Allah, Allah sudah mengatur sebegitu detailnya ya, tapi kadang manusia yang suka ceroboh,, hehe

    BalasHapus
  12. Wah Vaseline petroleum jelly emang multifungsi banget ya, bisa Buat cantengan juga, jadi pengen beli NIH tapi katanya ada Yg palsunya juga ya

    BalasHapus
  13. Wahhh topik cantengen yg sangat menyiksa smpi hrs ke dokter buat dianestesi. Ternyata ada obat yang ampuh ya mb Vaseline Petroleum Jelly. Noted deh mb...klau sewaktu2 mngalami cantengen..thx infonya y mba

    BalasHapus
  14. Pakai vaseline proteleum jelly ternyata bisa juga ya? baru tahu lho mbak. menarik nih, kapan hari suami saya cantengan, sampai ke dokter habis banyak. ternyata pakai vaseline bisa. boleh nih dicoba

    BalasHapus
  15. Saya pernah cantengan karena motong kuku jempol kaki terlalu dalam, wih rasanya cenatcenut. Tapi waktu itu gak diobatin, dibiarin aja krna gak tau obatnya. Sekarang kalau dilanda cantengan lagi, tinggal oles vaseline p jelly aja yes. Kmsih infonya mbk

    BalasHapus
  16. Kalau aku sih beda, Mbak. Kuku kaki yang paling mini tuh terbelah dua. Jika bagian terkecil memanjang, kaki pun sakit terutama jika pakai sepatu pas-pasan

    BalasHapus
  17. Baru sekitar 3 bulan lalu si bungsu cantengan dampe bernanah. Ya gitu... Emang kalo motong kuku berasa kurang bersih dia kalau ga sampe korek dalem. Tapi alhamdulillah dah sembuh sih, dengan rajin kasih alkohol dan betadine.

    BalasHapus
  18. Teh aku bacanya ngilu2. Kupikir cantengan itu mata ikan. Ternyata beda ya..

    BalasHapus
  19. Waktu hamil kemarin kuku jempol saya juga pernah ngalamin kayak gini (cuma saya gak tau namanya cantengan😅) sakitnya minta ampun sih, gak tau klu ternyata bisa sembuh pake vaseline petreleoum jelly, wktu itu obatinya pake minyak herbal aja. Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  20. haduh, aku bacanya ngilu, apalagi bagian tumbuhnya kuku :(

    BalasHapus
  21. Baru baca judulnya aja udah ngakak dan inget zaman suka cantengen. Selalu akhirnya berdarah tiap motong kuku huhu. Lebih parah pas hamil gede dong, Mbak. Narikin jempol kaki buat dipotong susah keganjel perut *plis jangan ketawa. Alhamdulillah sekarang udah aman Insya Allah.. Tipsnya oke banget, emang bener jangan potong kuku terlalu pendek, itulah penyebab utamanya..

    BalasHapus
  22. Teman kuliah dulu ada yang kena kayak gini mbak, tapi nggak tahu saya apa solusinya soalnya belum pernah ngalamin. Terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  23. cantengan,,itu kecil tapi sakitnya bikin sebel. dan baru tahu teh kalo cantengan bisa pake petroleoun jelly

    BalasHapus
  24. Aku baru tau dan baru denger nama 'cantengan' ini lohe Teh hehe
    Duh pasti deg-degan yaa pas bagian di ekstraksi
    Semoga sehat selalu Teh!

    BalasHapus
  25. Hahaha kebayang itu cantengan, penyakit yang sebenernya ga gimana2, ga nular, tapi sakitnya luar bibasa dan bikin ga nyaman. Aku pernah juga, pas bayi lagi aktif2nya trus nyenggol jempol dikiiit aja, wedeww nyerinya luar binasa. Aku ga bawa ke dokter, karena ISIN haha. Aku gosokin pake bawang putih aja tiap hari, sama dibersihin pake rivanol, biar infeksi nya ga nyebar. Semingguan baru sembuh.

    BalasHapus
  26. Mamah aku juga ngalamin loh teh sampe harus operasi, tp pake obat cina gitu sembuh allhamdulillah

    BalasHapus
  27. huaaa, aku pernah mengalami ini mbak, untungnya gak sampai bengkak tapi sakitnya itu ya Allah, nyut-nyut an

    BalasHapus
  28. ya ampun teh linu linu sedap...makasi banyaktipsnya teh ternyata kata orangtua dulu bener adanya ya jangan potong kuku malam malam hehe

    BalasHapus
  29. Ya ampuun.. pengalaman hidupmu. Beragam banget yaaa.. haha.

    BalasHapus
  30. cantengan itu katanya nyakitin banget yaa, lebih sakit dari patah hati konon katanya hihihi, untungnya aku belum pernah nih cantengen kaya gini, semoga jangan pernah hehehe

    BalasHapus
  31. aku tuh udah paling kesel kalo jempol kaki cantengan, mau jalan juga rasanya udah gak nyaman banget.

    BalasHapus
  32. Aku kesel banget klo udah cantengan emang. Super ga nyaman dan nyeri nya itu loh.. bikin ga mood banget ngelakuin aktivitas sehari hari.

    BalasHapus
  33. aku baru aja cantengan di kelingking kiri, duh sampe bengkak karena ga aku apa2in, ke toel dikit nyeri hahahaa akhirnya sampe matgi rasa kelingkingku :( terpaksa di bawa ke dokter deh

    BalasHapus
  34. Cantengan tuh sakit banget dan ga cantik diliat ya. Temenku ada yang sampe belasan tahun menderitanya.

    BalasHapus
  35. temenku perenah kena cantengan, ampon itu keliatan sakit banget apalagi kesenggol dikit aja

    BalasHapus
  36. Cantengan itu emang nyebelin bgt ya. Aku juga sering ngalamin, tp alhamdulillah gak sampai dicongkel gitu kukunya. Aku rendam pakai air hangat, dan aku potong ujung kukunya. Alhamdulillah sembuh☺

    BalasHapus
  37. Bacanya jadi ngilu ngilu gitu, emang penting ya pake sepatu yang ngk terlalu ketat dan jangan potong kuku terlalu mepet / pendek malah jadi penyakit yg niatnya mau bersih

    BalasHapus
  38. Hehehehe, aku nih dulu sering cantengan. Iya, karena motong kuku telalu pendek. Atau bersihin terlalu nusuk. Kalo udah gitu, aku biasanya tusuk pake jarum yang udah dikasih alkohol. Walopun sakit, tapi cepet sembuhnya. Daripada nunggu kering sendiri. :)))

    BalasHapus
  39. Sejujurnya aku belum pernah cantengan, anakku pernah. Duh katanya sakiiiittt banget. Dibawa ke dokter dikasih salep aja. Kalo di luar negeri malah katanya sampe operasi kecil lho buat ngatasin cantengan ini

    BalasHapus
  40. Iya beb berguna banget ini tips nya memang kita jangan sampe motong kuku kependekan, aku dulu di kaki malah sempet punya masalah mata ikan itu juga sakit banget huhu

    BalasHapus
  41. Eh, Grandys juga jurusan Kimia kah?
    Hiihii...berasa ketemu sodara.
    Hola apakabar benzena?


    Aku beberapa kali cantengen gini, Dys..
    dan gak tahu mesti diapain...jadi diemin aja gitu sampe sembuh-sembuh sendiri.
    Hiiks~

    BalasHapus
  42. ahahaha sampe tengsin gitu ya beb, kalo aku kayanya blm pernah cantengan apa ya, seringnya kapalan

    BalasHapus
  43. Aku juga belum pernah ngerasain cantengan beb, mungkin kalo ku pernah tengsin karna kapalan hihi

    BalasHapus
  44. aku ingat banget dulu adikku pernah mengalami cantengan juga seperti ini, kasihan banget Dia menderita sekali karena cantengan itu

    BalasHapus
  45. mba cantengan itu sama nggak sih sam akuku kejepit? kalau aku kuku kejepit pernah, sebabnya karena aku kurang tuntas motongnya dan lupa pake nail buffer, sampe jempol kakiku sempet infeksi. Parah banget padahal berawal dari kesalahan sepele

    BalasHapus
  46. duh rasanya gaenak banget ya pasti itu. baru tau juga vaselline bisa digunakan. banyak banget manfaatnyaa ya

    BalasHapus
  47. Oalaahh aku juga beberapa kali mengalami cantengan ini loh. Tapi ga nyadar kalau penyebabnya karena suka cungkil2 ujung kuku. Aku banget nih. Selalu gemas kalau lihat kotoran di sudut2 jempol. Ternyata itu to penyebabnya duuuhh.. kudu ati2 habis ini kalau bersihin kuku lagi ya.

    BalasHapus