Lap dan Air! Dengannya Pekerjaan Rumah Tangga Serasa Hiburan

Hai sobat bloggers semua. Kali ini tema nya sangat greget banget. Kenapa? Karena aku inget banget wejangsn ibukku saat aku masih SMP dan dalam fase ABG cenderung susah untuk disuruh beberes.
Mamah bilang kalo cewek itu harus mengerti pekerjaan rumah tangga apa aja. Jangan dianggap sepele seperti menyapu dan mengepel, karena ada saja yang tidak bisa meng-handle kedua pekerjaan itu. Ya sebenarnya tidak menjadi masalah untuk sebagian orang dan untuk crazy rich, tapi yang sudah qodarullah harus mengerti pekerjaan rumah tangga ya harus dilakoni kan yah.



Dulu aku paling males banget, jujur ya ini. Kalo mamah udah minta tolong aku buat nyapu, ngepel, dan beberes tuh rasanya kayak mengganggu waktuku gitu. Ya waktu itu sih mikirnya singkat-singkat aja ya, ga kepikir buat masa depan apalagi yang diminta oleh orang tua itu ya demi kebaikan kita juga kan. Dan setelah aku rutin dan terbiasa dengan perintah mamahku itu, aku jadi terbawa dengan keadaan yang mengharuskanku untuk mengkondisikan rumah dalam keadaan bersih dan kilap tanpa noda. Alhasil ada beberapa rentetan pekerjan yang menjadi mengasyikan saat ini.

1. Mengepel
Dahulu kala ketika masih jaman lulus SD, aku udah kenalan yang namanya tutorial ngepel mundur, pakai tongkat pel. Dan alhamdulillah jaman now diberi kemudahan adanya super mop yang ga perlu pakai tenaga extra peras kain pel yang warnanya menghitam. Cukup dengan injak pedal pada bagian yang telah disediakan, mop akan kembali siap dipakai mengepel lagi. Yang berhubungan dengan air dan pel merupakan hiburan sih, karena setelah di pel, rasanya menyenangkan sekali lantai serasa keramik istana.

2. Membersihkan Perabotan
Ketika masih jaman bermain boneka barbie, ada masanya dimana kesemuanya dipajang di dalam lemari kaca dan mau gamau aku bertugas untuk membersihkannya dari debu. Awalnya dulu males banget deh, tapi ada keseruan tersendiri ketika membersihkan pernak-pernik lucu kayak gitu seolah-olah kita sedang refreshing. Sekarang aja jadi kangen, saking udah ga ada boneka lagi kan haha.

3. Menyiram Tanaman
Ada sedikit cerita dari masa SMA yang karenanya ini, aku jadi sedikit traumatis. Jadi, mamah dan papahku itu hobi berkebun, sebelum tinggal di Karawang ini kita kan di Nganjuk, nah disana emang udah banyak flora yang ditanam. Suatu hari, aku diminta untuk membersihkan daun dari setiap tanaman, dan dari yang aku baca, bagus ketika mengelap dengan larutan garam. Alhasil, semua daun menjadi layu dan keesokannya mati. Semenjak itu, aku gaboleh lagi buat ngutak-ngatik tanaman, kecuali hanya menyiram.

Demikian sedikit sharing yang sedikit mengingatkan dimana pernah merasa kesal namun berefek di masa sekarang yang risih jika tidak ada pel dan air. Karena itu semua, hidupku terasa lebih hidup dengan keduanya. Nah, sekarang giliran temen-temen nih, ada ga pekerjaan rumah tangga favorit kalian? Share di kolom komentar ya!Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day3

15 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Kalau saya suka sekali beberes rumah dan bebersih, karena pas udah bersih rasanya tenang, senang, hihi..me time banget lihatnya... :D

    BalasHapus
  3. Saya paling suka nyuci. Mungkin pengaruh sejak kecil ditugaskan untuk mencuci pakaian di rumah. Bukan hanya pakaianku tapi seluruh anggota keluarga. Maklum, sebagai anak paling tua, saya harus ikut membantu pekerjaan di rumah. Tapi sekarang sudah lebih enak, nyuci gak manual lagi tapi pakai mesin cuci.

    BalasHapus
  4. Saya dulu termasuk anak yang manja yang tidak patut ditiru, paling gak suka bantu-bantu
    Sekarang penyesalan itu datang belakangan, semua memang harus dikerjakan sendiri

    Alhamdulillah jadi pembelajaran dalam hidup

    BalasHapus
  5. Hihihi… Kalau saya lebih senang menyetrika Mbak disbanding yang bersentuhan dengan air. Melihat tumpukan pakaian yang menggunung menjadi rapi dan wangi memberikan kepuasan tersendiri...

    BalasHapus
  6. main air emang seru sih wkwk, saya juga kalo disuruh mengerjakan pekerjaan rumah, pasti mintanya ngepel aja soalnya main air. Nyuci piring bahkan nyuci baju wkwk, bisa sekalian sambil mandi.

    BalasHapus
  7. yah saya lebih demen main air bersih-bersih rumah daripada disuruh masak wkekek

    BalasHapus
  8. Idem. Ibukku juga gitu. Sejak kecil, ibuk sudah memberiku beberapa tugas rumah. Alhasil, ini sangat menguntungkanku saat sudah pindah ke rumah mertua. Semua pekerjaan sudah terampil saya kuasai. Love you ibuk

    BalasHapus
  9. Wow, jadi inget ibu nih, saya. Dulu beliau juga sering nyuruh-nyuruh bantu kerjaan rumah dan saya sering dongkol. Eh, sekarang ternyata berguna juga buat saya, hehe

    BalasHapus
  10. Aku gak tau beberes. tp klo bikin kue suka..

    BalasHapus
  11. Membersihkan perabotan kadang menjadi PR tersendiri, tapi lelah pun terbayarkan jika hasilnya kinclong hehe

    BalasHapus
  12. Kalo soal beberes, saya kalah rajin dengan suami, hehe. Tapi yang lainnya, saya yang jabanin. Paling favorit mah nyupir alias nyuci piring. Seger aja sih denger gemericik air :)

    BalasHapus
  13. Kalau udah bersih itu emang nyenengin. Tapi memulai semua itu yang bikin ngggggg...

    Padahal kalau udah dilakuin ya seneng2 aja.

    BalasHapus
  14. Yes mb...
    Pekerjaan favorit saya yaa menyapu dan menata mainan anak2....paling kusuka tinimbang nyetrika heheh.
    Memang menyenangkan ya setelah liat rumah bersih dan rapi.

    BalasHapus
  15. Paling suka yuci baju pakai mesin cuci, sambil yuci sambil masak dan sambil nonton tv *eh

    BalasHapus