Bank Indonesia (BI) Release QR Code Untuk Solusi Transaksi Digital

(source: pexels.com)

Sebagai anak milenial rasanya dalam era yang semakin terkoneksi oleh digitalisasi ini, makin dipermudah juga dalam segi melakukan proses transaksi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan keseharian kita, terutama yang berstatuts sebagai mahasiswa atau yang sudah berada pada lingkungan pekerjaan, pasti mempunyai kebiasaan untuk melakukan transaksi di sela-sela aktivitasnya.

Milenial dengan pembayaran digital

Begitu juga dengan aku yang dalam keseharian sudah sangat nyaman beralih pada transaksi digital, tidak lagi secara konvensional, mungkin dalam beberapa case saja yang memang membutuhkan pembayaran dengan uang secara real, bukan secara digital.

Oleh sebab itu, alasan aku sangat nyaman dengan kehadiran dari dompet digital ini karena selain mudah tidak membuat dompet penuh terisi dengan uang, apalagi aku yang menyukai travelling, pasti memikirkan bagaimana mengurangi space bawaan, dan pilihan tepat ketika hadirnya dompet digital dalam kehidupan, tidak perlu membawa dompet, tidak lagi risau. Istilahnya kita masih bisa hidup dan survive asalkan ada saldo pada keuangan digital kita.

Untuk pengembangan ekonomi digital dan inklusi keuangan Indonesia

Jujur saja, tidak pernah terbayangkan dengan kehadiran pembayaran secara digital ini karena dengan tak membawa dompet saja, kita tetap bisa memesan beberapa keperluan seperti makanan dan juga akomodasi seperti transportasi. 

Dan aku ingin bercerita mengenai pengalaman yang selalu seru dengan menggunakan pembayaran digital ini seperti saat aku bepergian, aku hanya membawa pouch berisi kartu identitas dan salah satu kartu ATM serta sedikit uang cash. 

Namun selebihnya aku menggunakan pembayaran digital dengan mengisi saldo secara mudah dalam hitungan detik saja dan semuanya sudah ada dalam genggaman.
Seperti ketika aku membeli makanan dengan menggunakan pembayaran digital ini, aku hanya perlu menyiapkan salah satu aplikasi untuk pembayaran digital seperti yang biasa aku pakai adalah DANA.

Salah satu penggunaan QR Code dalam sebuah transaksi

Teman-teman pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi DANA ya, karena DANA merupakan dompet digital masa kini (sesuai dengan klaim nya) dan memang benar, sangat digital, tidak perlu lagi merogoh saku untuk mencari dompet. Karena setelah proses download berhasil, kita bisa mengisi saldo dengan fasilitas dari m-banking yang biasa aku pakai untuk mengisi saldo.
Setelah itu, kita memilih menu mana saja yang akan kita bayar. Dan kejutan selalu ada jika pembayaran menggunakan DANA. Siapa sih yang tidak suka dengan tawaran menggiurkan seperti cashback alias uang kita akan dikembalikan sesuai berapa persen cashback yang diberikan. Misalkan ada cashback 50% bahkan pernah 100% lho dengan maksimal pembelian tentunya. 

Dengan cara proses scan dari QR code standart dan semua transaksi akan terekam disana dan otomatis akan memotong saldo kita, ga sampai 5 menit cashback itu akan masuk pada saldo DANA kita lho. Hal ini sangat membantu banget bagi aku yang menghabiskan weekend bersama suami untuk sekedar refreshing ke mall dan bisa menghemat pengeluaran berkat potongan dari pembayaran secara digital tersebut.

Mengajak bersama-sama kepada kaum milenial, menurutku tidaklah sulit. Karena mereka sudah hidup pada era digital, sehingga hanya perlu pengenalan saja dan mereka akan beradaptasi dengan sendirinya ketika mencoba melakukan transaksi di sebuah merchant yang menyediakan pembayaran digital.

Selain dalam segi kuliner, dalam hal akomodasi aku pun sangat terbantu dengan kehadiran GoPay oleh Gojek yang memberikan pengalaman dalam perjalanan selalu menyenangkan karena pembayaran dengan GoPay itu lebih murah. Percaya atau tidak dengan pembayaran digital dalam hal perjalanan ini tidak membuat kita ketika sampai lokasi untuk merogoh dompet karena rawan juga sih membuka dompet saat di pinggir jalan. 

So, apakah teman-teman semua sudah beralih pada pembayaran digital dengan menggunakan QR Code Standart ini?

Tidak ada komentar

Posting Komentar