Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dan Tips Memilih PAUD


pendidikan anak usia dini
(Pendidikan anak usia dini, penting diketahui. Doc: pexels.com)

Pendidikan Anka Usia Dini - Hai ayah dan bunda, miliki buah hati memang menjadi anugerah tersendiri buat kebahagiaan di keluarga ya. Walaupun aku sampai saat ini masih belum memiliki buah hati, tentu aku tetap mengusahakannya lewat ikhtiar dengan memantaskan diri.

Konsepnya gajauh-jauh dari saat kita minta diberikan amanah jodoh, yang membersamai kita nantinya, kalo persoalan anak, betul dipersiapkan segala halnya termasuk dalam hal pendidikan. Dan salah satu ikhtiar aku untuk memantaskan diri dapat dipercayai amanahnya Allah berupa anak, tentu aku pelajari beberapa hal yang dekat dengan persoalan parenting salah satunya pendidikan.

Tentang pendidikan di Indonesia

Aku tidak berbicara atau membandingkan keadaan pendidikan di Indonesia dan negara lain, faktanya selama aku berada di bangku sekolahan dengan sistem pada saat itu, aku mengalami beberapa pengertian betapa pentingnya pendidikan bagi anak-anak.

Alhamdulillah aku berada pada circle keluarga yang positif dan mendukung anak-anaknya untuk berkembang namun tidak melupakan mereka untuk terus mengenyam pendidikan. Ada suatu waktu aku merasa cukup dengan menempuh pendidikan D3 ini saja. 

Namun siapa yang dapat menyangka jika suatu saat nanti ada keinginan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi, ya itu semua karena para orang tua, yaitu kita, orang tua jaman now yang memiliki pondasi pengertian yang kuat mengenai pendidikan.

Bagaimana menerapkan pendidikan anak sejak dini?

pendidikan anak usia dini
(fitrah belajar untuk anak-anak usia dini. Doc: pexels.com)

Melakukan pendidikan anak usia dini atau kita kenal sebagai PAUD ini bisa menjadi langkah awal sebagai langkah kita dalam membersamai proses perjalanan tumbuh kembang anak yang dipastikan mereka merasa aman dan nyaman selama melewati proses pembelajaran di pendidikan anak usia dini ini. Alasan anak-anak diberikan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah:
  • Ajarkan kedisiplinan pada mereka
Dengan memberikan arahan kepada mereka mengenai beberapa adanya aturan dalam bersekolah atau berada pada sebuah institusi pendidikan nantinya, harus diberikan kepahaman mengenai konsep penerapan kedisiplinan guna membangun akal dan juga sikap yang efisien nantinya.
  • Mengasah Kreativitas dan Imajinasi mereka
pendidikan anak usia dini
(Menggambar, mewarnai langkah latih kreativitas anak. Doc: pexels.com)

Tak dapat dipungkiri kegiatan pendidikan di usia dini ini mampu menjadi acuan bagi mereka untuk semakin mengasah sisi kreativitas dan juga imajinasi mereka. Hal ini berguna untuk menyelesaikan problem solving yang mungkin tidak akan terpikirkan sebelumnya jika sisi kreativitas dan imajinasi mereka tidak di asah, dengan kegiatan yang membuat mereka nyaman yaitu menggamabr mewarnai
  • Memperkenalkan Institusi pendidikan kepada anak
Hal ini guna menciptakan atmosfer belajar yang ia dapatkan sebelum terjun langsung pada kegiatan sekolah nantinya, karena kemampuan beradaptasi di tempat yang baru bahkan bertemu teman-teman yang baru, perlu dilakukan dalam pendidikan di usia dini ini.
  • Ajarkan hal-hal baik pada anak
Dengan mengikuti pendidikan usia dini ini akan menciptakan interkasi yang positif sesamanya, sehingga anak belajar bagaimana menghargai teman bahkan untuk menghormati kepada yang lebih tua bisa didapatkan dari pendidikan usia dini ini.
  • Membentuk kepribadian anak
Terbentuknya pola pikir ketika memilihkan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sesuai dengan usia mereka, tentu menghasilkan karakter yang positif. Karena di dalam PAUD tak menutup kemungkinan terjadi beragam permasalahan serta penyelesaian yang akan dipahami oleh anak-anak.

Lalu bagaimana tips memilih PAUD?

Kita bersama-sama suami satu suara dalam memutuskan memilih PAUD ini yang memiliki kurikulum serta pengajaran yang sesuai dengan usia anak. Karena dengan hal tersebut, anak-anak akan merasa nyaman belajar di PAUD. 

Di samping itu, kita pilih juga lembaga PAUD yang berijin serta memiliki pengajar yang berkualitas.  Serta fasilitas PAUD serta lokasinya juga harus dipertimbangkan agar nantinya tidak salah dalam memilih PAUD. Sehingga tujuan fitrah dari pendidikan anak-anak ini bisa tercapai dan anak-anak bukan lagi merasa tertekan atau tidak merasa senang dengan aktivitas yang barunya ini dan untuk tambahan informasi, bica klik pada link berikut ya!







Ada para mama yang miliki pengalaman melakukan pendidikan usia dini pada anak-anaknya? Boleh sharing pada kolom komentar di bawah ini ya!

Tidak ada komentar

Posting Komentar