Apa yang telah terpikirkan dalam setiap benak kita, apabila mendengar sebuah kata “berubah”?
Ada berbagai macam jawaban yang dapat diambil kata kunci berupa menuju sebuah kebaikan.
Mengapa perubahan itu dekat sekali dengan sebuah perjalanan menuju yang lebih baik?
Terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah perubahan itu mengarah pada keadaan yang jauh dari kata baik dan manfaat. Namun, pada umumnya perubahan adalah sebuah signal dari rasa pengharapan terhadap sesuatu hal.
Ketika berharap, tentu kita inginkan sesuatu itu baik atau bahkan lebih baik.
Hal itulah yang dapat aku jabarkan sebagai sebuah perjalanan menuju kearah yang lebih baik.
Disebuah perjalanan, terutama ketika sedang mengarah pada sebuah kebaikan, tentu terdapat berbagai macam kerikil tajam bahkan bisa jadi sebuah bongkahan batu yang besar yang turut serta mengiringi perjalanan perubahan kita.
Biarkan saja sebuah perjalanan itu menjadi sebuah rekam jejak yang  dapat kita simpan dengan sebaik-baiknya di dalam sebuah tempat yang aman. Tempat yang dapat membuat kita menyadari betapa tangguhnya kita dalam menghadapi hal semacam itu dan kita telah berhasil melewatinya walaupun dengan penuh peluh dan air mata.
Ketika sebuah perjalananmu dinilai sedikit lebih berliku, bersyukurlah. Sebuah perjalanan akan menyisakan sebuah ruang yang bernama memori.
Aku inginkan sebuah memori itu menjadi arena dimana aku dapat berdiam diri sebentar saja untuk sekadar menengok bagaimana aku yang dulu.
Ketika menengok saja tidak cukup, maka itu adalah waktu untukku kembali ke dunia nyata yang membuat kita merasakan hebatnya sebuah memori. Memori yang dapat menyuntikkan semacam hembusan perjuangan yang lebih lagi dari kemarin. Memori yang terus selalu membuat kita berusaha meningkatkan rasa syukur.
Sebuah rasa yang tiada bandingannya.
Kau tau apa rasanya berjuang dan diperjuangkan dalam sebuah perjalanan?
Hendaklah kau rasakan terlebih dahulu, apa makna dari sebuah perjalanan dalam hidupmu sendiri dan tengok kembali hal itu ketika terasa perubahanmu ini semakin membuatmu susah payah dan merasa selalu ingin mengakhirinya.
Percayalah, bahwa kau dan aku pun mampu melewati tiap-tiap perjalanan ini dengan begitu baik dan tentu bermakna.
Sejatinya, sebuah perubahan sudah berada di depan mata.
#ODOPfor99Days #mengejarketerlambatan #postingan210217